Manajemen Universitas Siliwangi (Siska)

Hello seluruh pembaca dimanapun kalian berada. Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya selama menjadi Mahasiswa Manajemen di Universitas Siliwangi (Unsil). Unsil yang berada di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menjadi satu-satunya Universitas kebanggan se-Priangan Timur. Karena di tahun 2014, Unsil berubah status dari swasta menjadi negeri. Kini, Mahasiswa Unsil tidak hanya dari wilayah Priangan Timur, namun sudah menyeluruh se-Indonesia. Tentunya Unsil terus-menerus melakukan pembangungan dan pengembangan dari setiap bidang, bahkan sedang membangun kampus baru yang masih berada di Kota Tasikmalaya.

Pepatah mengatakan bahwa, ‘tak kenal maka tak sayang’. Baiklah, saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Perkenalkan, nama saya Siska Fajar Kusuma Mahasiswa Manajemen Unsil semester 6. Kenapa saya memilih Unsil? Karena Unsil berada di Kota Tasikmalaya yang terkenal sebagai kota santri, jadi orang tua mengijinkan saya untuk merantau disini hehe. Lagi pula Unsil sudah berstatus negeri dengan UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang relatif murah. Kenapa memilih jurusan Manajemen? Btw, mungkin alasan utamanya agak sedikit konyol. Memang kemauan dari Mamah tercinta yang ingin anak bungsunya menjadi Sarjana Ekonomi. Yaps, berhubung memang SMA ngambilnya IPS ya tak apalah mengikuti keinginan Mamah dan memang lolos juga SBMPTN 2015 di Unsil Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen.

Pertamanya memang sedikiit kebingungan, ‘ngapain sih belajar manajemen?’ Semester 1 sampai semester 3 saya masih belum menemukan jawaban dari pertanyaan di atas. Namun, saya baru saja menemukan alasannya saat terjun langsung kepada masyarakat. Tepatnya pada semester 6 di bulan Januari 2018, saya mengontrak KKN (Kerja Kuliah Nyata). Kebetulan sekali mendapatkan tema Daya Beli di Desa Sukamulih Kecamatan Sariwangi Tasikmalaya. Saat di lapangan, hasil survei yang saya dapatkan bahwa masyarakat disana sudah banyak yang memulai usaha, namun mereka kebingungan dalam perkembangan usahanya baik dari segi pemasaran maupun produksi. Nah disinilah ilmu yang saya pelajari selama di bangku perkuliahan diterapkan kepada masyarakat Sukamulih. Mulai dari membuat struktural untuk UMKM, menyusun strategi pemasaran sampai pembuatan logo produk yang dipasarkan. Lebih tepatnya, dalam Manajemen saya belajar bagaimana merencanakan, mengontrol, mengelola dan mengawasi Organisasi/Perusahaan dalam mencapai visi misinya. Tentunya mahasiswa manajemen dibentuk untuk membuat pekerjaan baru, bukan hanya sekadar menjadi PNS atau pegawai swasta saja.

Saya begitu menikmati mata kuliah yang ada di Manajemen. Memang ada beberapa mata kuliah yang perlu berhitung, seperti Statistika, Matematika Bisnis, Ekonomi Manajerial, Akuntansi, Manajemen Keuangan dan beberapa mata kuliah lainnya. Tapi tidak terlalu berat dan masih mudah untuk dipahami buat kalian yang tidak menyukai berkecimpung dengan angka-angka seperti saya hehe. Namun teori juga tentu ada dan yang paling saya senangi Mahasiswa Manajemen harus terus mengetahui kabar perubahan Pasar. Dituntut untuk mengatahui isu-isu terhangat keadaan pasar tingkat regional, nasional bahkan internasional. Mengingat kini Indonesia sudah memasuki MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN), isu-isu pasar selalu saja berubah bahkan ada yang tidak terprediksi. Nah, inilah titik keasyikannya belajar di Manajemen hehe apalagi jika sudah disuruh diskusi dalam kelas oleh Dosen.

di-web
Sosialisasi Strategi Pemasaran kepada Ibu PKK dan UMKM yang ada di Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi Tasikmalaya
Pelatihan Pengemasan Produk bersama Ibu PKK dan UMKM yang ada di Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi Tasikmalaya

Konsentrasi Manajemen di Unsil ada 4 yaitu, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Konsentrasi diambil pada semester 6, nah saya baru saja mengambil Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai konsentrasi yang saya pilih. Kenapa saya memilih MSDM? Saya suka belajar yang berhubungan dengan manusia. Dalam MSDM saya belajar bagaimana menjadi pemimpin yang baik, bagaimana mengembangkan karyawan, bagaimana memotivasi karyawan, bagaimana mencari karyawan bahkan kapan harus menghentikan karyawan. Kalau menurut saya, MSDM menjadi yang paling utama karena karyawan keuangan, operasional dan pemasaran tentunya dicari, diseleksi dan diberi pelatihan oleh bagian SDM. Jika ditanya mata kuliah apa yang paling saya senangi, saya senang semua mata kuliah yang berhubungan dengan SDM. Mulai dari kepemimpinan, Manajemen Perubahan, Perilaku Organisasi dan Manajemen Kualitas Terpadu. Selain belajar menjadi pemimpin, mata kuliah tersebut memberi ilmu mengenai hal-hal apa saja yang terdapat pada organisasi dan bagaiman untuk mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi, misalnya perkembangan teknologi informasi yang pesat tentu akan berpengaruh pada bisnis yang dijalankan suatu perusahaan. Selain menyukai mata kuliah yang berhubungan dengan SDM, saya juga suka mata kuliah Komunikasi Bisnis. Belajar public speaking dan bagaimana beretika di hadapan orang lain bahkan mengatasi rasa gugup saat berbicara di hadapan orang banyak. Btw, saya memang suka cuap-cuap di depan banyak orang daripada harus berdiam diri melihat dosen memberi materi hehe.

Untuk tugas yang diberikan dosen berbeda-beda. Tergantung karakter dan keinginan dosennya seperti apa. Jika kamu masih calon mahasiswa, saran saya harus bisa membaca maunya dosen itu apa. Maksud kemauan dosen disini, kita harus mampu memprediksi dosen tersebut menyukai mahasiswa yang aktif di diskusi, atau bagus saat ujian atau tepat waktu dalam pengumpulan tugas ataupun komponen lainnya. Ya karakter dosen amat macam-macan dan mahasiswa memang harus sabar menghadapinya hehe. Oke balik lagi ke tugas kuliah, tidak jauh dari makalah dan pembuatan paper. Dimana makalah atau paper tersebut harus dipresentasikan. Namun ada juga tugas yang harus terjun ke lapangan, biasanya harus menganalisis salah satu perusahaan.Ya objek penelitian mahasiswa manajemen pasti tertuju pada perusahaan, baik itu SDMnya, pemasarannya, operasionalnya atau keuangannya yang disesuaikan dengan konsentrasi yang diambil.

Mengenai prospek ke depannya, sangat umum sekali lowongan kerjanya. Tentunya bisa bekerja di perusahaan swasta ataupun negeri. Mendirikan usaha juga diberikan teori-teorinya bahkan prakteknya di mata kuliah Kewirausahaan. Jadi jangan takut gak dapet lowongan kerja, selain rezeki, mati dan jodoh yang sudah ditentukan oleh Tuhan hehe, tapi Perusahaan atau Organisasi di Indonesia pasti akan selalu membutuhkan karyawan baru setiap tahunnya. Karena karyawan lama ada yang pensiun ataupun berhenti bekerja. Lagi pula Mahasiwa Manajemen pasti tahu bagaimana caranya memulai usaha sampai mengembangkan usaha, jadi jika memang memungkinkan alangkah lebih baiknya membuat lapangan pekerjaan baru untuk mengurangi angka penganguran di negeri ini hehe.

Penutupnya saya mau kasih saran aja buat kalian yang berminat masuk jurusan Manajemen. Saran saya, Mahasiswa Manajemen sangat perlu aktif di Organisasi Mahasiswa. Baik itu di Ormawa tingkat Universitas, Fakultas, Jurusan ataupun UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Karena jika kita aktif di organisasi, Mahasiswa Manajemen dapat dengan mudah mengaplikasikan teori yang didapatkan di kelas. Mulai dari mengatur sebuah event, membuka lowongan untuk anggota baru, menyeleksi anggota baru, menjalankan organisasi, mengendalikan konflik, mengambil keputusan bahkan mencari solusi untuk pemecahan masalah. Eits, kalian tidak perlu ketakutan organisasi akan berpangaruh pada akademik. Semua itu balik lagi pada diri kita sendiri yang menjalankannya. Intinya, masa iya anak manajemen tidak bisa memanaj waktu antara akademik dengan organisasi hehe. Saya juga sejauh ini mampu aktif di UKM Pers Mahasiswa Unsil selama 3 periode. Bahkan sekarang menjabat sebagai Pemimpin Redaksi, namun tentunya tidak melupakan kewajiban akademik. IPK masih baik di angka 3,8. Jadi, jangan pernah takut untuk menjadi akademisi yang merupakan organisator, karena sejatinya Mahasiswa juga memiliki fungsi penting seperti agent of change, social control, iron stock dan moral force.


Tentang Penulis : Siska Fajar Kusuma

Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi Semester 6. Saat ini menjabat sebagai Pemimpin Redaksi LPM Gemercik UKM Pers Mahasiswa Unsil. Gemar menulis, membaca dan menyanyi. Baginya manajemen bukan hanya sekadar ilmu, tetapi juga seni. Seni dalam beroganisasi.

Instagram @siskafajarkusuma

www.siskakusuma.blogspot.com

Kalian bisa membaca tulisan-tulisan Siska di www.persmaunsil.com

Kode Konten: X330

1 thought on “Manajemen Universitas Siliwangi (Siska)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *