Ilmu Pendidikan Agama Islam UPI (Septian)

Ilmu Pendidikan Agama Islam (IPAI)

Universitas Pendidikan Indonesia

Oleh: Septin Gunawan

Bismillahirrahmanirrahim

di-web

Assalamu’alaykum W.W.

Perkenalkan nama saya Septin Gunawan, biasa dipanggil Sep atau tin  juga boleh 😀 sekarang sedang menempuh studi dijurusan Ilmu Pendidkan Agama Islam (IPAI) Universitas Pendidikan Indoensia angkatan 2016. Alhamdulilah saya diberi kesempatan untuk sedikit berbagi mengenai jurusan yang sedang saya tekuni. Semoga artikel yang memuat Informasi dan sedikit pengalaman yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk pembaca Intipers…

IPAI Itu Apa?

Ilmu Pendidikan Agama Islam (IPAI) atau biasanya kalo di Perguruan tinggi lain namanya PAI. Mau tau kan apa bedanya? Hehe… lanjutin yuk bacanya ! For Your Information  IPAI ini bisa  dibilang jurusan baru lho di UPI, dengan angkatan pertamanya pada tahun 2007. IPAI merupakan jurusan yang bernaung di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Bersama sepuluh jurusan lainnya. Walaupun umurnya yang masih muda, IPAI sudah mengantongi Akreditasi “A” lho… ?

Ngapain aja sih di IPAI?

Hmmm…ngapain ya??? Karena IPAI termasuk jurusan yang masuk kedalam kategori Kependidikan jadi, mata kuliah yang akan dipelajari adalah mata kuliah yang biasa dipelajari oleh jurusan-jurusan di Ilmu Pendidikan seperti, Landasan Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Kurikulum, dan mata kuliah kependidikan lainnya. Selain itu di sini tenutnya bakal belajar ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Agama Islam. Jadi, kependidikan dapat ilmu agama juga dapat. ? terus apa bedanya IPAI dan PAI? Sebenarnya gak beda-beda banget sih, tapi ada kok bedanya. Di IPAI UPI ada mata kuliah yang namanya Basic Life Skills, Studi Masyarakat Indonesia, dan Islamic English. Nah mungkin itu yang bedain IPAI UPI sama PAI di PT lain. Dan yang menarik lagi gak tau sih ini menarik atau engga :v Dosen-dosen mata kuliah  IPAI semuanya laki-laki 😀 kecuali dosen dari Mata kuliah Wajib seperti Psikologi Pendidikan, Bahasa Indonesia itu kadang bukan laki-laki.

Di Semester satu, ada mata kuliah yang paling memacu adrenaline. Yaitu, Mata kuiah Landasan Pendidikan dan Sirah Nabawiyah (Sejarah Nabi Muhammad) kenapa memacu adrenaline? Karena dosennya seru dan tugasnya out of the box a,k,a anti mainstream di landasan Pendidikan saya pernah diberi tugas untuk mengamati Film adventure terus harus dihubungin dengan Pendidikan filmnya kalo gak salah Maze Runner dan mata kuliah Sirah Nabawiyah ini tugasnya baca buku terus rangkum dan presentasikan. “Lah adrenaline-nya dimana itu mah udah biasa” bentar dulu belum selesai presentasinya tanpa media, sendiri, dan hanya satu menit saja harus menyampaikan isi dari hasil bacaan kita. Gimana gokil kan? ;D

Selain belajar ilmu-ilmu agama islam, di semester tiga bakal ketemu sama mata kuliah Studi Masyarakat Islam. Nah disini kita akan belajar bagaimana agama-agama yang ada di Indonesia terbentuk. Bukan Cuma agama di sini akan menelusuri aliran-aliran yang ada di Indonesia dan tugasnya adalah kita harus mengunjungi rumah ibadah (Gereja,Pura, Kelenteng) dan mengunjungi tokoh-tokoh aliran yang ada di indoneisa. Tujuannya agar orang muslim tahu dan memiliki wawasan yang luas serta mampu mengambil pelajaran dari tugas tersebut. Ini sih seru banget deh

Hafalan, its our habbit. Semester satu sampai semester lima kita akan disuguhi berbagai macam hafalan, mulai dari hadis, ayat alquran, dan lain-lain. Tapi tenang aja, insya allah dengan do’a dan bersungguh-sungguh itu akan terasa mudah hehe… dan kalo menghafal gak sendirian kok, kita bias buat kelompok halaqah untuk melancarkan hafalan kita.

Mata Kuliah yang paling berkesan

Karena banyak kejutan di jurusan IPAI, banyak hal-hal yang di luar dugaan saya. Seperti mata kuliah Basic Life Skills dari namanya saja tidak ada aroma keislam-islaman ya kan? Tapi di sini pepatah jangan menilai sesuatu dari sampulnya berlaku untuk mata kuliah ini. Walaupun namanya tidak ada islam-islamnya tapi mata kuliah ini tetap mengedepankan ajaran-ajaran agama islam di setiap pertemuannya. Basic life skills pada semester dua akan mempelajari bagaimana kita dapat memahami diri sendiri, menemukan potensi diri, serta memahami orang lan juga. Selain itu di sini diharapkan kita mampu berpikir positif terhadap segala sesuatu yang terjadi dan satu lagi problem solving. Tugas yang diberikan pun menarik, setiap mahasiswa akan diberikan tugas untuk membaca satu buku yang bergenre Motivasi atau Inspirasi dan mempresentasikannya. Selain itu kita harus membuat buku yang berisi tujuan dan cita-cita di masa depan. Sedangkan, Basic Life Skills pada semester tiga akan fokus pada pengembangan diri. Di semester ini kita akan membuat produk yang harus di pasarkan. Tepat sekali, Entrpereneurship. Di sini kita akan di bekali kiat-kiat agar mampu bersaing dalam masyarakat. Tugasnya pun ber variasi seperti mengujungi entrepreneur- entrepreneur yang ada di Bandung.

Adapun mata kuliah yang mengharuskan mahasiswanya menghafal dan mampu memahami susunan kalimat dalam Bahasa arab. Mata kuliah Bahasa Arab II dan III tapi sering disebut Tamyiz, wahhh ini matkul ter-rame hehe… bagaimana tidak? Sebelum dosen mulai menyampaikan materinya, mahasiswa harus menghafal dulu bacaan-bacaan yang telah dipelaari sebelumnya. Menariknya, untuk dapat mengikuti UAS, kita harus mengupload video yang berisi penjelasan susunan kalimat Bahasa arab. Pokoknya ini mata kuliah ter-asik.

Lulus Dari IPAI Jadi Apa?

Prospek kedepannya sih sudah jelas ya, Karena ini kependidikan maka gelar yang akan di dapat adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd). tapi banyak juga alumni dari IPAI yang berkesempatan melanjutkan studi S2-nya ke Luar Negeri dan kesempatan untuk tersaring dalam dunia kerja sangat besar. Dengan dibekali basic life skills mahasiswanya tidak hanya jadi guru saja ada yang menjadi owner salah satu fashion di bandung. IPAI dapat menyebar ke semua jenjang. Di  SD ada PAI, SMP PAI. SMA ada PAI, SMK ada PAI. So, jangan takut ya untuk prospek ke depannya.

Oke teman-teman terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga dapat menjadi gambaran temen-temen untuk memilih jurusan. Oh iya jika ada yang belum jelas atatu sekadar ingin bertanya boleh banget… ?

Terima kasih

Wassalamu’alaykum


Bio: Mahasiwa IPAI UPI angkatan 2016, sedang sibuk menyusun kehidupan yang lebih baik, senang berorganisasi dan sekarang sedang tergabung dalam Karisma ITB, Sahabat Beasiswa Chapt. Bandung, Fosmor UPI.

Sosmed

IG: @Septingunawan

FB: web.facebook.com/Septingunawan

Email: Septin.gunawan@live.com

Twitter: @Septingunawan

Kode Konten: X328

11 thoughts on “Ilmu Pendidikan Agama Islam UPI (Septian)”

  1. Assalamualaikum ? kak kalau dari sma biasa, dan gak pernah sekolah di pesantren. Pelajarannya berat gak? Terimakasih kakk

    1. Waalaykumsalam… halo Farha
      Insya allah bukan lulusan pesantren atau MA pun bisa kok. insya allah gak berat. saya juga dari SMA biasa
      Semangat….

  2. Assalamualaikum wr wb kak

    Kak kalau kita milih jurusan agama itu di rafor kalau mau ikut SNMPTN yang di liat nilai agama aja? Trus nilai agama kita harus naik terus kak? Kalau nilainya ada yang turun gmna kk?

    1. Waalaykumsalam Sari,
      SNMPTN itu mempertimbangkan nilai raport secara keseluruhan bukan cuma Nilai Agamanya aja kok.
      Semangat…!!!

  3. Kak…Sy dtrima d IPAI UPI tp tmen2 pondoj n guru2 sy blg, mending d UIN, IAIN aj klo u jursn PAI. Gmn y kak ? Mksih

  4. Kak…Sy dtrima d IPAI UPI tp tmen2 pondoj n guru2 sy blg, mending d UIN, IAIN aj klo u jursn PAI. Gmn y kak ? Mksih

  5. Kak mau nanya, SNMPTN kan yg dilihat nilai plj inti spt mtk, indo, inggris, geografi, sosiologi, ekonomi. Nah jika kita ikut SNMPTN jurusan IPAI, apakah nilai mata plj PAI akan dilihat?

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *