Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Balikpapan (Aji)

Yo intipers, perkenalkan nama saya Aji Sidiq Anggoro Putro, terkenalnya sih dipanggil Aji. Saat ini saya adalah mahasiswa semester 5 prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Universitas Balikpapan. Hah ? Balikpapan ? kok jauh banget. Yah begitulah kira kira pemikiran orang tentang tindakan saya yang memutuskan untuk melakukan kuliah di luar pulau jawa yang biasanya orang luar berdatangan ke pulau jawa untuk melanjutkan perkuliahan mereka hehe. Alasan mencari pengalaman dan keluar dari zona nyaman selalu jadi senjata andalanku dalam menjawab pertanyaan seperti itu.

 

Nah, karena saya merasa kalo kampus tempat saya menimba ilmu ini masih kurang dikenal apalagi dengan prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau yang sering disingkat dengan K3 yang juga sering menimbulkan pertanyaan dibenak teman teman mengenai apa sih K3 itu, maka langsung saja saya beberkan semuanya disini.

 

Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan program Diploma IV yang berada dibawah Fakultas Vokasi di Universitas Balikpapan. Yang membedakan prodi K3 disini dan dikampus lain adalah kebanyakan prodi K3 ini berada dibawah Fakultas Kesehatan Masyarakat. Nah, karena kita berada di bawah Fakultas yang berbeda jadi untuk mata kuliah yang kita pelajari juga sedikit berbeda. Terus gelar yang akan kita dapatkan nantinya adalah S.St ( Sarjana Sains Terapan). Udah ada gambaran kan prodi ini arahnya kemana ? nah untuk lebih jelasnya yuk kita tengok apa aja yang kita pelajari di  K3.

 

Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang kami pelajari ini sedikit mengarah ke Teknik. Mata kuliah di prodi ini beberapa memiliki tingkatan tertentu yang harus diselesaikan mulai dari awal masuk di semester 1, diantaranya adalah : Manajemen Risiko tingkat I, Manajemen Risiko tingkat II, Manajemen Kebakaran I, Manajemen Kebakaran II, Basic Fire Drill, Advance Fire Drill, Investigasi Insiden I, Investigasi Insiden II dan beberapa mata kuliah wajib lainnya seperti: Manajemen Lingkungan, AMDAL, Safety Offshore, Keselamatan Kilang, Bejana Tekan dan Pesawat Uap, Pesawat Angkat Angkut, Keselamatan Tambang, Kesehatan Kerja dan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan Industri khususnya dan beberapa hal umum lainnya seperti transportasi misalnya. Karena berada dibawah Fakultas Vokasi dan juga merupakan Program Diploma IV maka sebagian mata kuliah adalah mata kuliah praktik. Dan menurutku ini adalah prodi paling seru yang ada didunia ini haha. Karena selain kita belajar tentang mencegah berbagai macam risiko yang bakal terjadi di lingkungan kerja kita juga belajar menanggulangi berbagai macam bahayanya juga seperti contoh di mata kuliah Advance Fire Drill kita belajar bagaimana memadamkan sebuah kebakaran layaknya pemadam kebakaran yang sering kita lihat di tv tv dan juga kita belajar menyelamatkan korban yang terjebak dalam situasi darurat. Jadi kalo menurut pandanganku sih prodi ini 70% adrenalin dan 30% kuliah seperti biasa haha. Selain keseruan -keseruan yang didapat dari mainan api tadi kita juga bisa menerapkan gaya hidup yang lebih safety dalam kesehariannya. Seperti contoh hal umumnya adalah tentang banyaknya rumor gas yang bocor. Karena kita sudah belajar tentang manajemen kebakaran maka kita tau harus menyikapi fenomena bocornya gas ini sehingga lebih safety dan tidak menimbulkan bencana.

follow_intipjurusan_COMPRES
Doc. Pribadi : Praktikum Advance Fire Drill

Seperti halnya kuliah pada umumnya kita juga sering mendapatkan tugas dari dosen berupa makalah, presentasi, observasi dan lain lain. Untuk ujiannya seperti UTS dan UAS beberapa mata kuliah praktik diujikan secara tertulis dan teoritis yang membahas tentang praktik tersebut, seperti menghitung Panjang slang yang dibutuh kan untuk memadamkan kebakaran di gegung bertingkat dan berapa volume air yang dibutuhkan hingga tekanan yang diperlukan untuk memadamkannya. Dari beberapa tugas yang diberikan dosen ada satu tugas yang menurutku berkesan ialah ketika melakukan tugas observasi lapangan, kami pernah melakukan observasi di sebuah tempat pengolahan limbah. Selain bisa mengenal proses pengolahan limbah menjadi air dengan baku mutu yang layak kita juga bisa mengerti prilaku manusia yang terkadang tidak sadar akan kelestarian lingkungan sekitarnya dan kebanyakan dari mereka yang berprilaku seperti ini adalah mereka yang kurang dalam hal Pendidikan. Hal ini menjadi alasan kenapa sebuah Pendidikan itu sangat penting.

Doc. Pribadi : Observasi Lapangan

Untuk mata kuliah yang paling berkesan menurut saya hamper seluruh mata kuliah di prodi K3 ini sangat berkesan. Tapi, ada 1 yang mata kuliah yang lebih berkesan dari mata kuliah yang lain adalah mata kuliah ergonomic. Karena mata kuliah ini sangat melekat dengan kehidupan kita sehari hari dimana mata kuliah ini membahasa bagaimana kita seharusnya melakukan posisi duduk yang benar, tidur yang benar, berdiri yang benar, berjalan yang benar dan mengangkat sesuatu dengan posisi yang benar. Bahkan, memegang ponsel yang benar pun juga dibahas agar tidak menimbulkan penyakit .

Beberapa kegiatan yang sering diikuti oleh mahasiswa/I di prodi ini antara lain adalah agenda tahunan di kota Balikpapan sendiri yaitu bulan K3 yang mana terdapat berbagai macam event salah satunya adalah Balikpapan Fire Rescue Challenge. Terkadang kita juga melakukan kegiatan lapangan berupa kunjungan ke beberapa perusahaan yang ada seperi Schlumberger, Chevron, Balikpapan Terminal coal, Total E&P, dan lain lain untuk melakukan observasi mengenai keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan tersebut. Hal ini sangat seru sih, selain memotivasi kita untuk belajar lebih rajin agar nantinya bisa bergabung didalam salah satu perusahaan tersebut tetapi juga membuka pemikiran kita bahawa apa yang kita nikmati sekarang ini seperti contohnya bahan bakar yang sering kita gunakan untuk kendaraan bermotor kita itu didapatkan dan diolah melalui proses yang Panjang dan juga dengan potensi bahaya dan resiko tinggi yang bisa mengancam nyawa pekerjanya. Tapi, dengan adanya disiplin K3 hal tersebut dapat diminimalisir.

Yaaah, bicara kuliah pasti hal yang menjadi dasar pertimbangan itu semua adalah prospek kedepannya bagaimana kaann. Nah, untuk K3 ini prospek untuk bekerja sangat besar, mengingat ada UU No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja maka banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli K3. Hal ini dibuktikan dengan beberapa alumnus yang saat ini bekerja di beberapa perusahaan besar seperti PT. Freeport, Pertamina dan lain lainnya. Selain bekerja di perusahaan ada juga yang menciptakan lapangan pekerjaan dengan mendirikan peusahaan jasa konsultan K3 yang juga memiliki profit yang tidak sedikit. Jadi, jangan khawatir akan jadi apa nantinya jika selesai kuliah.

Yah mungkin sampai disini aja dulu, kalo banyak pertanyaan bisa ditanyakan langsung ke saya atau bahkan ingin mengikuti jejak saya menempuh Pendidikan di prodi K3 ini. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dalam pemilihan jurusan dan maaf jika penyampaian saya sedikit membuat bingung hehe.


Tentang Penulis: Aji Sidiq A P

Mahasiswa Semester 5 Prodi Keselamatan dan Kesehatan Kerja – Fakultas Vokasi Universitas Balikpapan. Hobi, fotografi, berorganisasi dan makan.

Twitter : @Ajisidi

Instagram @kaumngantuk

Kode Konten: X233

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *