Keperawatan Unpad (Helpika)

Haloo intipers! Sekarang kamu lagi baca artikel dari calon perawat 😀 sebelum kita bahas tentang jurusan yang kalian ingin ketahui, kenalan dulu yuk! Aku Helpika Windiany dari Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran angkatan 2014. Sekarang aku mau masuk semester 6, masih ada 3 Semester lagi menuju S.Kep, doakan kuliahku lancar ya teman-teman :D.

Sekarang aku mau sedikit share tentang kuliahku di keperawatan nih.. Tapi aku mau Tanya dulu, apa yang kalian fikirkan ketika mendengar kata KEPERAWATAN? Pasti kalian jawab ‘Calon perawat’ ‘Rumah Sakit’ ‘suster’ ‘Suntikan’, yups  betul! Tapi apakah kalian tahu tugas Perawat itu apa? Jadi, perawat adalah seorang yang berperan untuk merawat, membantu dan melindungi seseorang yang sedang menderita sakit, cedera dan proses penuaan (Harlley, 1997). Menurut kalian apakah semua tahu tugas seorang perawat? Sayangnya tidak, bahkan ada yang tidak tahu perbedaan tugas Dokter, Perawat, dan Bidan. Contohnya, ada salah satu temanku bilang “Pik kamu perawat kan? Nanti kalau istri aku melahirkan, mau ngelahirin di kamu ya biar dikasih harga temen :D”, spontan aku jawab “anda kurang beruntung, itu mah di bidan atuh, aku mah jadi perawat nantinya. Tapi gapapa, kalau kamu butuh perawatan contohnya luka boleh ke aku yaa, boleh lah harga temen hehe”.  Dan masih banyak lagi contoh yang menunjukan bahwa pengetahuan tentang tugas perawat tidak semua orang tahu.

Selama aku kuliah di Kepewaratan banyak hal baru yang saya pelajari, seperti mempelajari Bio, Psiko, Sosial, dan Spiritual Manusia. Selama saya belajar 5 semester ini, lebih banyak menghafal dibanding menghitung. Pembelajarannya ada Lecture, Diskusi Grup dan Praktikum. Di Unpad jenjang keperawatannya S1, sehinga perbandingan teori lebih banyak dibanding praktikumnya. Maka dari itu, praktikum merupakan hal yang paling dinanti-nanti, pertama kali aku pratikum wiiih rasanya tuh kaya yang besok bakal jadi Perawat beneran wkwkkwk, selain itu hampir semua teman-teman seangkatan upload foto pake jas lab Sambil pake stetoskop di lehernya, atau ada yang candid ala-ala nensi orang wkwkw, daaaan aku salah satunya yang ngelakuin itu hehehee mungkin karena punya kebaggaan sendiri. 😀

Selain praktikum saat pembelajaran Non-praktikumnya pun tidak menjenuhkan karena kami tidak hanya melihat dan memperhatikan dosen, tetapi ada juga diskusi grup yang biasanya membahas tentang kasus-kasus penyakit yang harus kita cari tahu dan dianalisis untuk menentukan asuhan keperawatan atau tindakan yang rasional untuk pasien. Menurut ku itu seru! Karena kita dapat mempelajari macam-macam penyakit, prosesnya seperti apa, cara merawatnya seperti apa, mencegahnya, bahkan sampai melakukan intervensi atau tindakan yang benar sesuai kasus yang dipelajari, dan segala kemungkinan baik atau buruk yang akan terjadi sehingga perlu pemikiran yang kritis. Pada sistem grup diskusi ini, beberapa sistem mata kuliah dikemas secara menarik seperti diadakan Peer teaching, Membuat video pembelajaran yang bisa mengasah kreativitas kita, dan itu ga kalah seru pastinya!

Ngomongin kuliah pasti ga lepas dari yang namanya tugas betul? Hehe. Walaupun pada setiap blok matakuliah mempunyai tugas yang berbeda-beda, tugas yang paling sering adalah makalah atau reporting kasus. Seperti yang dijelaskan di atas ada sistem pembelajaran diskusi grup dimana kita akan mempelajari kasus yang diberikan, nah dari sana kita harus melaporkan hasil analisa kita terhadap kasus tersebut seperti kenapa bisa terjadi hal seperti itu, proses perjalanan penyakitnya, kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi pada kasus tersebut, mencegahnya, dan yang terpenting adalah Menentukan diagnose keperawatan yang tepat untuk mentukan tindakan yang harus dilakukan perawat dan tentunya harus dengan pemikiran yang kritis dan rasioal. Pada saat pembahasan kasus atau Reporting kasus diatas, biasanya akan diminta untuk membuat makalah reporting kasus yang isinya tentang apa saja yang kita bahas selama diskusi kelompok berlagsung, biasanya makalah ini adalah makalah kelompok. Selain Reporting makalah kasus, biasanya ada tugas meresume, membuat media pembelajaran pada saat peer teaching, video edukasi dan ada lagi tugas yang menarik banget! Yaitu simulasi pendidikan kesehatan, dimana kita dituntut untuk Role Play memberikan pendidikan kesehatan untuk sasaran yang sudah kita tentukan.

follow_intipjurusan_COMPRES

Selain kegiatan pembelajaran dikampus, kita juga ada kegiatan pembelajaran di luar kampus yaitu dalam mata kuliah CCSA 1, dalam mata kuliah ini kita pergi ke suatu desa dan Observasi ke rumah sakit. Pada saat ke desa kami mencari warga untuk dilakukan pemeriksaan fisik sesuai dengan keluhan yang dialami warga, selain itu kita juga ke rumah sakit untuk mengobservasi tugas perawat yang sesungguhnya seperti apa. Dalam kuliah ini mendapat pengalaman yang sangat banyak, salah satunya bisa menambah pengetahuan cara berkomunikasi secara ‘teurapeutik’, melakukan tindakan yang baik bagaimana, dan yang paling berkesan adalah mendapat pelajaran dan nilai kepedulian seorang perawat terhadap pasien yang tulus untuk kesembuhan pasien tersebut yang didapatkan pada saat mengobservasi di salah satu rumah sakit.

Lulusan keperawatan pada umumnya bekerja di rumah sakit, tapi apakah kalian tahu selain di rumah sakit bisa bekerja dimana? Salah satunya bisa menjadi pramugari yang mempuyai basic kesehatan, selain itu bisa bekerja dibawah pemerintahan, bahkan bisa mendirikan home care atau klinik, dan masih banyak lagi peluang kerja dalam bidang keperawatan. Di Fakultas keperawatan Universitas Padjadjaran merupakan jenjang pendidikan keperawatan S1. Jika dibandingkan dengan lulusan D3, S1 jumlahnya jauh lebih sedikit, maka InshaAllah peluang kerjanya besar. Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

HELPIKA WINDIANY

Penulis mempunyai hobi main musik, kesibukannya sekarang menjadi Kepala Biro Media Informasi BEM KEMA FKEP UNPAD 2017, Ketua Club Angklung FKep ‘Nightingle’. Founder online store hijab ‘hw.id’.

Kode Konten : X118

14 thoughts on “Keperawatan Unpad (Helpika)”

  1. Ka syarat-syarat biar keterima disanah gimana si??

    Harus jago banget dibidang apa?
    Kebetulan aku kelas 2 sma , ipa

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *