Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jakarta (Martini)

Hallo Intipers! Salam Komunikasi!

Mahasiswa Komunikasi itu harus jago ngomong? Harus cantik dan ganteng? It’s a big no!

Perkenalkan aku Martini, mahasiswi perantauan yang kuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta angkatan 2015. Mengapa harus Jakarta? Karena passion aku memang di dunia komunikasi, dan laboratorium komunikasi terbaik adalah yang menjadi sumber pemberitaan terbanyak serta menjadi kantor pusat media di seluruh Indonesia, apalagi kalau bukan Jakarta sebagai ibukota.

Meski introvert dan tidak terlalu stylish, namun aku berhasil masuk ke jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Ngaku deh, kalau mendengar nama jurusan ini tuh seakan kita diajarkan untuk berdakwah, padahal tidak sepenuhnya kita diajarkan untuk pandai berceramah loh! Komunikasi dan Penyiaran Islam atau yang lebih akrab disebut KPI ini menyeimbangkan kemampuan keislaman kita dan kemampuan berkomunikasi secara umum melalui berbagai mata kuliah yang ditawarkan, mulai dari Komunikasi Massa, Produksi Siaran Radio dan TV, Jurnalistik, Manajemen Tabligh, Ilmu Dakwah, dll.

Sejak 2015, jurusan KPI menawarkan tiga konsentrasi yang dapat diambil mahasiswa sesuai minat mereka, yaitu Jurnalistik, Public Speaking dan Broadcasting. Bagi Intipers yang memiliki passion di bidang Jurnalistik, konsentrasi ini amat recommended karena akan diajarkan langsung oleh pakar dan praktisi media yang bergerak di bidang jurnalistik dan kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. Kelas yang dibuka pun terbatas sehingga persaingannya cukup ketat. Sedangkan konsentrasi Public Speaking lebih mengarah pada kemampuan retorika mahasiswa, serta diarahkan untuk menjadi seorang da’i dan professional public speaker. Tak heran jika konsentrasi ini melahirkan banyak da’i yang tersebar di seluruh Indonesia.

SIARAN RADIO

Berbeda dengan konsentrasi Broadcasting, mahasiswa akan diajarkan secara teori dan praktik terkait media penyiaran, dan diajarkan langsung oleh para praktisi lulusan dalam dan luar negeri. Konsentrasi Broadcasting memiliki laboratorium berupa Radio Dakwah dan Komunikasi (RDK FM) serta Dakwah dan Komunikasi Televisi (DNK TV). Anggotanya seringkali mengikuti perlombaan dan juara di berbagai bidang lomba, sehingga akan mudah bagi lulusannya untuk terjun langsung ke dunia penyiaran. Intinya, sebagai mahasiswa KPI kamu harus aktif dalam kegiatan yang dapat mengasah kemampuan di bidang penyiaran.

KPI juga menawarkan berbagai komunitas yang bisa diikuti untuk menambah kemampuan mahasiswa, misalnya Jurnalis Televisi (JTV) yang bergerak di bidang pemberitaan dan jurnalistik, AIR Film yang konsentrasi di produksi film dan Iklan Layanan Masyarakat, serta Teras KPI sebagai buletin yang mewadahi tulisan-tulisan mahasiswa KPI. Nah, bingung mau pilih komunitas yang mana, kan?

Menjadi mahasiswa KPI tidak harus jago ngomong dan stylish, namun kunci utama adalah harus percaya diri dan good looking. Hal inilah yang menjadi penekanan oleh senior saat ospek dan dosen ketika pertemuan pertama berlangsung. ‘Si Jago Ngomong’ dan ‘Si Stylish’ mungkin memiliki kelebihan jika harus berada di depan layar, namun jika kamu tidak memiliki keduanya, pekerjaan di belakang layar justru lebih menantang, loh! Kamu akan diperkenalkan pada dunia produksi, scriptwriting, kreatif, dll.

Setiap tahunnya KPI selalu merayakan ulang tahun atau Milad dengan perayaan yang inspiratif bagi fakultas dan jurusan lain, dengan tajuk Communication Festival atau COMFEST. Setelah KPI sukses mengundang Payung Teduh sebagai guest star COMFEST, UIN Jakarta menjadi demam konser dan bergantian menghadirkan guest star mulai dari NAIF, Tulus, Float, Fourtwnty, hingga Sheila on 7. Duh, pasti bangga menjadi pelopor.

Bicara sumber daya yang ada di KPI, para dosen dan pengajarnya sudah tidak diragukan lagi. Kamu bisa memilih mata kuliah yang diminati dan dosen sesuai keinginan. Namun apapun pilihanmu, mereka akan tetap memberikan yang terbaik dengan metode pengajaran terbaik pula. Ada dosen yang gemar membuat diskusi, ada pula yang senang praktik di laboratorium. Se-sepele apapun cita-citamu, mereka semua adalah provokator yang terus mendorongmu untuk mencapai cita-cita tersebut, sehingga saya sudah tidak ragu lagi untuk menjadi seorang media officer sebuah klub sepakbola meski berstatus sebagai wanita. #TepukTangan

CAST – PRODUKSI TV

Secara pribadi, aku paling senang mata kuliah produksi siaran, baik radio maupun tv, karena jika sudah praktik maka seakan-akan kita sudah bisa terjun langsung ke dunia produksi radio dan tv. Hasil produksi terlihat nyata dan profesional. Hal ini tentu tak lepas dari sarana dan prasarana yang lengkap dan bimbingan dosen yang mumpuni. Makanya jangan heran jika para senior sudah langsung diminta untuk magang atau bekerja di media setelah melakukan kegiatan produksi ini.

Di KPI, aku pun aktif di komunitas radio RDK FM, menjabat sebagai anggota produksi kreatif dan kemudian menjadi produser program. Aktif di komunitas sangat membantu perkuliahan kedepannya, karena komunitas sudah lebih dahulu mengajarkan dibanding mata kuliah tersebut. Tak jarang anggota komunitas sudah mendapat jaminan nilai A dan membantu dosen dalam mengajarkan mata kuliah terkait, seakan sudah jadi asdos, hehe.

Loh, katanya Komunikasi dan Penyiaran Islam? Mana Islam-Islamnya? Intipers jangan khawatir, karena muatan keislaman sudah dirancang secara matang dan dimuat di berbagai mata kuliah seperti Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, Ilmu Dakwah, Ilmu Kalam, dll. Selain dalam mata kuliah, muatan keislaman juga ditunjukkan dalam berpakaian, bertutur kata dan etika, bahkan pada umumnya produksi program siaran juga harus mementingkan unsur-unsur keislaman. Makanya jangan heran jika teman sekelas kita bahkan sudah menjadi khatib di kampungnya, hehe.

Bagi Intipers yang kepo dengan jurusan KPI UIN Jakarta, boleh cek akun instagram di @kpi_uinjakarta dan @demafidikomuinjkt. See ya!


Tentang Penulis: Martini

Mahasiswi KPI yang gemar berorganisasi, penggemar sepakbola yang sedang berjuang untuk lulus 3,5 tahun. Menghabiskan waktu sebagai penyiar radio dan penulis. Intip kesehariannya di Instagram @Martinisme_17.

Kode Konten: X275

68 thoughts on “Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Jakarta (Martini)”

    1. Halo Rahma, jurusan apa aja bisa masuk KPI loh, baik IPA, IPS, atau lainnya, peluang masuknya juga sama banyak!
      Jalur rapot juga bisa, tapi namanya SPAN PTKIN yah, persiapkan file-file yang diperlukan sama kayak SNMPTN, waktu daftarnya juga barengan, cek websitenya aja, ok?

  1. dan kalo jalur sbm bisa apa harus dari soshum aja atau gimana? soalnya aku anak ipa dan pengen jurusan ini tp ga mau murtad.. wkwkwk. ?

    1. Kalo SBMPTN bebas dong karena bisa lintas jurusan. Anyway coba daftar KPI terus ya, baik itu jalur undangan (SPAN PTKIN) atau jalur tes tulis (SBMPTN, UM-PTKIN, SPMB Mandiri), semakin ‘istiqomah’ maka semakin besar juga peluang lolosnya.

      Presentase anak IPA dan IPS di KPI sama banyak kok, so don’t worry!

      Thanks for comment and gudlak 😀

  2. Hai Safina, sama nih aku juga nggak lancar bahasa Inggrisnya, tapi di KPI akan diajarkan bahasa Inggris 6 sks / 2 semester, diajarkan dari dasar sampai bisa biar nanti saat wisuda kita pegang sertifikat toefl dengan skor tinggi. Masih ada waktu nih, yakin bisa! 🙂

    1. Peminat KPI lumayan banyak loh, tapi tenang aja, peluang masuknya juga besar dan biasanya bertambah di tiap tahun.
      Btw, sejauh yang aku amati, di KPI itu tiap angkatan terdiri dari sekitar 40% orang luar daerah dari seluruh Indonesia, 60% orang sekitar Jabodetabek. Jadi maksimalin peluang masuk kamu aja ya…

  3. Ospek? Ada dong, tapi ospeknya seru, bukan yang aneh-aneh gitu…
    Kalo tugas akhir sama sih kayak kampus lain, harus bikin skripsi, nanti ada KKN dan magang di TV juga

    1. Ohh kirain hanya bikin film gitu ka, kali di KPI nya ada pembelajaran editiing ga sih ka :v,
      Eh iya, kalo biaya pendaftaran berapa ya ka? Insya allah sayaa mau kekpi ka, itu kalo sejalur si sama kemampuan saya hehehe

  4. Kalo bikin film sih pasti, tapi masuknya konsentrasi Broadcasting ya. Kalo editing sebenernya ada, tapi sks-nya nggak banyak, jadi kalo mau lebih pro bisa masuk komunitas aja di KPI, ada DNK TV atau AIR Film.
    Kalo pendaftaran dan biaya semester tergantung UKT ya, tapi masih sangat terjangkau untuk KPI UIN Jakarta.

    Semoga lulus di KPI yaa

    1. Aduuhh jadi tertarik saya kak sama kpi. ,tapi saya skillnya di editing doang ka 🙁 huhuuu ,
      buat calon mahasiswa baru, untuk menanyakan selengkapnya dan nannya persyatan pendaftaran di sebelah mananya ka? Tau ga kira2 ka? ..
      Kalo masuk kpi di tes apa aja ka ?hehehe
      Kata kaka sayaa alumni uin disuruh baca al Qur’an saja ya ka? Kasih tau dong kak apa aja yg akan di tes, biar bisa mempersiapkan diri pas mau di tes hehehehe

  5. Good skill! Cocok tuh masuk KPI.
    Untuk informasi lengkap bisa liat web UIN Jakarta, misalnya ais.uinjkt.ac.id atau sosmed lainnya. Kalau udah dinayatakan lulus baru deh tes BTQ.

    Anyway kalo kamu domisili Jabodetabek bisa datang ke UI tanggal 25 April buat dengerin aku sharing tentang jurusan KPI yaa, bisa cek instagram aku di @Martinisme_17

    1. Kak tahun ini atau tahun depan ada sharing lagi ga kak ? Saya pengen tau tentang jurusan KPI. Soalnya tahun depan saya pengen masuk jurusan KPI

    1. Pasti ada dong, dan di luar kampus hehe..
      But don’t worry, soalnya pasti diajarin teori dulu baru praktik lapangan. Tapi kalau kita udah terbiasa jadi pembicara (bukan dakwah Islami) itu juga diperbolehkan loh!

  6. Assalamu’alaikum, kak.
    Kak, saya baru saja lolos seleksi PTKIN prodi komunikasi dan penyiaran islam. Tapi saya agak parno, karena saya nggak pandai ngomong didepan umum.
    Tipsnya supaya percaya diri gimana, ya kak?

    1. Waah selamat ya Abdullah,
      Btw KPI itu tidak hanya ‘ngomong depan umum’, karena kita bisa ambil konsentrasi ‘belakang layar’ alias broadcasting atau jurnalistik kalau senang nulis-nulis gitu. Kita juga pasti diajarin buat ngomong di depan umum, so don’t worry…
      Mau tau tips percaya diri? Kuliah di KPI dulu dong!

      Ps: Jangan lupa daftar ulang yaa 😀

    1. Tipsnya: banyak latihan soal aja :p
      Btw di UIN banyak banget lembaga yang ngadain BIMTES (bimbingan tes) buat SPMB. Harganya terjangkau, fasilitas yang didapat cukup banyak, termasuk buku kumpulan soal-soal SPMB, trus diajarin tutor berpengalaman. Boleh dicoba tuh!

  7. Assalamualaikum kaaa.. Mau tanya… Aq kan udah lulus di unisba jurusan kpi tp orangtua dan orang orang sekitar banyak yg ngusulin pindah jurusan aja karena katanya koi itu susah masa depannya pun terombang ambing lowongan pekerjaan pun minim…. Emang iya ya kaa???? Minta solusi nya dong ka

    1. Halo Salma, aku sharing pengalaman dulu aja ya..
      Kalo di KPI kan aku belajar berbagai bidang komunikasi, mulai dari jurnalistik, broadcasting TV dan radio, belajar Public Speaking juga, jadi aku punya banyak pilihan karir yang relevan.
      Misalnya sekarang aku lagi aktif nulis di beberapa portal online sebagai reporter dan content writer, eh kemarin udah ada yg request lagi, kalo aku udah lulus langsung kerja di TV milik dia aja 🙂

      Insyaallah untuk urusan karir jangan khawatir, tapi jika pilihan ortu lebih baik, silahkan diikuti saja. Semangat ya!!

  8. assalamualaiku ka,
    kalo emang gk punya basic banget..tapi pengen masuk kpi bisa jadi orang yang pinter ngomong depen umum..terys untuk yang di belakang layar lengakpnya ngapain aja???

  9. assalamualaiku ka,
    kalo emang gk punya basic banget..tapi pengen masuk kpi bisa jadi orang yang pinter ngomong depen umum??..terys untuk yang di belakang layar lengakpnya ngapain aja???

    1. Waalaikum salam Nursyifa,
      Masuk KPI itu untuk belajar, jadi meski tanpa basic pun pasti akan tetap diajarkan dari nol sampai bisa.
      Untuk di belakang layar terbagi dua, antara TV dan radio. Misalnya jadi penyiar, produser, tim kreatif, dll, ada juga kameraman, audioman, program director, floor director, scriptwriter, dll.
      Pinter ngomong di depan umum itu bisa dilatih, dan di KPI UIN Jakarta pasti dilatih, baik di dalam kelas maupun di komunitas.

      Semangat ya 😀

  10. Assalamualaikum
    Kak saya juga dari mahasiswa kpi. tapi kpi di kampus saya sangat minoritas, dan selain minoritas kpi di kampus sya juga mahasiswa/i nya kurang punya gairah dalam berorganisasi. seperti halnya hmj kpi kami jga bisa dibilang kalah dengan hmj lain. saya cuma mau nanya gimana ya caranya menumbuhkan jiwa keorganisasian kepada mahasisa kpi ??
    wassalamualaikum

  11. Waalaikum salam Anas, jangan minder jadi minoritas, justru dengan minimnya mahasiswa KPI, pengurus HMJ KPI bisa mudah merangkul teman-teman se-jurusan. Buat aja satu program yang bisa mendekatkan dengan mahasiswa non-HMJ, kegiatan yang bisa bikin mereka simpati sama jurusan, misalnya rihlah ke pantai sambil diisi kegiatan tertentu, InsyaAllah mahasiswa non-HMJ akan merespon positif HMJ dan berminat untuk ikut berorganisasi. Semangat ya 😀
    Wassalamualaikum

  12. Assalamu’alaikum kak? Kak, saya mau nanya kak, apakah besar peluang masuk di jurusan kpi ini kak? Dan apakah bisa dari jurusan kpi uin syarif kita bisa menjadi seorang ustazd/ustazdah kak??
    Trimakasih kak..

  13. Waalaikum Salam Desi,
    Peluang masuk KPI? Mungkin persaingannya sama aja kayak jurusan lain ya, tapi kalau memang berminat bisa siapkan berkasnya dari sekarang, jadi peluang untuk lulus juga lebih besar,

    Nah kalau mau jadi ustadz/ustadzah sih nggak harus masuk KPI, tapi di KPI kita akan diajarkan retorika/berdakwah dengan teoritis, enggak asal ceramah gitu yaa

    Jadi pertimbangkan dulu ya Desi, mumpung masih ada waktu, insyaAllah KPI baik kok untuk Desi 🙂

  14. Ka saya mau tanya
    Ka peluang masuk kpi di Uin Jkt itu gampang apa susah ka? Trs kalau semest. Mata kuliahnya banyak ka?
    Kata Kaka kan siapkan berkas2 itu berkas2nya rapot apa yang lain ka? Maksih

    1. Halo Zhilaaa, untuk peluang masuk dibuka 3 kloter, SPAN PTKIN (jalur rapot), UM PTKIN (setara SBMPTN), sama tes Mandiri, nah berhubung kuota penerimaan mahasiswa KPI ditambah, jadi kemungkinan untuk lolos juga insyaallah lebih besar
      Mata kuliahnya? Banyak~ tapi untuk semester awal lebih banyak pengetahuan umum dan keislaman, baru semester kedua masuk keilmuan komunikasi
      Berkas (khusus jalur rapot ya), usahakan scan sertifikat prestasi dan aktif organisasi

  15. Hai Amelia, untuk jurusan KPI bisa SNMPTN loh!
    Lalu ada juga alternatif jalur undangan, namanya SPAN PTKIN
    Berkasnya sama kayak SNMPTN, jadi boleh daftar dua-duanya untuk memperbesar peluang kelulusan ya

    Selamat mencoba, semoga lulus masuk KPI 🙂

  16. Assalamualaikum kak..aku jg pengen masuk kpi…tp gmna ya aku kurang lancar baca Qur’ an dan bahasa arab..kemungkinan utk mengikuti perkuliahan bisa berjalan lancar nggak kak?

    1. Waalaikum salam Leny, aku juga awalnya nggak jago bahasa Arab soalnya lulusan SMA, tapi pas masuk KPI ternyata diajarin benar-benar dari nol sampai bisa, jadi coba dulu aja daftar KPI ya

  17. Assalamualaikum kk
    Kalo di jkt tu orangnya jahat2 ga kk??
    Aku tuh pengen banget masuk kpi tapi nantik peluang kerjanya kemana ya kk??
    Kos2 san nya ada ga kk dekat2 situ??

    1. Waalaikum salam Febrianti,

      Jakarta? Relatif sih untuk tindak kejahatan, mungkin banyak, tapi masih banyak juga orang baik kok 🙂
      Yang pasti, salah satu basis terbaik untuk belajar komunikasi/KPI ya di Jakarta, karena semua kantor media nasional umumnya di Jakarta. Ini juga berkaitan sama peluang kerja ya, di KPI kita diajarkan banyak hal dan ada peluang magang, jadi peluang kerja juga sangat menjanjikan. Kos-kosan deket UIN Jakarta? Banyak banget, mulai dari yang murah sampai yang mahal, hehe~

      Salam dari anak kos ya Febrianti, semoga tercapai cita-citanya masuk KPI UIN Jakarta 💪

  18. Assalamualaikum kak
    Kak, sebenernya aku lagi dilema mau milih jurusan mana. Tapi tertarik aja gitu sama kpi. Berhubung insyaallah ada bakat nulis dan public speaking. Tapi nulisnya tuh bukan nulis2 kaya berita gituuu. Lebih ke quotes atau novel gitu lah. Gimana dong?. Tapi kak aku tuh 0% tentang kamera,editor,media2 gitu2an lah. Gimana dong kak? Terus saran kak buat masuk konsentrasi apa ya kak? Jurnalistik? Public speaking atauuu boardcasting?

    1. Waalaikum salam Audi, bakat nulis dan public speaking? Modal bagus buat terjun di dunia komunikasi nih!
      Aku juga 0% sama kamera apalagi editing, tapi ternyata di KPI UIN Jakarta diajarkan dari basic sampai bisa loh.
      Kalau saran masuk konsentrasi, dengerin apa kata hati kamu sama orang tua aja, tapi kalau jago nulis dan public speaking, kenapa enggak masuk Jurnalistik atau PS aja 😄😄💪

  19. Assalamualaikum kak mau nanya untuk peluang kerja lulusan kpi bnyk yg bilang minim trs lulusan kpi apa bisa jd pns kak

  20. Waalaikum salam Arda, wah siapa nih yang bilang lulusan KPI minim lapangan kerja? Kakak sendiri bahkan bingung mau pilih kerjaan karena diperebutkan sama satu media online, satu media cetak, dan satu radio swasta (alhamdulillah) 😄

    Jadi PNS? Why Not? Temen-temenku juga banyak yang udah bangun relasi ke kementerian dan instansi lainnya, bahkan ada yang udah jadi PNS juga

    So, jangan khawatir urusan kerja, tugas kita sekarang belajar dulu yaa Arda 👋👋

  21. Makasihhhh kakk♥️
    Nahh itu kak yang bimbang. Jurnalistik atauu PS gitu?
    Kalo jurnalistik itu lebih ke apa dan bagaimana kak? Terus klo PS??

    1. Jurnalis: akan lebih banyak praktik untuk pemberitaan, lebih konsentrasi di bidangnya juga, misalnya bahasa jurnalistik, foto jurnalistik, dll, itu tidak bisa didapat oleh jurusan lain

      PS: namanya juga Public Speaking, kita diasah untuk berbicara, atau dalam konteks UIN pastinya ada dakwah, tausyiah, dll

    1. Halo Rahma,

      Yes, kamu bisa ambil konsentrasi Broadcasting, dan cukup ambil mata kuliah wajib untuk Ilmu Dakwah, tidak harus ambil mata kuliah pilihan.

      Semoga membantu ya

  22. Maaf sebelumnya mau tanya. ..
    Saya bingung mba.. Saya minat sekali ingin jadi presenter ataupun apalah sejenisnya tapi saya lebih cenderung pengin menguasai tentang yg di belakang layar… Apa bisa saya mendapat kesempatan (konsen) dua”nya.?

    Dan apa benar kalo pengin jadi presenter harus bisa segalanya terutama harus hafal tentang ayat” qur’an dan hafal hadis”..?

    1. Halo Kang-mUs, di KPI UIN Jakarta sangat bisa menguasai keduanya, ada materi untuk presenting dan belaoang layar juga, keduanya akan dipelajari,

      Nah, kalau soal hapal al-Qur’an dan Hadist itu tentatif ya, kalau hapal ya bagus, tapi kalau enggak banyak juga nggak masalah, karena nanti di KPI ada mata kuliah al-Qur’an dan Hadis kok

    1. Halo Anggraini, wah rata-rata 84 itu udah lumayan banget, menurut aku sih peluang lulusnya insyaallah cukup besar, apalagi sudah sama sertifikat, sangat memperbesar peluang tuh.
      Tinggal banyak-banyak doa aja ya, Bismillah~

    1. Halo Anggi, peluang untuk masuk KPI memang 50:50, tapi kalau UM PTKIN kan kita bisa belajar dulu dari soal-soal tahun lalu, biasanya di UIN Jakarta ada Bimtes (bimbingan tes) dari kakak senior atau ada beberapa juga yang jual buku soal-soal dan pembahasan tahun sebelumnya.
      Boleh dicoba tuh, semoga rezekinya ada di KPI ya ❤️❤️

  23. Aamiin… Kak kpi prodi ips kan ? Jadi saya anak ipa tapi mau memilih prodi ips apakah saya nanti membeli buku um ptkin ips juga dan ujian um ptkin jurusan ips juga??

    1. Halo Anggi, sepertinya UM PTKIN berlaku umum, jadi tidak harus beli buku khusus IPS. Tapi disarankan kalau mau belajar nanti belinya buku pembahasan UM PTKIN dari UIN Jakarta saja, biasanya soal yang keluar tidak beda jauh.

      Semoga membantu ya

    1. Waalaikum salam Bima, kuliah kan ada beberapa semester, jadi mata kuliahnya juga banyak.
      Nah kalau KPI UIN Jakarta, belajarnya seputar komunikasi dan keislaman, jadi akan ada mata kuliah Islam seperti Al-Qur’an, Hadits, Dakwah, lalu ada mata kuliah komunikasi, broadcasting, public speaking, jurnalistik, dll.

  24. Assalamualaikum kak, aku mau nanya ttg kpi ini, jurusan ini lebih ke islami apa ke ilkom nya sih kak, soalnya aku gak ada basic b.arab sm sekali, karena aku dr sma negeri, dan apa uin isinya mahasiswa yang alim doang apa ada juga yang biasanya kak.

    1. Waalaikum salam Tineke, aku kurang tau kebijakan di kampus lain, ada yang KPI nya fokus ke dakwah, tapi kalau di UIN Jakarta lebih fokus ke Ilkom.
      Aku juga dari SMA biasa, belum kenal bahasa Arab, tapi di KPI diajarin dari dasar kok, btw aku anak biasa aja sih, yg ga sepenuhnya tertutup, masih suka pake celana hehe~

  25. Kak saya org yg introvert,ngomng jga kadangan kgk lancar ,sya pilih jurusan KPI agar saya lebih bisa aktif di komunikasii,mnurut kk kalo kya sya gini pilih prospeknya di bidang apa yaa ?sya masih bingug pdhl sya udah keterima di jurusan KPI di UIN lampung

    1. Halo Magie, selamat yaa sudah diterima di KPI, kalau memang introvert kamu maksimalin di bidang komunikasi belakang layar aja, jadi penulis atau editor, atau kameraman,
      Aku juga orangnya introvert sih, lalu pas masuk kuliah aku beraniin ikut komunitas radio, jadi bisa lebih explore aja buat dunia kerja nanti,
      Semoga membantu ya

  26. Kak, aku kan dari luar prov nih, aku dari jatim .. trus aku pgn masuk kpi nya jakarta, nah peluang aku buat masuk ke uin jakarta gimana ya kak? Dan jalurnya tinggal umptkin ya?

  27. Assalamualaikum kak,
    Kak mau minta saran, saya itu mau kejurusan KPI tapi di UIN Jogja kak, saya nggak bakat soal nulis nulis tapi saya sering di percaya jadi MC, sambutan,moderator dan kalo ada bicara hubungan dengan masyarakat itu saya sering di percaya teman saya kak, katanya yang bisa omong itu saya, padahal menurut saya saya itu hanya modal lah beranilah kalo nggak berani ntar nggak selesai selesai malah tunjuk tunjukan, saya sebaik nya ambil konsentrasi jurusan apa ya kak, kalo saran bapak saya sih saya kalo bisa ambil jurusan dakwah lha saya lebih condong di KPI mohon motivasi dan sarannya kak…….!😀

  28. Assalamualaikum, ka belajar bahasa inggrisnya sampai semester berapa? Terus syarat buat lulus dari uin prodi KPI ada hafalan al quran nya ga?

  29. Assalaamu’alikum kaka..
    Ka Alhamdulillaah aku keterima di KPI UIN jakarta.. Nah, aku masih bingung nih ka. Aku suka public speaking dan jadi moderator.. Tapi aku belum lancar bahasa inggris, jadi bagaimana ya menurut kaka?? Aku cocok nya dimana?

  30. Halo kak… Aku di sini lagi daftar kuliyah di IAIN jember kebetulan Aku ambil jurusan KPI dan PAI nah Untuk KPI hal hal apa saja Yang harus aku pelajarin untuk bisa masuk KPI soalnya ada wawancaranya kak sebelum Test… Karena aku orangnya kalo di depan guru atau semacam bapak Dosen… Aku gemeteran!! Di wawancara takut banget gimana tips nya kak agar nggak nervous dan bisa menjawab pertanyaan pertanyaan! Makasih ☺☺

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *