Manajemen Logistik STIMLOG – Fajar

Hei hei intipers… terutama yang baru lulus SMA, lagi nyari jurusan ya? (haha)

Sebentar ya, izinin saya kenalan dulu… kenalin saya fajar maulana, kalo di kampus sering di panggil mas fajar kadang juga sering di panggil Yadi sama orang GGS (Ganteng-Ganteng STIMLOG).  Saya mahasiswa semester VI, jurusan S1 Manajemen Logistik di Kampus Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG) dan Insya Allah 2018 make Toga (amin hehe)

Kata LOGISTIK…

Beberapa orang sering salah paham dengan maknanya, saya sempet denger ada yang bilang kalo logistik itu urusan angkat mengangkat barang, kerjanya jadi suruhan orang dan bahkan ada yang bilang logistik itu jurusan yang nggak penting.

Jahat kan orang itu… L  yaaaa.. mungkin dia belum tahu dan jiwanya masih jiwa tahun 70an.

Oke saya akan berbagi pengetahuan mengenai apa itu Manajemen dan apa itu Logistik..

MANAJEMEN merupakan proses dalam membuat suatu PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PENGENDALIAN, PENGAWASAN serta MEMIMPIN berbagai usaha dari organisasi dan juga menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

follow_intipjurusan_COMPRES

Lanjut ke pengertian Logistik…

LOGISTIK adalah ilmu yang mengatur dan mengontrol aliran/arus barang (produk), energi, uang, informasi dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien mulai dari titik asal hingga ke titik tujuan.  Kegiatan UTAMA dalam bidang Logistik yaitu PENGADAAN, PENYIMPANAN, PERSEDIAAN, PENGANGKUTAN (TRANSPORTASI), PERGUDANGAN, PENGEMASAN, KEAMANAN dan PENANGANAN barang serta jasa dalam bentuk bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi.

(kenapa beberapa kata dari pengertian diatas saya CAPSLOCK??? Yap biar kalian tau bahwa INTI dari MANAJEMEN dan LOGISTIK adalah itu)

 

 

Beberapa Matakuliah inti di S1 Manajemen Logistik (STIMLOG) nih guys.. jadi biar kalian ada gambaran kalo mau gabung sama kami. Hehe….

Logistics & Supply Chain Management Logistics Postal
Freight Management Warehouse Management
Inventory Management Total Quality Management
Riset Operation E-Commerce Management
Logistics Location Facility Purchasing Management
Distribution Management Supply Chain Project Management
Logistics Marketing Management Goods Inspection
Lean Six Sigma Logistics & Supply Chain Dangerous Goods
Integrated Logistics & Supply Chain Logistics Business
Information System Logistics & Supply Chain Supply Chain Risk Management
Modeling System Logistics & Supply Chain Supply Chain Optimization
Green Logistics & Supply Chain Export Import
Global Logistics & Supply Chain Kepabeanan
Packaging Management Safety Working Management

Pada bingung ya bahasanya Inggris semua… (haha)

Yapppp.. jadi di STIMLOG itu penggunaan bahasa inggris di wajibkan. Dan salah satu persyaratan magang/kerja praktek minimal TOEFLnya harus 500.

 

Dari beberapa matakuliah di atas, ada dua yang menurut saya istimewa (haha) yappp yang pertama itu matakuliah “Goods Inspection” matakuliah tersebut menjelaskan mengenai jenis-jenis barang yang berbahaya dan tidak berbahaya. Selain itu matakuliah tersebut juga menjelaskan mengenai proses loading unloading yang ada di terminal Cargo (bandara) dan kebetulan karena Dosennya Praktisi dari dunia Penerbangan makanya saya jadi suka sama matakuliah “Goods Inpection” (hehe). Dan matakuliah kedua yang saya sukai berikutnya adalah Kepabeanan, saya suka karena matakuliah tersebut menjelaskan mengenai penanganan dan pemeriksaan barang ekspor dan barang impor… dan insya allah kalo rezekinya bagus semoga saya bisa bekerja di Bea Cukai (hehe… amin)

Selain kedua matakuliah favoritku itu semua matakuliah yang aku sebutin di atas merupakan Pelajaran INTI di bidang Logistik guys. Jadi kalo misalkan kalian (pengintip jurusan) nanti sudah join ke STIMLOG jangan lupa belajar yang rajin dan banyakin diskusi dengan sohib ya guyyss,, (hehe)

Aktivitas diskusi Mahasiswa STIMLOG
Penampilan Seni Tari Mahasiswa STIMLOG

Hal yang paling berkesan mengenai tugas-tugas kuliah di STIMLOG itu ada yang namanya TUGAS BESAR guys, apa itu? (Haha…) ya, itu tugas sejenis penyusunan skripsi dan setiap semester ada 1 hingga 2 tugas besar, tugasnya ya kita cari data ke perusahaan, kalo sesuai dengan tema/tujuan barulah kita olah, kemudian kita bikin laporan dan presentasinya, habis itu di sidangkanlah di depan penguji dan pembimbing,, (haha) pokonya mah udah kaya skripsi aja, jadi nanti kalo udah Tingkat Akhir kalian gak akan kaget lagi sama yang namanya SKRIPSI.

Terus tugas-tugas yang lainnya juga relatif kayak kampus lain guys, bikin laporan, paper, presentasi, dll..

Dan nanti kalo kalian sudah masuk semester 6, akan ada program kerja praktek di perusahaan-perusahaan besar Indonesia guys. Lokasi Kerja Prakteknya buanyak banget guys.. aku sebutin beberapa perusahaan aja ya (PT. Pos Indonesia, Pelindo I, II, PT. Inalum, PT. Angkasa Pura, PT. BGR, APL, PT. Kereta Api Indonesia, Garuda Kargo Indonesia, PT. Dirgantara Indonesia, PT. Agility International, PT. Leschaco, PT. Pindad, PT. Astra International, PT. MUA Cargo, DHL Indonesia, Unilever Indonesia, Jakarta International Container Terminal, dan buanyak lainnya lagi ..hehe..)

Alhamdulilah STIMLOG tahun (2017) ini bakal lounching lulusan pertama guys.. beberapa perusahaan udah pada NUNGGUIN di depan pintu (hehe). Jadiiii jangan takut gak dapat kerja ya guys.

Fajar Maulana

SAYA MAHASISWA TINGKAT 3 JURUSAN S1 MANAJEMEN LOGISTIK di STIMLOG. Kesibukan saya yaitu kuliah, organisasi (eksternal kampus), bisnis kecil-kecilan dan Hobi saya yaitu maen Bulutangkis, membaca, makan, hunting kereta dan pesawat dan yang paling penting saya suka dunia penerbangan.

Kode Konten : X137

13 thoughts on “Manajemen Logistik STIMLOG – Fajar”

  1. Kak mau nanya nih kira-kira mahasiswi STIMLOG lebih banyak di jurusan manajemen logistik atau trasportasi?? Makasihh

  2. Mau tanya nih Kak,boleh tau ngga perbedaan yg jelas antara jurusan Manajemen Logistik dengan Manajemen Transportasi Logistik?

    1. Hai ahmad hanifan, soo sorry baru respon ya.
      Perbedaan mendasar antara manajemen logistik dan manajemen transportasi Logistik ialah :

      Manajemen Logistik : mengatur arus barang terkait (penanganan, pengiriman, penyimpanan, persediaan, dan pelayanan)

      Manajemen Transportasi Logistik : mengatur moda transportasinya, terkait (Armada transportasi yg di gunakan, penjadwalan, perencanaan & pelayanan informasi transportasi)

      Untuk kedua jurusan tsb semuanya saling berkaitan, melengkapi satu sama lain.

      Semoga infonya bermanfaat ya
      Salam
      Fajar Maulana

  3. Kak mau nanya.. sebenarnya saya udah tertarik lama dengan stimlog ini, tapi habis baca review-an kakak kok berasa terciduk(?) gitu tentang magang yang harus toeflnya minimal 500. Itu emang persyaratan wajibnya ya kak? jadi kalo misalnya si mahasiswa pinter bahasa inggrisnya dikit-dikit doang(?) harus belajar privat english lagi dong ya?

    1. Selamat pagi dwi pratiwi.

      Untuk persyaratan magang kurang lebih seperti itu, jika toeflnya blm sampai di angka 500 tetep masih bisa magang (dengan beberapa ketentuan)

      Oiya fyi ya tiwi..
      Jurusan logistics sekarang bahasa inggris di wajibkan. Hehe
      So.. Mau ga mau harus di upgrade lg supaya bisa berbahasa inggris.

      Dan jangan khawatir, stimlog sudah bekerja sama dengan (Altisia) lembaga yg mengelola kemampuan bahasa inggris

    1. Hallo mas bahtiar adi. Mengenai biaya kuliah di stimlog untuk setiap tahunnya beda. Saya ambil contoh untuk biaya semester angkatan 2017 sebesar 12.800.000 (semester 1) dan 7.800.000 untuk (semester 2 sampai 8). Di stimlog ada beasiswa kok mas. Hehe tapi ada ketentuan dan persyaratan tertentu. Contoh, nilai hrus tinggi dan memiliki prestasi yg baik.

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *