Hotel Management STP Sahid Jakarta (Yunia)

Halo teman-teman intipers semua!

Perkenalkan nama saya Yunia Dwi Lestari biasanya dipanggil Yun. Saya berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Saat ini saya masih berstatus sebagai mahasiswi aktif semester 5 prodi D4 Hotel Management di Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta. Sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan,saya juga mengambil jurusan yang sama di Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebelumnya. Saya tercatat sebagai mahasiswi terhitung sejak tahun 2015 lalu, karena keberuntungan dan tentunya banyak perjuangan yang harus  dilalui.

Hari ini, dengan rasa iseng yang teramat sangat besar diatas bus yang sedang melaju  saya membuka story instagram dengan randomnya dan tanpa sengaja saya membuka story instagram dari Info Lomba Menulis yang kemudian membawa saya menuju akun instagram Intip Jurusan, dan saya tertarik sekali untuk mencoba. Berhubung saya juga senang dengan dunia tulis menulis, akhirnya saya memulai mencoba merangkai kata demi kata.

Anyway, saya masuk di STP Sahid Jakarta melalui jalur Beasiswa Unggulan yang diberikan  oleh Kemendikbud.

(Penerima Beasiswa Unggulan angkatan 2015)

Awalnya menurut saya kuliah tidak menjadi sebuah prioritas yang besar, karena setelah lulus dari SMK saya sudah sempat bekerja selama kurang lebih 1 bulan di salah satu Hotel di Lombok. Namun, keberuntungan sangat berpihak dengan saya waktu itu setelah memasukkan berkas pengajuan beasiswa selama 2 bulan akhirnya setelah lumayan lama menunggu saya dinyatakan lolos sebagai salah satu Penerima Beasiswa Unggulan. Dengan persiapan seadanya, saya berangkat ke Jakarta dengan modal restu kedua orang tua.

Kembali menggeluti dunia perhotelan yang sebelumnya sudah pernah di geluti selama 3 tahun, rasanya kembali mengulang masa-masa SMK. Mungkin menurut kebanyakan orang akan sangat membosankan ketika harus bertemu dengan jurusan yang sama selama 7 tahun, tapi terlepas dari semua pemikiran orang diluar sana, saya tetap menganggap semuanya adalah rezeki yang sangat besar dari Tuhan. Karena ketika kebanyakan orang membayar biaya kuliah yang  terhitung tidak murah, saya sudah diringankan dalam hal itu.

follow_intipjurusan_COMPRES

Meskipun diluaran sana banyak yang beranggapan negative atau meremehkan jurusan ini, tapi  jurusan perhotelan tetap saja punya keunggulan tersendiri, contoh kecilnya adalah memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan karena saat belajar di bangku kuliah akan lebih banyak praktik dibandingkan materi, sehingga mahasiswa lulusan dari jurusan ini sudah siap untuk dihadapkan dengan dunia kerja nantinya. Berdasarkan dari data yang di share oleh STP Sahid melalui sosial media, alumni STP Sahid juga sudah banyak yang menjadi Manager ataupun menjadi wirausahawan muda, tergantung dengan minat dan keinginan.

(Memperkenalkan salah satu bidang yang di pelajari dalam perhotelan)

Selain itu, di jurusan Perhotelan juga tidak hanya diajarkan tentang ilmu operasional melainkan juga tentang ilmu managemen, sehingga nanti bisa jadi manager ataupun General manager. Disamping itu, di STP Sahid Jakarta juga belajar tentang bahasa asing diantaranya adalah bahasa Perancis dan Bahasa Jepang.

Para dosen biasanya memberikan tugas berupa blog dan juga vlog, bertujuan agar tekhnologi yang berkembang pada zaman sekarang digunakan dengan positif.

Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak berkembang Sekolah Tinggi Pariwisata swasta maupun negeri, karena peminatnya dari tahun ke tahun semakin meningkat . Di STP Sahid Jakarta sendiri mempunyai 3 macam prodi yaitu DI, DIII dan DIV dan 2 macam jurusan diantaranya adalah Hotel Management dan Tourism Management. Setiap prodi mempunyai keunggulannya masing-masing, yang membedakan hanya jangka waktu perkuliahan dan gelar yang di dapat saat lulus nanti.

Setiap sekolah tinggi pariwisata masih menerapkan kuliah dengan menggunakan seragam layaknya Sekolah kejuruan karena bertujuan agar menerapkan standar prosedur  layaknya yang di gunakan di Industri pariwisata pada umumnya dan perhotelan khususnya. Dalam sekolah pariwisata juga sangat diterapkan tentang standard Grooming dan attitude semenjak masuk agar pada saat terjun ke Industri sudah terbiasa. Selain itu, mahasiswa yang kuliah di sekolah Pariwisata ataupun perhotelan akan mengalami yang namanya “On the Job Training”, untuk di STP Sahid sendiri hubungan kerjasama kampus dengan Industri perhotelan sudah sampai ke luar negeri antara lainnya adalah : Malaysia, Thailand dan juga Jepang. Untuk prodi DIV sendiri akan mengalami Training selama 2 kali yaitu di semester 4 dan juga semester 7 dengan periode selama 6 bulan. Di semester 4 lalu saya sudah melewati fase Training selama 6 bulan di Thailand, salah satu keuntungannya selain saya bisa ke luar negeri adalah bisa langsung belajar bahasa dan juga budaya orang-orang di Thailand.

(Farewell party sekaligus pembagian sertifikat training)

Meskipun Indonesia dan Thailand terhitung dekat tapi banyak sekali hal yang membedakan, terlebih untuk seorang muslim seperti saya untuk memilih makanan saja perlu selektif dan berhati-hati karena mayoritas di negara Thailand sendiri memang non muslim.

Profesionalitas juga sangat di perlukan oleh mahasiswa pariwisata dan juga perhotelan, karena saat terjun langsung ke Industri dalam keadaan apapun mereka harus menunjukkan “Good impression” kepada semua customer ataupun tamu yang berkunjung dihotel. Dalam keadaan seburuk apapun yang menimpa dengan internal ataupun eksternal hotel, mereka harus menerapkan 3S yaitu Senyum,Salam dan Sapa. Disamping itu, saat kembali dari On the Job Training semua mahasiswa akan diberi tugas untuk mengumpulkan report berbentuk makalah yang berisikan weekly report tentang kegiatan apa saja yang di lakukan selama melakukan Training.

Untuk sistem pengerjaan tugas akhir pun, STP Sahid sendiri memiliki 3 metode yaitu Skripsi, Work Base Learning method, dan juga field project. Semua mahasiswa di bebaskan memilih salah satunya, biasanya di universitas-universitas lainnya akan menerapkan skripsi sebagai tugas akhir yang berisikan tentang penelitian, namun STP Sahid Jakarta menawarkan Work Base Learning untuk mahasiswa yang sudah bekerja sebelum lulus dari kampus dan tugas akhirnya akan membuat report seputar pekerjaan yang di lakukan dan yang ketiga adalah Field project, tugas akhir ini ditujukan untuk mahasiswa yang sudah memiliki usaha sebelum lulus dari kampus dan tugas akhir nanti akan berhubungan dengan seluk beluk usaha yang di buat.

Terttarik dengan dunia perhotelan? Yuk gabung sekarang!


Tentang penulis : Yunia Dwi Lestari

Adalah mahasiswi semester 5 di Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta (STP SAHID JAKARTA), hobi mengikuti lomba menulis puisi, artikel ataupun cerita pendek. Aktif dalam organisasi sosial, dan saat ini sedang mengikuti program LED (Leadership, Enterpreneurship and Development) atau yang biasa disebut dengan asisten dosen.

Instagram : https://www.instagram.com/yuniadwil_/

Blog : http://yuniaadwi.blogspot.co.id/

Kode Konten: X214

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *