Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya (Ajeng)

Hi, teman-teman intipers! Perkenalkan saya Ajeng, Sarjana Terapan Kebidanan dari POLTEKKES KEMENKES Surabaya. Kenapa sarjana terapan? Karena program studi yang saya ambil adalah Diploma-4. Saya lulus pada tahun 2017 dan masuk pada tahun 2013. Lain halnya dengan universitas, kalau di Poltekkes ini sistemnya ‘paket’, jadi setiap mahasiswa diberi waktu lulus hingga 4 tahun dan tidak bisa lebih cepat. Hal seperti ini penting untuk diperhatikan bagi kalian yang ingin selesai kuliah kurang dari 4 tahun. Hal-hal penting lainnya akan saya ceritakan satu persatu dibawah ini.

Bagaimana kuliah di jurusan Kebidanan?

Kuliah di jurusan kebidanan tidak hanya mempelajari tentang ilmu kebidanan, tapi juga ilmu kesehatan lainnya. Pada semester pertama, kalian akan diberikan materi tentang dasar-dasar kebidanan. Mempelajari dasar-dasar keperawatan dan kedokteran, karena ilmu kebidanan juga saling berkaitan dengan ilmu-ilmu tersebut. Selain itu juga terdapat mata kuliah lain yaitu agama, kewirausahaan, pkn, anti korupsi, etikolegal, dll. Dalam mata kuliah kewirausahaan kita ditugaskan untuk membentuk kelompok dan membuat suatu project, yaitu membuat business plan tentang rumah sakit atau klinik. Dengan begitu kita dapat memperkirakan bagaimana jika kita akan membuat sebuah rumah sakit atau klinik sendiri nantinya. Banyak orang beropini bahwa pekerjaan bidan mudah dan sering disalahgunakan, oleh karena itu disini juga diajarkan tentang etikolegal yaitu dasar-dasar peraturan tentang kewenangan bidan dan hukumannya jika melanggar.

Tidak hanya materi di ruang kuliah, pada tahun kedua kalian akan diperbolehkan mengikuti praktik klinik dan memberikan asuhan kepada pasien, tentunya setelah melewati ujian praktik terlebih dahulu. Jika kalian telah dinyatakan lulus ujian praktik maka kalian diperbolehkan untuk mengikuti praktik klinik.

di-web

Praktik klinik?

Praktik klinik ini dilakukan diberbagai macam rumah sakit, klinik bidan, puskesmas, pustu yang bekerja sama dengan kampus. Kalian harus mengaplikasikan asuhan yang telah dipelajari kepada pasien dan memenuhi target yang diberikan. Pada praktik klinik kalian akan langsung berhadapan dengan pasien, dosen akan menyerahkan kewenangan untuk mengawasi kepada kepala ruangan atau perawat senior yang ada di lapangan. Oleh karena itu praktik klinik merupakan ladang untuk mencari pengalaman sebanyak mungkin. Praktik klinik ini biasanya berlangsung selama 1-1,5 bulan tergantung dari banyaknya target yang harus dicapai. Target yang diberikan tergantung dari materi yang sudah diberikan, mulai dari asuhan kehamilan hingga asuhan pada bayi. Target juga termasuk menolong ibu melahirkan, memasang infus, melakukan perawatan kepada pasien yang luka, dll.

Selama praktik klinik kalian akan dibagi perkelompok dan tiap kelompok akan dibagi dalam berbagai shift; pagi, siang dan malam. Biasanya selama praktik klinik ada 2 sampai 3 institusi yang melakukan praktik klinik di rumah sakit yang sama, jadi kalian juga bisa ketemu sama teman-teman dari jurusan yang sama dari institusi lain. Terkadang kalian juga akan bertemu dengan dokter muda yang koas, jadi kalian juga bisa bekerja sama dalam merawat pasien.

photo 1praktek klinik di rumah sakit haji surabaya

Selain target yang harus dipenuhi, selama praktik klinik kalian juga harus mengambil satu kasus yang akan kalian jadikan laporan kompre untuk dipertanggung jawabkan kepada kepala ruangan dan dosen. Laporan ini seperti makalah yang berisi penyakit itu merupakan penyakit apa dan apa saja yang harus dilakukan dengan pasien tersebut dan asuhan apa yang sudah kalian berikan terhadap pasien tersebut. Semakin banyak kasus yang kalian dapat maka pengetahuan kalian akan banyak juga.

Untuk mahasiswa Poltekkes Surabaya, biasanya akan praktik klinik di rumah sakit dr. soetomo pada semester tertentu. Disana kalian akan menemukan kasus-kasus yang jarang ditemui dan memerlukan penanganan khusus.

Dan, sekedar informasi untuk kalian; laporan praktik beserta askeb-nya ini ditulis tangan loh! Kami semua sempat mengeluh “kenapa tidak diketik saja?!” Tapi menurut bapak/ibu dosen, kalau diketik bisa saja copy paste dan kalian tidak pernah tau apa isi asuhan kalian. Ya memang make sense sih. Jadi harap sabar ya! 🙂

Selama melaksanakan praktik klinik, kalian juga ditugaskan untuk penyuluhan kepada pasien/keluarga pasien. Saat penyuluhan kita bekerja sama dengan kepala ruangan tempat kita ditugaskan. Penyuluhan ini sangat berguna untuk melatih public speaking kita, oleh karna itu pematerinya harus bergantian. Selain saat praktik klinik, penyuluhan juga dilakukan saat kita turun langsung ke komunitas masyarakat dan pada saat PKL.

PKL?

Praktek Kerja Lapangan seperti pada umumnya kalian akan praktek mengaplikasikan ilmu yang diperoleh untuk membantu masyarakat. Untuk PKL ini biasa dilaksanakan semester 6/7 masa perkuliahan. Kalian akan dibagi perkelompok dan ditempatkan di desa tertentu. Untuk angkatanku dulu ditugaskan membuat asuhan pada sebuah keluarga yang membutuhkan asuhan khusus. Misal; anaknya menderita kekurangan gizi, ibu hamil dg diabetes, dll. Selain itu kita juga ditugaskan untuk mengikuti kegiatan posyandu desa tersebut, memberi penyuluhan kepada murid TK dan melakukan survey masalah yang ada didesa tersebut.

photo 2 Penyuluhan tentang gosok gigi di TK

Oleh karna itu kita harus menjalin hubungan baik dengan perangkat desa beserta kader-kader yang ada. Karna beliau-beliaulah yang akan membantu kita  selama berada disana. Selain kegiatan belajar mengajar, ada kegiatan seperti FOS yaitu festival olahraga dan seni yang diadakan satu tahun sekali. Setiap prodi dari berbagai kota harus berpartisipasi dalam acara ini.

Lulusan bidan bisa bekerja di?

Lulusan bidan bisa bekerja di rumah sakit, perguruan tinggi, membuka bidan klinik, menjadi entrepreneur membuka klinik kecantikan, bekerja di puskesmas, perawat di luar negeri dan juga bisa meneruskan studi di jenjang yang lebih tinggi. Untuk melanjutkan studi, S2 yang sekarang ada untuk lulusan D4 kebidanan yaitu Magister Ilmu Kebidanan dan Magister Ilmu Kesehatan. Itupun tidak semua universitas membuka untuk lulusan D4.

Tentang Penulis:

Ajeng, Sarjana Terapan Kebidanan POLTEKKES KEMENKES SURABAYA. Angkatan pertama D4 kebidanan. Further information? Comment below or catch me through email Ajeng.idn@gmail.com thx! 🙂

Kode Konten: X339

1 thought on “Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surabaya (Ajeng)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *