Manajemen Logistik dan Material STMT Trisakti Jakarta (Alya)

Halo Sahabat Intip Jurusan! Perkenalkan, namaku Alya Maulina dari Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi(STMT) Trisakti Jakarta. Lokasinya ada di Jl. Ipn No.2 Kebon Nanas Cipinang Jakarta Timur. Asal SMA ku adalah SMAN 52 Jakarta Utara. Di STMT Trisakti, Alhamdulillahnya dari SMAku lumayan banyak yang menerima Beasiswa Full 100%, jadi dari awal kuliah sampai dengan nanti wisuda kami tidak bayar sama sekali lohh, kapan lagi kan ngerasain Kuliah di Swasta rasa Negeri? JSTMT Trisakti adalah Sekolah Tinggi Manajemen yang terarah pada bidang Transportasi dan Logistik. FYI temen-temen, di program Sarjana terdapat S1 Manajemen, S1 Logistik dan S1 Transportasi. Untuk S1 Manajemen ada peminatan nya lagi loh, yaitu Manajemen Transpor Udara, Manajemen Transpor Darat, Manajemen Transpor Laut dan Manajemen Logistik dan Material.  Di STMT Trisakti aku ambil jurusan Manajemen Logistik dan Material tahun 2015 dan sekarang aku duduk di Semester 5. Nahloh, ko ada S1 Manajemen Logistik dan Material dan ada S1 Logistik sih kak? Bedanya apasih? Untuk S1 Manajemen Logistik dan Material lebih belajar ke manajerial nya guys. How we mantain something in our society gitu. Kalo yang S1 Logistik lebih ke practical nya.  Buat temen-temen yang penasaran sama Jurusanku, ini adalah sekilas info nya yah berdasarkan yang ku alami selama aku ngampus di STMT Trisakti. Check this out guyssss….

Hmmm,  Banyak yang beranggapan kalo kuliah ambil Manajemen Logistik tu cuma ngurusin pengiriman, gudang, barang dan kurir doang. Its tottaly wrong teman-teman..hehe karena aku sudah ngalamin itu dan Alhamdulillah nya I’m thankful dan gak nyesel ambil jurusan ini. Di Semester 1 dan 2 aku belajar mata kuliah basic, contohnya Pengantar Ilmu Transportasi dan Logistik, Matematika Ekonomi, Pengantar Manajemen dll. Di semester 3 dan selanjutnya baru deh aku lebih melek tentang arti penting nya Logistik di perusahaan- perusahaan. Contoh mata kuliahnya adalah Multimoda and Freight Forwarding, Manajemen Pengadaan, Barang Berbahaya, Logistik Peralatan Industri, Manajemen Operasi, Sistem Transportasi,Manajemen Distribusi, Manajemen Transpor Barang dll.  Coba deh kamu bayangin.. sebelum hp yang kamu punya sekarang ada ditanganmu, ternyata banyak aktifitas Logistik didalamnya lohh. Misal.. kamu beli hp di Toko A, pernah ga kamu iseng pikirin dimana sih toko A itu dapet banyak hp dengan berbagai merk, gimana maintain stocknya, gimana proses pengirimannya, pake moda transportasi apa, gimana proses pemesanan dan pembayarannya, gimana produksinya,  dan dimana beli bahan mentahnya.  Di mata kuliah Rantai pasok atau Supply Chain Management(SCM) kami belajar itu semua temen-temen.This is one of my favorite subjectku loh, gatau kenapa seneng aja gitu belajar SCM hehe. Kami juga belajar konsep Pengiriman Barang di mata kuliah Manajemen Transpor Barang, pemilihan moda transportasi (Contoh :Truk, Kapal Laut, Pesawat Terbang, Kereta Api atau Pipa) yang kita pilih, harus berdasarkan pertimbangan atas karakteristik barang, kuantitas barang dan handling barang juga, karena kita gak mau kan barang yang kita kirim itu rusak pas udah sampe customer. FYI guys, Biaya Transportasi yang cukup mahal di Indonesia membuat kami harus belajar betul di mata kuliah ini,karena.. biaya transportasi sangat sangat berpengaruh dengan Harga Barang di pasaran loh. Temen-temen gakmau kan kita beli barang dengan harga mahal tapi ternyata hanya karena transport fee nya yang melunjak? So, Let’s learn about these things.

Kalo masalah tugas, biasanya dosen di kelasku tuh kebanyakan ngasih tugas presentasi kelompok guys. Jadi kita diajarin gimana ngomong di depan orang banyak. Dont worry, aku dan temen-temenku tadinya pun gagap kalo presentasi, keringet dingin dan gabisa jawab pertanyaan padahal kita tau jawabannya hehe. ‘’Ala Bisa karena Biasa’’, dosen-dosenku ngajarin konsep & bukan hafalan, jadi deh sekarang bisa sedikit-sedikitJ. Dosen di STMT Trisakti lebih banyak praktisi loh temen-temen, maksudnya.. Beliau Beliau yang ngajar kami masih aktif bekerja di Bidang Transportasi dan Logistik, sering ngasih contoh kejadian yang real from lapangan dan kata-kata yang gak terlalu rumit.Sehingga kita tau info yang kekinian dan alhasil….. ilmu yang di kasih pun lebih dapet kaaanJ.

Ga percaya? Dosen Rantai Pasokku adalah mantan Komisaris ABC Group, Dosen Multimoda and Freight forwardingku adalah Head Customer Service of Agility International, Dosen Operation Managementku adalah mantan CEO DHL International lohh, dan masih banyak lagiii. Huhu jangan pusing yah bacanya, beliau- beliau baik baik banget kook sumpiii kalo ngajar. Ilmu nya warbyasah dah gaada di buku.

Untuk industrial visit alias jalan jalan sambil belajar di STMT tu banyak banget kegiatannya guys, aku kasih contoh kelasku aja yahh. Di semester 3, kelasku pernah ke PT.Essilor Indonesia, di perusahaan lensa ini kami belajar flow of goods productionnya langsung loh.  Kita pernah juga visiting warehouse Samudera Indonesia Shipping Line yaitu PT.Masaji Kargosentra Tama, Warehouse PT.Agility International di Soewarna-Soetta jadi kita liat langsung gimanasih barang-barang disimpan dan dihandling dengan baik. Nah kebetulan Oktober 2017 ini, angkatanku pergi ke Jepang untuk Industrial visit… kami ke Narita Airport dan Light Rail Transit nya Jepang loh. Disana kami liat langsung gimana Sistem Transportasi Jepang yang kita tau keren banget kaaan dan berimpact ke smooth nya pergeserang orang dan pengiriman barang di Jepang. Dari integrated sytemnya Jepang, pengiriman barang yang invisible dan truk truk yang gaada debu masaL. Huhu keren banget deh pokoknya.

follow_intipjurusan_COMPRES

Kebetulan di STMT Trisakti ada 2 jenis kelas temen-temen. Ada yang Reguler dan International Class, mata kuliah yang didapet sama aja kok. Bedanya kalo Inter belajarnya should in English, Industrial Visitnya keluar Negeri dan Mahasiswa yang dari Luar Negeri masuknya ke Inter. (Kapan lagi hayo belajar sama Bule? Hehe).  Untuk yang Reguler juga banyak banget kegiatannya, Tahun 2017 ini, temen-temenku pergi ke PT.Amerta Indah Otsuka yang memproduksi Pocari Sweat di Jawa Timur dan PT.Coca Cola Indonesia di Bali untuk belajar mengenai flow of goods production di 2 perusahaan tersebut. Banyak banget kan kegiatannya?:) Sebenernya ada yang bikin aku envy sama junior-juniorku dikampus, yaitu Program Double Degree Management Logistic ke China dan baru aktif sejak tahun 2016. You know guys mereka ikut program tersebut untuk ambil S1, belajar selama 2 tahun di Jakarta dan 2 tahun di China serta dapet 2 gelar sekaligus. Kalo kita kan 4 tahun dapet 1 tittle yah, kalau mereka 4 tahun dapet 2 tittle coba. Huhu pengen banget gak sih?

Untuk kakak kakak seniorku sendiri rata-rata bekerja di Perusahaan Transportasi dan Logistik, Retail dan Distribusi memang, tapi tidak menutup kemungkinan kok bekerja dibidang yang lain karena tittle yang akan aku dapat adalah SE(Sarjana Ekonomi).Dannn.. lagi-lagi, semua perusahaan pasti ada logistiknya.  So, contoh-contoh perusahannya adalah, PT. DHL Global Forwarding, FedEx, Agility, YCH, SGL, JNE, Tiki, Kamadjaya Logistic, Bea Cukai, Jakarta International Container Terminal(JICT),  dll.

Nah itulah sekilas tentang jurusanku, yaitu Manajemen Logistik dan Material STMT Trisakti Jakarta, i can say that transportation and logistic is an important aspect of our life and I’m proud to be a part of it. Hidup Logistician! 🙂


Tentang penulis : Alya Maulina

Mahasiwa tingkat 3, Program S1 Manajemen, Peminatan Manajemen Logistik dan Material Sekolah Tingi Manajemen Transpor(STMT)Trisakti.

Ig : alyamaulina

Ig Kampus : stmt_trisaktijkt

Ig Himpunan : hmlogistik_kmstmt

Kode Konten: X226

 

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *