Ilmu Komunikasi Univ. Mercu Buana (Maya)

Hallo Intipers!

Perkenalkan aku Rismaya Fatchul Jannah, biasa dikampus dipanggil maya dan biasanya kalau yang belum kenal mereka panggil aku Rismaya, Risma, dan buat kalian terserah sih mau panggil apa aja boleh hehe. Aku mahasiswi semester 5 Fakultas Ilmu Komunikasi Program Studi Broadcasting (penyiaran) 2014 S1 di salah satu Universitas Mercu Buana Jakarta.

Nah! Mercubuana ini ada dimana-mana guys hehe, kebetulan aku kuliah di kampus pusatnya. Buat kalian yang ada di daerah Jakarta Pusat ada Mercubuana Menteng, di Jawa Barat ada Bekasi, Depok bahkan ada juga di Jogja loh!

Oke Pertama aku mau cerita tentang FIKOM nih. Wah banyak loh yang salah kaprah tentang jurusan Ilmu Komunikasi, mereka menganggap “loh tanpa belajar atau kuliah kita juga bisa berkomunikasi kok, ngapain sekolah tinggi-tinggi kalau ngambil jurusan komunikasi”.

400

Orang mengira anak komunikasi itu selalu belajar tentang cara berbicara . Makannya anak komunikasi sering dikira jago ngomong. Misalnya gini “eeh lu aja yg ngomong. Lu kan anak komunikasi”

Nah! Hal seperti ini sering banget terjadi guys. Padahal yaaa Ilmu Komunikasi ini sangat luas teorinya dan bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari, misalkan kamu menjadi CEO disalah satu perusahaan artinya kamu harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan partner perusahaan atau dengan karyawan.

Di Fakultas Ilmu Komunikasi ini, aku mengambil konsentrasi Broadcasting (Penyiaran) Yup! “wih keren ya broadcasting, orangnya kece-kece badai…” inilah yang ada didalam benak orang-orang sekitar karna kebanyakan dari kita nanti akan bekerja di media dan berhubungan dengan dunia entertainment. Dan ada juga yang mengira semua bisa dan gampang buat jadi broadcaster. Segampang 1+1=2 ? bukan gampang tapi santai hehehe. Kita juga sering dipandang sama orang bahwa jurusan kita anak-anaknya sangat fashionable banget hehe, mungkin yang kita hadapi didepan sana adalah kamera ya, jadi harus tampil kece dan kita juga berhubungan sama artis dan orang penting hingga petinggi negara kedepannya

follow_intipjurusan_COMPRES

Andai kalian tahu, di jurusan broadcasting ini gamain-main loh, kita dituntun untuk kreatif sedemikian mungkin. Broadcasting juga mengandalkan team work banget, gaada kata individualis didalam Broadcasting karna kita selalu memliki tugas yang sering banget berkelompok inilah yang membuat anak Broadcasting kompak banget.

Mitos banget nih kalau Broadcasting ini ga belajar hitung-hitungan (padahal aku sendiri menghindari ini hehe), yup! Kita belajar statistik juga kok dan juga ada beberapa tugas yang amat sangat berat seperti melakukan riset kecil kecilan tentang dunia pertelevisian.

Broadcasting ini banyak prakteknya nih, buat kalian yang lebih suka praktek dibanding teori jurusan ini pas banget. Didalam Broadcasting jangan heran kalau kita sering shooting karna tuntutan beberapa mata kuliah yang asik banget menurutku dan teman-temanku dikampus.

Misalnya mata kuliah “Produksi Berita Televisi” yuhuuu kebayang belum disana kamu ngapain aja hayo? Pastinya kita membuat berita, buat kamu yang hobi banget ngomong langsung cus jadi reporter berita hehe.

Hmm ada lagi yang ga kalah serunya di Broadcasting, kita bisa mengoprasikan langsung apa aja yang ada distudio televisi loh? Hayo penasaran ga?

Tadaaaa! Kalian tahu ga aku lagi jadi apa? Nah ini namanya Master Control Room dimana aku sedang bertugas menjadi Audioman, keliatannya keren kan kayak lagi nge DJ gitu hehehehe. Btw ini ada di mata kuliah Sistem Studio, kamu dituntut untuk mengenal beberapa teknik yang ada di studio televisi loh, mulai jadi kameramen, lighting, artdirector, segala hal yang ada distudio kita pelajari disini.

Udah keliatan kompak belum nih kita? Team Work banget kan hehe. Ini adalah salah satu tugas Produksi Softnews membuat TalkShow program acara televisi

Engga cuma distudio aja nih prakteknya, kita juga banyak banget tugas lapangan yang harus menuntut kebersamaan (lagi) contohnya Tugas Membuat Film Pendek, ada dimata kuliah sinematografi, dan juga editing. Untuk membuat film harus ada naskah dan jalan ceritanya bukan? disini kamu sangat amat dituntun menulis skenario loh! Yup tugas ini ada dimata kuliah Penulisan Naskah non Berita Televisi, sangat berkaitan yaaaa matakuliah di Broadcasting ini. Nih Ada contoh tugas film aku dan teman-temanku hehe, Boleh dilihat J https://www.youtube.com/watch?v=Yr6VUx5M8BM&index=1&list=LLHyQ7kLxQZpo0_-ROzZa-Lg

“Ada lagi ga tugas lapangan yang lain?” pasti ada dong hehehe, tugas liputan kuliner? Waw kuliner? Asik banget nih sama yang doyan makan hehehe. Icip icip berbagai macam kuliner yang pastinya, Pernah lihatkan reporter kuliner icip icip makanan sampai luar negri? Apa kamu ga kepengen guys? Waduh jangan ditanya ini sangat menggiurkan banget!!! Udah kerja jadi reporter, makan gratis bonus jalan jalan sampai luar negri hehe. Kalau aku sih baru liputan kuliner asal Indonesia aja kok belum sampai luar negri hehe, coomingsoon deh doakan aja yaaa teman-teman J .

“mau jadi apasih emang ngambil Broadcasting?” dunia broadcasting ini luas guys kita bisa bekerja di stasiun televisi jadi tim kreatif, produser, news anchor, floor director, tim produksi, kameramen, wartawan, jurnalis dubber dan masih banyak lagi. Bahkan nih! Kalian bisa jadi penulis naskah pidato untuk presiden loh! Keren bukan? Hehehe.

Pokoknya buat aku sangat berkesan sekali bisa kuliah di Prodi Broadcasting ini, berhubungan dengan banyak orang, menambah pengalaman bahkan bisa juga menambah pengalaman kerja, yup aku pernah kerja di sebuah stasiun televisi swasta tepatnya di PT. Rajawali Citra Televisi Indonesia atau mungkin yang kalian tahu adalah RCTI yaaa hehehe. Aku di RCTI sebagai protocoler. Apa tuh tugasnya? Mengatur jalannya acara disalah satu program Miss Indonesia, Idola Cilik, dan program music dahSyat. So pasti udah ga asing dong sama program yang aku sebutin. Wih asik bukan bisa ketemu sama artis bahkan orang penting loh!

Yuk jadi broadcaster handal mampu menciptakan program acara televisi yang mengedukasi audience nya 🙂

Terimakasih, semoga berkesan 🙂

Kode Konten : X175

21 thoughts on “Ilmu Komunikasi Univ. Mercu Buana (Maya)”

  1. Kak, aku mau nanya. Itu kalau tugas sinematografi kan kelompok ya? nah, dalam penulisan naskahnya siapa ya nulis ya? Yang mau aja atau ditunjuk atau semuanya bikin naskah nanti dipilih yang terbaik gitu? Makasih ka

  2. yup betul sekali, dalam proses produksi tugas sinematografi itu berkelompok.
    nah, dalam setiap kelompok harus ada ketua yang akan membagi-bagi jobdesc masing-masing seperti pembuatan naskah. pembuatan naskah akan dikerjakan oleh script writer yang telah ditunjuk. namun terkadang setiap anggota kelompok juga bisa berpartisipasi untuk memberikan ide dari tema film tersebut dengan cara melakukan brain stroming 😊

  3. Kak, kalo mau jadi anak komunikasi itu harus pinter ngomong nggak sih? Hehe aku mau masuk jurusan komunikasi tapi kok kayanya kurang pinter ngomong apalagi didepan banyak orang, mohon pencerahannya kak, makasih 🙂

    1. Apa kamu pernah berpikiran seperti itu? Banyak yang menganggap jika ingin kuliah Komunikasi itu syarat utamanya adalah cerewet dan jago ngomong. Padahal, itu salah besar! Yang penting bukan apa yang sekarang kamu punya; yang penting adalah niat dan minat yang tinggi buat mengembangkan diri dengan ilmu yang akan kamu dapat di jurusan ini.

      Kalau kamu merasa dirimu nggak jago ngomong, justru dengan kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi kamu bisa belajar dan mengasah kemampuan berbicaramu. Dengan belajar tata cara berkomunikasi dan penggunaan media komunikasi, kamu yang dulunya pemalu dan nggak pinter ngomong bisa jadi seorang komunikator yang handal!

      Selain itu, komunikasi ‘kan juga nggak hanya dilakukan lewat lisan. Kalau memang kamu pendiam, kamu bisa juga ‘kan memilih untuk mengembangkan diri lewat tulisan atau kerja di balik layar?

    1. Jalan Wates, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55753
      btw aku juga belum pernah kesana hehe

  4. Kak d komunikasi itu ada peminatan humas ya ka…
    Nah, kira2 klo anak broadcast itu dah pasti belajar humas juga atau jago humas juga ka.
    Klo untuk prospek kerja, anak broadcast itu bisa jadi anak has juga kgk, atau anak humas bisa jadi anak broadcast juga kgk

    1. yap betul sekali. komunikasi dibagi menjadi 3 program studi public relationship (perhumasan), broadcasting, dan marketing communication (marcomm) semua berkesinambungan kok karna masih satu fakultas. mungkin kalo untuk anak broadcaating sendiri cendrung banyak ke praktik lapangan yaaaa. humas lebih ke prodi PR(public ralationship) semua anak komunikasi prospek kerjanya bisa di media kok

  5. kak,gimana ya misalnya udah terlanjur masuk jurusan yang ga sesuai sama passion saya sendiri pasti mau ga mau kan harus nerusin.tapi,btw sekiranya bisa gk sih masuk dunia kerja yang berhubungan dengan broadcasting meskipun kuliah nya sama sekali ga berhubungan dengan itu.
    Terimakasih

    1. nah banyak banget nih yang kayak gini. awalnya salah jurusan dan ditengah jalan baru ketemu sama passionnya. banyak yang kuliah dan pas selesai ga sesuai sama prospeknya, bisa aja kalau pun kamu tertarik di media seperti broadcasting. itu artinya kamu juga harus tekuni bidang broadcasting ini diluar jurusan kuliah kamu yang sekarang, sebagai gambaran aja menurutku. supaya kamu engga keliatan awam banget kalau udah terjun di dunia broadcast. 1 atau 2 orang di stasiun tv ada kok yang bukan dari jurusan broadcast 🙂

  6. Ka,aku mau nanya dong. Emang di UMB itu wajib bisa TOEFL ya? Trus kira kira lebih enak mana pemfokusan di komunikasi? Aku masih bingung mau milih pemfokusan apa nih. Kampus d Mercu buana itu emang khusus kelas karyawan ya?
    Terimakasih

    1. kalo teofl atau toiec itu adanya pre test nya dimatkul bing. jadi di mercu b.ing dibagi 4 dek. nah disitu nanti kalau kamu mau teofl atau toiec.

      untuk masalah pemfokusan tinggal sesuaikan keminat bakat kamu aja, misal kamu mau di broadcasting, PR, atau marcomm.

      mercu dibagi 2 ada kelas Reguler 1 yang kuliahnya pagi
      Reguler 2 yang untuk karyawan
      gitu hehehe

  7. kak,jurusan ilmu komunikasi nya cuma ada di kampus A nya aja ya?kalau di kampus D nya juga ada jurusan ilmu komunikasi gk?

  8. oiya,di univ.mercu buana kegiatan ekstrakulikuler mahasiswa nya ada apa aja?karena saya gak cuma mau kuliah pulang doang.kepengen ngembangin skill melalui kegiatan juga

Ayo tanya kak Maya disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *