Pend. Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Palembang (Dina)

Kekuatan suatu negeri sama sekali tidak terletak pada besar atau kecilnya jumlah penduduk dan luas – sempitnya negerinya, tetapi pada nilainya dalam menguasai ilmu pengetahuan.” – Pramoedya Ananta Toer. Nah loh kenapa di awal sudah ada kata-kata bijak. Tenang intipers itu adalah salam pembuka dari saya. Perkenalkan saya Dina Maryana, biasa dipanggil dini (jika dirumah), dan biasa dipanggil dina (jika diluar rumah) haha ribet yah. Saya adalah salah satu alumni Universitas Muhammadiyah Palembang FKIP jurusan Bahasa Inggris tahun 2017. Yang bisa juga disebut freshgraduate untuk bahasa kekiniannya. Angkatan 2013, padahal tamat di tahun 2012 haha, sempat bekerja 1 tahun di salah satu perusahaan retail. Anyway, sesuai kata-kata bijak yang ada di bagian awal kalimat, pendidikan merupakan hal yang sangat ampuh dalam mengembangkan dan menilai suatu negara. So, I choose Education as my subject. Nah kenapa harus FKIP Bahasa Inggris? Padahal prospek kerja nya mungkin hanya sebatas guru. Nah ini anggapan yang salah intipers. Yah sebenarnya gak juga salah yah, tergantung sama niatnya orang tersebut mau jadi apa ketika sudah sarjana. Sejak kecil saya sudah suka Bahasa Inggris, dan mengambil jurusan pendidikan karena saya suka dunia pendidikan. Dunia yang bisa membangun masyarakat miskin menjadi kaya, dunia yang dipenuhi anak-anak yang penuh dengan cita-cita, dan dunia yang akan membawa kamu belajar bagaimana dari selembar kertas mengantarkan kamu menuju gerbang ilmu pengetahuan.

Yuk kenalan dengan prodi pendidikan Bahasa Inggris.

Nah secara garis besar FKIP Universitas Muhammdiyah Palembang mempunyai 6 program studi (prodi) untuk S1. Di prodi Bahasa Inggris, kita belajar tidak hanya menjadi guru, ada banyak sekali mata kuliah yang mengajarkan bagaimana belajar Bahasa Inggris yang baik dan benar. Dimulai dari semester awal, kita disuguhkan dengan mata kuliah (MK) basic dari Bahasa Inggris, seperti structure 1, listening 1, speaking 1, dan juga ada reading 1. So, intipers bakal belajar Bahasa Inggrisnya dari awal. Jangan takut deh sama yang namanya gak bisa Bahasa Inggris, justru banyak teman-teman ynag basicnya gak ada, tapi berani nyoba dijurusan ini. Finally she got tit! Di semester atas nanti, kita bakal ketemu salah satu mata kuliah favorit yaitu Drama. “Hidup ini penuh drama yah” haha nah MK ini bakal kamu temuin di semester 5. Walaupun mata kuliah ini favorit, tapi untuk dapetin nilai nya cukup susah intipers. Jadi di MK ini kamu bakal latihan setiap minggu bagaimana menjadi artist atau actor, dan pembaca naskah yang baik dan benar. Semua drama yang disuguhkan juga diangkat dari novel-novel sastra Inggris. Lalu diakhir semester, kita bakal tampil di AULA FKIP dan show your talent with your group. Ditonton sama dosen-dosen dan mahasiswa/i dari jurusan lain juga pastinya. Pada akhirnya saya mendapat nilai B haha, B is better than C. Lanjut di semester mendekati akhir, ada satu lagi mata kuliah favorit saya yaitu, Cross Culture Understanding (CCU). Di MK ini kita bakal belajar budaya luar negeri, dan di tahun angkatan saya sendiri, dosen yang mengajar membahas tentang budaya di Amerika as the topic. Dosen nya ngajar topik itu, karena pernah kuliah dan tinggal di sana intipers, jadi penggambaran tentang budaya disana lebih tersampaikan. Oh iya, untuk lulus di mata kuliah CCU kamu harus kudu wajib buat buku, tapi tenang ini gak individu kok. Haha kelompok aja masih telat ngumpulnya apa lagi individu. Gak kebayang kan intipers. Untuk tugas-tugasnya, kita sebagai mahasiswa lebih dituntut banyak membuat makalah dan presentasi. Ini sangat berguna ketika kamu menghadapi yang namanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Intip tugas lapangan kita yuk.

di-web

Untuk tugas lapangan sendiri, mahasiswa wajib ikut yang namanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN). PPL disini bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu kita kepada adik-adik SMP ataupun SMA. Oh iya, tidak hanya didalam negeri, tetapi PPL nya bisa juga ke luar negeri seperti mengajar di Thailand. Pengalaman saya sendiri, saya justru dapat ditempat SMA saya sendiri, ciee pulang kampung, SMA ini merupakan salah satu SMA favorit di kota Palembang. Jadi berbagai peraturan harus kita penuhi. Murid-muridnya juga banyak yang pintar dan kebanyakan susah diatur haha namanya juga ABG yah. Tapi disitula kita belajar bagaimana menjadi pribadi yang sabar dan tekun. Back to KKN, nah untuk KKN ini intipers, tujuannya mengaplikasikan ilmu ke masyarakat, sebenarnya lebih ke bagaimana kita membuat program untuk membantu masyarakat di pedesaan dan pinggiran kota. Jika dilihat dari pengalaman saya, justru masyarakat yang banyak mengajarkan kita agar menjadi pribadi yang dewasa dan disiplin dalam bekerja. Seperti bertamu kerumah warga, memberikan undangan, mengajak bicara orang yang lebih tua dan bermain serta belajar bersama anak-anak. Disitu saya pribadi belajar bagaimana berperilaku yang sopan dan baik. Bicara soal tugas lapangan, bagi kamu penggemar organisasi, prodi Bahasa Inggris menyediakan himpunan mahasiswa program studi (HMPS Bahasa Inggris), menurut saya pribadi kamu bisa bertugas keluar mewakili kampus untuk event seperti seminar, lomba, ataupun sekedar terlibat acara di kampus. Masih ada banyak sekali organisasi lainnya yang disediakan oleh kampus, seperti lembaga pers mahasiswa, UKM Seni, IMM, Putera-puteri Kampus, dan lain-lain. Ini sangat membantu kamu untuk mendapatkan pengalaman serta ilmu-ilmu yang gak banyak ada di kelas.  Sebagai contoh, untuk pengalaman pribadi, saya pernah ikut menjadi penari di salah satu acara TVRI Sumsel. Itu adalah salah satu tugas diluar kampus yang sangat berkesan. Jadi tugas lapangan tidak harus dari akademik, tetapi jalur non akademik pun sangat banyak.

Acara Gayung Bersambut di TVRI Sumsel

Alumni Kerja dimana ya??

Nah pertanyaan ini salah satu pertanyaan paling fenomenal untuk angkatan saya saat ini. Maklum, baru freshgraduate. FYI, saya alumni yang wisuda oktober 2017 lalu dan masih proses mencari  kerja. Monggo jika ada lowongan untuk saya hehe promosi, lowongan kerja yah bukan lowongan nikah haha just kidding. Banyak dari alumni kita selain bekerja menjadi guru, mereka bekerja sebagai pegawai negeri sipil, pegawai BUMN, pegawai Bank, presenter TV, pegawai swasta, dan juga ada beberapa mengejar beasiswa keluar negeri, salah satunya saya (hehe harus percaya diri dulu), bahkan banyak yang menjadi pedagang atau pengusaha kecil-kecilan, biasanya diturunkan dari keluarganya.

Nah, jadi intipers sebenarnya untuk pendidikan Bahasa Inggris sendiri kita diajarkan bukan menjadi guru yang baik. Kita diajarkan bagaimana belajar Bahasa Inggris yang baik dan benar. Lalu bisa dibagikan ilmunya untuk adik-adik yang ingin belajar Bahasa Inggris. Intinya, kita harus mengerti dulu dan mendalami apa itu Bahasa Inggris. Lalu kita harus dapat menemukan cara yang pas untuk dibagikan ilmunya kepada yang membutuhkan.

Anyway, artikel ini kyaknya sudah cukup panjang kali lebar membahas prodi di kampus saya. Sebagai alumni, tentunya saya sangat bangga bisa menjadi salah satu mahasiswi di Universitas Muhammadiyah Palembang. So, intipers dimana pun tempat kamu sekolah atau kuliah, tetap jadi pribadi yang rendah hati, punya cita-cita yang tinggi untuk berkontribusi kepada masyarakat. Jangan jadi kupu-kupu (kuliah pulang) yah di kampus. See you…


Tentang Penulis: Dina Maryana

Penulis merupakan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiya Palembang. Mempunyai hobi Membaca dan menulis, kesibukan saat ini berorganisasi, menulis, mengejar beasiswa dan pencari kerja.

Instagram: @dina_maryana19

Kode Konten: X297

1 thought on “Pend. Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Palembang (Dina)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *