Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang (Indri)

Assalamualaikum wr wb.

Hai hai nama saya ( eh kyk terlalu formal ya) namaku Indri Ifadatul Khasanah. Biasanya dipanggil indri tp gak manggil indri juga gapapa sih.Aku mahasiswi semester 5 Keperawatan di Poltekkes kemenkes malang. Karna skrg semester 5 jd lagi sibuk trip hospital gitu. Mungkin ada yg bingung trip hospital gimana sih ya, oke aku jelasin dari awal.

POLTEKKES KEMENKES MALANG

Ya aku kuliah  di Poltekkes kemenkes malang tepatnya di kampus 2 yg ada di lawang. Jadi Poltekkes kemenkes malang atau polkesma punya 5 kampus yg tersebar di jawa timur. Kampus utama di Malang Kampus 1 di Jember  Kampus 2 di Lawang, malang. Kampus 3 di Blitar Kampus 4 di Kediri

Nah kalo di poltekkes itu bidangnya vokasi jadi fokusnya di praktek lahan. Kalo aku Program studinya ngambil sarjana terapan keperawatan jadi kuliahnya 4 tahun atau 8 semester  dulu D IV keperawatan tapi udah ganti. Oh iya kalo kuliah di poltekkes beda sama di universitas. di poltekkes pake sistem kyk paket  gitu jd mulai dr sks per semester, jadwal matkul itu yg nentuin dr kampus. Jd kalo ada 1 matkul yg gak lulus kita ngulangnya 1 semester bareng sama adik tingkat kita. Kalo mau ambil cuti juga yg lama 1 bulan misalnya buat haji, ngambil cutinya 2 semester atau setahun jd kayak gak naik kelas gitu.

Kuliah apa sih perawat itu

Sebenernya ngapain sih kuliah di keperawatan, kenapa kok gak ngambil kebidanan. Selama kuliah di keperawatan sering bgt ditanya gitu sama masyarakat, sebenernya perawat sama bidan itu beda kalo bidan fokus di ibu hamil, melahirkan sama bayi baru lahir.nah kalo perawat itu di semua hal tentang perawatan orang sakit, kita juga mempelajari ibu hamil, melahirkan sama bayi baru lahir tp gak semendalam bidan.

follow_intipjurusan_COMPRES

Nah trus kuliah di keperawatan 8 semester apa aja yg dipelajari

Mulai dari semester 1 dulu ya. Kalo semester 1 kita matkulnya kayak pelajaran anak IPAnya sma mulai dari fisika, biologi,kimia gitu trus ada yg namanya KDM ( kebutuhan dasar manusia) kalo semester 2 udah diajarin keahlian2 keperawatan  mulai dr Injeksi atau suntik, merawat luka ,irigasi telinga, ambil darah dan lain-lain, nah kalo diakhir semester itu selain ada UAS ada yg namanya Osce apasih osce itu  osce adalah suatu metode untuk menguji kompetensi klinik secara obyektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu.sebenernya gak Cuma perawat sih yg osce.. bidan, apoteker dan mahasiswa tenaga  kesehatan juga merasakan osce.Trus  Kalo semester 3 kita udah mulai yg namanya praktek klinik sebelum kita praktek klinik kita melakukan Capping day.apaan lagi itu Capping day untuk memperjelas aku punya fotonya

Capping day adalah Hari Pemasangan Cap/ Topi Perawat kepada seluruh mahasiswa yang menyelesaikan studi semester II dan akan menempuh studi di semester III sebagai simbol bahwa para mahasiswa mahasiswi telah siap praktek lapangan ke Rumah Sakit. Nah momen ini itu momen awal sebelum merasakan praktek lapangan atau praktek klinik.  Balik lagi ya… kalo pas semester 3 itu PK (praktek klinik) nya 3 sks jadi 3 minggu kalo udah selesai PK nya ya kuliah lagi matkul kyk biasanya. Semester 3itu matkul nya ada keperawatan anak, kep.keluarga, Maternitas, medikal bedah, home care dan lain-lain. Oh iya kita pas PK nggak Cuma PK masuk dinas aja kita juga ada laporannya namanya Askep atau Asuhan Keperawatan . Askep itu ibarat nafasnya perawat eeaaa alay ya.. tp bener loh biar pun udah kerja ya tetep ngerjain askep..bedanya kalo udah kerja kita gak usah repot-repot mengejar pembimbing klinik maupun Institusi buat nyari yg namanya ACC dan tandatangan beliau.. yang terkadang nunggu dimarahin bahkan baru ACC setelah kita menghadap 8/9 kali hyahhh dinikmati aja yaaa… tp senengnya kalo lagi PK itu temennya banyakkkk banget gak Cuma dr 1 kampus kita aja.. kita bisa ketemu temen-temen dari Institusi lain juga dari mataram, banyuwangi banyak deh pokoknya.

Ini foto sama temen-temen dari Univ. Muhammadiyah malang, Stikes kendedes, Unmuh Jember, ini kita lagi di RS. Saiful Anwar malang diruang 19 ruang bangsal bedah. Ini pas lagi Istirahat siang  jadi pada kumpul.

Lanjut ya kalo semester 4 kita 3 sks Pknya jadi setelah  PK ya kuliah lagi. Trus pas semester 5 kita Pknya 9 Sks jadi 9 minggu. Di semester ini kita udah mulai Trip Hospital.. ya gitu pindah-pindah RS buat mencapai kompetensi kita untuk matkul nya Cuma 2 MPB ( manajemen penanggulangan bencana) sama PBAK (Pendidikan Anti Korupsi) trus di semester 6 kita full PK 1 semester oh iya di poltekkes ada kerjasama luar negeri sama malaysia jadi pas kita semester 6 ini kita PK 2 minggu di Normah Hospital Malaysia. Lanjut … karna aku ngambil sarjana terapan keperawatam jadi pas di semester 7 kita mulai penjurusan … maksunya ambil peminatan kalo di poltekkes kampus 2 ada peminatannya emergency nursing. Nah di semester ini kita full kuliah sama sibuk ngerjain skripsi..wihhh tp kalo semester 8 kita ada Pknya tp Kompetensi Pknya ya tentang emergency nursing atau kegawatdaruratan gitu.

Kalo kegiatan kampus apa aja sih

Nah jangan khawatir buat temen-temen yang aktif di organisasi.  Sebagai mahasiswa perawat kita juga bisa kok aktif di kegiatan. Sama kyk di univ lain kita juga ada BEM, DPM, HMJ, HMP semua kampus poltekkes baik yang di malang, lawang, jember, kediri, itu juga sama kok Organisasi mahasiswanya tapi kalo aku gak ikut Organisasi mahasiswa  aku aktifnya di UKM ( Unit kegiatan mahasiswa) kayak ekskul gitu kalo SMA. UKM yang aku ikutin ada KSR (Korps sukarela) kalo pas SMA namanya PMR. KSR itu kesatuan unit PMI yang menjadi wadah bagi anggota biasa dan perseorangan yang atas kesadaran sendiri menyatakan menjadi anggota KSR .. nah gak Cuma KSR aku juga ikut  UKM kahfigen  ukm kerohanian islam ini aku punya salah satu foto kegiatan pas diklat.

Selain 2 UKM itu juga ada UKM lain.. ada UKM anti narkoba, Olahraga ( aerobik, tenis meja, sepak bola, voli)  , Seni ( Tari, musik, teater) , UKM ilmiah. Dan masih banyak lagi. Jadi gak usah khawatir tentang penyaluran hobi teman-teman semuanya..

Tentang Penulis :

Indri Ifadatul Khasanah. Biasanya dipanggil indri.Aku mahasiswi semester 5 Keperawatan di Poltekkes kemenkes malang. Hobiku nulis  tapi nulis puisi jadi aku anaknya agak mellow gitu (curhat wkwkw). Asli malang rumahnya di Jl. Sanan  atau sentra industri kripik tempe  jadi kalo temen-temen mau pesan oleh-oleh khas malang bisa pesen di aku hehe. Pesennya bisa lewat DM di  Instagramku atau inbox di facebook ku.

Instagram : @Indrikhasanah

Facebook : Indri Ifadatul Khasanah

Kode Konten: X220

 

 

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *