Manajemen Aset Polban (Fathimah)

Hai Intipers! Hai juga Calon Asseters! Perkenalkan nama saya Fathimah Zhafirah Hibri Syuhada, Mahasiswa semester 8 alias tingkat akhir Asset Management Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Panjang ya hehe namanya boleh dipanggil apa aja kok bebas. Disini saya bakal jelasin beberapa hal tentang Program Studi D4 Manajemen Aset POLBAN tempat saya menempuh ilmu yang pasti recommended bangetlah buat jadi salah satu alternatif temen-temen yang lagi bingung cari masa depan. Pertama denger temen-temen bertanya-tanya ini jurusan apa ya? kok jarang denger ya namanya? ngapain aja ya kuliahnya? sesuai passion ga ya? seru ga ya kayak di FTV FTV? prospek kerjanya gimana? hem D4, D4 itu diatas D3 yaa terus apa bedanya sama S1? eh kok katanya politeknik tapi kok manajemen? nah pertanyaan-pertanyaan itu bakal dikupas disini check it out!

Punya dong ya aset? baik pribadi maupun organisasi biasanya memiliki aset yang dipergunakan atau disimpan untuk kebutuhan atau kenginan hidupnya, ya bahasa kerennya Needs and Wants.  Nah aset yang kita miliki ternyata harus dikelola dengan profesional dan bertanggungjawab loh temen-temen. Pendidikan mengenai pengelolaan aset salah satunya melalui program sarjana sains terapan Manajemen Aset POLBAN. Manajemen Aset itu program studi (Prodi) di bawah Jurusan Adminstrasi Niaga dengan akreditasi BAN-PT yaitu A. Yang perlu temen-temen ketahui kalau di POLBAN prodi itu setara jurusan dan jurusan setara fakultas gitu. Program D4 Manajemen Aset (MA) ini memang cuman satu satunya di Indonesia cuman ada di POLBAN jadi pasti temen-temen jarang denger dan so pasti unik. Program studi ini terdiri dari kelas reguler dan kerjasama. Kelas regular biasanya hanya menerima sekitar 1-2 kelas aja dengan jumlah 25-30 per orang per kelas per tahunnya. Jalur masuknya melalui PMDK ataupun SMB POLBAN yang dilaksanakan berbeda dari jalur masuk SNMPTN maupun SBMPTN bagi Universitas maupun Intitut. Seperti tercantum dalam Surat Edaran Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 498 tahun 2011 bahwa kualifikasi lulusan perguruan tinggi Program Diploma IV sama dengan Sarjana Strata-1. Program D-IV merupakan program vokasional yang lebih mengepankan terapan/praktik dengan muatan kredit 144 sks selama 4 tahun dengan gelar Sarjana Sains Terapan (SST).

Prodi MA ini memang dilaksanakan 4 tahun dengan mata kuliah yang sudah ditentukan untuk setiap semesternya jadi kita gabisa pilih-pilih matkul yang kita suka saja. Kita bakal bareng-bareng 4 tahun sama temen-temen. Bakal ketemu tugas yang sama yang bikin hectic dan lulus bareng. Prodi MA ini punya jadwal khusus buat pakaian selama kuliah karena memang dibiasakan untuk selalu sopan dan rapih. Tiap hari senin rabu kita grooming pake seragam khusus, selasa kamis memakai batik, dan jumat baru deh pake baju bebas. Kuliahnya sesuai jadwal masing-masing biasanya dimulai jam 7 sampe ashar bahkan bisa sampe jam 5 sore. Kayak anak SMA gitu memang temen yang sama, jadwal yang sama, pake seragam, dosen-dosen yang pasti tau kalau kita gamasuk wong diabsen satu-satu tapi itu dibuat supaya kita saling mengenal, disiplin, dan beretos kerja baik. Jauh dari kesan kuliahan ftv ftv ya tapi jangan takut tetep seru kok dijamin deh. Di awal masuk kuliah kita bakal ketemu sama kegiatan Pengenalan Kampus dan Pelatihan Bela Negara yang diwajibin oleh pihak POLBAN. Anak POLBAN nyebut kerennya wamil. Nah dari situ baru deh kita belajar di kelas masing-masing.

Disini kita belajar mengelola aset sesuai siklus aset dimulai dari Perencanaan dan Pengadaan Aset, Inventarisasi dan Legal Aspek aset, Penilaian Aset, Operasi dan Pemeliharaan Aset sampai Penghapusan Asetnya. Buat mendukung kompetensi aset disini juga belajar Sistem Operasi Aset, Sistem Pemeliharaan Aset, Sistem Informasi Manajemen Aset, Manajemen Pengadaan Aset, Strategi Pengelolaan Aset, Inventarisasi Aset, Manajemen Sarana dan Prasarana Wilayah, Dasar-dasar Tata Ruang dan Lingkungan, Simulasi Pengelolaan Aset, Aset Bangunan dan Lingkungan, Manajemen Investasi dan Portofolio, Manajemen Proyek, dan matakuliah lainnya. Mata kuliah memang beragam ada yang hitungan dan ada yang hafalan. Jangan aneh kalau selama kita belajar ketemu sama yang namanya mesin, bangunan kayak sipil sipil gitu, belajar sarpras kayak bandara, stasiun, pelabuhan, atau sampai waduk dan sungai karena Program studi Manajemen Aset adalah program sarjana terapan bidang manajemen aset fisik. Mata kuliah-mata kuliah ini diterapkan langsung loh jadi dari semester 2 setiap mahasiswa sudah terjun ke lapangan yaitu menganalisa langsung aset milik perusahaan atau dinas/ badan pemerintah yang kemudian diakhir dibuat menjadi laporan. Terjun ke lapang ini membuat belajar di bangku kuliah menjadi tidak monoton, berkesan, dan asik juga memperluas link dengan perusahaan. Buat saya sendiri mata kuliah paling berkesan itu pengadaan aset dimana selama satu semester kita melakukan simulasi proses pengadaan seperti pelelangan di kelas.

Ada yang menarik dalam pembelajaran disini sebagai salah satu prodi di Jurusan Administrasi Niaga yaitu adanya Beauty and Handsome Class juga Table Manner Course. Tujuan kegiatan ini agar mahasiswa memiliki pengetahuan mengenai penampilan yang rapih dan menarik, juga siap untuk jamuan – jamuan resmi. Nih beberapa dokumentasi pasca Beauty Class dan berlangsungnya Table Manner di Hotel Savoy Homann.

Keseruan Setelah Beauty Class
Table Manner di Hotel Savoy Homann

Mahasiswa Manajemen Aset pada tingkat 1 dan 2 melaksanakan kunjungan industri dan kuliah tamu untuk mengenal dan belajar mengenai pengelolaan aset di berbagai perusahaan di Indonesia. Beberapa perusahaan yang pernah dikunjungi atau berkunjung yaitu DJKN, Krakatau Steel, Pemda Kab. Bandung, dan Perusahaan Gas Negara.

Kunjungan ke DJKN
Kunjungan ke Krakatau Steel

Selama belajar disini temen-temen bakal ketemu sama kaka tingkat yang siap sedia untuk diajak berdiskusi seputar perkuliahan ataupun sekedar mengobrol topik ringan. Keluarga Manajemen Aset setiap tahunnya rutin melaksanakan MAGMA (Malam Akrab dan Gathering Manajemen Aset), Liga Manajemen Aset buat yang suka banget sama bola baik laki laki maupun perempuan dan AMFM (Asset Management Foto Makan). Kegiatan-kegiatan ini inisiatif diadakan oleh mahasiswa untuk mempererat silaturahmi supaya lebih mudah bersosialisasi dan menikmati masa perkuliahan bersama. Lihat nih foto-foto kita selama mengikuti kegiatan di Manajemen Aset yang menjadi sebuah cerita dan kenangan.

follow_intipjurusan_COMPRES

Kegiatan belajar dikelas dilakukan selama 6 semester. Mahasiswa POLBAN pada semester 7 dan 8 sudah tidak lagi berada di kelas. Pada semester 7 mahasiswa akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di perusahaan atau instansi Pemerintah yang melakukan pengelolaan aset. Mahasiswa dilibatkan langsung dalam proses tersebut seperti terlihat pada gambar Praktik Kerja Lapangan di Pemkab Tasik dan Pindad.

 

Dalam PKL ini mahasiswa akan menemui berbagai permasalahan mengenai aset yang akan diangkat menjadi topik pada Studi Kasus sebagai pengantar menuju Tugas Akhir. Nah di semester 8 ini Mahasiswa harus bisa membuat Tugas Akhir dengan baik agar bisa di wisuda tepat waktu.

Terus kalau udah belajar dan lulus gampang kerja tidak dan bakal jadi apa? nah untuk susah atau gampang perusahaan udah banyak mengenal POLBAN ko jadi ga akan tersisihkan. Lulusan Manajemen Aset diarahkan untuk menjadi seorang Asset Procurement Officer, Asset Administrator, Basic Asset Appraiser, Facility Supervisor, Asset Estimator, Property Analist, Project Supervisor, Building Inspector, Asset Inspector, dan Asset Management Information System Assistant. Keren kan lulusan Manajemen Aset. Satu lagi nih buat menunjang kompetensi kita di dunia kerja, Prodi Manajemen Aset sudah menyarankan bahkan menjadi tempat pelaksana Pelatihan Dasar Penilaian I dan II buat kamu kamu yang ingin jadi seorang Appraiser. Sertifikat pelatihan ini bisa kamu “jual” ke perusahaan seperti perusahaan properti atau KJPP yang membutuhkan orang ahli bersertifikat dalam bidang ini.

Udah kejawab semua pertanyaannya kan semoga ga bingung lagi. Kalau gitu saya pamit ya hehe buat lebih jelasnya langsung kunjungin web resminya saja di laman www.polban.ac.id. Kita tunggu ya di di Asset Management. Assuring your future for the bright future. Salam Asseters 🙂 Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂


Referensi :

  • manajemenasetpolban.web.id/kurikulum 
  • manajemenasetpolban.web.id/116-2

FATHIMAH ZHAFIRAH H. S.

Penulis merupakan mahasiswa Asset Management Angkatan 2013. Kesibukan saat ini menyusun Tugas Akhir dan menjadi bagian dari salah satu Unit Kegiatan Mahasiwa serta Komunitas olahraga & pengabdian masyarakat di POLBAN.

Kode Konten : X123

10 thoughts on “Manajemen Aset Polban (Fathimah)”

    1. Untuk pmdk itu menjadi kewenangan dari pihak POLBAN tersendiri. Biasanya yang menjadi pertimbangan asal sekolah, track record alumni dr SMA yang sama yang pernah masuk kesana, ataupun hal lainnya.

  1. Halo, Assalamualaikum kak, saya mau tanya kalo nilai rata-rata rapot untuk pmdk jurusan manajemen aset di polban berapa ya kak? Tolong balas ya kak..

    Wassalam

    1. Waa’laikumsalam sudah dijawab ya diatas. Keputusan penerimaan setau saya tidak bisa ditentukan pasti karena nilai bisa karena berbagai faktor seperti pada pmdk umumnya. Rata rata yang diterima pmdk POLBAN lulusan sekolah favorit setaraf cluster 1 dengan penerimaan rata2 2-5 orang per sekolah. SMA recommended untuk pmdk bisa berubah sejalan dengan alumni SMA tersebut yang bisa masuk kesini mungkin jalur SMB hehe. Bila track recordnya bagus semakin berpeluang kedepannya menjadi SMA yg diperhitungkan dan dipermudah.

  2. Kami Angkatan pertama MANAJEMEN ASET (POLBAN) yaitu TUGAS BELAJAR dan jumlah mahasiswanya sebanyak 17 orang dari berbagai provinsi, kebetulan saya ditugaskan oleh PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BARITO SELATAN dan setelah lulus pendidikan kita diserahi tugas menanggani ASET DAERAH. selama 5 Tahun, tapi selera Pemimpin berbeda2 keahlian bisa diabaikan. itulah resiko ASN.

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *