Manajemen IKOPIN – Putri

Hallo Intepers semua yang sedang dibingungkan dengan berbagai macam jurusan untuk impian kalian.

Sebelumnya ijinkan saya, seorang wanita yang sedang menempuh semester akhir dan sedang di asyikan merangkai kalimat demi terciptanya sebuah karya yang dinamakan “skripsi” untuk memperkenalkan diri kepada teman teman semua.

Nama saya Putri Fatmawati, ya saya sedang menempuh pendidikan semester 8 lebih tepatnya saya mahasiswa angkatan 2013 di IKOPIN.

Apa ? kamu belum pernah mendengar IKOPIN ? Yakin ?

400

Okay, mari saya kenalkan IKOPIN itu apa.

IKOPIN atau kepanjangan dari Institut Koperasi dan Manajemen Indonesia adalah sebuah kampus yang terletak di kawasan pendidikan tinggi Jatinangor (ada di antara IPDN, ITB dan UNPAD) yang memiliki slogan “the right business school for Indonesia”, IKOPIN ini diresmikan oleh Presiden ke-2 Indonesia yaitu Bapak Soeharto dan didirikan pada tahun 1982, cukup tua dan lama untuk standar Perguruan Tinggi Swasta pada umumnya. Dan saat ini IKOPIN masih tetap berdiri kokoh dan dipimpin oleh seorang Rektor yang kami hormati yaitu Dr(HC). Ir. Burhanuddin Abdullah, MA. Mungkin beberapa dari kamu pernah mendengar nama beliau, iya, benar, beliau adalah Gubernur Bank Indonesia ke-12 dan Menko Perekonomian ke-9.

follow_intipjurusan_COMPRES

Dan lagi, kamu semua jangan takut dengan namanya hanya karena IKOPIN ini bergerak di bidang Koperasi. Memangnya apa yang salah dengan Koperasi ? Kamu kira koperasi itu apa ?

Memang banyak yang selalu salah mengartikan tentang koperasi, apalagi orang-orang awam, tapi saya yakin kamu semua bukan orang awam. Justru Koperasi adalah soko guru perekonomian, atau sebagai penyangga utama perekonomian apalagi di negara ini yang bisa dibilang perekonomiannya butuh perhatian khusus. Negara dengan Koperasi yang baik maka Perekonomiannya akan baik pula, silahkan saja kamu tengok negara tetangga.

Dan masih lagi, dikarenakan kami disini dibekali dengan basic koperasi yang mantap bukan berarti kami akan langsung dihadapkan dengan lapangan kerja yang prospeknya tidak luas dan hanya seputaran dibidang koperasi saja, justru nilai perkoperasian adalah sebuah point plus dari IKOPIN bagi kamu untuk menjadi Sarjana Ekonomi yang berbeda dengan Sarjana Ekonomi lainnya. Jadi, kalopun kamu mengambil jurusan Manajemen, atau Ekonomi Syariah, atau Akuntasi, kamu tetap akan tetap dibekali dengan nilai perkoperasian.

Suasana di kelas (saya yang didepan sebelah kiri hehe)

Di IKOPIN sendiri saya mengambil jurusan Manajemen dengan konsentrasi Sumber Daya Manusia (MSDM),kenapa saya tertarik dengan konsentrasi ini dikarenakan saya tertarik dengan negara kita yang selalu krisis SDM padahal SDM sangat melimpah bahkan banyak yang berpotensi malah ditransfer keluar negri, dan yang tidak berpotensi malah diabaikan begitu saja tanpa diberi arahan dan motivasi.

Ada yang saya suka dari beberapa mata kuliah dari jurusan saya yaitu Manajemen Strategi , dimana pada mata kuliah ini saya belajar tentang pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyuluruh dan mata kuliah ini sangat tepat untuk diterapkan di setiap organisasi yang saya ikuti. Tentu tugasnya memang sulit dan selalu menjadi keluhan mahasiswa tapi karena tugas yang sulit inilah kami semua merasa bahwa Manajemen Strategi justru akan mempermudah segala pekerjaan kami, di perusahaan yang nanti akan kami duduki atau bisnis yang akan kami jalankan.

Pada semester 6 lalu, saya di tempatkan di sebuah kopersi yang cukup besar di daerah Purwakarta selama satu bulan penuh bersama teman-teman saya yang berbeda jurusan untuk melaksanakan Praktek Lapang, saat itu saya belajar secara langsung untuk menerapkan ilmu yang saya dapat di Manajem SDM tentu dengan nilai perkoperasiannya.

Saat melaksanakan praktek lapang

Untuk praktek lapang ini tentu sangat bersifat wajib karena nantinya setiap kelompok akan membuat sebuah Karya Tulis ilmiah dalam bentuk laporan (semacam skripsi yang dilaksanakan perkelompok) dan mempresentasikannya. Banyak sekali keluh kesah selama kami menjalankan Praktek Lapang dan dalam penyusunan laporannya, mulai dari perbedaan prinsip dan pandangan sampai belajar menyempurnakan laporan dari teori-teori yang kami miliki.

Konsolidasi Mahasiswa Jatinangor

Sepertinya saya sudah banyak menulis tentang kuliah saya, apa lagi yang ingin kamu tahu dari saya ?

Alumni ?

Sebenarnya, kamu bisa saja melihat jejak alumni di ikopin.ac.id tapi mungkin saya akan ceritakan beberapa alumni yang selalu kami banggakan. Dibidang keungan, ada kakak tingkat saya yang kini bekerja di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adapula yang bekerja di Bank Indonesia dan beberapa bank-bank besar di Indonesia, tentu bukan jadi tellernya hahaha.. Dibidang perkoperasian banyak sekali yang kini bekerja di Kementrian Koperasi mungkin karena sejak dulu IKOPIN memiliki hubungan yang harmonis dengan Kementrian KUKM Indonesia, dibidang wirausaha ada pemilik dari rumah makan (nama di sensor) yang cukup terkenal di Indonesia bahkan sampe memiliki cabang di luar negri, dan masih banyak lagi alumni-alumni lain yang selalu kami banggakan, namun tidak bisa saya ceritakan semua disini, silahkan kamu cek saja sendiri di www.ikopin.ac.id.

Bagaimana ? Sudah taukan tentang IKOPIN  dan jurusan yang saya ambil ? Apalagi sudah saya kasih bonus cerita pengalaman saya kuliah di IKOPIN.

Semoga apapun jurusan yang kamu ambil dapat bermanfaat buat kamu ya. Salam Mahasiswa.

Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

Putri Fatmawati

Mahasiswi IKOPIN angkatan 2013 yang mengambil jurusan Manajemen SDM, hobby saya yaitu menulis, membaca, photo dan bloging, selama kuliah di IKOPIN saya disibukan oleh berbagai kegiatan akademik maupun organisasi seperti menjadi Assisten Laboratorium Komputer dan pernah menjabat sebagai Kepala Departemen KOMINFO BEM IKOPIN.

Kode Konten : X146

 

6 thoughts on “Manajemen IKOPIN – Putri”

    1. Hallo Bella, belajar di IKOPIN menyenangkanko, kalo belajar dikelas merasa sulit akan ada kakak kakak dari Assisten Laboratorium yang akan membantu kamu, untuk D3 rata-rata SKS per semesternya sekitar 20-an (tiap semester akan berbeda-beda). Kalo masih bingung silahkan buka website resmi IKOPIN di ikopin.ac.id atau bisa menghubungi email saya di ptrftmwt@gmail.com. Terimakasih 🙂

    1. Hallo Nida, IKOPIN itu swasta cuman memang IKOPIN bekerjasama dengan beberapa dinas dan kementerian sehingga biasanya banyak beasiswa dari kementrian terutama kementrian koperasi.. Nah kebutulan sekali di IKOPIN juga banyak anak daerah yg mendapatkan beasiswa loh.. dan banyak sekali anak daerah yg kuliah di IKOPIN. Kalo merasa masih kurang jelas boleh menghubungi saya lebih lanjut lewat email ini ptrftmwt@gmail.com yaa..

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *