Hospitality AMPTA Yogyakarta (Desi)

Hello teman, kenalan dulu ya kata pepatah ngk kenal ngk sayang loh.

Kenalin nama saya desi ratnaningsih kelahiran 26 oktober 1996 di wonosobo dan saat ini saya masih menjadi mahasiswi aktif di fakultas pariwisata angkatan 2015 ( SEKOLAH TINGGI PARIWISATA AMPTA YOGYAKARTA). Saya akan sedikit berbagi pengalaman saya tentang bagaimana rasanya menjadi mahasiswi pariwisata. Ketika saya masuk jurusan ini saya lumayan sedikit aneh dan bingung karena saya bukanlah mahasiswi yang berasal dari basic perhotelan Smk saya adalah rekayasa perangkat lunak (IT). Sudah tahu kan gimana saya bingungnya ketika di tanya dosen departeman apa saja yang ada di hotel? Ibarat kata piring saja kalaw di hotel sudah berganti istilah belum lagi ketika makul banyak yang mengunakan istilah english. Dari situlah saya harus benar- benar menutupi  kekurangan saya , kurang elegant dong kalaw ditanya sama dosen bilangnya selalu tidak tahu belum lagi setiap dosen njelasin harus minta google translit kayanya itu tidak mungkin. Alesan pertama yang mengugah saya memasuki kampus ini adalah karena saya menyukai kuliah yang mengenangkan sragam alesan yang menurut saya sangat labil alesan kedua adalah saya ingin kuliah plus jalan-jalan saya pikir dulu kuliah di pariwisata enak ya . tidak mikir berat dan tidak perlu berhitung maklum saya paling males kuliah berbau hitung menghitung. Tapi ketika memasuki kuliah yang sesungguhnya baru tahu alesan yang sesungguhnya “ bahwa saya harus ikut mengembangkan dan berpartisipasi dalam memajukan pariwisata indonesia yang baru bangun tidur ini”. Banyak orang-orang yang bilang enak ya kuliah di pariwisata kuliahnya jalan-jalan terus?  No itung itungan pula??? Hayyyyyy kalian harus tahu jurusan pariwisata memang sering jalan bahkan makanan sehari – hari tapi jalan – jalan juga butuh laporan tentang   keadaan real  yang ada di obyek belum lagi harus foto dari segala sisi untuk di presentasi dan wawancara dengan pengelola . belum lagi kalaw pengelolanya sedikit susah untuk sharing keadaan real soal obyeknya. Maklum namanya juga manusia jadi kan ada yang main rahasia ( STOP DONT BAPER) jangan salah anak pariwisata juga itung- itungan lah buktinya ada makul stastistika pariwisata jangan berfikir anak pariwisata itu enak enakan saja belum lagi bahasa kalaw dikampus kami itu bahasa english itu utama dan pertama pilihanya ada bahasa jepang , prancis, mandarin.  Untuk kuliah nya kami sering mendapatkan kuliah pagi mungkin untuk melatih kami didunia kerja nanti “ dunia kerja keras broooo” jangankan bangun pagi di omelin atas pun Cuma bisa bilang iyaaaa!!!!.

Untuk mata kuliah yang di berikanpun sangat beragam dan bermanfaat semua di bidang pariwisata departement pariwisata berbagai macam saya ceritakan secara singkat saja ya. Misalnya nih jika kalian mau jadi perencana obyek wisata di suatu daerah maka kalian harus mendalami benar benar makul perencana produk pariwisata  makul ini tidak jauh jauh dari kita harus memahami RIPARNAS ( rencana induk pariwisata nasional). Pariwisata dikenal dengan industri NO ASAP jangan salah buktinya masih banyak adanya kegiatan pariwisata menimbulkan dampak lingkungan yang kadang merusak untuk itu kami diajari tentang pariwisata berkelanjutan dan ekopariwisata jadi biar kita tersadar bahwa pariwisata juga memperhatikan lingkungan noh jangan memperhatikan pacar mulu ya brooo lingkungan juga perlu di perhatiin. Untuk meningkatkan kunjungan wisman dan wisnus maka indonesia harus berjuang sekuat tenaga untuk itu kami di bekali makul MICE dan juga Pemasaran.

Partisipasi kita sebagai insan pariwisata tidak harus menunggu kita wisuda ataupun jadi orang jadi mahasiswi pun dituntut untuk berpartisipasi nah ini kan jamanya teknologi sangat mudah bagi kita untuk membagi tentang destinasi yang belum terpublikan, tidak segampang nglupain mantan sih tapi setidaknya selagi kita berusaha pasti akan ada hasil.  Contohnya nih di daerah yogyakarta masih banyak desa wisata yang belum terpublikan tugas kita adalah ikut mengenalkan kepada publik bahwa indonesia tidak hanya mempunyai alam yang indah , budaya yang beragam namun juga mempunyai masyarkat yang adil dan beradab. Kalian sudah tahu kan apa itu desa wisata??????

400

Desa wisata lumayan aneh sih kadang dienglishkan menajdi villa toursm ( desa pariwisata) namun akhir akhir ini sudah ada bahasa english yang lebih cocok yaitu community basic toursm,  kita bahas lagi yuk tentang gimana sih rasanya menjadi bagian dari insan pariwisata ?

(foto. Observasi di salah satu resort jogja)

Jawabanya adalah saya senang menjadi bagian dari insan pariwisata karena pariwisata indonesia masih sangat membutuhkan insan insan pariwisata yang mempedulikan sosial,budaya, dan alam .

Saya tidak pernah menyesal kuliah di fakultas ini, karena ada pepatah cintai fakultasmu maka fakultasmu akan menyukaimu !!!! banyak lowongan kerja yang akan didapatkan misalnya seperti saya nih bukan maksud mau sombong ya Cuma gambaran aja bahwa pariwisata banyak membuka lowongan kerja padat karyawan. Setiap hari libur saya ambil part time di salah satu hotel yogyakarta lumayan kan untuk mahasiswi yang berkantong kanker bisa buat nyambung hidup  banyak info yang tertempel di mading kampus dari info loker, job ke luar ngeri , dan sebagainya.

follow_intipjurusan_COMPRES
(foto observasi kelas di salah satu desa wisata)

Soal job tranning ke luar negri memang paling di minati dan selalu menjadi tranding utama karena selain disana dijamin tempat tinggal namun juga banyak pengalaman yang didapatkan untuk saat ini yang  saya ketahui ada job ke negri jiran dan negri mataharii terbit  dulu sempat  bekerja sama dengan singapore namun sekarang jarang yang dikirim kesana .untuk  pertukaran pelajar saya dengar dari salah satu ada  pertukaran pelajar ke belanda ( masih dalam proses pengesahan).

(Foto observasi individu Disuatu obyek)

Saya banyak dengar tentang kuliah di pariwisata harus banyak uang??? Tidak juga pasti sih kebetulan uang saya pas pasan tidak lebih dan tidak kurang tapi saya masih bisa bertahan.kuliah kita memang banyak melakukan observasi keluar karna kami butuh real dari pada Cuma berupa teori.

Jadi untuk masalah tugas dan laporan kami biasanya mendapatkan tugas kelompok atau individu seperti fakultas yang lain .

Sekian dan trimakasih , salam lestari

Kode Konten : X152

5 thoughts on “Hospitality AMPTA Yogyakarta (Desi)”

  1. Halo kak desi, mau nanya kak,Di ampta ada asramanya gk kak? Perlengkapan apa saja yang dibutuhin untuk jadi mahasiswa pariwisata,sekian terima kasih kak

  2. Assalamualaikum kak
    Jadi gini,saya sudah diterima di STP AMPTA. Tapi saya masih ragu buat ambil apa enggaknya soalnya dalam bahasa Inggris saya masih nol bahkan mungkin minus. Saya takut tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik nantinya. Apakah saya tetap bisa menjadi mahasiswa ASTP AMPTA apa tidak? Mohon pencerahannya!

    1. Jadi untuk para temen temenku calon mahasiswa pariwisata, bagi siapa saja Yang ragu karena terkendala bahasa English.. Sayapun tidak pintar cuma saya berusaha untuk bisa.. Pertama masuk nilai bahasa saya C Dan tidak paham apa apa.. Tapi nambah semester keinginan ku untuk belajar bahasa English semakin kuat karena di dukung oleh teman2 Yang membantu Dan rela membagi waktu untuk saya belajar dengannya.. Menurut saya ambil saja.. Kalw masalah bahasa bisa belajar sambil jalan.

  3. Selamat pagi kk, saya baru mau ikutan daftar di STP AMPTA. Tapi saya juga berpikir kalo urusan bahasa inggris saya rasa itu menjadi salah satu kendala bgi saya. Jadi saya mikir” lagi kk,, blm lagi saya jg dari Lahat Simatra selatan. Boleh minta masukanny kk ?

  4. Asallamualaikum kk desi, nurul mau tanya kalo soal umur gimana ya kak skrg ku udh 22th apakah ada ksmpatan utk di trima???

Ayo tanya kak Desi disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *