Pend. Bahasa Perancis UPI (Aprilia)

Bonjour! Halooo sobat muda intipjurusan! Salam kenal, saya Aprilia, bisa dipanggil April, usia saya 19 tahun dan kini tercatat sebagai mahasiswi aktif semester 6 di Departemen Pendidikan Bahasa Perancis angkatan 2014, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS), Universitas Pendidikan Indonesia, yang terletak di kota Bandung.

Kamu penikmat sastra? Atau, kamu seneng belajar bahasa asing? Lalu pengen dong tentunya minat kamu itu mampu mengantarkan kamu menjadi individu yang nantinya selalu menebar manfaat? Nah, kamu bisa banget masuk program studi Pendidikan Bahasa Perancis!

Program studi (prodi) ini spesial lho, karena di prodi ini, kalian tidak hanya belajar mengenai  bahasa Perancis saja, tetapi juga di sini kita akan belajar mengenai budaya dan sejarah Perancis,  juga ilmu-ilmu dan teknik mengajar bahasa asing yang dikhususkan untuk tingkat SMA dan sederajat, karena prodi Pendidikan Bahasa Perancis menyiapkan para lulusannya untuk menjadi seorang guru Bahasa Perancis yang profesional.

Kalau kalian berniat memilih prodi ini untuk kuliah, dijamin deh kalian akan bertemu dengan mata kuliah yang namanya unik-unik dan keren-keren, beberapa mata kuliah yang berkesan banget contohnya yaitu Grammaire (Tata Bahasa Perancis) mata kuliah ini bagaikan matematika, karena tata bahasa merupakan jantungnya bahasa, jadi hati-hati ya, salah atau kurang satu huruf saja dalam menjawab soal di mata kuliah ini, maka nilaimu bisa berkurang atau bahkan bisa engga dapet nilai sama sekali pada soal tersebut, huhu. Mata Kuliah ini benar-benar menguji ketelitian kita. Kemudian ada mata kuliah Compréhension Orale (Kemampuan Menyimak) naaah, di mata kuliah ini, kita belajarnya di laboratorium bahasa, medianya adalah mendengarkan dokumen rekaman suara asli orang Perancis, seru kan? Hihihi, kemudian membahasnya untuk dijawab pada soal yang tersedia. Selanjutnya ada mata kuliah Compréhension Écrite (Kemampuan Membaca) di sini kita akan belajar untuk memahami dan membedah teks berbahasa Perancis lebih dalam.

Mata kuliah Production Écrite (Kemampuan Menulis) akan membuat kita makin jago dan pandai dalam merangkai kata dengan bahasa Perancis. Di sini kita akan belajar mulai dari cara membuat kalimat sederhana sampai dengan membuat surat-surat atau dokumen penting dalam bahasa Perancis dan sesuai standar Perancis, menarik bukan?

Terus ada mata kuliah Production Orale (Kemampuan Berbicara) mata kuliah ini menuntut kita untuk lancar cas-cis-cus bahasa Perancisnya, dan yang bikin tambah serunya di mata kuliah ini, kita belajarnya sama dosen native, asli dari Perancis. Duh, seru banget dehhh! Pokoknya kadang ga berasa kuliah deh kalau udah kebawa seru belajar di mata kuliah ini. Dosennya juga gaul banget, kalau belajar selalu pakai media yang lucu-lucu kayak gini:

follow_intipjurusan_COMPRES

Ada juga mata kuliah Civilisation Française (Peradaban Perancis) di sini kalian akan belajar mengenai geografi, ekonomi, kesejahteraan, hukum, masalah sosial-budaya di Perancis. Biasanya kita belajar dari film-film dokumenter Perancis. Yang engga kalah seru, ada Histoire de France (Sejarah Perancis), mata kuliah ini spesial deh, kalian akan belajar mengenai sejarah Perancis dari jaman purba sampai jaman modern, kalian juga bakal dijamin hapal siapa aja presiden Perancis dari awal sampe sekarang yang menjabat.

Engga hanya itu aja guys, kalian juga akan belajar bagaimana caranya membuat soal-soal evaluasi bahasa asing yang baik dan benar pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Perancis. Dan yang lebih menariknya lagi, kalian akan belajar bagaimana menciptakan media pembelajaran yang dapat digunakan di sekolah-sekolah untuk belajar bahasa Perancis dengan mudah dan menyenangkan, kalian dapat mencurahkan seluruh kreatifitas kalian pada mata kuliah Media Pembelajaran dan TIK Bahasa Perancis.

Kalian jangan heran, kalau dari semester 1, soal-soal ujian di prodi ini sudah tersaji dengan bahasa Perancis! Tapi jangan khawatir, karena di sini kalian akan belajar dari 0, bener-bener belajar dari awaaal banget, belajar mengeja alfabet dalam bahasa Perancis, belajar membaca angka dalam bahasa Perancis, belajar banyak kosa kata baru, wah dijamin seruuu banget deh, di semester pertama kalian bakal betaaaah banget kuliah, selain belajarnya seru karena setiap hari kita pasti belajar bannyak hal baru, dosen-dosen di sini juga baik-baik banget dan siap mengajarkan kita dari yang awalnya ga bisa sama sekali bahasa Perancis, menjadi lancarrr banget bahasa Perancisnya!

Prodi Pendidikan Bahasa Perancis ini saya rasa sangat recomended loh, karena sejatinya belajar bahasa baru akan membuat otak kita senantiasa terlatih dan akan membuat kita jauh dari kepikunan, dan menjadi guru bahasa asing merupakan profesi yang sangat mulia, mengajarkan siswa yang tadinya sama sekali tidak mengerti bahasa Perancis, jadi bisa bahasa Perancis deh berkat perjuangan sang guru.

Setelah lulus dari prodi ini, kalian tidak perlu khawatir masalah pekerjaan, karena selain kalian telah memiliki skill keguruan untuk mengajar di sekolah, kalian juga tentunya memiliki kemampuan bahasa Perancis yang mumpuni, naaah bisa banget deh buka bimbel sendiri. Engga perlu nunggu lulus untuk jadi guru privat bahasa Perancis loh, saat kamu duduk di semester 2 pun, kamu sudah bisa menjadi tutor bahasa Perancis untuk pemula. Lulusan dari prodi ini juga banyak dicari dan dibutuhkan loh, dan banyak juga posisi-posisi khusus di perusahaan yang membutuhkan lulusan prodi ini, karena masih sedikit orang yang menguasai bahasa Perancis. Wiiiih, jurusan yang sangat menguntungkan sekaligus menyenangkan, bukan? Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

APRILIA

19 tahun, mahasiswi semester 6 Departemen Pendidikan Bahasa Perancis FPBS UPI 2014. Gadis yang bercita-cita menjadi seorang guru ini mempunyai hobi membaca, mengajar, dan mendesain. Kesibukannya sekarang ialah kuliah dan mengajar privat bahasa Perancis.

Kode Konten : X121

4 thoughts on “Pend. Bahasa Perancis UPI (Aprilia)”

  1. Salam santun, saya seorang pelajar SMA kelas akhir, izin bertanya. Sebelumnya saya saya sudah browsing sana sini dan ada satu pernyataan yang bikin saya penasaran akan kebenarannya. Katanya, di UPI itu bisa masuk sastra Prancis melalui SNMPTN meski jalur IPA. Nah, itu bagaimana, kak, karena notabene saya berasal dari jurusan IPA yang memang di berbagai Univ tidak bisa masuk Sastra Prancis melalui SNMPTN jika IPA dan jalannya mesti ambil SBMPTN SOSHUM. Mohon bantuannya, terima kasih.

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *