Manajemen STIM YKPN – Fika

Halo intipers, salam bahagia!

Nama saya Fika Rofiqoh. Saya biasa dipanggil fika, tapi temen-temen kadang juga memanggil saya Pikacu entah apa yang menginspirasi mereka untuk memanggil saya Pikacu,(hehehe). Oke,saya merupakan mahasiswa Manajemen STIM YKPN Yogyakarta 2014. Sekarang saya masih duduk di semester 6, ya bisa di bilang smester hamper tua hahah.

Kalian pasti sudah sangat familiar yah sama jurusanku ini, jelas lah jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat. Walaupun jurasan ini menurut pendapat sebagian orang biaya kuliahnya lumayan mahal, hmmm lumayan sih. Tapi gak semuanya kok tergantung perguruan tinggginya juga apa lagi yang mendapat beasiswa pasti ngerasanya murah banget lah yah? So pasti donk, hee.  Mahasiswa lulusan ini mendapat gelar S.E (Sarjana Ekonomi).

Manajemen merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari banyak kegiatan mulai dari planning, organizing, leading, commanding, motivating, coordinating, controlling, reporting, staffing, forecasting, dan masih banyak lagi tetapi yang mendasar sih itu. Karena itulah ilmu manajemen sangat diperlukan bukan hanya untuk di bidang perusahaan tetapi untuk diri kita sendiri juga sangat penting karena ilmu manajemen sangat membantu kita bagaimana sih cara memanage yang benar agar semua kegiatan yang kita lakukan bisa berjalan lancar dan sesai rencana. Selain mempelajari tentang Ilmu-ilmu diatas manajemen juga sangat dekat loh dengan kewirausahaan karena di manajemen juga kita seolah-olah dituntun untuk bisa membuka wawasan apa sih yang sebenarnya terjadi di lingkungan kita, banyak peluang yang dapat kita manfaatkan untuk membuat sebuah usaha.

Setiap kali saya pulang kerumah, pasti banyak yang bilang setelah lulus kuliah jurusan manajemen nanti jadi apa donk? PNS, pegawai bank, sekrertaris, manajer dan lain-lain. Aduhhh jurusan manajemen ilmunya luas jadi saya jawab gak Cuma itu lulusan manajemen juga bisa wirausahawan loh. Karena bekal ilmu yang telah kita pelajari selama di kuliah.

Pada saat saya semester 4 saya ada matakuliah “Komunikasi Bisnis”. Hayoo apa yang terbesit dalam pikiran anda tenatang mata kuliah ini? Mungkin salah satunya bagaimana cara kita melakukan komunikasi dengan baik di setiap kegiatan di dunia kerja/perusahaan yah. Hmm betul banget sih. Pada mata kuliah ini kami di bentuk kelompok dan setiap kelompok memiliki tema masing-masing dan kebetulan kelompok saya mendapat bagian tema “Negoisasi” wow dalam pikiran saya Alhamdulillah lumayan mudah (hehe). Tetapi pada saat waktu presentasi tidak sesuai apa yang saya dan kelompok saya bayangkan. Dosen telah mensetting suasana kelas agar seperti suasana perusahaan yang benar-benar sedang melakukan negoisasi. Selama berjalannya presentasi kelompok saya selalu di tekan oleh teman-teman yang lain yang berberan sebagai pemilik perusahan-perusahaan yang melaukan negoisasi dengan kami. Kami di cerca berbagai pertanyaan seperti: keutungan apa yang akan perusahaan lain jika bekerja sama dengan kalian? Berapa prosentase yang akan di dapat ? dan masih banyak lagi. Suasana kelas pun riuh ada yang keluar kelas karena hasil negoisasi tidak sesuai harapan ada yang kesal karena tawarannya tidak di anggap. Tapi itu semua adalah sebuah settingan yang telah direncanakan oleh dosen danteman-teman tanpa sepengetahuan kelompok kami. Dari sini saya sadar wow menghadapi orang itu gak mudah yah harus bisa sabar, dari mata kuliah ini juga saya menjadi mempunyai gambaran bagaimana nantinya dunia kerja sebenarnya yang tidak akan mungkin mulus semulus jalan Tol (hahah).

Kuliah dijurusan manajemen saya menjadi mempunyai impian menjadi wirausaha lhohh,,, sebenernya itu berawal dari mata kuliah kewirausahaan yang ada di kampus STIM YKPN. Dosen kewirausahannya sangat menekan kami para mahasiswa untuk bisa membuka mata lebar-lebar (kata ibu dosen) . maksudnya kami di tuntut untuk membuka wawasan apasih yang ada lingkungan kita apa peluang kita ada untuk membuka usaha. Kami diberi waktu 3 hari untuk bisa menemukan satu peluang tersebut, maksa banget kan yah ibu dosen kita (hahah). Tapi dari situ saya beserta teman-teman kelompok mempunyai ide usaha. Banyak sih ide yang muncul tapi akhirnya yang kita pilih adalah usaha “Bucket Hijab” hayoo kebayang gak nih apa itu Bucket Hijab, pasti kalian berfikir bucket kan biasanya bunga (hee). Ini loh hasil bucket yang kelompok kami cantik kan heee. Tapi jangan salah loh yah kalau sudah bosen di jadikan Bucket, Bucket ini bisa dibongkar dan dapat diguanakan untuk diapaki sebagai hijab. Kain hijab dipastikan tidak rusak dan tetep cantik untuk dipakai, eh malah kaya promosi produk sendiri (wkwkw). Gak papa lah soalnya merasa bangga telah bisa membuat usaha bersama teman-teman kelompok berkat tekanan Ibu Dosen yang sangat luar biasa.

follow_intipjurusan_COMPRES

Selain tentang ilmu kewirausahaan dan berbagai hal yang mengenai perusahaan, jurusan manajemen juga mempelajari banyak hal loh salah satunya akuntansi dan perpajakan tapi ya gak begitu mendalam sih. Dunia perbangkan juga kita di ajarkan loh di kampus saya nama mata kuliahnya Bank Dan Lembaga Keuangan Lain mungkin di kampus lain bisa berbeda nama.  Kenapa saya suka mata kuliah ini, soalnya banyak prakteknya dalam kuliahnya. Kita diajarkan bagaimana menghitung uang, cara memegang uang yang benar ala-ala taller bank heheh. Kita juga dibekali ilmu tentang bagaimana sih proses transfer antar bank, kliring, dll. Ini salah satu foto kegiatan kita saat melukan kuliah bersama BANK CIMB NIAGA.

Untuk memperluas jaringan Saya juga berteman dengan para alumni STIM (AMP) YKPN Yogyakarta, mereka sangat ramah. Kebanyakan dari mereka kerja didunia perusahaan ,perbankan dan tak sedikit pula yang sukses yang bergerak di dunia bisnis atau wirausaha. Setiap acara dies natalis kampus pasti ada acara reuni alumni dan itu menurut saya sangat bagus. Karena kami selaku mahasiswa bisa bertemu dan mengambil pengalaman-pengalaman yang telah mereka lalui dan itu semua bisa menjadi motivasi tesendiri untuk diri saya. Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

Oke, cukup sekian cerita saya yah. Terimakasih

Fika Rofiqoh

Penulis merupakan seorang mahasiswi tingkat 6 di STIM YKPN Yogyakarta. Kesibukan saya saat ini adalah kuliah, mengerjakan tugas, organisasi, mengembangkan usaha.

Kode Konten : X143

7 thoughts on “Manajemen STIM YKPN – Fika”

  1. Assalamualaikum

    Ka sebenernya jurusan manajemen tuh berpaku banget ga si sama kehidupan sehari – hari ?

    Makasih

    1. menurut saya, jurusan manajemen adalah jurusan yang sangat luas jangkauan ilmunya. Karena dalam kehidupan pun kita sangat perlu ilmu manajemen, contohnya bagaimana cara kita untuk memmage waktu agar bisa disiplin. Dalam dunia perusahaan pun ilmu manajemen sangat penting untuk dapat mengatur roda perusahaan. 

      Jadi ilmu manajemen sangat berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari yang dapat membantu kita untuk lebih tertata dalam menjalani kehidupan dengan benar. 

      Mungkin itu yang dapat saya jelaskan. Terimakasih untuk pertanyaannya. 😊

  2. hallo ka, saya bella.
    mau tanya dong, saya dari salah satu SMA Negeri di jepara,jateng. jurusan yg saya ambil IPA, tapi saya ada minat untuk masuk ke manajemen. sampai skrng saya masih bingung kalo mau ambil manajemen krn test masuk perguruan tinggi pakai materi ips, sedangkan sy selama ini belajar matpel ipa yg jauh sekali dari materi ips,apa ada saran atau gimana baiknya?
    terima kasih.

    1. Hallo juga dek bella, kakak dulu juga dari jurusan ipa loh waktu SMA, tapi karna ada minat ke Manajemen kakak nekad aja untuk terjun ke jurusan ini, ya emang sih berseberangan sama materi waktu SMA. Saran kakak klo emang dek bella minat di manajemen ya gak ada salahnya untuk mencoba dan jangan lupa belajar materi ips untuk masuk ke perguruan tingginya yaaa
      Semoga sukses dek bella

    2. Hallo juga dek bella, kakak dulu juga dari jurusan ipa loh waktu SMA, tapi karna ada minat ke Manajemen kakak nekad aja untuk terjun ke jurusan ini alhamdulillah rejeki kakak juga di jurusan ini. ya emang sih berseberangan sama materi waktu SMA. Saran kakak klo emang dek bella minat di manajemen ya gak ada salahnya untuk mencoba dan jangan lupa belajar materi ips untuk masuk ke perguruan tingginya yaaa
      Semoga sukses dek bella

  3. Halo kak saya eric, saya mau nnya dong kak, susah ngak sih kuliah jurusan menejemen dan hitung hitungan nya sulit ngak?, dan nnti klo dsuruh mmbuat skripsi seperti apa nnti?. Terima kasih kak

    1. Hallo juga eric, mmm kuliah di jurusan manajemen asyik sih, karna apa dimata kuliah jurusan manajemen jangkauan ilmunya luas. Kita diajari tentang sdm, pemasaran, keuangan, kewirausahaan juga. Jadi banyak ilmu yang akan kita dapat di jurusan manajem. Klo untuk masalah ngitung-ngitung mungkin malah lebih ribet akuntasi ketimbang manajemen deh heee itu menurut aku sih…
      Klo untuk skripsi di jurusan manajemen kita bisa memilih banyak topik penelitian misal mau ambil tentang sdm, keuangan, pemasaran, strategik, kewiraisahaan. Jadi akan lebih banyak tahu tentang bisnis gitu.
      Mungkin itu saja penjelasan dari aku ya eric, semoga bermanfaat😊

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *