Hubungan Internasional UNMUL (Khajjar)

Hello Good People

I am very glad to welcome you through intipjurusan.com, perkenalkan nama saya Khajjar Rohmah. Saya bisa dipanggil Khajjar, tapi teman-teman terdekat saya biasa memanggil Jarroh. Singkatan dari Khaj-JarRoh-mah. Siapa tau kalian mau jadi teman terdekat saya selanjutnya, 😀 (wkwkwkw). But honestly, saya lebih senang dipanggil Khajjar sih. Dipanggil Jarroh itu karena saya dulu SMA berasrama, yang namanya Hajar lebih dari satu. Ada Hajar Muslim, ada Hajar Aswad. Jadi untuk membedakan, saya dipanggil Jarroh. Karena sekarang udah gak tinggal satu asrama lagi, jadi panggil Khajjar aja yaa.

Oke sorry kalo kelamaan bahas nama, dikesempatan kali ini saya mau sharing tentang jurusan saya buat para lulusan SMA yang lagi bingung pilih-pilih jurusan. Siapa tau setelah membaca tulisan ini, kalian bisa terinspirasi, atau mungkin malah tambah bingung karena pilihan jurusannya jadi lebih banyak, LOL ^L^.

Jadi saya ini adalah mahasiswi Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di universitas tertua, terbesar, dan terbaik di Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman. Atau biasa disingkat Unmul.  Saya mahasiswa baru di tahun 2013, jadi sekarang saya udah semester delapan. Insha Allah tahun ini bakal lulus. Jadi bantu doa yaa temen-temen.

400

Kalo pertama kali denger jurusan HI, apasih yang terlintas dipikiran kalian? Saya sering nemuin beberapa persepsi orang tentang jurusan HI. Jadi kalo saya ditanya kuliah dijurusan apa, setelah mendengar jawaban saya mereka pasti bilang gini, “Wah HI, pintar bahasa Inggris dong,”

“HI, bisa berapa bahasa asing?”

“HI kuliahnya pake bahasa Inggris yaa?”

follow_intipjurusan_COMPRES

“Kuliahnya sama mahasiswa asing?”

Oke saya jawab satu-satu. Pertama saya jelasin dulu apa itu HI. Dari materi yang saya dapat di semester satu secara teori,  International relations is an academic discipline that focuses on the study of the interaction of the actors in international politics, including states and non-state actors and concerned with relations across boundaries of nation-states.

Yang saya garis bawahi itu adalah poin penting dari definisi HI. Jadi HI adalah sebuah interaksi aktor negara maupun non negara yang melewati batas negara. Aktor non-negara yang dimaksud contohnya  people to people, business to business, NGO to NGO (Non Government Organization), MNC to MNC (Multi National Company) dan lain-lain. Sedangkan model interaksi dalam HI itu ada tiga, cooperation (kerjasama), competition (persaingan), and conflict (konflik/perang). Jadi hubungan internasional itu gak selamanya baik-baik aja. Sama kayak hubungan kita berdua, eaaa.

Terus ngejawab asumsi-asumsi di atas, di HI kita belajar tentang politik dan hubungan antar negara. Kita gak full belajar bahasa Inggris karena bukan Jurusan  Sastra Inggris atau Pendidikan Bahasa Inggris. Dan idealnya anak HI emang udah harus mahir berbahasa Inggris. Kedua, bahasa asing itu tergantung passion masing-masing dan dipelajari secara mandiri. Di HI Unmul gak ada mata kuliah khusus tentang Bahasa negara lain. Yang kita pelajari adalah politik dan pemerintahannya. Contoh ada mata kuliah Politik dan Pemerintahan Jepang, bukan berarti kita belajar bahasa jepang. Tapi menurut informasi dari temen saya, kalo di univ lain ada sih matkul bahasa asingnya, contoh di HI Undip (Semarang) ada mata kuliah Bahasa Perancis. Jadi tergantung univnya masing-masing.  Ketiga, kuliahnya sama mahasiswa asing? Enggak, emang kita pertukaran pelajar?!

Dalam ilmu HI kita juga diajarkan untuk menganalisis sebuah studi kasus. Karena kita bukan ilmu eksak, jadi kita menganalisis melalui fenomena internasional yang sedang terjadi, sebab-akibatnya, dampak kebijakan, kemudian kita interpretasi dengan salah satu pendekatan lewat teori HI. Sudah biasa nganalisis masalah-masalah internasional kan, jadi masalah aku dan kamu pasti lebih mudah diselesaikan, haha.

Apa ajasih mata kuliah yang dipelajari di HI? Di semester satu dan dua, kamu akan mempelajari ilmu-ilmu dasar, kayak Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Antropologi, Pengantar Ilmu Politik, Pengantar Ilmu Hubungan Internasional, Sistem Politik Indonesia, Sistem Hukum Indonesia, Sistem Ekonomi Indonesia, dan Statiska. Semester 3 dan seterusnya baru matkul (mata kuliah) yang HI banget kayak Teori HI, Ekonomi Politik Internasional, Komunikasi Internasional, Pemikiran Politik, Politik dan Pemerintahan (negara-negara), Diplomasi, Isu Isu Global, Manajemen Resolusi Konflik, Hukum Humaniter, Geografi Politik, dan banyak lagi.

Dari nama-nama matkul di atas pastinya udah tau dong kalo metode belajar di HI itu lebih banyak hapalan daripada hitungan. Jadi merdekalah kalian yang gak suka Matematika dan konco-konconya. Karena salah satu tujuan saya masuk FISIP  juga untuk menghindari Matematika setelah terkunkung di jurusan IPA saat SMA. Dan biasanya lulusan IPA yang kuliahnya pindah ke rumpun IPS itu jadi mahasiswa pinter loo. Karena udah biasa serius mikir di IPA, jadi politik juga diseriusin. So, kalo kalian sempat ngerasa salah jurusan ketika SMA/SMK, jangan biarkan itu terulang lagi saat kuliah. Karena kuliah, intinya kalian harus suka dulu, kalo kalian udah suka kalian bakal happy ngejalaninnya.

Tugas yang sering diberikan dosen dijurusan HI itu kalo individu disuruh nulis essay atau paper, kalo tugas kelompok bikin makalah dan persentasi, sering juga kita dikasih tugas resume buku-buku HI yang bahasa Inggris, terus dipersentasikan. Jadi, anak-anak HI pada jago-jago juga jadi translator.

Terus asyiknya di HI juga ada praktikumnya loh. Di semester 4 kita ada praktik diplomasi, di praktik tersebut, kita akan dibentuk jadi beberapa kelompok negara dan ditunjuk sebagai diplomat yang sedang melakukan perjanjian internasional dalam sebuah konferensi.

Contohnya jaman saya dulu praktik diplomasinya bikin simulasi ASEAN Summit. Kami dibagi jadi 10 negara ASEAN. Dalam satu kelompok negara terdiri dari Presiden,  Foreign Minister, Vice Foreign Minister, Trade Minister, Tourism Minister, Ambassador, Spokesman,  dan Journalist yang akan menjadi delegasi dalam konferansi. Atmosfir suasana  simulasi  bener-bener dibuat seakan ini adalah konferensi ASEAN Summit beneran. Konferensi diadakan di hotel, ada Negara tuan rumah, ada konferensi pers, gala dinner, kita make pakaian formal dan fully speaking in English.

Ket. : Kerjasama Malaysia- Indonesia dalam Praktik Mata Kuliah Diplomasi, “ASEAN Summit Simulation”

 

Saya sebagai Vice Foreign Minister of Thailand dalam Praktik Mata Kuliah Diplomasi, “ASEAN Summit Simulation”

Nah untuk mengasah kemampuan ke HI-anmu kamu juga direkomendasiin banget buat ikut konferensi mahasiswa tingkat internasional. Kalo di HI itu sudah mafhum sama yang namanya MUN. atau Model United Nations. Itu adalah simulasi sidang ala PBB. Meski peserta MUN tidak hanya dibatasi untuk mahasiswa HI saja, tapi kebanyakan memang yang berpartisipasi dalam MUN adalah mahasiswa HI. Saya sendiri berkesempatan mengikuti salah satu MUN tingkat dunia, Harvard World Model Unied Nations (HWMUN) pada 14-18 Maret 2016 lalu, di Roma, Italia. Selain MUN juga banyak sih konferensi mahasiswa tingkat internasional lainnya. Dan baik sekali bagi mahasiswa HI minimal sekali untuk mengikuti konferensi internasional atau pertukaran pelajar ke luar negeri sebagai kuliah lapangan kita.

Penulis (dua dari kiri) bersama tim delegasi Unmul dalam Harvard World Model United Nations di Roma, Italia

Gimana prospek lulusan mahasiswa HI? Yang paling tinggi pasti jadi the main actor of state lah ya. Pemimpin negara. Atau kalo mau linear kan ada Kementerian Luar Negeri. Bisa jadi diplomat, duta besar, atau staf KBRI di luar negeri. Kalo yang ditingkat regional yaa teman-teman bisa kerja di kantor imigrasi, konsulat asing, tour guide, bandara,  jadi dosen, banker, jounalis atau entrepreneur. Intinya semua pekerjaan yang ada esensi HI-nya. Jadi apapun mesti go international. Jadi chef internasional, pengusaha internasional, artis internasional dll. Alumni-alumni HI rata-rata sukses menepati posisi di atas. Bahkan tokoh nasional juga banyak loh yang lulusan HI. Sebut saja Dino Patti Djalal, Retno Marsudi, Marty Natalegawa, Ahmad Fuadi, dan masih banyak lagi.

Dan enaknya di HI itu, setelah lulus S1 teman-teman bisa langsung aplikasikan ilmu, mau kerja atau lanjut S2. Gak perlu ambil pendidikan profesi lagi. Pilihan S2nya juga banyak, apalagi di kampus-kampus luar negeri. Kita bisa mengeksplorasi pilihan S2 kita yang linear sama HI. Misalnya International Communication, International Security and Economic Policy, dan lain-lain

Yang penting temen-temen temukan passion dulu kenapa kalian mau masuk HI. Jangan sampe salah jurusan. Karena saya sering nemuin mahasiswa HI yang ngerasa salah jurusan. Jadi mereka kayak nyasar gitu karena punya persepsi yang berbeda tentang HI sebelum mereka masuk. Mereka pikir HI itu bahasa inggris banget, ternyata politik banget.

Enak gak sih kuliah di HI? Saya dari awal masuk ngerasa kuliah di HI itu keren dan bergengsi banget. Mata kuliahnya juga selalu asyik karena kita selalu ngebahas tentang dunia internasional, bayangin di sudut kota Samarinda tapi kita bahas tentang negara-negara di Asia Pasifik. Dan masalah HI gak pernah selesai sebelum kiamat. Kita dituntut untuk selalu berpikir global, analitis, dan jangka panjang. Pokoknya rasain sendiri deh sensasi kuliah di Hubungan Internasional. Sampai ketemu di HI !!! ^_^


Penulis merupakan mahasiswa semester VIII Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Mulawarman. Kegiatan yang digemari adalah membaca, menulis dan travelling. Penulis aktif sebagai Ketua Umum Lembaga Pers Mahasiswa Sketsa Unmul, sebuah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dibidang jurnalistik dan pers.

Contac person:

Facebook : Khajjar Rahmah

Instagram: @khajjarrohmah

Linked In: Khajjar Rohmah

Website : www.khajjarrohmah.my.id

Kode Konten : X179

26 thoughts on “Hubungan Internasional UNMUL (Khajjar)”

  1. ka waktu masuk hi itu pake jalur apa? terus susah ga ka buat masuk nya? kalo yang belum terlalu lancara bahasa asing ada kemungkinan buat keterima ga ka?

    1. Halo Kurnia 👋😃. Saya masuk lewat jalur SBMPTN yaa. Yah namanya seleksi ya gampang2 susah. Mesti tetep optimis, usaha maksimal dan berdoa. Insha Allah lulus. Bahasa asing selain English gak mempengaruhi kelulusan kok. Masih ada peluang belajar setelah keterima. Oke Nia? Sukses!

  2. Assalamualaikum kak.

    Gimana kalo kita pengen masuk hi tapi belum terlalu menguasai bahasa asing apa masih bisa masuk hi. Tolong jawab kak makasih wss

    1. Walaikumsalam Nurul. Thanks for your question. Kamu mesti percaya that nothing impossible di dunia ini. Masih ada kemungkinan, yang penting kamu mau usaha dan belajar. Kalo bahasa asing, terutama yaa bahasa inggris yaa. Karna itu yng diujikan dalam tes seleksi masuk baik sbmptn dan mandiri. Kalo bahasa lain diluar itu, gak diujikan kok. So, dont worry 😃😃😃. Just try it!

  3. Hallo kak Khajjar. Saya semakin tertarik untuk masuk HI setelah membaca tulisan kk. Semua hal yg diuraikan diatas termasuk kedalam passion saya. Mengenai dunia politik,hukum, dan bahasa inggris. Mohon maaf sblmnya jika komentar sy akan menjadi komentar yg sgt panjang dan banyak pertanyaan atau mungkin selipan curhat😂kira2 jurusan HI ketat gak ya ka? Kalau dibandingkan dgn jurusan ekonomi lebih ketat mana persaingan nya? Sy siswi SMK jurusan Akuntansi.Rencana mau murtad jurusan😁 krn akuntansi bukan passion sy! Walau tmn2 sy bilang nilai akuntansi sy termasuk bagus sehingga gamasalah klo sy kuliah jurusan akuntansi (pdhl sy butuh kerja keras untuk dpt nilai A dimapel ini) Tapi.. masalah passion yg sering mengganggu sy. Apakah kesempatan ngambil jurusan HI jalur tes mandiri lebih terbuka atau sebaliknya jika dibanding sbmptn?Jujur sy kesulitan sbg siswi smk untuk mengejar materi sbmptn krn ada beberapa mapel yg sama sekali tdk dipelajari. Jgnkan saintek,akuntansi yg masuk kedalam soshum saya tdk mempelajari ttg sosiologi dan geo.Begitupun dgn matdas.Dan saya pernah baca, jurusan HI membutuhkan uang yg tidak sedikit. Selain itu apakah mahasiswa2 HI semuanya fluent english? Krn sy termasuk org yg suka bahasa inggris tp hanya suka mendengar, kalau disuruh conversation masih gugup padahal klo disuruh writing saya tau dgn baik apa yg harus sy tulis(walaupun masih agak lemah d grammar✌) kira2 akan mengalami kesulitan ga ka saat kuliah nanti? Untuk tambahan, saya lebih suka menghafal dibandingkan menghitung. Walaupun saya tau setiap jurusan mempunyai klimaks masing2.

    1. Udah saya jawab lewat DM ig kan 😃😃. Sukses yaa Nafia, semoga keterima di HI UIN Jakarta 💪💪❤

  4. Assalamualaikum ka,
    Saya ingin bertanya. Kak, saya ngambil jurusan KEAGAMAAN d boarding school. Nah kira2 materi yg d SMA bakal di ulang lagi d kuliah kgk? Soalnya di jurusan keagamaan hanya ada pelajaran sosiologi di kelas 10 dan ekonomi di kelas 11. Oh iya ka, katanya di HI itu buku pengantarnya kebanyakan bahasa inggris. Klo persentasinya, brp persen bahasa inggris berfungsi di HI. Padahal saya suka banget ttg politik luar negri atau hal2 yg berbau internasional. Bahkan waktu SD saya hampir hapal semua nama ibukota negara. Nah saya berpikir, kayanya HI itu passion saya, tp saya lemah d bahasa inggris, bagaimana menurut kaka solusinya.
    Wassalamualikum

    1. Walaikumsalam Hilmy, wah samaan dong kita, saya juga boarding school keagamaan dulu SMA-nya, di pesantren. Sosiologi dan Ekonomi ada jadi salah satu mata kuliah dasar di HI Unmul pada semester 1 dan 2. Ada Pengantar Sosiologi dan Sistem Ekonomi Indonesia.. Terus di semester 3 ada Ekonomi Politik Internasional. Beruntung kalau kamu udah prnah pelajari di SMA. karena saya gak sama sekali tuh 😀

      Buku yes banyak yg b.ingg, tapi kalo presentasi tergantung dosennya sih, kadang ada dosen yg minta pake b.ingg atau lebih senang bahasa indonesia aja. Saya rasa kamu emang punya passion di HI, passion emang berawal dari hal-hal kecil dan sederhana yang kita suka. Kalau saya dulu cita-citanya pngen keliling dunia, senang aja gitu rasanya kalau jalan ke luar negeri.

      Masalah lemah bahasa inggris mah gak usah khawatir, saya dulu awal masuk juga gak bagus2 amat bahasa inggrisnya (sekarang juga masih kayaknya, hehe). solusinya yaa pas kuliah nanti bisa sambil kursus b ingg atau otodidak sendiri dirumah. Kayak nonton film hollywood tanpa subtitle, nonton youtube, dengerin musik, baca buku/novel bahasa inggris dll. bnyak deh, itu yaa. good luck!

  5. Assalamualaikum kak. Mau tanya nih, di artikel disebutkan kalo mahasiswa HI direkomendasikan buat ikut konferensi mahasiswa tingkat internasional, contohnya kakak yg pernah ikut kegiatan tsb di Roma, Italia. Biaya utk ikut kegiatan tsb apakah ditanggung oleh kampus atau pribadi atau dr kampus sebagian pribadi sebagian? Aku pengen masuk HI tp aku takut ada kegiatan perkuliahan yang mengharuskan ke luar negeri dgn biaya sendiri (sdgkan aku bukan berasal dr keluarga yg berada). Terimakasih kak 🙂

    1. Walaikumsalam, Sbb yaa. Kalo untuk biaya konferensi internasional itu tergantung penyelenggaranya. Ada beberapa kegiatan di luar negeri yang fully funded alias gratisss dengan persyaratan tertentu, seleksi dll. Nah, kebetulan yang saya ikutin kemarin itu gak gratis sama sekali (MUN emang biasa disebut hobi mahal). Biaya saya dan temen2 dapat dari proposal dan kampus. Tapi gak usah takut masuk HI gara-gara ini. Saya juga bukan dari keluarga kaya, tapi Allah maha kaya dek! Siapa tau dg masuk HI jadi jalan ke luar negeri kan? who knows? Jangan ragu masuk HI!!! wkwkwkwk, sukses yaa

    1. Walaikumsalam, enggak juga dek. Saya IPA, temen saya juga banyak yg lulusan SMK, ada TKJ, perkantoran dll

  6. Assalamualaikum kak

    saya mau tanya apa di HI memang dititik beratkan pada politik dan hukum nya? tolong bisa beri penjelasan ttg contoh politik hukum yang dipelajari di HI seperti apa? , saya skrg duduk di kls 12 dari awal saya sudah pengen masuk HI karena saya suka mempelajari bahasa asing dan saya suka membaca & mempelajari kebudayaan ataupun seluk beluk negara lain. Awalnya saya kira di HI itu menitik beratkan pada bahasa asing nya ternyata sy salah tolong dijlaskan y kak

    1. Walaikumsalam, yap bener banget HI banyak belajar tentang politik dan hukum. kapasitasnya hampir sama. Kalau ngomongin politik secara bersamaan kita bakal ngomongin hukum internasionalnya jugak. Misal kita mau bahas tentang Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI), nah itu ada hukumnya di konvensi hukum laut internasional yang di atur dalam UNCLOS (United Nations Convention on the Law of the Sea). Gitu juga, mau bahas tentang pengungsi Rohingya yang banyak ke Indonesia, ada juga hukumnya yang di atur sama UNHCR (United Nations High Commissioner for refugees). Bahkan negara mau perang aja ada aturannya di hukum humaniter :D.

      Contoh mata kuliah yang akan kamu pelajari nanti di HI, ada Politik Internasional (polinter), Hukum Internasional (Huki), dan Hukum Humaniter. Contoh politik hukumnya misal gini, kenapa sih Indonesia menerapkan MEA 2015 lalu? Padahal masyarakat Indonesia belum semuanya siap. Karena, itu sudah disepakati oleh seluruh anggota ASEAN, lewat deklarasi Bali Concord II tahun 2003. Kira2 gitulah yang dipelajari di polinter sama huki.

  7. Kak tadinya saya udah mantep mau ambil HI karena saya suka mempelajari bahasa bahasa baru apalagi bahasa asing jadi saya pikir saya mau ambil HI aja waktu kuliah dan setelah saya browsing tentang HI ke beberapa sumber ternyata HI itu justru lebih banyak mempelajari politiknya bukan bahasa asingnya, menurut kakak apa saya lebih baik tetap berusaha ambil HI atau ada saran lain?

    1. Ya terserah kamu dek. yang penting itu passion. Passionmu lebih banyak kemana? Ke HI atau ke Bahasa Asing? kalo lebih ke bahasa, ya saran saya masuk Jurusan sastra. tinggal pilih bahasa yang kamu minati. sastra Inggris, sastra Jepang, atau Sastra Jerman Life is choice and the choice is in your hands.

  8. Kak tadinya saya udah mantep mau ambil HI karena saya suka mempelajari bahasa bahasa baru apalagi bahasa asing jadi saya pikir saya mau ambil HI aja waktu kuliah dan setelah saya browsing tentang HI ke beberapa sumber ternyata HI itu justru lebih banyak mempelajari politiknya bukan bahasa asingnya, menurut kakak apa saya lebih baik tetap berusaha ambil HI atau ada saran lain?

  9. Hai kak, aku pengen banget masuk HI cuma aku agak ragu karena aku Anak SMK jurusan TKJ, apa aku masih bisa masuk di HI kak, dan apa aja yg perlu dipelajari untuk persiapan masuk HI

  10. Hai kak, aku pengen banget masuk HI cuma aku agak ragu karena aku Anak SMK jurusan TKJ, apa aku masih bisa masuk di HI kak, dan apa aja yg perlu dipelajari untuk persiapan masuk HI. Kalo untuk nilai bahasa yah nilai ku lumayan juga kak

    1. Kalau emang mau, gak perlu ragu. Keraguan tidak memberikan jawaban apapun. Temen saya ada yang dari TKJ. Dan dia baik-baik saja di HI. Haha

  11. Hai kak,tahun ini saya masuk kuliah jurusan HI,tapi saya masih gugup banget,bingung,saya memang suka politik internasional,bahasa inggris apa lagi masalah diplomatik. Saya mau tanya kak,untuk bhs.inggrisnya apa harus full bisa? Sedari awal materi yang di berikan banyak dalam bhs.inggris ya? Terus text booksnya smua bhs.inggris kan?, di kampus saya ada makul bhs.korea juga karena kebetulan double degree,kira2 harus langsung lancar ga ya kak? kalau magang atau KKN nanti biasanya gimana kak? Dimana dan ngapain aja? Makasih ya kak,maaf kebanyakan soalnya bingung mau tanya2 siapa,masih jarang kenalanan yang masuk HI soalnya hehehe.terima kasih.

    1. Gugup efek maba aja kali yaa. Jalanin aja dulu, sambil berproses sambil belajar. Bahasa Inggris juga bisa sambil diperdalam, gak semua buku pengantar di HI pake bahasa Inggris. ada juga kok yang berbahasa indonesia. santai aja, gak usah dibawa tegang. Kalo KKN, ya umum aja sih ngikut universitas, tinggal milih mau ke kampung atau tematik ke instansi. Kalo magang nah yaa menjurus ke disiplin ilmu kita. Misal ke Kemenlu atau ke perusahaan multinasional, yang butuh tenaga HI.

  12. Kak aku baru kelas 11 SMA jurusan Ips, aku mau masuk jurusan HI nanti pas lulus tapi masih ragu nih karna bbrp hal.
    Kak kira2 biaya kuliah i jurusan HI itu mahal gak? Terus lapangan pekerjaan nya banyak gak kak?
    Aku sebenrrnya rada kurang mudeng sama politik2 gitu apalagi yang aku liat di post an kakak bahasa2 nya tuh tinggi aku takut gak bisa mahamin. Bahasa inggrisku juga kurang soal grammar2 nya. Aku jadi bingung kak😢

Ayo tanya kak Khajjar disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *