Ilmu Peternakan UNPAD (Yusinta)

Hallo intipers!

Kamu suka hewan? Apalagi hewan ternak? Yang suka banget kuyy aku rekomendasin masuk FAPET.  Hah FAPET apaan tuh? Wait ah kenalan dulu yaa. Hallo nama aku Yusinta Nurhanifah bisa panggil aku yusi, iyus, sinta atau apapun hehehe. Aku mahasiswi  semester 6 Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran nah back to topic, apa itu FAPET? FAPET merupakan kepanjangan dari Fakultas Peternakan. Kalau denger kata peternakan pasti orientasi kita langsung tertuju pada kotor, bau dan jorok tak sedikit yang menertawakan kenapa masuk peternakan?, mau jadi apa ketika masuk peternakan?, mau jadi tukang sapi?. Banyak orang yang merendahkan but ITS MY PRIDE saya bangga masuk FAPET.

Awalnya pun orientasi saya tentang peternakan ah paling main kekandang, melihara hewan belajar biologi ternak paling. Ternyata, jauh dari dugaan semester awal kami bertemu kimia, fisika dkk. Semester dua tak kalah menyenangkan kami belajar ilmu sosial, agroklimatologi , mikrobiologi dan matakuliah lain. Semester 3, 4,5 berlanjut kami mulai mempelajari secara spesifik mengenai produksi ternak unggas, produksi ternak perah, produksi sapi dan kerbau, produksi domba dan kambing, produksi kelinci dan sampai produksi kuda. Selain dalam bidang produksi kami pun mempelajari bagaimana mengenai ekonomi, agribisnis,nutrisi dan jenis pakan, keamanan produk pangan, kesehatan ternak dan bagaimana manajemen peternakan yang baik. Nah jadi jangan menilai dari luarnya dulu jika kita belum tau apa yang sebenarnya dilakukan.

Mengenai apa aja yang dipelajari hafalan atau hitungan, sebenernya seimbang sih yah antara hafalan sama hitungan kadang-kadang kami harus menghafal berlembar-lembar halaman buku atau tak jarang pula kami harus melakukan beberpa perhitungan statistika mengenai pemuliaan ternak atau menghitung beberapa hitungan ekonomi untuk membuat suatu perencanaan usaha tak jarang pula kami harus menghitung kebutuhan mengenai bahan pakan dan nutrisi.  Sebenarnya ketika masuk semester 6 mahasiswa peternakan dijuruskan pada minatnya masing masing. Ada 4 jenis peminatan di fakultas peternakan yakni minat Produksi Ternak, Nutrisi Ternak, Teknologi Hasil Ternak dan Sosial Ekonomi Peternakan. Kebetulan minat yang saya pilih adalah Produksi ternak sebenernya kenapa saya memilih minat ini karena ketertarikan saya akan ilmu reproduksi ternak dan inseminasi buatan. Ilmu reproduksi ternak ini bukanlah semudah yang dibayangkan karena dengan sistem reproduksi yang baik maka ternak akan memberi hasil yang baik tentunya didukung dengan pakan serta manajemen pemeliharaan yang baik. Kalo bicara kuliah pasti mikirnya banyak tugas. Hmm sebenernya sih ini tergantung orangnya kalo dia deadliners ( Kaya saya :p) pasti mikirnya banyak tugas hehe. Tugasnya itu macem –macem sih tapi paling sering makalah, resume jurnal, laporan praktikum, logbook praktikum atau kadang-kadang ada tugas kunjungan ke peternakan.

Fakultas peternakan sendiri memiliki dua program studi yakni sarjana (S1) ilmu peternakan, pasca sarjana magister (S2) peternakan konsentrasi nutrisi ternak, produksi ternak , ilmu pemuliaan ternak dan reproduksi ternak dan program doktor (S3) peternakan.

Mahasiswa pasti identik dengan tugas lapangannya juga. Selama di fakultas peternakan saya pernah berkunjung ke beberapa peternakan rakyat,  berkunjung ke peternakan dengan skala besar, melakukan observasi ekologi, berkunjung ke pabrik pengolahan hasil ternak, dan yang baru saja selesai saya jalani adalah praktek kerja lapangan di BPT- SP dan HMT Cikole lembang. Praktek kerja lapangan merupakan salah satu tugas lapangan yang saya sukai karena kita dapat mengetahui secara langsung bagaimana manajemen pengelolaan peternakan yang baik bukan pada skala rumah tangga namun juga pada skala besar. Dari praktek kerja lapangan pun saya jadi mengetahui beberapa cara pengujian mastitis dengan metode sederhana dan banyak sekali ilmu yang didapat.

Kegiatan Praktek Kerja Lapangan di BPT-SP dan HMT Cikole Lembang

Mengenai praktikum pun kadang kami harus ke test farm  (kandang) yang letaknya tidak terlalu jauh dari fakultas peternakan. Kawasan unpad yang asri pun kadang dijadikan tempat untuk praktikum salah satunya dalah praktikum ekologi. Praktikum ini sangat menyenangkan karena kami berangkat sendiri ke tempat yang telah ditentukan dan harus menulisakn macam-macam unsur biotik dan abiotik nya. Praktikum ini tidak membosankan karena kita bisa sambil bermain melepaskan semua kepenatan sejenak di alam terbuka.

follow_intipjurusan_COMPRES
Praktikum Ekologi disekitar lingkungan kampus

Mengenai sesudah lulus mau kemana dan jadi apa? Sebenarnya selama ada orang yang membutuhkan daging, susu dan telur maka para lulusan peternakan akan dibutuhkan apalagi dengan beberapa program pemerintah yang sedang dicanangkan seperti salah satunya swasembada daging sapi dan UPSUSSIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting). Selain kita dapat turut serta dalam program pemerintah beberapa prospek kerja bagi lulusn fakultas peternakan adalah Peluang kerja dan peluang wirausaha bagi lulusan sangat terbuka antara lain di Industri Produksi Peternakan, Industri Pakan Ternak, Industri Obat Hewan, Industri Pengolahan Pangan Asal Ternak, dan Industri Pengelolaan Limbah. Peluang kerja di instansi pemerintahan sangat luas, antara lain di Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup, Lembaga Pendidikan, dan Lembaga Riset. Selain itu, lulusan dapat berkiprah di Wildlife dan Agrowisata, Perbankan, Koperasi, Media Masa, Konsultan Agribisnis, dan Konsultan Lingkungan dan tentunya masih banyak lagi peluang yang berhubungan dengan peternakan.

Jadi, gimana nih intipers sudah jelas kan bahwa masuk jurusan peternakan itu bukan sebuah hal yang memalukan. Semoga ga bingung lagi ya kalau udah lulus mau kemana hehe. Apapun bidang ilmu yang kalian tekuni pasti bermanfaat, tak ada ilmu yang tak bermanfaat. Believe your self, banyak berdoa kepada yang Maha Kuasa, berusaha keras, jadi yang terbaik! Semangattt 🙂

Kode Konten : X167

31 thoughts on “Ilmu Peternakan UNPAD (Yusinta)”

  1. Hai kak Yusi. Aku udah lulus SMA cuma baru mau daftar tahun ini InsyaAllah. Kebetulan ada PTN deket rumahku yg baru buka jurusan Ilmu Peternakan. Aku agak tertarik sih cuma ya googling di internet belum nemu yg pas:3
    Jadi aku anak IPA, tapi masalah hitung2 aku lemah banget, apalagi fisika. Kalau di jurusan Ilmu Peternakan ini hitung2 nya sulit banget gak sih kak? Atau yg kayak masih dasar atau pengembangan tapi dari satu teori aja? Hehe. Terima kasih kak:)

    1. Hallo zea makasih udah bertanya tenang aja ko hitung hitungan nya yang dasar dasar aja kalo fisika, kimia sama matematika nya. Kamu buka lagi aja nanti buku sma nya soalnya sama. Terus ada statistika juga tapi masih dasar ko. Paling nanti ada pengembangan dari teorinya kaya beberapa mata kuliah produksi ternak, ekonomi, studi kelayakan, metode penelitian sama pemuliaan ternak tapi tenang itungannya ga susah ko . Soalnya saya juga termasuk orang yg sulit dalam hitungan hehe. Semangat ya zea semoga keterima 🙂

  2. Asalamualaikum kak yusi,saya dari cama 2017 rencana mau ke peternakan UNSOED.Kira2 di peternakan itu tugasnya banyak g ya? Trus prospek kerja juga gimana?
    Terimakasih kak….hehehe

    1. Hallo arico terimakasih atas pertanyaannya. Kalo tugas itu pasti ada sih yah tergantung kitanya kalo kita nya ga rajin rajin ya pasti ketetran dan ngerasa banyak manajemen waktu disini penting banget hehe. kalo yg rada rada ribet tuh tugas laporan praktikum. Dan tugas banyak engganya tergantung dari mata kuliah ada yg nyantai ada yg engga karena tiap matakuliah punya bobot persentase tugas masing masing kalo di unpad gitu hehe.
      Soal prospek udah ku tulis diatas ya hehe ada diinstansi pemerintah atau di perusahaan obat, pengolahan, bahkan ada juga di bank. Kalo masih penasaran bisa tanya lagi ko hehe Oh iya kebetulan ku ada kenalan dari fapet unsoed follow aja ig nya @muhammadilham_w kebetulan sudah lulus juga

      Semangat arico semoga keterima yaa di fapet unsoed nya 🙂

  3. Kak aku itu suka hitungan dan alhadulillah sbm keterima peternakan nah di peternakan itu hafalannya susah nggak kak ? Maksih kak

    1. Aaa maaf aku baru buka ini lagi karena lagi kkn jadinya gimana diambil ga nih? Huhu semoga diambil yaa :’)

  4. Assalamualaikum kak, saya yusep. Saya anak Smkn jurusan peternakan. Kak kemungkinan bagaimana anak smk bisa masuk ptn terimakasih.

    1. Bisa banget ko temen ku ada juga yg dari smk peternakan dan itu kayanya enak banget karena kamu tinggal nerusin gitu kamu ikut aja kalo ada snmptn dan jangan lupa masukan peternakan unpad sebagai pilihan pertama semangat yaa come join us hehe

  5. argali 2017 aku datang~ wkwkwk..
    entar ada fisika ,kimia, hitung-hitungan huhu,,, gimna yaa susah bgt gak sih :

    1. Huaa hallo aku yusinta maleo 2014 tua batt ya haha fisika kimia nya kaya sma ko cuma jangan kaget sama praktikum nya kamu harus survive bangett wkwk semangat dah pokoknya jangan gampang nyerah.
      Oh iya kalo butuh masteran a.k.a bekas bekas bahan semester 1 hubungin aku aja ya wkwkkwk

  6. Haloo kak yusii, aku argali 2017 nih kak. aku boleh minta kontak kakak gak? mau nanya nanya banyak soalnya, hehe. makasih sebelumnya kak.

    1. hallo tina boleh ini id line ku yusinvet dan 082214460753 untuk wa insya Allah bakal dijawab selama bisa ngejawab semangat terusss

    1. Haii doni ku masuk lewat jalur snmptn adi ga ngerasain tes hehe tapi kalo lewat tes itu ada sbmptn tes nya itu tpb dsb hehe coba cari di internet tentang tes sbm semangat kimia fisika cuma ada satu semester ko

  7. Hallo ka, aku nadya masih duduk dikelas 12 Sma, jadi beberapa waktu lalu aku masih di bingungkan sm pilihan jurusan. Karna aku ini orangnya kekeuh inhin ke unpad namun bingung ingin jurusan apa, tp kemaren ada seminar gitu dari salah satu bimbel gitu, trus mamah aku tbtb nyaranin aku ke peternakan gitu.. tp setelah aku baca2 ternyata banya hitungan nya ya? Mtk kimia aku lemah kakkk 😥

  8. Hallo kak saya Adly, saya anak smk jurusan pertanian, hehe…

    Rencana kedepannya sih saya ingin kuliah dan ingin masuk di jurusan Perternakan, ngak di fapet unpad sih tapi di untan, hehehe…

    Semoga terwujud dan keterima saya disana ya, mohon doa nya ya kak.

  9. hai kak, saya sangat tertarik dengan peternakan. tetapi kak, saya ingin bertanya, apakah peternakan hanya boleh dimasuki oleh jurusan ipa saja? apakah jurusan ips tidak bisa masuk ke fakultas peternakan? terima kasih. hehehe

    1. Ada sering kita nyembelih ayam pokoknya unggas kita sembelih .kalo nyuntik ada di mankester manajemen kesehatan ternak

    1. Iya ada di praktikum soalnya tapi biasanya perwakilan kelompok ko yg sembelih paling kita liat aja. Kalo ga kuat liat paling nanti kamu bagian pengamatan organnya dan hal hal yg harus diamati Semangat bisa karena biasa ya kann 🙂

  10. Berarti boleh gak ikut nyembelih? (Aku juga lihat aja gak berani kak, dulu pernah pas lihat sapi disembelih terus aku mau pingsan)

    Menurut kakak gimana? Mending ambil peternakan apa enggak?

  11. Hay kak yusinta gini ni aku mau masuk fapet tpi banyak orang yang bilang susah nyari kerjanya nih jdi aku ragu ni mau masuk atau gak gmana mnurut kakak

Ayo tanya kak Yusinta disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *