Manajemen Informatika Telkom Univ. (Andriansyah)

Assalamualaikum intipers, <p>Hello word </p>. Perkenalkan nama saya Andriansyah Maulana alumni Telkom University program studi Manajemen Informatika Fakultas Ilmu Terapan angkatan 2013 dan lulus tahun 2016, sekarang saya sedang melanjutkan S1 ekstensi Teknik Informatika . Sebelum masuk kampus Telkom saya menyelesaikan pendidikan SMA saya di SMAN 11 Garut. Ada yang masih galau mau meneruskan kuliah dimana ? , untuk yang masih galau mau meneruskan kuliah dimana setelah lulus SMA/SMK atau mau mengetahui seputar dunia IT (Information Technology)  kita akan bahas tentang dunia IT dan program studi Manajemen Informatika.

Ada beberapa pertanyaan mengenai program studi Manajemen Informatika yaitu “ Kalau Manajemen Informatika berarti kita belajar manajemen sama informatika atau kita belajar bagaimana melakukan manajemen IT dan tidak belajar pemrograman ya melainkan belajar melakukan manajemen bisnis di dunia IT ya ?

Jawabannya adalah seperti ini, sebelumnya kita kenalan dulu sama Manajemen Informatika atau nama lainnya Sistem Informasi, Manajemen Informatika atau Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana membangun dan menerapkan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang sudah ada agar suatu bisnis bisa mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Lulusan diharapkan mampu menjadi teknisi tenologi informasi yang mampu melakukan pekerjaan di bidang teknologi informasi pada perusahaan yang sesuai dengan standar dan prinsip – prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang teknologi informasi, melalui proses penganalisisan data dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi ,keahlian interpersonal dan komunikasi

Nah, dari penjelasan tentang Manajemen Informatika tadi intinya adalah kita tetap belajar manajemen tapi yang kita pelajari adalah proses bisnis nya  dari suatu perusahaan dan manajemen proyek sistem informasi saja, jadi tidak belajar menyeluruh tentang ilmu manajemen atau manajemen bisnis di bidang Informatika, kalau program studi yang belajar mengenai manajemen bisnis di bidang Informatika itu program studi MBTI (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika ) di Telkom University, Manajemen Informatika pasti belajar pemrograman untuk membuat aplikasi berdasarkan proses bisnis atau bisa saja kita mengusulkan proses bisnis usulan kita ataupun sesuai proses bisnis permintaan pengguna yang bertujuan agar suatu instansi dapat menerapkan solusi dari teknologi informasi demi tercapainya kemudahan kerja di instansi , agar menjadi lebih cepat dan tepat  dari penerapan teknologi informasi di suatu instansi.

400
Penulis ketika bekerja di PT.Telkom Indonesia Geger Kalong Bandung Jawa Barat

Biasanya banyak yang bertanya , “Kalau Jurusan Manajemen Informatika belajar apa saja, sama tidak dengan Teknik Informatika ? ” Jadi jawabannya adalah ada beberapa mata kuliah yang sama – sama  dipelajari di Manajemen Informatika dan Teknik Informatika, ada juga yang hanya dipelajari di Manajemen Informatika saja dan di Teknik Informatika saja , Mata Kuliah yang dipelajari di Manajemen Informatika dan Teknik Informatika yaitu Algoritma dan Pemrograman, Basis Data, Jaringan Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemrograman Web, Pemrograman Perangat Bergerak, Multimedia, Matematika Diskrit . sedangkan mata kuliah yang hanya dipelajari di Manajemen Informatika saja seperti analisis perancangan sistem informasi, proses bisnis sedangkan mata kuliah yang hanya dipelajari di Teknik Informatika seperti Robotika , Telematika dan lain lain , selain itu ada beberapa mata kuliah umum yang dipelajari di jurusan ini seperti Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, dan  Kewirausahaan, oh iya jika ingin melanjutkan kuliah  dari Manajemen Informatika bisa meneruskan ke Teknik Informatika atau Sistem Informasi karena masih sejalur.

Penulis Ketika sedang Magang di PT.Indonesia Power UPJP Kamojang

Jurusan Manajemen Informatika banyak diperlukan oleh perusahaan, lulusan tidak hanya bisa bekerja di Software house atau Industri Teknologi Informasi, lulusan bisa saja bekerja di Industri Jasa, Industri Manufaktur, BUMN, Pemerintahan, Perbankan  dan masih banyak lagi Industri yang membutuhkan lulusan Manajemen Informatika, lulusan Manajemen Informatika bisa bekerja di perusahaan sebagai programmer, sistem analis , admin, database administrator, web developer, game developer, android developer. Saya ingin menceritakan beberapa alumni Telkom University yang sudah bekerja , termasuk saya sendiri yang Alhamdulilah bekerja di perusahaan yang menjadi bagian dari Telkom Grup , banyak alumni yang bekerja di beberapa perusahaan yang dimiliki Telkom Grup diantaranya alumni yang bekerja di PT.Telkom Indonesia, Indihome, Infomedia, Telkomsel, dll.

Penulis pada saat membuat aplikasi

Oh iya alasan saya memilih Telkom University untuk meneruskan pendidikan adalah karena Telkom University memiliki fasilitas dan tenaga pengajar yang ahli di bidangnya, fasilitas yang ada di kampus yang dulunya bernama STT Telkom (Sekolah Tinggi Teknologi Telkom) yaitu Laboratorium yang lengkap, Perpustakaan yang keren, dan kampusnya sudah berbasis ICT mulai dari penggunaan RF-ID di lingkungan kampus, sistem informasi akademik Igracias yang memudahkan mahasiswa dalam kegiatan akademik dan wifi gratis di lingkungan kampus yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa, selain itu kegiatan kemahasiswaan yang membuat mahasiswa menjadi lebih berkembang dan kantin yang luas dan bersih serta Prestasi yang diraih kampus Telkom University sangat banyak sekali serta kampus Telkom University sudah  mendapat akreditasi A dan program studi Manajemen Informatika di kampus Telkom University juga sudah mendapat akreditasi A. Dikampus Telkom University aktivitas saya selain berkuliah adalah saya menjadi koordinator asisten praktikum untuk mata kuliah basis data, dan asisten praktikum sqL lanjut, serta dasar sql untuk membantu dosen dalam memberikan materi dan terlibat langsung dalam kegiatan praktikum, pengalaman saya selama menjadi asisten praktikum sangat berkesan sekali dan banyak manfaatnya, saya jadi bisa berbagi ilmu kepada mahasiswa yang mengambil kuliah basis data dan selain itu saya juga banyak belajar cara membawakan materi ,ya ini kesempatan saya belajar jadi dosen yang mengajar di kelas hehehe. Mata kuliah basis data memang mata kuliah yang paling saya suka diantara beberapa mata kuliah yang saya suka, selain menjadi asisten praktikum saya juga aktif berorganisasi di Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan Telkom University disana saya diberi amanah di bagian PSDM dan di organisasi paguyuban daerah saya yaitu Giga Byte (Generasi Garut Basis Telkom University) .

follow_intipjurusan_COMPRES

Jadi itulah seputar jurusan Manajemen Informatika, semoga dapat menghilangkan rasa penasaran intipers ya, maka jika ada pertanyaan kenapa harus jurusan manajemen informatika ?  jawabannya adalah Teknologi Informasi sangat berkembang pesat  di dunia, dengan Teknologi Informasi maka dapat membantu manusia dalam bekerja atau pun membantu  proses bisnis suatu instansi yang berbasis IT  , maka dari itu dibutuhkan lulusan Manajemen Informatika untuk membuat aplikasi yang bermanfaat dan berkontibusi besar untuk dunia digital Indonesia. Ok sekian pengalaman yang dapat saya bagikan kepada intipers, saya sarankan kepada yang masih galau dalam memilih jurusan, pilihlah jurusan yang seuai dengan passion kamu dan minat kamu , karena jika kita kuliah di jurusan sesuai dengan minat dan passion maka kuliah akan menjadi menyenangkan. Semangat , jika ada pertanyaan bisa langsung komen dibawah ya .

Andriansyah Maulana

Penulis merupakan alumni program studi D3 Manajemen Informatika Telkom University , Kesibukan saat ini adalah melanjutkan kuliah S1 Teknik Informatika dan menjadi Programmer di suatu perusahaan di Bandung. Memiliki minat di Software Development, Database Development dan Perkembangan Politik Indonesia.

Kode Konten : X154

 

35 thoughts on “Manajemen Informatika Telkom Univ. (Andriansyah)”

  1. Kak, boleh minta saran? Kalau lulusan SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan lebih baik lanjutin ke Teknik Informatika apa Manajemen Informatika ya? Lebih nyambung kemana?

  2. Kalau Saran kaka kamu masuk Teknik Informatika atau kalau mau lebih ke jaringan bisa masuk jurusan Teknik Komputer , jadi intinya yang lebih sejalur kalau menurut kaka , ke Teknik Informatika/Sistem Komputer/Teknik Komputer , soalnya kalau ke Manajemen Informatika/ Sistem Informasi belajar jaringannya tidak mendalam dia lebih banyak belajar analisis proses bisnis berbasis IT dan Coding untuk membuatnya

  3. Ka apakah ada keringanan pengen bener-bener kuliah tapi biayanya kurang mampu? Terus apakah sekolah yang kurang terkenal apakah bisa masuk? Terima kasih ka

  4. bisa saja dek kalau ada kemauan mah pasti bisa, kalau di kampus kaka di Telkom itu kalau gak salah ada jalur JPU (Jalur Prestasi Unggulan) cek saja di website smb.telkomuniversity.ac.id
    nanti kalau gak salah jika adek lulus ujian jalur JPU maka akan mendapat kuliah gratis di Telkom sampai lulus

    coba di cek saja di website nya

  5. Kak kalo manajemen informatika itu kerjanya berarti kaya progammmer gitu?
    Apa ada lainnya..soalnya yg pas kakak jelasin di blog aku kurang paham..

    Saya minat banget ke manajemen informatika ka, mohon bantuannya 🙂

    1. iya banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan anak manajemen informatika seperti programmer ( Back end Developer, Front end, developer, mobile developer), UI/UX , Database Engineer, System Analyst

  6. ka sy mau nanya kalo dari jurusan d3 manajemen informatika ke s1 u.telkom bisa jalur ekstensi ga?

    1. Mungkin kalau ke Teknik Inormatika tidak nyambung karena Informatika basic ilmu nya sendiri IPA , disana ada Mata Kuliah kalkulus, Matrik Ruang Vector , Aljabar Linear dll , tetapi kalau Sistem Informasi / Manajemen Informatika itu juga kurang bisa kalau dari IPS tetapi ada juga beberapa kampus yang memperbolehkan dari IPS untuk perbedaan Teknik Informatika dan Manajemen Informatika/Sistem Informasi bisa di lihat di website pribadi saya di http://andriansyahmaulana.com/2017/05/23/perbedaan-teknik-informatika-sistem-informasi-dan-sistem-komputer/

      tetapi saran saya kalau dari IPS bisa ambil Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika kalau memang ingin ke bidang IT

  7. Kak saya mau tanya .saya masih bingung mau masuk manajemen impormatika atau teknik impormatika.sedangkan saya lulusan ips ..jadi baiknya saya harus masuk kemana ya kak..MI atau TI

  8. Kk mau nanya nih aku lulusan smk jurusan pemasaran.ditempat ku sekolah 10besar tanpa tes masuk kejurususan MI,TI,Desain grafis,komputerisasi akutansi Masalahnya disini saya bingung pilih D3 apa S1 trus bedanya S1 sama D3 itu apa?

    1. Beda nya kalau S1 biasanya 8 semester kalau D3 6 semester , kalau jurusan pemasaran saran ambil manajemen aja bebas terserah mau S1 atau D3 hehehe

  9. kak mau tanya kalau ikut jalur jpa1 kan pakai nilaii rapor, nah itu masih ada tes selanjutnya tidak? lalu rentan waktu pendaftaran sampai pengumuman berapa bulan ya?

    1. kalau itu kaka kurang tahu karena tiap tahun pasti berubah ubah coba cek aja di smb telkom nya

  10. Assalamualaikum kak, mw nanya nih kak sy sekolah di smk jurusan RPL , kalau mw kuliah Insyah Allah jurusan menajemen informatika, . menurut kakak lulusan mana yg cepat dapat pekerjaan d3 atau s1?

    1. Kalau menurut saya ukuran seseorang cepat mendapat kerja itu relatif dek bisa cepat bisa lama jadi tidak dilihat dari lulusan D3 atau S1 , karena kalau di bidang IT skill dan attitude menjadi penilaian biasanya kalau melamar pekerjaan ke suatu perusahaan

    1. Kak aku skrg kuliah di D3 MI Tel-U semester 1.. Mau nanya dong kak, kalo mau kerja di Telkom Group itu posisinya bisa jadi apa aja ya kak? Bingung nih ada tugas asessment buat laporan deskriptif tentang visi hidup di matkul pengembangan personal. Pengennya ntar kerja di Perusahaan Telkom gitu tapi gatau jobnya bisa apa aja?

  11. Kak saya mw nanya. Saya baru saja lulus dari Kampus Amik polibisnis Medan. Saya ambil jurusan D3 manajemen informatika. Jd ceritanya saya pengen nyambung kuliah kk. Kira2 jurusan apa yg pantas kak? Apakah ada S1 manajemen informatika? Dan jika saya ambil jurusan S1 teknik informatika pastinya saya ketinggalan materi dasar teknik informatika kk. Thanks mhon penjelasannya kk

  12. bantu jawab yaa :
    Kalau Manajemen Informatika matematikanya ga begitu banyak dan mendalam seperti S1 , kalau gasalah MI cuma belajar Matematika Diskrit itu di semester 1.

Ayo tanya kak Andriansyah disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *