Ilmu Komunikasi Telkom Univ. (Ryan)

Halo Intipers yang lagi kepo-kepo tentang jurusan apa sih yang pas buat kamu. Sebelumnya perkenalkan nama saya Ryan Kurnia Pratama bisa dipanggil Ryan. Saat ini saya adalah mahasiswa aktif Telkom University program studi S1 Ilmu Komunikasi angkatan 2014.

Buat kalian yang mau kuliah asik, seru, nyantai, dan gak nge-bosenin, tapi tetep serius disini tempatnya!!!. Beberapa diantara kalian pasti bertanya-tanya Ilmu Komunikasi jurusan apa sih? Ngapain kita belajar komunikasi kan sehari-hari kita udah bisa berkomunikasi? Nahh justru itulah pentingnya kita mempelajari Ilmu Komunikasi karena kita setiap hari pasti berkomunikasi. Kita diajarkan bagaimana komunikasi yang baik dan efektif. Sekarang yuk kita bahas prodi S1 Ilmu Komunikasi Telkom University.

Prodi S1 Ilmu Komunikasi sudah ada tahun 2008 yang saat itu berada di bawah naungan IM Telkom (Institut Manajemen Telkom) yang selanjutnya berada di bawah naungan Telkom University pada tanggal 14 Agustus 2013 karena adanya penggabungan 4 institusi pendidikan yang ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom yaitu Institut Manajemen Telkom, Institut Teknologi Telkom, Politeknik Telkom dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia.

Apa aja sih yang dipelajari di jurusan Ilmu Komunikasi?. Pada tingkat 1 mempelajari Ilmu ICT, Ilmu Manajemen, Ilmu Komunikasi, Ilmu Dasar. Setelah lulus tingkat 1 mereka akan menentukan konsentrasinya pada tingkat 2. Prodi S1 Ilmu Komunikasi memiliki 2 konsentrasi jurusan yaitu Marketing Communication dan Broadcast.

Bagi mereka yang memilih konsentrasi Marketing Communication mereka akan memiliki kompetensi kemampuan menulis, menganalisis konsumen dan pasar, riset dan perencanaan media, perencanaan strategis iklan, copywriting dan visualisasi, editing dan memproduksi iklan. Bagi mereka yang memilih konsentrasi Broadcast mereka akan memiliki kompetensi kemampuan untuk mengkombinasikan perencanaan, desain dan produksi diaran radio, telivisi, dan film.

Untuk menunjang kegiatan perkuliahan, sarana prasarana di prodi Ilmu Komunikasi Telkom University sangat lengkap mulai dari Lab. Radio, Lab. Fotografi, Lab. Penyiaran TV, dan Lab. Multimedia.

Lalu gimana sih tugas-tugas di Ilmu Komunikasi?. Jenis tugas yang sering diberikan dosen sih tidak lepas dari pembuatan makalah, presentasi, melakukan riset, produksi, dan masih banyak ragam tugas yang diberikan oleh dosen. Cuma disini aku mau jelasin tugas-tugas yang menurut aku paling menarik dari prodi Ilmu Komunikasi Telkom University dari tiap konsentrasi

follow_intipjurusan_COMPRES

Dari konsentrasi Marketing Communication ada tugas yang namanya Urban Village. Urban Village merupakan tugas besar dari beberapa mata kuliah terkait yang diberikan pada tingkat 3. Urban Village merupakan kegiatan City Branding yang saat ini sedang hits di daerah berkembang untuk mempromosikan kota, daerah, suku, maupun negara. Nantinya setiap kelas akan memilih suatu daerah yang akan dipromosikan di dalam event Urban Village tersebut. Disana mereka mempromosikan kuliner, tarian, kebudayaan, merchandise, dan keunikan-keunikan yang khas dari daerah yang mereka usung dengan melakukan penjualan, kegiatan marketing public relation, performing arts, promosi di berbagai media, dan lainnya.

Selanjutnya, dari konsentrasi Broadcast ada tugas yang namanya Broadcast Movie Project. Broadcast Movie Project merupakan tugas yang diberikan pada tingkat 4. Dalam tugas ini mereka ditugaskan untuk membuat movie dengan tema-tema tertentu. Setelah movie tersebut jadi, nantinya akan diadakan screening untuk ditonton bersama dan diberikan Awards seperti Best Movie, Best Director, Best Cinematography, dan masih banyak lagi

Sesuai visi Prodi Ilmu Komunikasi yaitu menjadi program studi bertaraf internasional yang mampu memberikan inspirasi bagi para professional dalam bidang komunikasi berbasis teknologi informasi pada tahun 2021, maka pihak prodi selalu mengadakan program-program internasional untuk mencapai visi tersebut.

Pertama program yang saya ikuti yaitu Mobility Program Class. Mobility Program merupakan kelas khusus yang Bahasa pengantarnya menggunakan Bahasa inggris mulai dari proses perkuliahan, tugas, ujian, dan lainnya. Selain itu Mobility Program rutin mengadakan study tour ke luar negri. Misalnya pada semester genap tahun ajaran 2015-2016 kita pergi ke Singapore dan Malaysia disana kita melakukan studi tour kebeberapa tempat salah satunya Multimedia University Malaysia. Pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 telah dilakukan study tour ke Thailand dan Malaysia.

 

Singapore-Malaysia Edu Trip Mobility Program 2016

Kedua merupakan pertukaran pelajar ke luar negeri. Pada tahun 2016 prodi Ilmu Komunikasi telah memberangkatkan mahaasiswanya untuk studi selama beberapa semester di luar negri beberapa diantaranya ada yang di Universiti Utara Malaysia dan Universiti Sains Malaysia. Selain itu, banyak mahasiswa dari luar negeri yang belajar di prodi Ilmu Komunikasi Telkom University

Ketiga prodi Ilmu Komunikasi Telkom University memiliki acara konferensi Internasional yang bertemakan International Conference of Transformation in Communication (ICoTiC). Acara konferensi ini kerap menghadirkan praktisi komunikasi yang sangat kompeten baik dari luar maupun dalam negeri beberapa di antaranya adalah Menteri Komunikasi dan Informasi RI Rudiantara, Profesor Queensland University of Technology Terry Flew, Akademisi dari Van Hall Larenstein University Loes Witteveen, Akademisi dari Universiti Utara Malaysia Norsiah Abdul Hamid, Direktur Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara, Ketua Perhumas Pusat Agung Laksamana, dan Staf Ahli Menkominfo Danrivanto Budhijanto

Saat ini Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University sedang mempersiapkan program International Class. Program ini menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar, dengan kurikulum dan kultur Ilmu Komunikasi khas Universitas Telkom, yang terus dikembangkan sesuai dengan standar internasional. ย Dalam waktu dekat program ini akan segera dilaksanakan.

Prodi Ilmu Komunikasi Telkom University turut mendukung pengembangan softskill mahasiswanya, terbukti dengan adanya klub-klub yang ada di prodi Ilmu Komunikasi yaitu Ready Radio, Ikom Channel, Klub Fotografi Ikom, ICT Club.

So, dengan semua keseruan yang ada di prodi S1 Ilmu Komunikasi Telkom University kalian pasti pingin cepet-cepet jadi lulusannya kan. Oh iya, lulusan prodi S1 Ilmu Komunikasi Telkom University akan diberikan gelar S.Ikom. Sudah banyak loh lulusannya yang sudah diterima di berbagai pekerjaan mulai dari BUMN, BUMS, ataupun industri media massa, dan lainnya.
Buat kalian jangan khawatir untuk menghadapi dunia kerja, karena Telkom University menuntut mahasiswanya untuk aktif dalam organisasi dengan adanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Salah satunya UKM yang saya ikuti adalah Telkom University Choir (TUC). Di TUC ini saya mendapatkan banyak sekali pengalaman baik di dunia paduan suara maupun dunia organisasi yang sangat berguna untuk dunia kerja. Banyak kegiatan yang menuntut kedisiplinan, kekompakan, kebersamaan, tanggung jawab, kejujuran, dan lainnya.

Telkom University Choir di 1st Lanna International Choir Competition โ€“ ChiangMai, Thailand

Salah satu kegiatan yang baru-baru ini dilaksanakan adalah mengikuti kompetisi Internasional di 1st Lanna International Choir Competition โ€“ ChiangMai, Thailand. Alhamdulillah disana kita bisa membanggakan almamater dan Indonesia dengan membawa 2 Gold pada kategori Mixed Youth Choir dan Folklore. So, makin tertarik kan masuk Telkom University terutama prodi S1 Ilmu Komunikasi.

Kode Konten : X160

16 thoughts on “Ilmu Komunikasi Telkom Univ. (Ryan)”

  1. Hallo ka, Di telkom terjamin untuk kerjanya ga?? Trus bayaran persemester nya kira2 brp? untuk jurusan fikom??

    1. untuk masalah kerja Telkom University menyediakan Career Development Center untuk membantu mahasiswa maupun lulusannya untuk dunia kerja. Untuk bayaran persemester tiap tahun beda untuk tahun saya jurusan Ilmu Komunikasi Rp. 6.500.000

  2. Kak,minat aja cukup gk kalau mau masuk ilmu komunikasi?harus banget gk sih yang punya social skill tinggi?takutnya masuk jurusan ini kita jadi ngerasa tertinggal.karena,awalnya ngerasa ga bakat.

    1. Kalo menurut saya sih cukup. karena dengan minat tersebut untuk masuk jurusan ilmu komunikasi kamu bisa mengembangkan social skill kamu.

  3. Kak ada gak salah satu program di komunikasi yg semuax pakai bahasa inggris? Misal kita gk pinter di bhs inggris apa mempengaruhi?

    1. Untuk program yang semua inggris sekarang Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University udah buka jurusan baru yaitu S1 Ilmu Komunikasi Internasional, jelas saja mempengaruhi karena semua kegiatan perkuliahan akan menggunakan bahasa inggris. Tapi kalau kamu masuk S1 Ilmu Komunikasi yang reguler hanya beberapa mata kuliah saja yang menggunakan bahasa inggris seperti mata kuliah bahasa inggris.

  4. kak, saya ini lagi SMA pecandu Game Online, sehingga SMA ,saya berantakan , bisa gak ya saya Move on dan menjauh dari Game online yg menghabiskan Uang dan Waktu

  5. kak, saya ini lagi SMA pecandu Game Online, sehingga SMA ,saya berantakan , bisa gak ya saya Move on dan menjauh dari Game online yg menghabiskan Uang dan Waktu. Dan Kira kira kalau masuk Jurusan Ilmu Komunikasi cocok gak,ya? trems

  6. kak setau saya fikom ada 3 prodi deh, broadcasting, comercial itu, trus PR, nah kalo di TU ini nggak ada prodi PR atau gimana ya?

    trus ada nggak semacam beasiswa atau keringanan gitu? terimakasih sebelumnya

    1. setiap fakultas komunikasi di tiap universitas pasti punya prodi yang beda beda kalo di Telkom University broadcasting, marketing communication itu konsentrasi (semacem jurusan IPA IPS kl di SMA) masuknya ke prodi S1 Ilmu Komunikasi. Kalo PR sendiri di Telkom University baru buka prodi S1 Digital Public Relation di tahun ajaran 2017/18 terpisah dengan prodi S1 Ilmu Komunikasi

    1. bahasa inggris jadi syarat utama kalo ambil kelas yang internasional. kalo kelas reguler tesnya kaya tes dasar TPA gitu

  7. Kak dasar ilkom ini ipa atau ips? Aku jurusan ipa punya minat ke ilkom sama sistem informasi, nah diantara dua ini belom tau mau prioritas yang mana, boleh minta saran tentang 2 jurusan ini ngga ? Perbandingan antara ilkom sama sistem informasi gitu, makasih kak ๐Ÿ™‚

Ayo tanya kak Ryan disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *