Manajemen Resort dan Leisure UPI (Reynaldo)

Hallo Intipers! Dan hai para calon S.Par! 🙂

Perkenalkan nama saya Reynaldo Andika biasa di panggil rey atau aldo. Saya mahasiswa semester 6 yang sedang menempuh mata kuliah sebanyak 18 sks terakhir :’) di Manajemen Resort dan Leisure UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) , tepatnya angkatan 2014. Sebelum menjelaskan apa itu Manajemen Resort & Leisure, menurut saya perlu kita ketahui dahulu mengenai universitasnya. Kalian pasti tahu UPI kan? UPI merupakann salah satu universitas negeri di indonesia yang tepatnya berada di Jl. Dr. Setiabudi, No. 299, Bandung. UPI yang dulunya dikenal sebagai IKIP Bandung dengan jurusan yang khusus di bidang pendidikannya saja. Seiring perkembangan zaman UPI Bandung ini tidak hanya memiliki jurusan bidang pendidikan saja, akan tetapi banyak jurusan baru yang non-pendidikan. UPI Bandung saat ini memiliki cabang dimana-mana atau yang sering dikenal dengan sebutan kampus daerah. Namun di kampus daerah tersebut jurusan-jurusannya terbatas tidak sebanyak yang di UPI Bandung. Kampus daerah UPI Bandung diantaranya adalah UPI Tasikmalaya, UPI Sumedang, UPI Cibiru, UPI Purwakarta, dan UPI Serang.

Nah! saya akan berbagi cerita sedikit mengenai beberapa hal yang dipelajari dari jurusan Manajemen Resort dan Leisure secara singkat saja. Pertama denger MRL pasti teman teman tanya apasih MRL? Kok baru denger MRL di UPI? ngapain saja sih? Seru ga ya? Prospek kerjanya apa ya kira kira? Nah pertanyaan tersebut saya akan bahas disini. Secara garis besar saya tahunya bahwa program studi itu adalah tentang manajemen saja. Akan tetapi seiringnya jadwal perkuliahan di mulai baru saya tahu bahwa Manajemen Resort & Leisure itu memang benar manajemen tapi dari segi kepariwisataannya. Kalian tahu apa itu Manajemen Resort & Leisure?

Manajemen….

Definisi Manajemen sendiri sih ya proses suatu organisasi untuk mencapai tujuan utama melalui proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), dan mengelola (Controlling) sumber daya manusia dengan cara efektif dan efisien.

Resort…

Resort adalah sebuah jasa pariwisata yang memenuhi lima jenis pelayanan yang biasa disebut kriteria resort. Kriteria tersebut adalah akomodasi, fasilitas rekreasi, outlet penjualan, hiburan, dan pelayanan makanan serta minuman. Dimana pada intinya terdapat fasilitas khusus untuk kegiatan bersantai dan berolah raga seperti tennis, golf, spa, tracking, dan jogging

Leisure…

Leisure sendiri menurut saya sih kaya waktu luang apapun waktu luang yang kamu pakai adalah leisure time atau waktu luang.

Jadi Manajemen Resort dan Leisure itu apa? Saya coba simpulkan.

Manajemen Resort & Leisure ini baru berdiri pada tahun 2005 lho, tapi jurusan ini dengan cepat kini sudah berakreditasi A. Di UPI jurusan non kependidikan sulit untuk mengubah akreditasi menjadi A, tapi karena mahasiswa dan dosen mudah bekerja sama dalam hal pengembangan jurusan maka akreditasi mudah dicapai. Hal Ini merupakan peluang bagus bagi kalian semua sebagai calon mahasiswa baru. Oh iya balik lagi to the point ya Manajemen Resort & Leisure itu cara mengelola serta mengembangkan suatu tempat tinggal sementara atau tempat singgah dengan berbagai fasilitas seperti tempat kuliner, rekreasi atau huburan, penginapan, dan perbelanjaan dengan mengutamankan kepuasan dari wisatawan (menurut saya ya). Nah di negara kita ini masih sangat minim orang-orang yang menangani pariwisata dengan basic atau kemampuan di bidang pariwisatanya itu sendiri. So teman teman yang ingin menjadi sarjana pariwisata kali ini kesempatan kalian sebagai calon mahasiswa baru untuk menjadi orang yang bisa membawa Indonesia lebih maju lagi di bidang pariwisatanya. Kemudian setelah lulus kuliah kalian akan menyandang gelar SPar (Sarjana Pariwisata) kalian bisa bekerja dimana saja bahkan jika kalian ingin menjadi PNS pun bisa bekrja di Kementrian Pariwisata, dinas pariwisata, EO, Hotel, Resort atau dimanapun yang berhubungan pariwisata.

Program Studi ini memberikan ilmu-ilmu kepada kita bagaimana cara mengelola dan mengembangkan di bidang pariwisata dengan baik dan benar. Apa kalian suka traveling? suka rekreasi? atau suka yang berhubungan dengan liburan? Nah UPI Bandung memiliki jurusan yang khusus untuk kalian yang suka liburan atau bersenang-senang. Jurusan ini dapat memberikan ilmu tentang bagaimana caranya membangun, mengelola atau mengembangkan tempat wisata dengan baik dan benar. Bahkan jika kita bermain atau berrekreasi ke suatu tempat, kalian bisa menilai apakah tempat wisata tersebut benar-benar bisa dikatakan sebagai tempat wisata atau belum. Nanti ada saatnya teman teman mengikuti kegiatan praktikum terpadu dimana kegiatan praktikum terpadu itu kegiatan dimana kita melakukan observasi langsung di suatu tempat yang pada akhirnya kita melihat bahwa tempat wisata yang sedang di teliti sudah kah benar benar bisa dikatakan sebagai tempat wisata atau belum. Biasanya kami selalu mebuat seminar yang isinya membantu memajukan tempat wisata yang kami teliti.

Untuk mata kuliah yang kami pelajari itu unik sih menurut saya, untuk kalian yang belajar di SMA mungkin sedikit surprise. Di semester satu dan dua kami belajar basic mengenai pariwisata banget pokonya kaya pengantar manajemen pariwisata, pengantar kepariwisataan dan hospitality, konsep resort dan lain lain. Pastinya bahasa inggris dari semester satu sampai semester enam bahasa inggris kita ketemu terus, dari introduction english lanjut basic english sampai akhirnya advance english semuanya untuk pariwisata. Dan yang saya bilang surprise kita belajar mengenai geografi kepariwisataan, konsep resort, morfologi dan hidrologi resort, ekologi pariwisata juga lho! J aneh kan buat kalian yang anak SMA mungkin belum pernah sebelumnya belajar mengenai hal tersebut. Oh iya di semester dua itu kita ada bahasa mandarin atau jepang kalian bebas memilih salah satu selama 4 semester kalian akan belajar sesuai pilihannya.

Masuk ke semester tiga, empat, dan lima kalian mulai menjurus lagi ke arah benar benar tentang pariwisata seperti prilaku konsumen pariwisata, sistem informasi pariwisata dan hospitality, manajemen keuangan resort, manajemen akomodasi resort, manajemen strategik pariwisata, perencanaan pariwisata, monitoring evaluasi resort dan leisure, dan masih banyak lagi. Oh iya kita juga belajar mengenai MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) juga lho!

Nah di semester yang saya tempuh sekarang atau tepatnya semester enam, kami dibagi menjadi tiga konsentrasi jurusan. Disini lebih detail lagi, ada tiga konsentrasi jurusan ada Atraksi, Akomodasi, dan Aktivitas. Saya memilih konsentrasi aktivitas untuk di semester ini. Akomodasi itu lebih kearah ke hotel, atraksi lebih mempelajari mengenai kegiatan menuju dinas pariwisata, dan aktivitas mengenai pembuatan suatu kegiatan seni dan pertunjukan juga olahraga dan minat khusus seperti diving, sea walker dan lain lain.

Semester tujuh nanti akan membahas mengenai On A Job Training atau disingkat OJT atau magang untuk non kependidikan di Universitas Pendidikan Indonesia. Kita ojt sesuai konsentrasi jurusannya masing masing.  Atraksi sejauh ini mereka pada ojt di dinas kebudayaan dan pariwisata, ada di kementerian pariwisata, berhubungan dengan dinas biasanya. Untuk akomodasi lebih banyak di hotel, seperti Mercure Hotel, Hilton Hotel, pokonya berbau hotel deh. Dan terakhir aktivitas, kita biasanya lebih ke bagian EO atau orang orang yang mengadakan kegiatan. Biasanya anak aktivitas ojt seperti di Saung Angklung Udjo, JCC, NIRWANA, CLUBMED, JATIM PARK, Museum Angkut. Dan pada akhirnya mereka mendapatkan relasi dari tempat ojt nya sendiri, biasanya mereka akan direkrut kembali oleh perusahaan saat mereka ojt lho! Freshgraduate udah banyak yg langsung dipanggil kerja karena melihat potensi mereka saat OJT ditempat tersebut. Lulusan  MRL yang bekerja biasanya langsung bekerja di tempat tempat yang wow begitu lho, kaya ke hotel, ke resort juga sampe di Batam, di Bali juga ada. Lulusan  baru pun bisa langsung dipanggil kembali ke perusaahan tempat mereka ojt, tapi bagaimana saat mereka saat ojt sih, biasanya kalau kerja mereka sangat baik langsung di tarik kembali. Seperti CLUB MED BINTAN, BALI, dan masih banyak lagi. Tergiur kan sama kuliah di MRL, ditunggu yaa kuliah disini.

Kegiatan semester 2 Praktikum terpadu pertama Ranca Buaya Garut

 

Kegiatan semester 3 MICE RESORT FESTIVE 2016

 

Kegiatan Semester 5 di Pantai Pulau Merah Banyuwangi – Bali

Kesimpulan…….

Pada intinya program studi ini merupakan lembaga pendidikan tinggi bidang Pariwisata yang menyelenggarakan proses belajar mengajar untuk tingkat sarjana, yang didalamnya mengkaji dan mengembangkan keilmuan serta praktek mata kuliah yang berkaitan dengan aspek kepariwisataan termasuk didalamnya adalah sumber daya alam, ekonomi dan sosial budaya sebagai ilmu dasar pengembangan pariwisata. Bidang kajiannya meliputi aspek kepariwisataan secara luas, namun terspesifikasi dalam bidang manajemen Resort dan Leisure.

Sistem Pembelajaran pada Program Studi Management Resort & Leisure tidak saja mempersiapkan lulusannya untuk menjadi seorang manajer pada suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang kepariwisataan, tetapi juga mengarahkan lulusannya untuk dapat menciptakan lowongan/ kesempatan kerja.

Secara akademis, kompetensi lulusan MRL diarahkan untuk memahami kelayakan pariwisata, tata ruang kepariwisataan, manajemen berbagai usaha wisata, manajemen akomodasi dan transportasi, serta kemampuan dasar kewirausahaan di bidang kepariwisataan melalui pendidikan, pelatihan, praktek lapangan, dan praktek penyelenggaraan pertunjukkan dan atraksi wisata. Lulusan MRL harus memiliki pemahaman pengetahuan kepariwisataan baik nasional maupun internasional yang mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan resort & leisure yang dilandasi kaidah-kaidah keilmuan dan profesi.

Kode Konten : X171

110 thoughts on “Manajemen Resort dan Leisure UPI (Reynaldo)”

  1. Kak saya mau tanya, aapakah upi bekerja sama dengan hotel dan resort berbintang? Atau hotel biasa? Lalu, apakah jurusan ini sama dengan smk perhotelan ?

    1. Di tahun ini anak anak konsentrasi jurusan mrl bagian akomodasi itu juga ada ojt / magang di arcipelago internasional kok. Mereka yang konsentrasi akomodasi pada magangnya disana keren keren deh coba cek arcipelago internasional.

      Kalau yang saya ngerti sih kita lebih banyak lagi bahasannya:) karena kita banyak membahas mengenai praktek juga tapi ilmunya juga. Mungki kalau sma banyak prakteknyaa, tapi kalau di MRL dua duanya dipentingkan. Sama sama berjalan banyak ilmu baru pokonya 🙂

  2. kak saya mau tanya lagi nih, sedikit memperjelas maksud saya, jika smk perhotelan kan saat magang biasanya jadi staff staff biasa seperti waiters dll ( kecuali chef ), nah klo mrl ini, nanti pas magang itu apakah sama seperti smk perhotelan gitu atau bagaimana ya kak? lalu kalo misalnya mrl bagian aktivitas itu kan EO, nah itu biasa magang dimana aja ka? apakah wedding organiser dan promotor promotor acara seperti ismaya live itu termasuk tempat magang untuk mrl aktivitas ?

    1. Beda banget kalau menurut saya, kalau di smk itu kita biasanya belajar mengenai lebih spesifik kan belajar di bagian upw atau bagian kamar dll. Kalau. MRL itu belajarnya gacuman itu aja tapi banyak banget, coba cari tau matkul MRL apa aja salah satunya ada di wacana yang saya buat. Jadi kita itu tujuannya kalau akomodasi lebih ke hotel, nanti disana ada yang jadi HRD, ada yang jadi bagian Accounting, front office ada gimana ditempatkan atau kita rekomendasi kita mau di mana dan di acc atau engga. Sama kalau di aktivitas nanti mata kuliahnya kan banyak mengenai aktivitas yang berhubungan wisata kaya tourguide, event ada, kesenian juga ada, eo sempet ada kokk ? kalau acara kaya gitu ya gimana EO yang kita tuju ya?.
      Kalau atraksi ya mereka da di perhutani, ada yang di kementrian pariwisata, dll karena banyak banget mereka yang dapet ilmu lebih dari dosen bagian atraksi wisata.

      Untuk magang dimana aja kamu bakal bisa tau iya atau engga nya pas kamu tanya sama dosennya di acc tidak tempat tersebut untuk dijadikan magang disana

  3. Kak klo d jurusan ini bahasa inggris tuh seberapa penting,
    Trus klo bukunya tuh pake bahasa inggris kgk,
    Trus statistik disini belajar kgk

    1. Kalau bahasa inggris penting sih, dari smst 1 sampe smst 6 itu ada matkul bahasa inggrisnya. Dari introduction sampe akhir nanti ada.
      Kepake kok cuman lebih belajar ke arah pariwisata aja ?
      Statistik semua jurusan belajar kebutuhannya buat skripsi dek 🙂

    1. hayyyy sorry saya baru bales , soalnya saya sempet bales di email karena masuk email saya hehe. kalau mau jalur mandiri sih saya kurang tau, tapi bakal lebih besar kesempatan lewat jalur sbm atau snm deh 🙂

  4. kak kalau mau masuk mrl upi mata pelajaran yang lebih dominan itu geografi, ekonomi, atau sosiologi?
    dan apa aja yang perlu disiapkan untuk masuk ke mrl upi kak?

    1. semuanya itu ada kok tapi lebih dominan ke geografi karena ada beberapa matakuliah yang mempelajari mengenai ruang lingkup

      sorry yaa baru dibalas :))))

  5. Ka kalo jurusan itu bahasa inggris nya harus lancar banget kah?
    Dan biaya jika pergi gergi di tanggung sendiri?

  6. Kak. mau nanya dong, setelah baca postingan kk aku mulai tertarik dengan MRL. Tapi aku juga bimbang soalnnya aku dari Kalimantan,jd bhs inggrisnya belepotan. Jadi kalo masuk mrl bing nya bener2 harus lancar yaa? *mohon di balas kak

    1. nanti diajarin dari basic gitu kooo, untuk pariwisata tapi. jadi nanti tetep kalau keterima kan masih bisa belajar lagi 🙂

    1. Kalau MRL itu konsentrasi jurusannya ada 3 akomodasi, atraksi, dan aktivitas. Kalau MPP ada 4 hotel, fnb: food n beverage, destinasi, sport tourism : kaya wisata olahrga gt

      intinyaaaa adalaaaah kalau MRL itu bisa bisa dibilang dari perencanaan hingga realisasi. jadi kita belajar tentang ruang lingkup juga. bedanya kalau MPP itu ada destinasi wisata mereka sepertinya lebih ke arah memasarkan produk hotel

    1. duaduanya bisa kerja di hotel kok :)))) ada konsentrasi jurusan yang emang kalau MRL intinya konsen AKOMODASI yang intinya membahas mengenai bener bener gimana caranya kerja di Hotel jadi enak sih di MRL

  7. Ka,itu bahasa inggrisnya harus bener2 fasih bahasa inggria atau nggak? Mohon dibalea ya kak, aku soanya tertarik. Maba MRL 2018,aamiin.

  8. Kalau dibilang cocok mah ya, iya sih soalnya banyak mata pelajaran ips yang terpakai daripada mata pelajaran ipa nya.
    Tapi gapernah menutup kemungkinan yaa buat ipa ngambil ini hehe

  9. Kak aldo, aku mau tanya nih. Aku kan alumni smk perhotelan taun 2017, kalo aku mau dftar MRL lwt sbm peluangnya besar atau engga ya kak? Trs mau tanya juga soal Atraksi, apa banyak tmn kak aldo yg uda kerja di kedinas sprti dinas pariwisata, dll?

  10. Kalau lewat sbm ya perjuangan sih, kan emang dibahas kamu harus belajar lagi kalau mau SBM lagi. Kalau bilang peluangnya besar ya gimana kamunya lagi sih ?
    Contohnya kemaren anak atraksi pada ojt di Kemenpar kok, ada juga alumni yang kerja disana.

    1. Jawaban Dewi 🙂
      Kalau yang saya tahu ya dek, kalau peluang snmptn tuh ya liatnya dari:
      1. Berapa alumni kamu yang masuk ke Univ UPI dan kira kira passing grade sekolah kamu bagus ga?
      2. Nilai kamu rata rata berapa nih?
      3. Cari nilai temen temen kamu yang sekiranya lebih tinggi dari kamu dan pilihannya sama juga sama kamu. Nah kamu lobby ke dia mau dia yang milih jurusan yang lain yang kira kira dia bisa juga atau kamu yang ganti jurusannya.
      4. Ikhtiar aja terus yaa

      Kalau buat prospek kerjaa baca lagi deh lagi dibutuhin banget sarjana pariwisata ini. Soalnya belum banyak S.Par di Indonesia. Lalu potensi pariwisata di Indo ini sangat banyak jadi sangat butuh orang orang yang bagus dibidang pariwisata

  11. Kalau yang saya tahu ya dek, kalau peluang snmptn tuh ya liatnya dari:
    1. Berapa alumni kamu yang masuk ke Univ UPI dan kira kira passing grade sekolah kamu bagus ga?
    2. Nilai kamu rata rata berapa nih?
    3. Cari nilai temen temen kamu yang sekiranya lebih tinggi dari kamu dan pilihannya sama juga sama kamu. Nah kamu lobby ke dia mau dia yang milih jurusan yang lain yang kira kira dia bisa juga atau kamu yang ganti jurusannya.
    4. Ikhtiar aja terus yaa

    Kalau buat prospek kerjaa baca lagi deh lagi dibutuhin banget sarjana pariwisata ini. Soalnya belum banyak S.Par di Indonesia. Lalu potensi pariwisata di Indo ini sangat banyak jadi sangat butuh orang orang yang bagus dibidang pariwisata

  12. ka aldo mau nanya, aku tertarik bgt kan masuk MRL ini but kayanya alumni dari sekolahku gaada yg kesitu, ngaruh ga ka? trs itu kalo rata2 nilai rapot kita 8 gt kira2 bakal dapet snm ga ya? makasih sebelumnya hehe

    1. Halo yash. Dulu tuh sekolah saya ada alumninya 4 tahun lalu, terus rata rata sih nilai saya di 8,2. Nahhh selama sekolah bagus, dan alumninya minimal banyak ke UPI aja yaa nanti inshaAllah bisa masuk. Selama kamu ga bentrok sama temen kamu ke MRL juga dan walaupun bentrok yaa usahakan kamu nilainya diatas temen kamu yang bentrok aman aja kok. Tapi masalah rata rata nilai dulu sama sekarang ada perbedaan saya gatau yaa itu bahasan dulu ?

  13. Kak mau nanya, kalo milih MRL buat jalur snm nilai yg dilihat apa aja ya kak? Masalahnya saya di sma ga dapet mapel geografi kak.

  14. Aduh kalau itu saya gatau, cuman ya kalau ranahnya ips ya semuanya masuk kok ekonomi, sosiologi, geografi, semuanya masuk. Nahh sebenernyaa mah anak ipa juga pada keterima ke MRL mah waktu itu nah kalau skrg saya blm tau sih hehe

    1. Sejauh ini mah gaada, tapi ada acara dari Himpunan yang isi acaranya mengenai public speaking. Nama acaranya speak up jadi disana diajarin caranya public sepaking.

  15. Makasih kak membantu sekali, saya pejuang snmptn. Saya dari jurusan ips saya mau masuk upi tahun ini, setelah baca ini sepertinya saya tertarik untuk masuk ke jurusan MRL semoga saja saya keterima dan bisa masuk hehe. Makasih ka reviewnya membantu sekali untuk saya yg bingung menentukan jurusan:)

  16. Kak apa ada banyak peluang untuk anak ipa masuk ke MRL atau MPP dan saingan masuk pariwisata di upi apa peminatnya banyak atau sedikit kak?

    1. Sama besar anak ips dan anak ipa peluangnya buat snmptn ke upi di jurusan MRL. Kalau MPP saya kurang tahu. Tapi kalau pada masanya saya snmptn waktu itu mpp lebih banyak yang memilih.

  17. Bang mau nanya nih, saya kan ga lancar inggris sama bikin jurnal jurnal keuangan gitu (ga bisa mtk), kira kira bakal jadi masalah banget ga ya buat menempuh kuliahan nya? Mohon dijawab ya bang

    1. Sama belum lancar inggrisnya! Haha
      Tenang aja semuanya belajar lagi dari awal. Masalah field trip kita juga banyak, cumannn yaa kebutuhan perkuliahan aja tiap angkatan

    1. Iyaa biaya sendiri, gimana tempatnya juga kalau emang terakhir ke Banyuwangi lumayan tuh biayanya. Tapi biasanya ada subsidi silang kok.

  18. kak aku mau tanya. aku ini kan SMK jurusan akuntansi tapi aku tertarik banget masuk UPI khususnya jurusan MRL. rencananya aku mai daftar MRL di SNMPTN, rata-rata raport aku 83+, kira kira bagaimana ya kak peluangnya?

  19. Bukan maksud ngurungin niat kamu ke MRL, tapi bukannya snmptn dari SMK otu sulit yah? Tapi ya berdoa aja, soalnya yang dari pariwisata pun susah buat snmptn ke UPI tuh ?

    1. Kakak basicnya dari SMA ya?
      Aku gak begitu berharap sih sama SNMPTN tapi aku berharap sama UPInya ?

  20. Ya basicnya anak SMA. cuman setau sayaa ya gitu kalau basinya smk sedikit susah buat snmptn ke UPI intinya. Kecuali ya sekolahnya memang sudah bagus mungkin ya

  21. Kak aku mau nanya di prodi ini dituntut jd mahasiswa yang aktif ya? Trs lebih sering observasi gt atau teori ? Dan satu lg klo kita kunjungan ke suatu tmpt wisata biasanya ngapain aja ka trs biaya nya ditanggung sendiri ya? Makasihh

    1. Semua prodi apapun dituntut untuk jadi mahasiswa yang aktif tanpa terkecuali ?

      Kalau dibilang teori atau observasi, sudah pasti lebih banyaj teori, karena Sarjana itu lebih banyak teori dari pada prakteknya. Setiap ke tempat wisata kita praktek dari teori teori yang udah kita dapet. Mulai dari observasi sampai nantinyaa buat buku dan intinya diseminarkan. Buku kita nanti akan diberikan ke bagian sektor pariwisata setempat yang kita kunjungi.

    1. Kalau matematikanya pasti ada disetiap jurusan cuma di satu semester aja pelajarannya statistika pariwisata, paling ada ekonompi pariwisata juga, sama akuntansi juga

    1. Tergantung sama kebutuhan angkatannya, untuk field tripnya. Biaya tiap kali field trip juga sama tergantung sama jauhnya tempat prakteknya, sama biayanya juga tergantung. Paling mahal hampir 2jt waktu ke Banyuwangi+ Bali

  22. kak mau nanya dong itu pergi2annya itu tiapa semester atau tiapa pelajaran langsung pergi atau tiap apa
    yang paling sering di kunjungi tu keman kak

    1. Gimana kebutuhan matkul setiap angkatannya. Tapi pasti ada setiap semester praktek tuh, cuma ada yang deket ada juga yang lumayan jauh gitu. Yang deket itu misalnya pratikum geofrafi pariwisata itu paling gajauh dibandung. Bahasannya buat gambar letak kemiringan. Pokonya deket. Terus kalau dirasa emang seperti mata kuliah tertentu bisa jadi 4 matkul jadi satu praktikum.

  23. Kak saya kan anak ipa tapi saya pengen masukin mrl lewat snmptn di pilihan pertamanya dan kebetulan nilai peminatan saya juga ga begitu jelek. Kira kira peluangnya besar ga si ka?

    1. Duh shindi kalau dari ipa saya kurang tau, tapi sih yaa anak ipa juga banyak kok yang keterima di angkatan saya. Tapi selama nilai bagus, selama di kelas kamu yang milih mrlnya nilai kamu lebih bagus yaa lanjutkan saja. Coba untuk ngobrol sama temen kamu sekiranya ada pilihan yang sama dan nilai dia lebih tinggi coba konsultasi bareng, jadi nanti banyak kemungkinan kamu sama di temen kamu. Intinya kalau mau keterima SNMPTN jangan egois aja.

  24. Ka saya dari jakarta , udah dapet snmptn tapi saya bingung masuk mana . Setelah ada jurusan ini saya mulai pengen tau , setelah saya baca postingan kk dan membaca beberapa komentar. Saya mau nanya kan katanya kalo pas survey survey gitu pake biaya sendiri ya . Emang nanti banyak juga ya buat di suruh mengamati atau survey gitu ? Oh iya ka sama satu lagi , di upi ada jurusan tata boga ga ? Untuk jadi chef jadi bukan ke pendidikan

    1. Halo Alfi, dari jekardah! Haha.
      Iyaa kalau kemana mana pasti biaya sendiri. Tapi pasti ada subsidi silang dari jurusan kok. Pasti jadi walau lebih banyak teori dibanding praktek, tapi sekali praktek itu sangat harus di perhatikan dan wajib sifatnya setiap praktikum. Untuk jurusan tataboga sendiri ada tapi pendidikan di UPI. Kalau mau manajemen industri katering, kalau MIK itu nondiknya.

    1. Itu beda beda dek. Gimana waktu pengisian kamu sesudah keterima lewat snm atau sbm nanti ada pengisian. Lalu pasti berbeda setiap angkatan juga.

  25. Kalo dari univnya sendiri gimana kak?takutnya kaya unpad kan kalo snm gabole lintas ipa ips. Tapi kalo shindi denger denger upi mrl boleh lintas gitu

    1. Boleh kok kalau di UPI, kamu coba tanya sama guru bk gimana jurusannya misalnya gini psikologi upi itu bisa IPS tapi kalau psikologi unpad harus dari IPA gitu jadi harus tau sendiri. Mulai cari tau yaaa

  26. kak aldoo aku mau nanya lagi, kalo sbm kira2 yg lebih utama harus banyak diisi apa ya? tkd nya atau tpa atau harus balance? terus matkul di mrl apa aja? hehe makasih

  27. Sbm itu kalau kamu kurang menguasai soshum ya banyakin di tpa nyaa haha ya gimana pun isinya yang emang sekiranya bener jawabannya kalau sbm tuh kan. Tapi yaa sekiranya yang si tkd nya bisa di isi yaa bagus banget. Cuman TPA sih hahaha penolong banget. Iya S. Par bisa banget PNS. Kalau mau tau matkulnya ada di ulasan saya yash.

  28. Assalamualaikum kak, kalau masuk mpp atau mrl ini,, bagi muslimah ada penentangan nggak kak kalau pakai jilbab dalam, atau yang sejenis syar’i syar’i gitu nggak kak?? Mohon jwabnny

  29. Sebenernya kalau di MRL udah boleh pakai rok, kalau MPP belum boleh. Untuk kerudung masih harus yaaa tidak menutupi bagian misalnya nanti ada nametag gaboleh ditutupi. Meski sebenernya ada aja sih satu dua yang pakai kerudung syari

    1. Sebenernya saya udah bilang di beberapa komentar jg kan, jadi field trip tuh gimana kebutuhan angkatan atau matakuliah yang ada di smstr tersebut. Trs ya paling banyak jg di 2 kali sesemester.

  30. Sejauh yang saya tau ya ika, mrl itu hanya ada di UPI Bandung, kamda itu (kampus daerah) jarang ada jurusan yang banyak. Rata rata UPI kamda itu isinya paling PGSD pendidikan guru sekolah dasar paling samasama PGSD Penjas (olahraga)

  31. Kak, kakak ngambil ojt yg atraksi itu berarti di kementrian pariwisata & budaya? Atau ada yg lain kalo ngambil fokus nya ke atraksi? Makasih kak

    1. Gajuga sih sebenernya ada juga yang di konsultan pariwisata juga de, ada juga yang di P2 Par ITB banyak kok

Ayo tanya kak Reynaldo disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *