Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Undip (Irli)

Hallo Intipers!

Perkenalkan, saya Irliyani panggil saja irli. Saya alumni mahasiswi Sarjana Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Universitas Diponegoro, angkatan 2013. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi, dan bermanfaat bagi para pembaca ya.

Sebelum masuk ke review tentang program studi yang saya ambil, sedikit akan saya jelaskan tentang jurusan Perikanan itu sendiri. Di Universitas Diponegoro untuk jurusan Perikanan dibagi lagi menjadi 4 program studi, yang pertama ada Teknologi Hasil Perikanan (Departemen Teknologi Hasil Perikanan), Managemen Sumberdaya Perairan (Departemen Sumberdaya Akuatik), Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (Departemen Perikanan Tangkap), dan Budidaya Perairan (Departemen Akuakultur).

Setelah tau program studi yang ada di Universitas Diponegoro, sekarang saya akan review mengenai program studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan ya. Khusus untuk program studi yang saya ambil ini sering disalah artikan dengan budidaya ikan loh intipers! Padahal beda ya, jadi kalo PSP ini lebih banyak explore lautnya, terkait alat penangkap ikan yang digunakan di laut, sedangkan BDP atau budidaya lebih banyak belajar tentang budidaya ikan nya.

400

Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan merupakan salah satu program studi yang lebih menujurus tentang biologi dan keterkaitannnya dengan alat penangkap ikan yang ramah lingkungan. Kedepannya diharapkan kita jadi tau tuh biasanya nelayan pake alat tangkap apa, untuk target ikan apa. Selama ini kan kita taunya ikan ditangkep dilaut terus lama lama abis, nah disini kita belajar agar laut tetap lestari dengan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan.

Mata kuliah paling berkesan adalah metode penangkapan ikan di mata kuliah ini kita harus tau alat tangkap apa yang cocok untuk fish target tertentu, kemudian hubungan nya dengan kedalaman perairan, kecerahan, dan ekosistem lautnya sendiri. Oh iya kenapa berkesan? Ini adalah mata kuliah yang bikin aku muntah dari makanan, sampe udah tinggal air aja. Dalam mata kuliah ini praktikumnya di Kampus Undip yang ada di Jepara. Kebayangkan sering banget kita jalan jalan ke laut. Disana kita harus naik kapal dulu, ikut nelayan dari mulai mensetting alat tangkap, sampai kita harus nunggu berjam-jam agar ikannya tertangkap, dan yang lebih seru kita bisa sekalian snorkling gratis kalo sudah dapet ikan tinggal di bakar deh bareng bareng. Gimana? seru kan?! hehe. Eits jangan lupa laporan sudah menanti ya.

follow_intipjurusan_COMPRES

Nah yang kedua mata kuliah Ekologi Perairan Tropis. Ini kita harus menyusuri sungai dan habitatnya, nemuin banyak spesies di sekitarnya terus di foto dan dicatet untuk dibuat laporan. Jadi, anak perikanan itu dituntut gak takut kotor ya, cekatan, dan sigap karena mainannya laut, bahaya kan kalo main main haha.

Untuk pelajaran yang lebih sering dipelajari itu masih seputar biologi, eits tenang aja ko. Di jurusan ini cocok banget buat kalian yang hobby travelling di alam, terus gak banyak ngitung dan hafalan, lebih banyak praktikum lapangannya.

Nah cerita tentang pratikum lapangan nya yang paling seru, di semester 5 kalian akan menghadapi mata kuliah wajib KKL. Apa itu? Kuliah Kerja Lapangan. Nah waktu itu kita melahap sekaligus 3 mata kuliah wajib di Bali-Lombok.

Nih ya disana itu ada praktikum mata kuliah Kapal Perikanan, jadi ya itu ada mas mas bawa roll meter nah itu diukur deh panjang, lebar, tinggi kapal. Terus ada praktikum Pelabuhan Perikanan, lebih ke fasilitas yang ada di pelabuhan terus kepemilikan nya. Satu lagi mata kuliah Kepelautan, jadi kita itu nanya nanya Nakhoda apa dia sudah memenuhi standar atau belum.

Terus yang enak adalah karena kita mainannya laut terus, jadi kan sekalian ngehitz ya hihi. Gimana nih Intipers? Seru kan?!

Selain itu kita lebih banyak berkunjung ke pelabuhan pelabuhan, dan instantsi terkait kelautan dan perikanan.

Untuk yang masih bingung nih ya, di semester satu nanti biasanya kalian akan ngulang mata kuliah dari SD sampe SMA ko. Seperti mata kuliah:

  1. Bahasa Indonesia: panduannya lebih ke kamus bahasa Indonesia tentang belajar nulis yang baik itu gimana? Istilah istilah dalam kamus? Belajar mengarang? Buat daftar pustaka dll.
  2. Bahasa Inggris: belajar tau isi jurnal binggris, grammar, juga banyak ngulang materi SMA ko tapi lebih ke tips ngerjain toefl, juga ada test toefl nya di UTS.
  3. Pengantar Ilmu Perikanan (PIPK): ini tentang belajar definisi kaya ngafalin tapi ngerti juga, ya namanya juga ilmu perikanan pasti kita harus tau dulu ikan itu apa? Habitatnya dimana? Terus ciri ciri tempat seperti apa? dll.
  4. Kimia dasar: nah disini ada praktikum nya selain belajar di kelas sama dosen, di hari lain selain jam kuliah ya kita praktikum. Isi materinya juga sama kaya SMA jadi dikuatin aja Kimia waktu SMA, kaya titrasi, struktur kimia, penamaan dari struktur kimia itu, dll.
  5. Fisika dasar: ini juga semua materinya ada 13 bab dan itu tentang fluida, gaya, statika fluida, usaha energy, elastisitas, dll. Nah ada praktikumnya juga tapi di gedung Fakultas Sains dan Matematika.
  6. Biologi umum: apalagi yang ini dari materi SD sampe SMA ada disini diulang lagi, dan disini ada praktikumnya juga di lab dan lapangan, selain belajar materi dikelas dengan dosen.
  7. Kewarganegaraan (KWN): ini sama dengan pkn jadi seputar pelajaran pkn tentang pancasila, norma norma, dll.
  8. Agama Islam: itu juga ada loh belajar tentang materi agama sama seperti SMA.
  9. Statistik: belajar tentang rumus populasi lebih ke menghitung pake rumus kali ya tapi wajib punya kalkulator ilmiah. Tentang gimana hubungannya pemberian pakan ikan dengan berat badan ikan itu sendiri, dll.

Di pemerintahan, para lulusan dapat bekerja di Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), dinas Perikanan provinsi maupun kabupaten, balai karantina ikan, balai budidaya Air Tawar, Balai Penangkapan ikan ataupun di instansi  yang tidak mengharuskan jurusan tertentu untuk menduduki posisis pekerjaannya.

Pengajar dan akademisi, di posisi ini berlaku bagi yang sabar dan telaten, sanggup belajar ilmu perikanan dengan lebih mendalam. Di lingkup ini kita bisa menadi dosen, guru sekolah perikanan, laboran, peneliti atau staff ahli. baik di swasta maupun negeri, namun untuk jadi dosen, harus sekolah lagi S2 atau ambil profesi. dan beberapa menjadi wirausaha. kuliah di perikanan bikin kita jadi kreatif, fleksibel, dan cekatan. Karena apa? karena selama kuliah kita harus kuat dan terbiasa dengan ngerjain laporan yang dateline nya sehari setelah praktikum, nginep malem malem dikampus, sampe berjemur di laut dari pagi sampe sore.

Yap segitu dulu ya ceritanya jadi mahasiswa FPIK Undip, setiap urusan pasti punya cerita masing-masing tinggal pinter nya kita aja ya menyikapinya. See you intipers!


Tentang Penulis :

Alumni Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan – Universitas Diponegoro. Hobi mengarang dan menulis. Karena menulis dapat mengabadikan hidup.

Twitter : @irliyn

Instagram : @irliiii

Blog : irliyani.blogspot.com

Kode Konten: X254

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *