Ilmu Komunikasi Unpad (Antsa)

Halo intipers! Perkenalkan, saya Antsa Zakiyatun Nufus, mahasiswa Ilmu Komunikasi Unpad angkatan 2013. Pada tulisan singkat ini, saya akan berusaha menjelaskan beberapa hal terkait program studi (prodi) Ilmu Komunikasi di Unpad untuk menambah referensi kawan-kawan intipers yang berminat mengambil prodi ini nantinya. Yuk kita simak!

Mungkin intipers sering mendengar stereotip tentang prodi Ilmu Komunikasi di luar sana. Ada yang bilang Ilmu Komunikasi tuh tempatnya anak-anak gaul, kuliahnya nyantai, gampang lulusnya, dsb. Semua stereotip itu gak selalu benar, seperti tempatnya anak-anak gaul padahal masih banyak tipe-tipe mahasiswa Ilmu Komunikasi, misalnya anak organisasi, anak DKM, jadi gak perlu minder untuk masuk Ilmu Komunikasi meskipun kamu gak gaul, karena itu bukan hal yang terlalu penting untuk dikhawatirkan. Nah kalo masalah kuliahnya lebih nyantai dan lulusnya lebih gampang, mungkin kamu harus coba masuk prodi ini karena ada banyak perubahan yang belum banyak orang tau dan mungkin akan membuat kamu berpikir ulang.

Yuk kita berkenalan dengan prodi ini! Program studi Ilmu Komunikasi berada di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad kampus Jatinangor dan merupakan salah satu prodi dengan peminat terbanyak di Unpad hingga saat ini. Awalnya prodi ini diketahui memiliki tiga peminatan yakni Hubungan Masyarakat, Manajamen Komunikasi dan Jurnalistik, namun pada tahun 2013, tiga peminatan tersebut memisahkan diri dan bersiap menjadi program studi. Dengan begitu, prodi Ilmu Komunikasi tidak lagi memiliki tiga peminatan di atas melainkan sejajar dengan tiga peminatan yang sekarang telah menjadi prodi. Perubahan inilah yang kemudian turut mengubah profil lulusan Ilmu Komunikasi Unpad yang berpengaruh terhadap kurikulum dan mata kuliahnya.

Tahun 2013, saya lulus menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi Unpad melalui jalur SNMPTN. Awalnya sebelum saya tahu bahwa tiga peminatan di atas tidak lagi menjadi peminatan Ilmu Komunikasi, saya berencana mengambil peminatan Jurnalistik pada semester 3, namun pada kegiatan Mabim (Masa Bimbingan) yang diadakan setelah ospek fakultas, semua mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi diminta memilih di antara tiga peminatan dan prodi Ilmu Komunikasi dan saya pun akhirnya memilih prodi Ilmu Komunikasi karena profil lulusan dan dosen yang menarik minat saya. Barulah mulai tahun 2014, calon mahasiswa baru bisa langsung mendaftar SNMPTN/SBMPTN ke ketiga peminatan yang telah menjadi prodi tanpa melalui prodi Ilmu Komunikasi seperti tahun-tahun sebelumnya.

400
(Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM Kema) Unpad)

Seperti yang sudah disinggung bahwa perubahan pada prodi Ilmu Komunikasi juga berpengaruh terhadap profil lulusan dan kurikulum yang tadinya meliputi tiga peminatan di atas, namun sekarang tidak. Saat ini, prodi Ilmu Komunikasi memiliki misi untuk menghasilkan lulusan dengan profil sebagai Komunikolog Profesional, Perencana Program Komunikasi dan Pengembang Media Kreatif sehingga kurikulum yang diterapkan adalah Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) berbasis riset yang telah disesuaikan dengan perkembangan keilmuan komunikasi serta memperhatikan industri profesional[1]. Jadi, prodi Ilmu Komunikasi saat ini akan lebih berfokus pada riset dan kajian. Sebagai angkatan pertama yang mengalami perubahan drastis profil lulusan dan kurikulum dari prodi ini, ada banyak pengalaman seru yang berharga. Di mulai dari pengalaman kuliah sebagai angkatan pertama yang berarti tidak memiliki kakak tingkat untuk ditanyai mengenai dosen atau mata kuliah di prodi ini hingga pembentukan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi.

(Festival Budaya untuk tugas akhir mata kuliah Komunikasi Lintas Budaya)

Mata kuliah di prodi Ilmu Komunikasi ini mayoritas bukan hafalan atau hitungan melainkan pemahaman yang berarti mahasiswa harus memahami materi mata kuliah, bukan sekedar menghafal karena tugas yang diberikan akan menuntut mahasiswa untuk mengungkapkan apa yang dipahami, seperti riset dan kajian terhadap komunikasi politik di salah satu partai politik, membuat makalah hasil riset dan kajian komunikasi atau menulis review jurnal-jurnal komunikasi  (biasanya dari bahasa Inggris) terkait berbagai mata kuliah lalu mempresentasikannya dan mendiskusikannya di kelas. Tugas-tugas yang diberikan biasanya lebih banyak tugas kelompok dibanding tugas individu, seperti projek kelas, riset kelompok, wawancara atau pembuatan media kreatif. Pada semester pertama, mahasiswa akan dihadapkan dengan mata kuliah umum seperti Pengantar Ilmu Komunikasi, Public Speaking, Dasar Logika, dan Penulisan Kreatif. Sedangkan pada semester selanjutnya mahasiswa akan mempelajari bidang kajian komunikasi seperti Komunikasi Antar Pribadi, Komunikasi Politik, Komunikasi Massa, dst.

Dari berbagai mata kuliah yang telah dipelajari hingga saat ini, saya paling berkesan dengan mata kuliah Literasi Media dan Media Criticism (Studi Media). Selain karena ketertarikan saya untuk mengkaji media, dua mata kuliah ini menarik karena dosen yang mengajar memang sangat ahli di bidangnya. Menariknya belajar di Ilmu Komunikasi terutama untuk dua mata kuliah di atas adalah karena mahasiswa diarahkan untuk menjadi lebih kritis terhadap media dan mengkaji ideologi yang disampaikan media yang tanpa sadar berpengaruh besar terhadap kehidupan sehari-hari. Ideologi mengenai perempuan dan kecantikan misalnya yang pernah dibahas pada mata kuliah Media Criticism (Studi Media), di mana pendapat mengenai perempuan dan kecantikan dibentuk oleh media dan masyarakat cenderung mempercayai itu. Adapun isu-isu seperti kekerasan dan gender yang sering muncul di media juga dikaji dalam mata kuliah ini. Lalu bagaimana masyarakat bisa memahami, menganalisis serta kritis terhadap media sehingga tidak menerima pesan media begitu saja, dibahas dalam mata kuliah Literasi Media.

follow_intipjurusan_COMPRES

Selain itu, adapula mata kuliah yang bisa dibilang “hiburan” bagi mata kuliah lain yang menguras lebih banyak pikiran, tapi bukan berarti mata kuliah ini tidak membuat kita berpikir ya. Nah mata kuliah tersebut adalah Fotografi, Komunikasi Visual, Komunikasi Lintas Budaya, dan Pengembangan Media Kreatif. Mata kuliah di atas bisa mengobati kejenuhan mahasiswa yang selalu di kelas membaca banyak jurnal, melakukan riset dan mengerjakan tugas makalah, karena keempat mata kuliah ini biasanya lebih banyak tugas praktek seperti hunting foto, mengadakan pameran Komunikasi Visual dan projek Festival Budaya sehingga mahasiswa bisa sedikit melepas lelah, ya meskipun terkadang tugas-tugas tersebut tetap menguras tenaga dan biaya yang tidak sedikit.

Contohnya tugas mengadakan pameran Komunikasi Visual pada semester 2 yang merupakan projek pertama membuat acara dengan menggabungkan dua kelas angkatan 2013 saat itu. Pameran ini cukup memakan tenaga dan biaya untuk dekorasi, publikasi maupun pembuatan visualisasi masing-masing individu. Projek Festival Budaya untuk mata kuliah Komunikasi Lintas Budaya (KLB) pada semester 3 (tapi selanjutnya ada di semester 4) merupakan projek yang lebih banyak lagi memakan biaya dan tenaga karena projek ini menggabungkan semua jurusan yang mengambil mata kuliah KLB tersebut sehingga persiapannya lebih lama. Dosen akan membagi beberapa kelompok dan masing-masing akan menampilkan berbagai budaya yang berbeda (bisa budaya luar atau dalam Indonesia) sehingga harus mengeluarkan biaya untuk penyewaan kostum budaya yang ditugaskan. Biasanya, festival ini akan ditonton tidak hanya oleh mahasiswa Fikom tetapi oleh mahasiswa di luar Fikom sehingga event ini menjadi ciri khas mahasiswa Fikom yang diadakan setiap tahunnya.

(Kepanitiaan Unpad Award 2015)

Adapun mata kuliah lain yang memberikan tugas lapangan di antaranya yang paling berkesan adalah mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif dan Kuantitatif (MPK) serta Kampanye dan Propaganda (Kampro). Tugas akhir MPK adalah melakukan riset komunikasi dengan menggunakan kedua metode dan mempresentasikannya seperti simulasi sidang skripsi. Riset yang dilakukan tentunya adalah riset di lapangan, bukan sekedar studi literatur. Meskipun begitu, tempat riset biasanya dibatasi di daerah Jatinangor dan Bandung agar tidak terlalu menyulitkan mahasiswa. Sedangkan tugas akhir mata kuliah Kampro juga tentang riset namun dimaksudkan untuk menyusun strategi kampanye dan propaganda suatu program komunikasi, seperti program Bandung 1000 Taman.

Itulah sekilas tentang prodi Ilmu Komunikasi yang bisa jadi ke depannya masih akan mengalami banyak perubahan karena perkembangan ilmu komunikasi yang pesat. Selama kuliah, tentunya tidak hanya berkutat di kelas, tapi mahasiswa komunikasi bisa mempraktekan ilmunya di luar kuliah, seperti di organisasi atau kepanitiaan yang sangat baik untuk mengembangkan skill mahasiswa. Semoga kalian tercerahkan dengan tulisan ini dan semangat menentukan program studi apa yang akan kalian ambil. Kalau kalian tanya kenapa kalian harus ambil prodi Ilmu Komunikasi, jawabannya karena “We cannot not communicate”! Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

[1] http://fikom.unpad.ac.id/fakultas/sarjana/program-studi-sarjana-ilmu-komunikasi/

ANTSA ZAKIYATUN NUFUS

Antsa Zakiyatun Nufus adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Unpad angkatan 2013

Kode Konten : X117

27 thoughts on “Ilmu Komunikasi Unpad (Antsa)”

  1. Keren 😁 saya pikir ilmu komunikasi berhubungan dengan komputer .. Eh malah jauh banget dari perkiraan saya…

    1. Ilmu komunikasi hubungannya lebih ke komunikasi antar manusia, bisa jd lewat media kayak media sosial atau media massa, nah kalo skill komputer mungkin yg paling nyambung kayak desain, edit2 video gitu, bukan pemrograman..

  2. ka peluang paling tinggi kerjanya dimana ? intinya prospek kerjanya gimana 😀 , dan kaka sekarang kerja dimana berapa minimal gajinya ?

    1. Sorry baru bales.. Di perusahan manapun pasti butuh skill komunikasi, tp memang beda2 kebutuhannya, bisa jd gabung ke bagian humas tp kamu bagian strategic plannernya, intinya lulusan ilkom fleksibel bisa dimana aja tergantung kamu nyamannya di bagian apa (bisa liat di profil lulusan ilkom misalnya)

  3. Klo ilkom d jurusan lain berarti ada 3 peminatan ya ka. Nah kira2 klo anak humas bisa masuk kerja k broadcast kgk, dan juga sebaliknya

    1. Di univ lain memang rata2 di bawah prodi ilkom ada peminatan lain.. Untuk kerja, di Indonesia sendiri sebenernya fleksibel, dr jurusan apapun bisa kerja di bidang yg sama sekali beda sama jurusannya, jd tergantung diri sendiri, skill kita mau dikembangin di mana, krn pada akhirnya yg diliat utk lulus kerja itu skillnya..

  4. kak, kuliah di ilmu komunikasi itu butuh skill komputer gak? Terus waktu lulus dari ilmu komunikasi, skill apa dari diri kakak yang berkembang? terimakasih

    1. Skill komputer yg rata2 dibutuhin di ilkom lebih ke desain, edit2 video, blog, bukan yg sifatnya pemrogaram kayak di jurusan teknologi informasi/ilmu komputer, dan skill2 itu bisa dipelajari saat kuliah kok.. Yg pasti jd lebih pd ngobrol sama orang, bisa negosiasi, bisa bikin acara, bisa desain, tergantung orgnya mau belajar atau enggak, kalo mau pasti banyak skill yg bisa dipelajari dan dikuasai..

    1. Mungkin saingannya yg banyak sih de tp kalo kamu punya kelebihan lain misal sering ikut lomba ilmu komunikasi dan jd juara atau ikut2 kegiatan seminar dsb yg berkaitan dgn ilmu komunikasi, mungkin itu bisa jd nilai tambah krn dulu aku jg sering ikut2 gitu mungkin makanya lulus di ilkom hehe.. Semangat de!!

  5. Ka tapi kalo aku kan jurusan Adm. Perkantoran nahh kalo ngambil jurusan ini cocok gak? Terus kalo udah lulus dari ilkom bisa kerja dimana aja?
    Makasih ka

    1. Maaf baru sempat balas.. Kalo saran kakak, sebaiknya ade pilih jurusan yg sesuai jg saat di SMK/SMA supaya mudah diterima, tapi kalo memang minatnya ke fikom, mungkin akan sedikit sulit krn biasanya diprioritaskan jurusan yg linier.. Kalo mengenai prospek kerja, bisa dibilang lumayan banyak perusahaan yg membutuhkan keterampilan komunikasi (scr umum), bisa di media, e-commerce atau perusahaan lainnya..

  6. Hai mau tanya..
    Kalau d3 unpad komunikasi masih ada ga ya? Dan peminatannya apa aja??
    Oiya untuk d3 komunikasi jadwal perkuliahannya banyak yang sore gak ya? Soalnya saya sambil bekerja..
    Kalau berkenan saya minta personal contactnya boleh? Email atau apapun
    Ini email saya jati_ht@yahoo.com

    1. Maaf baru sempat membalas.. Sekarang semua D3 di Unpad sudah mjd D4, dan utk di Fikom sendiri nama prodinya jadi Manajemen Produksi Media. Sedangkan utk perkuliahan rata2 biasanya pagi sampai sore, dan banyaknya pagi dan siang, justru sore agak jarang.. Kalo kontak personal, bisa melalui ig: @zakiaantsa16..

  7. Kak, aku ini minat banget sama jurusan ini, tapi aku orangnya pemalu plus gak pedean bgt. Niat aku masuk fikom juga supaya aku bisa ngomong di depan gitu. Nah, kira2 dgn sifat aku yang kayak gini aku bakal kesulitan ga kak? Ada tips buat anak kyk aku biar bisa beradaptasi di fikom?

    Terus, kalau aku mau jdi kyk pembawa berita atau sejenisnya gitu termasuk pelajaran di fikom ga kak?

    Makasih kak, ditunggu jawabannya.

    1. Maaf baru sempat membalas.. Nanti juga seiring berjalannya waktu bakal jadi lebih pede kok krn lingkungan di fikom sendiri mahasiswanya cukup aktif, byk bergaul dgn yg aktif spt itu bisa meningkatkan kepedean kamu nanti kok hehe. Hmm kalo pembawa berita bisa masuk jurusan Jurnalistik de, di sana banyak tugas terkait berita, byk ketemu wartawan atau reporter jg..

  8. kak, aku minat bgt pgn masuk jurusan ini but its kinda complicated bc guess what im an introvert dan aku jg sama sekali gapunya pengalaman di bidang ini kaya ikut seminar, lomba, etc. btw, aku jg lulusan smk jurusan adm. perkantoran dan ada pelajaran public relationnya jg, idk if it has any deal w fikom?
    menurut kakak aku bakal bs survive ga? kira2 susah ga buat aku adaptasi sm anak2 fikom? its a pleasure to have any advice from u😊😊😊 im not people person but i really wanna do, being a communicative person, do public speaking, dan nantinya jg kerja dibidang ini. and i wont if i will go to college only for the degree, tp karna ini passion aku and i wanna make myself worth for being it.
    thx anw! XOXO!

    1. Maaf baru sempat balas.. Btw aku jg introvert kok tp krn memang minatnya k bidang ini jadilah masuk jurusan ini hehe.. Gak ada masalah kok introvert atau ekstrovert krn yg bisa ngembangin diri kita ya motivasi yg kuat dan keinginan utk terus berjuang, jd gak usah khawatir. Kalopun kamu skrg jurusannya tdk linier dan belum sempat ikut seminar atau lomba yg berhubungan dgn ilkom, selama kamu memang minat ke prodi ini, bisa tuh dr skrg mulai ikut2 lomba atau seminar gitu atau kamu coba tingkatkan nilai kamu di sekolah. Aku jg dulu gak banyak ikut lomba atau seminar ttg ilkom tp mungkin nilai lebih aku dulu di akademik dan organisasi krn d sekolah ikut ekstrakurikuler Karya Ilmiah dan Jurnalistik dan OSIS jg.. Kalo kamu jg punya pengalaman d organisasi mungkin bisa nambah nilai plusnya.. Tp mungkin kesempatan kamu lebih besar di SBMPTN dibanding SNMPTN krn SBMPTN dilihat dr hasil tesnya.. Good luck yaa..

  9. Ka aku suka nulis, tapi ga sering sih hehe … ingin masuk ke jurusan ini. Minta sarannya dong ka, apa aku cocok di jurnalistik? Oh iya ka, aku kurang paham sama pengembangan prodi itu. Jadi semenjak tahun 2013 jurnalistik ga dibawah prodi ilkom lagi? Terus klo kita masuk langsung dan misalnya pilih jurnalistik kita langsung focus ke jurnalistiknya apa gimana ka?

    1. Maaf baru sempat balas.. Tergantung kamu passion nulisnya ttg apa, krn kalo jurnalistik lebih fokus nulis berita atau artikel dan kalo tidak salah ada tugas utk memuat tulisan di media massa gitu.. Iya semenjak tahun 2013, Jurnalistik, Mankom dan Humas bukan lagi konsentrasi (di bawah) prodi Ilkom tp sudah sejajar dgn prodi Ilkom, jd scr kurikulum, dosen, prospek kerja pun berbeda krn sudah berpisah. Kalo ingin masuk jurusan Jurnalistik, nanti saat daftar langsung tuliskan prodi Jurnalistik, bukan lg Ilkom.. Penjelasan ttg jurusan jurnalistik bisa dilihat di http://fikom.unpad.ac.id/fakultas/sarjana/departemen/ilmu-jurnalistik/

  10. Hay Kak,waktu aku tau biaya kuliah untuk jurusan FIKOM gk murah,aku jd putus ada sekarang dan mau ikut SNMPTN Cara dan syarat biar lulus gimana ya ka?

  11. Hay ka
    aku mau banget kuliah di fikom, tapi stelah lihat biaya nya gak murah aku jd putus asa dan mau ikut SNMPTN
    gimana caranya dan syarat2 nya ya ka?? Thanks

  12. hai kak, aku sekarang siswi di kls 12 udah minat banget buat masuk fikom. pengen tau tentang fikom lebih banyak dari kaka. boleh minta alamat email or kontak yang bisa dihubungin? please:-)

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *