Komputerisasi Akuntansi Telkom Univ. (Reza)

Assalamualaikum, Ciao intipers!

Perkenalkan  nama saya Reza Abdurrofi biasa dipanggil Reza. Kalau dikampus Telkom dulu temen-temen suka memanggil saya dengan sebutan  Eja Kibo (efek rambut dulu). Skip bahas nama panggilan, saya merupakan alumni mahasiswa D3 Universitas Telkom, Fakultas Ilmu Terapan Prodi Komputerisasi Akuntansi angkatan 2012. Dan saya sekarang sedang melanjutkan studi S1 di jurusan Sistem Informasi.

Well, saya mau sedikit berbagi pengalaman nih (cieelaah) buat para adik-adik calon mahasisa/mahasiswi yang belum tau nih mengenai jurusan Komputerisasi Akuntansi itu apa sih, bagaimana prospek kerja jurusan ini, dan lain-lain biar nggak salah kaprah kayak saya dulu. Hmm….berbicara mengenai jurusan komputerisasi, apa sih yang terpikirkan ? sebagian orang seperti saya dulu pasti mikirnya jurusan ini gampang lah paling belajarnya cuman akuntansi, ada yang bilang “belajar komputernya juga paling Microsoft excel doang !”, paling belajar pembukuan akuntansi menggunakan excel atau mungkin ada yang mikir “ini jurusan apa sih nggak jelas banget, jurusan komputer atau akuntansi ?”. Beda nggak sih jurusan Teknik Komputer sama Komputerisasi Akuntansi? Atau masih serumpun? Mikirnya udah kemana-mana nih. Okey saya juga nggak bisa menyalahkan kalau banyak orang-orang yang berpikiran seperti itu, karena memang jurusan komputerisasi akuntansi adalah jurusan yang masih sedikit asing di Indonesia dan masih sedikit perguruan tinggi di Indonesia yang mempunyai jurusan ini.

Mulai serius sedikit ya intipers pembahasannya, Jurusan komputerisasi akuntansi tak hanya memberikan bekal untuk menjadi seorang yang mahir komputer saja, namun juga dapat menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas dan ahli di bidang akuntansi yang mampu memahami akuntansi sebagai bahasa bisnis yang sesuai dengan prinsip-prinsip dasar akuntansi yang berlaku. Mahasiswa komputerisasi akuntansi di didik agar mempunyai pola pikir sistem informasi akuntansi, menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi akuntansi secara menyeluruh. Selain menguasi beberapa aplikasi di bidang akuntansi, mahasiswa juga mengetahui bagaimana cara kerja suatu software akuntansi. Jadi, mahasiswa jurusan ini di didik untuk menjadi ahli dalam sistem komputer baik software maupun hardware, khususnya bidang komputer akuntansi.

Peluang kerja mahasiswa lulusan Komputerisasi Akuntasi sangatlah luas, mulai dari instansi pemerintahan ataupun swasta seperti BUMN, IT/IS consultant, perusahaan telekomunikasi. Selain itu, teman-teman seangkatan saya atau kakak tingkat saya pun ada juga kok  yang berkarir sebagai Analisis Sistem (System Analysis), Programmer, Konsultan Pengembangan Sistem, Desainer Sistem (System Designer), Administrator Database (Database Administrator), Web Developer, dan Profesi lain seperti technopreneur pun dapat menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan.

Intinya mah yah kalau temen-temen memilih jurusan ini, nggak bakalan rugi deh TAPI kalau bener kulianya itu juga yaah. Kita bakalan dapat dua kompetensi, selain temen-temen dapat memahami ilmu akuntansinya temen-temen juga  dapat ilmu ITnya.

Selanjutnya saya akan berkisah tentang matakuliah di jurusan Komputerisasi Akuntansi. Semprulnyaa semua matakuliah dari semester 1 sampai semester 6 bikin geleng-geleng kepala. Bahkan ada matakuliah yang manusiawinya yah ini mah matakuliah itu ada di jurusan Teknik Komputer, ini ternyata kita dapat juga, apa coba ? iyaa Jaringan Komputer (JARKOM). Tapi dari 39 matakuliah pada saat itu ada satu matakuliah yang paling berkesan bagi saya, yaitu Dasar Algoritma dan Pemrograman. Dan mata kuliah ini ada di semester satu, saya kira matakuliah ini tuh kayak matematika gitu belajar hitung-hitungan, eehh taunya kita harus mempelajari bahasa C++ (dibaca cee plus plus). Kalau ada yang mau tau apa itu C++ searching aja lah ke mbah google, dan  matakuliah ini pada waktu itu semakin membuat saya pribadi merasa “ bener nih gua salah jurusan”. Tapi ya gimana lagi, masa saya harus nyerah gitu aja cuman gara C++, akhirnya ya Bismillah wehh lanjuut teruss sampe akhirnya juga bisa lulus tepat waktu. Intinya matakuliah yang ada di jurusan ini ada matakuliah  ke akuntansinya seperti akuntansi biaya, akuntansi sektor publik, bahkan ada perpajakan juga. Bahasa pemrograman yang dipelajari  seperti PHP (nah cocok nih buat yang tukang phpin orang :D), Java dan lain-lain, ada juga matakuliah perancangan sistem informasinya. Tapi tenang aja buat temen-temen jangan takut dulu dengan matakuliahnya, karena semuanya bisa dipelajari dengan bantuan dosen-dosenya yang sangat kreatif  dalam mengajarinya, apalagi jarang deh di kampus tuh dosen yang berbau-bau kodingan galak (sepertinya), pasti bisa mencairkan suasana tegang di dalam kelas.

follow_intipjurusan_COMPRES
Kelas Pemrograman Berorientasi Objek

 

Kelas Algoritma dan Pemrograman (C++)

Membahas perkuliahan dan matakuliahnya nggak jauh-jauh pasti ujungnya ada aja tugas-tugas yang bikin kita emosi sendiri (matakuliah pemrograman), bikin pogram aplikasi sih biasanya yang paling berkesan soalnya yang paling sering bikin bergadangnya itu kelewatan banget, tapi ya itu sekali lagi nikmatin anggap aja bumbu-bumbu dalam dunia perkuliahan. Tapi ada satu matakuliah yang tugasnya itu bikin happy, yaitu matakuliah pendidikan agama islam. Saya masih inget tuh tugasnya kelompok dan kita harus melakukan pengabdian masyarakat dan waktu itu untung aja saya punya kelompok yang emang orangnya asik-asik jadi kita pengabdiannya  jauh  ke ciamis ke desa panjalu, yang nggak tau cari aja di google map InsyaAllah ada. Udah tempatnya adem plus kita dapet satu villa gede yang pas viewnya menghadap ke danau. Pengabdian masyarakat serasa liburan ini mah.  Selain belajar di kelas, jurusan Komputerisasi Akuntansi juga selalu mengadakan kunjungan industri setiap taunya, angkatan saya waktu itu melakukan kunjungan industri ke Binus dan Galeri Indonesia Kaya pada tahun 2013 dan pada tahun 2014 melakukan kunjungan industry ke pabrik Sari Roti, Museum Bank Indonesia, dan acara talkshow Hitam Putih. Setiap kunjungan industri punya ceritanya masing-masing sih selain dapat pengalaman dan ilmunya selalu aja ada hal-hal konyolnya ada yang ketinggalan bis segala lah.

Nah sekarang saya akan menceritakan program kerja praktek yang akan temen-temen dapatkan di semester 4  akhir, biasanya sih jangka waktunya 1,5 bulan sampai 2 bulan lamanya. Prodi Komputerisasi Akuntansi menyiapkan mahasiswa/mahasiswinya untuk siap kerja ketika sudah lulus dengan dibekali pengalaman kerja praktek di perusahan-perusahaan yang sudah bekerja sama dengan prodi seperti PT. Telkom, Infomedia, dan masih banyak lagi. Atau mahasiswa boleh memilih sendiri perusahaanya. Seperti saya waktu itu memilih dan Alhamdulillah punya kesempatan untuk bisa merasakan kerja praktek di Bank Indonesia kantor perwakilan wilayah 1 SULAMPUA (Sulawesi, Maluku, dan Papua), sambil kerja praktek sambil liburaan gaeesss di Makassar.

Kerja Praktek di BI Wil 1 SULAMPUA

 

Kunjungan Industri Ke Pabrik Sari Roti

Terakhir tentang jurusan Komputerisasi Akuntansi, karena di Universitas Telkom jurusan ini termasuk jenjang pendidikannya D3 kalau belum berubah lagi nih yah gelar yang diberikan kepada mahasiswanya saat lulus adalah A.Md.Kom. Jika teman-teman mau melanjutkan pendidikan ke jenjang S1, teman-teman bisa melanjutakan ke jurusan yang masih relevan seperti Sistem Informasi, Teknik Informatika, Akuntansi ataupun Manajemen. Semoga tulisan ini  bermanfaat bagi teman-teman intipers dan saya ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh dosen Universitas Telkom khususnya yang mengajar di prodi Komputerisasi Akuntansi, terimakasih atas ilmu-ilmunya yang bermanfaat. MERAH JIWAKU, MERAH SEMANGATKU, MERAH ITU KAMI! KOMUTERISASI AKUNTANSI !BISAAAA!

Kode Konten : X168

2 thoughts on “Komputerisasi Akuntansi Telkom Univ. (Reza)”

    1. Untuk prospek kerjanya lebih ke programer (programer yang ngerti akuntansi) karena jurusan ini bukan jurusan akuntansi murni, tetapi banyak juga yang setelah lulus dari jurusan ini yang bekerja sebagai akuntan terutama cewek” 😀

Ayo tanya kak Reza disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *