Kesehatan Lingkungan Poltekkes (Hawa)

Hallo, teman – teman intipjurusan! Perkenalkan nama saya Siti Nur Hawa, tapi teman – teman bisa panggil saya Hawa. Saat ini saya sedang  menempuh pendidikan di Politeknik Kesehatan Bandung (Poltekkes) jurusan Kesehatan Lingkungan atau biasa disingkat kesling. Saya mengambil program studi Diploma III. Di Poltekkes Bandung, jurusan ini punya 2 prodi (program studi) yaitu DIII dan DIV, untuk DIV ini masih baru, dibuka mulai tahun 2013. Jadi, sampai tahun ini baru ada 4 angkatan untuk prodi DIV, sedangkan untuk prodi DIII sudah ada 33 angkatan, dan saya merupakan angkatan ke 30.

Berdasarkan sejarah, dulunya jurusan ini diberi nama akademik penilik kesehatan (APK), kemudian berubah menjadi akademi kesehatan lingkungan (AKL). Di sini saya mau sedikit berbagi cerita tentang bagaimana pengalaman saya kuliah di kampus ini. Well, kebanyakan orang ngga tau apa itu jurusan kesling, ngapain aja, dan prospek kerjanya bagaimana, karena yah, jurusan ini kurang terkenal di masyarakat umum. Begitupun yang saya rasakan saat pertama kali ngambil jurusan ini, maklum, dulu sempat frustasi dan berfikir “yaudahlah, kuliah di mana aja, terserah jurusan apa” hehe. Awalnya saya kira jurusan kesling ini sama kayak pelajaran “PLH” di SMA, dan ini adalah pelajaran yang ngga terlalu saya suka, huhu. Nah, setelah saya mengikuti program pengenalan (PPSM) di jurusan, dan mengikuti perkuliahan, akhirnya pelan – pelan saya mulai mengerti tentang jurusan yang saya pilih ini. Tenaga kesehatan lingkungan ini berperan dalam bidang promotif dan preventif, yaitu berperan dalam melakukan promosi kesehatan dan  mencegah maupun  mengendalikan suatu penyakit. Di semester pertama, kita belajar mata kuliah dasar untuk mata kuliah berikutnya, seperti kimia lingkungan, fisika lingkungan, mikrobiologi lingkungan, dll. Di semester ini, mata kuliah yang paling ditakutkan yaitu mikrobiologi lingkungan! Kenapa??? Yups! Karena kita harus menghapalkan banyak sekali nama ilmiah terutama nama-nama bakteri, virus, dll. Kalau menurut orang lain, mungkin semester pertama adalah semester yang ‘santai’, tetapi yang saya rasakan justru sebaliknya, di semester ini kita sudah mulai praktikum, setiap hari bolak – balik laboratorium. Oh iya, poltekkes bandung merupakan sekolah vokasi, jadi, lebih banyak praktikum daripada teori. Eits, tapi inget ya, kita tetap harus menguasai teori, karena praktikum juga mengacu pada teori. Di semester selanjutnya, kita belajar mata kuliah umum, seperti bahasa Indonesia, bahasa inggris, sampai belajar kewirausahaan. Loh? Kok belajar kewirausahaan? Kalau kata Bu Neneng –salah satu dosen di kampus-, “Biar kalian bisa jadi pengusaha, kan enak jadi bos, ngasih peluang kerja juga buat orang lain” inspiratif banget kan dosenku yang satu ini, hehe. Di semester tiga dan empat, kita mulai belajar ‘ilmu kesling’, yang unik di semester ini adalah………… mata kuliahnya sering disebut ‘avatar’. Bingung ya? Nih, saya jelasin ya… jadi, mata kuliah yang dipelajari itu penyehatan udara,  penyehatan tanah dan pengelolaan sampah, penyehatan makanan dan minuman, pengendalian vektor dan binatang pengganggu, penyehatan air dan pengolahan limbah cair, yang kurang cuma pengendalian api ya, guys? Wkwkwk. Menurut saya, mata kuliah yang paling berkesan di semester ‘krusial’ ini adalah penyehatan makanan dan minuman, karena di mata kuliah ini kita masak-masakan, mulai dari membuat telur asin, manisan buah, sampai membuat capcay. Pasti heran kan, kok jurusan ‘lingkungan’ belajar masak? Ini karena kita mempelajari faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas makanan, mulai dari kualitas fisik, kimia, maupun mikrobiologi, juga mempelajari teknologi – teknologi yang dapat kita lakukan dalam upaya penyehatan makanan dan minuman. Pokoknya seru deh! Must try!!!!

Praktikum Penyehatan Makanan dan Minuman

Nah, dari semester satu sampai semester empat, tugas yang dikasih dosen lumayan sih, susah-susah gampang. Salah satunya yaitu laporan praktikum yang dikumpulkan di akhir semester. Alhamdulillah, dosen – dosen di sini baik – baik, laporan praktikum boleh dikumpulkan maksimal satu minggu sebelum ujian praktik! Yeay! Di semester selanjutnya, kita mulai meninggalkan kampus, karena di semester ini kita melaksanakan Praktik Belajar Lapangan (PBL) di empat tempat, mulai dari industry, tempat-tempat umum, rumah sakit dan permukiman. Tempat – tempat umum di sini meliputi tempat-tempat yang sering dikunjungi masyarakat, seperti objek wisata, terminal, bandara, pelabuhan, dll.

Pemeriksaan Kualitas Air secara Fisik (PBL Sanitasi Tempat – Tempat Umum)

Menurut saya, PBL di semua tempat sangat – sangat mengesankan. Mengapa? Karena setiap tempat memiliki ciri khasnya masing – masing. Tapi, mungkin yang paling berkesan yaitu saat PBL sanitasi tempat – tempat umum, karena setiap kelompok mahasiswa disebar di beberapa tempat yang berbeda, mulai dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), hotel, kolam renang, kebun binatang, dll. Pasti heran kan kenapa tempat – tempat tersebut dijadikan tempat untuk PBL? Jawabannya, karena tempat – tempat ini merupakan tempat yang sering dikunjungi masyarakat yang berhubungan langsung dengan lingkungan, sehingga ada kemungkinan terjadinya penularan penyakit. Di sini, kita dituntut untuk mengaplikasikan semua mata kuliah inti di lapangan, sehingga kita mampu menganalisis masalah – masalah yang terjadi di setiap tempat dan menyelesaikan masalah tersebut.

400

Yang terakhir, jangan khawatir mengenai lapangan pekerjaan, meskipun jurusan ini nggak cukup terkenal, tapi banyak loh yang membutuhkan lulusan jurusan ini. Yup! Kesling  punya peluang kerja yang sangat luas, mulai dari bekerja di industry di bagian HSE (Health, Safety and Environment), instansi pemerintah, rumah sakit, puskesmas, wirausaha, dosen, dsb. Hal penting yang perlu digaris bawahi adalah tetap berusaha untuk apapun, termasuk untuk bekerja, kalau kita bersungguh – sungguh, maka Tuhan pun akan memberikan jalannya! Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

Salam, Hawa.

SITI NUR HAWA

Penulis merupakan mahasiswa tingkat akhir (semester VI). Kesibukan saat ini yaitu kuliah dan sedang melaksanakan penelitian untuk tugas akhir. Hobby saya yaitu menulis.

follow_intipjurusan_COMPRES

Kode Konten : X129

5 thoughts on “Kesehatan Lingkungan Poltekkes (Hawa)”

    1. Boleh di cek di poltekkesbandung.ac.id kalau tahun saya untuk D4 sekitar 3.8 dan untuk D3 sekitar 3.2 🙂

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *