Manajemen STIE YKPN (Alvina)

Assalammualaikum wr. wb.

Hola sobat intiperss!! Kenalan kuy? Kuy, saya Alvina Detia Saputri, kepanjangan? boleh dipanggil Vina atau Pinot kok, santai aja. Saat saya menulis artikel ini, saya sedang ada di Program Studi Manajemen STIE YKPN Yogyakarta angkatan 2014. Apa kepanjangan STIE YKPN Yogyakarta ? Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara Yogyakarta. Khusus keluarga pahlawan po? siapapun boleh kuliah, asal memenuhi persyaratan,  cek disini www.stieykpn.ac.id . STIE YKPN khusus fakultas ekonomi yang memiliki 2 program studi yaitu Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen, biar fokus!, kaya kamu fokus baca intiperss *ehem.

Manajemen? Ekonomi manajemen?

Okay kita langsung bahas jurusannya. Mendengar kata “Manajemen” pasti pada ngira orangnya cantik-cantik? Gak juga! ada yang ganteng kok. Santai kuliahnya? Tergantung mahasiswa memanajemen waktu aja. Mudah? Semua jurusan punya tingkat kesulitan dan kemudahan tersendiri. Gaada ketemu hitungan angka? Lah jumlah karyawan & ngitung manajemen keuangan kan pakai angka guys ( hahaha).

400

Pengertian manajemen itu sendiri yaitu proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi secara bersama sama dengan orang – orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi. Kalau proses M-A-N-A-J-E-M-E-N sendiri itu terkait bagaimana kita harus dapat merencanakan (planning), mengorganisasikan (organizing), mengarahkan (leading), dan mengendalikan (controling) untuk mencapai tujuan .

Cangkupannya dalam ekonomi manajemen itu produksi, pemasaran, akuntansi, keuangan, SDM( Sumber Daya Manusia), dan SI (sistem informasi). Manajemen disini nggak hanya beberapa cakupan tapi semua yang berkaitan dengan manajemen ekonomi, karena kampus memang memfokuskan 2 jurusan maka jika jurusan manajemen ekonomi, ya semua yang berkaitan manajemen ekonomi harus dikuasai, baru deh kalau ambil skripsi mau skripsi manajemen apa (kok kalau? iya soalnya bisa ambil atau tidak, karena ada matakuliah pengganti skripsi di STIE YKPN Yogyakarta).

Mata kuliah (MatKul), ya pastinya yang menunjang dong (hohoho), nah beberapa contoh :

follow_intipjurusan_COMPRES

MKUB (Manajemen Kuantitatif Untuk Bisnis)&Manajemen Operasi (MO), contoh penerapanya seperti nentuin jumlah karyawan yang akan direkrut atau yang mau dipecat itu ada caranya gaboleh sembarangan apalagi bawa perasan *eh*, jumlah barang yang akan di produksi. Hitungan? Iya hitungan. Awal-awal saya kira juga manajemen hitungannya paling mempelajari dasar, ternyata jarak dari departemen 1 ke departemen lainnya juga dihitung biar efektif dan efisien.

Akuntansi Biaya (AB)&Akuntansi Manajemen (AM) itu mempelajari bagaimana merencanakan keuangan, loh ada akuntansi ? Kalo jurusan ipa? ada dong, kalian akan dapet dasarnya dulu biasanya di smester 1 yaitu Akuntansi Pengantar (AP). Jadi mau jurusan IPA/IPS tetap dapat dasarnya kok. Kuncinya, Jangan malu buat nanya sama dosen, kita kuliah belajar jangan gengsi buat bertanya.

Metodelogi Penelitian Bisnis (Metopen) apa itu? matkul ini isinya seperti skripsi tapi dikerjakan kelompok, biasanya kita membuat kuisioner untuk penelitian, matkul ini adalah prasyarat ntuk ambil skripsi.

Matkul Kewirausahaan (Kewirus) matakuliah ini mengajarkan bagaimana kita menjadi pengusaha di usia muda (jualan), kita membuat produk secara kelompok biasanya sih makanan, lalu dijual di SL (Student Lounge) yang disediakan khusus untuk kewirus ini. Terus ada presentasi dari rencana hingga hasil gitu. Hasil keuntungan? Ya, bisa dibagi kelompok sendiri (gimana menarik?).

KBPK (Kebijakan Bisnis & Pengambilan Keputusan), ERP SAP, MKUB (Metode Kuantitatif Untuk Bisnis) ga cuma teori & hitungan, ada lab khusus untuk matakuliah-matakuliah ini jadi bisa menerapkan di software yang ada .

Matkul Manajemen Strategik. Gak cuma main bola, bisnis perlu startegi loh agar bisa memasarkan di segmen yang tepat dan target tercapai. Waktu ambil matakuliah ini tugasnya kerjasama salah satu perusahaan minuman, mahasiswa membantu toko yang disuplai produk terkait agar bisa meingkatkan penjualan, dan hasilnya dipresentasikan.

Matkul Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Perilaku Organisasi (PO) & Perilaku Konsumen (PK) kita mempelajari perilaku orang lain, mengamati kebiasaan orang lain, intinya sih agar kita mengerti  dalam memperlakukan, memimpin, memberi feedback dalam berkomunikasi dan lainnya. Disini kita akan mengerti bagaimana kita seharusnya berkomunikasi, belajar jadi “Manajer” (hihihi) belajar untuk jadi permimpin, dan berguna banget dalam keseharian. Dan masih banyak matkul lainnya yang bisa diambil, untuk menempuh 144 SKS. FYI nih ya, biasanya 1 matkul terdiri dari beberapa kelas yang dikasih nama A1, A2, B1, dst , dan beberapa matkul ada 1 kelas khusus bahasa inggris bagi yang berminat saja tapi .

Ngomongin matkul” tadi akan terasa banget penerapannya, biasanya yang ikut organisasi dikampus akan lebih membantu dalam latihan penerapan matkul .

Selama kuliah saya ikut 2 UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yaitu Best Community STIE YKPN yang mempelajari pasar modal, ilmunya berguna untuk anak muda jika ingin investasi , nah proker (progran kerja) antara lain : pelatihan pasar modal, ada seminar, dan lainnya + dapet temen baru, kegiatannya bisa cek ig : @beststieykpn , no pict = HOAX? Nah ini salah satu foto kegiatan seminar nasional di Ruang Seminar kampus STIE YKPN serta foto panitia didepan loby kampus.

Dan UKM HMJM (Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen) yang juga sebagai organisasinya anak manajemen. Di HMJM saya menjabat sebagai anggota selama 1 tahun di divisi entrepreneur, disini kita bakal belajar untuk usaha mengahasilkan dana, lalu 1 tahun selanjutnya sebagai sipervisor di divisi office apa kerjaannya ? yang menyangkut sekre, tanggung jawab bagian officenya . Di HMJM kita punya banyak proker, contohnya :

FESBUK ( Festifal Bisnis Untuk Kewirausahaan) diadainnya 2 kali dalam 1 priode yaitu Fesbuk 1 dan Fesbuk 2. Disini kita memperkenalkan produk kewirus dari matkul yang saya bahas tadi dan juga entrepreneur dari luar, acara musik, pembicara, dan lainnya .

Acara SMB (Sambut Mahasiswa Baru ), kita gaada ospek! tapi diganti sama kegiatan pelatihan dan perkenalan all about campus. Ini foto-foto kegiatan smb, kami bagian perkenalan UKM HMJM di kelas.

LBC ( Leadership Boot Camp) , ini pelatihan kepemimpinan di HMJM dan juga syarat prekrutan anggota acaranya  seru  kekeluargaannya juga kental, isi kegiatannya  pelatihan, game, dan lainnya.

Dan banyak lagi proker lainnya, bisa di cek kegiatan-kegiatan HMJM di ig : @hmjmstieykpn. UKM yang saya ikuti pasti punya kesan dan pesan tersendiri buat saya. Kita juga masih menjalin hubungan dengan para alumni yang sudah bekerja. Cangkupan pekerjaan luas dan biasanya banyak yang membuka usaha sendiri (pengusaha), lalu di perbankkan, BUMN, perusahaan swasta, dosen, dan lainnya. Biasanya jika ada waktu luang mereka datang pada event yang dibuat oleh UKM atau kampus, karena dikampus disediakan komunitas alumnus STIE YKPN.

Yap! jadi itu sharing saya untuk intiperss. Kalau kuliah itu jangan hanya kuliah-pulang, gunakan fasilitas yang disediakan. Selagi kalian menjadi mahasiswa nikmatilah dan kalau ada ukm atau kegiatan yang positif, kenapa tidak?.

Kuliah itu bukan hanya tentang “dimana” atau “apa” , karena apapun jurusannya pasti “berguna” jika diterapkan pada hal positif, jadi jangan spelekan jurusan apapun dan dimanapun. Karena kalau dijalani dengan sungguh-sungguh pasti ilmunya berguna. Oh iya, yang penting lagi bukan “dimana” kamu berdiri, tapi apa yang bisa kamu dedikasikan disekitar kamu berdiri aja dulu, ya kalau bisa dimanapun, ini sebenernya lagi nasehatin diri juga *Loh .#SelfReminder

Semoga bermanfaat yo! kalau ada salah kata saya mohon maaf, jangan dicaci dan dimaki, tapi ingatkan. Saya juga masih belajar, jadi ayo sama – sama belajar .#LetsLearn #Fighting ~.

Terimakasih intipjurusan.com dan jika ingin ada yang ditanyakan boleh ! karena malu bertanya sesat dijalan .

Wasallammualaikum .wr.wb.

Kode Konten : X162

3 thoughts on “Manajemen STIE YKPN (Alvina)”

Ayo tanya kak Alvina disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *