Manajemen Transportasi Udara STMT TRISAKTI – Renaananda

Assalamualaikum wr.wb, Hey Intipers! Aku Renata Ananda Febriza Mahasiswi aktif Semester akhir dari jurusan Manajemen Transportasi Udara STMT TRISAKTI. Intipers lewat cerita singkat disini aku akan menceritakan betapa banyak ilmu, pengalaman dan menyenangkannya perkuliahan yang saya jalani beberapa tahun ini.

Beberapa orang suka menyangka lulusan Manajemen transportasi udara itu lulusannya kerja di ATC ya? Bahkan ada yang menyangka juga kalau lulusan MTU akan menjadi pramugari / pramugara maupun pilot. Nah lewat cerita disini aku bakal menjelaskan tentang jurusan aku ini.

Bagi aku menjadi mahasiswi di jurusan ini aku mendapatkan ilmu yang ngga akan aku dapatkan ditempat lain, berkesempatan mendapatkan banyak pelajaran lewat dosen-dosen yang luar biasa, dan mempunyai pengalaman PKL (On Job Trainning) di perusahaan pernerbangan terbaik di indonesia yaitu GARUDA INDONESIA. Kampusku memakai seragam disetiap hari kecuali rabu dan sabtu.

 

Mata kuliah di jurusan ini bisa disebut balance (seimbang) antara hitungan dan hapalan materi. Oiya, diantara banyak mata kuliah hitungan yang aku sukai dan berkesan saat kuliah adalah FLIGHT OPERATIONS ini adalah mata kuliah tentang bagaimana perhitungan sebuah pesawat ketika akan terbang dari bandara asal sampai nanti tiba di bandara tujuannya, berapa banyak bahan bakar yang dikeluarkan pesawat untuk sekali penerbangan. Oiya tebak-tebakan sedikit ya, menurut kalian kenapa pesawat itu bisa terbang? Kalau jawabannya karena ada mesinnya, kalian kurang tepat karena jawabannya adalah pesawat bisa terbang karena memiliki 4 gaya (gaya dorong, gaya angkat, gaya gravitasi dan gaya hambat) dimana keempat gaya ini membuat sebuah pesawat terbang bisa mengudara dilangit yang tinggi. Sedangkan mata kuliah hapalan yang paling aku sukai itu adalah BASIC CARGO dimana mata kuliah ini adalah mata kuliah yang mempelajari basic-basic (dasar) tentang kargo dipesawat.

Nah Prospek kerja mahasiswa MTU itu bisa bekerja di segala manajemen keudaraan, AirNav Indonesia, AP I dan II, Tambang minyak lepas pantai, FreePort,Asuransi Penerbangan dll. So, jangan salah anggapan lagi ya.

Yang paling menarik dari seluruhnya adalah ketika aku sampai pada semester yang harus menjalani PRAKTEK LAPANGAN KERJA, aku  PKL di PT GARUDA INDONESIA, Terminal 2E dan Terminal 2F Soekarno-Hatta Cengkareng. Sebelum PKL kami sempat di bridging dulu loh, bridging itu kegiatan persiapan fisik-non fisik sebelum PKL. Selama kurang lebih 2bulan aku belajar banyak hal di perusahaan ini tentang bagaimana customer service menyelesaikan masalah, keunggulan perusahaan penerbangan tersebut, bagaimana cara bertanggung jawab menyelesaikan sebuah masalah yang terjadi dilapangan ahh! Banyak sekali yang aku dapatkan, terutama aku mendapat mentor yang sangat baik mau menuntun aku meraup banyak ilmu, karyawan yang ngga pelit berbagi ilmunya untuk kakak, dan mendapatkan kenalan kakak-kakak pegawainya yang baik dan ramah.

follow_intipjurusan_COMPRES
PKL di PT Garuda Indonesia

PKL 2 bulan yang aku jalani, membuahkan sebuah judul untuk skripsi yang sampai saat ini sedang aku selesailan. Judul skripsinya adalah “TINGKAT PELAYANAN PT GARUDA INDONESIA TERHADAP PENUMPANG TRANSIT YANG MENGALAMI MISS CONNECT DIBANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO HATTA TAHUN 2016. Yang inshaallah setelah skripsi ini selesai aku akan meraih gelar SE (Sarjana Ekonomi) Mohon doanya ya untuk semua kelancarannya sampai kelulusan nanti.

Dibalik jurusan ini saat masih berkuliah dulu  aku bisa membuka sebuah usaha travel yang sampai saat ini masih berjalan, bekalnya dari ilmu yang aku dapatkan sedikit demi sedikit saat berkuliah. Usaha itu bernama “RENAANANDA TRAVEL INDONESIA”  (Instagram : @renatravelid) yang alhamdullilah incomenya sangat bagus. Karena travel ini juga aku bisa jalan-jalan gratis hehe

Dan kesibukan aku saat ini selain mengurus travel dan menyelesaikan skripsi adalah menjadi youtube creator bersama temen-temen aku, syuting untuk mengisi konten-konten di youtube, menjadi bagian dari creator youtube, serta menjadi talent untuk oranglain.

 

Dan berkat ilmu yang aku dapatkan semasa aku kuliah kini aku dikenal sebagai entrepreneur Tour and Travel, aku bisa berkeliling indonesia berkat usaha yang aku jalankan ini. Hmm, kayaknya aku sudah terlalu banyak membagikan cerita tentang jurusan aku ini, semoga membantu adik-adik yang sedang mencari kampus dan jurusan yang sesuai dengan apa  yang kalian inginkan. Bagiku, Kamu tidak akan dapat meraih ilmu kecuali dengan 4 hal yaitu, cerdas, selalu ingin tahu, tabah, dan punya bekal dalam menuntut ilmu. Semangat untuk meraih ilmu yang banyak dari segala hal ya! Wassalamualaikum wr.wb. Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂 -With love, RenaAnanda

RENATA ANANDA F

Penulis merupakan seorang mahasiswi tingkat akhir di jurusan manajemen transportasi udara. Kegiatan saya sembari menyelesaikan skripsi adalah menjadi youtube creator dan Entrepreneur Tour and Travel (RenaTravelIndonesia)

Kode Konten : X128

17 thoughts on “Manajemen Transportasi Udara STMT TRISAKTI – Renaananda”

  1. kak kalau masuk jurusan MTU itu ada kriterianya enggak? maksudnya dari tinggi badan gitu ditentukan atau enggak? terimakasih

    1. hey maaf baru sempat membalas. tidak ada kriteria apapun dari fisik, kamu hanya mendaftar ikut tes dan pembayaran kuliah.

  2. kak ada contact nya gak?? Aku kls 12, dan mau masuk jurusan ini, tp masih banyak bgt yg dipertanyakan nih, respon ya kak, terimakasih🙏🏼

  3. Ka bisa bantu bimbingannya ? Saya minat kuliah di situ, saya minta kontak kaka kalo engga ni WA saya 083822187972
    Trimksih sblumnya moga yg bantu dilancarkan semuanyaa

  4. Assalamualaikum ka rena salam kenal. Aku mahasiswi stmt jurusan mlm angkatan 2016. Terima kasih ceritanya sangat bermanfaat. Semoga lancar ya ka untuk sidangnya nanti.

    1. Heyyy salam kenal juga sayang maaf aku baru baca komentar kamu. Alhamdullilah kalau bermanfaat. Thankyou bgtbgtbgt power spirit dari kamu berarti bgt buat aku. Semangat juga kuliahnya yaaa cumlaude yaaa banggain orangtuanya 🙂 next time bertemu dikampusss yuu 🙂

  5. Hey semua, mulai saat ini whatsapp aku untuk pribadi jadi pertanyaan ttg kampus bisa melalui line aku aja ya di ( id : rerenataananda ). Buat no baru yg chat di whatsapp ngga akan aku bales tp yg sebelumnya udh pernah chat aku di wa inshallah masih aku bls.
    Maaf ya bukannya pilih kasih. chat di line juga aku bales kok tenang aja.
    Terimakasih pengertiannya, semangat!

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *