Farmasi UGM (Lia)

Haloo teman-teman sesama mahasiswa maupun calon mahasiswa yang sedang mencari informasi jurusan kuliah! Perkenalkan saya Nur Aliyah tapi kalian bisa panggil saya Lia. Saya adalah mahasiswa angkatan 2014 dan saat ini saya sudah berada di semester VII di Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Sebagai mahasiswa tingkat akhir udah taulah ya sibuk ngurusin apa, apa lagi kalau bukan s-k-r-i-p-s-i hehe. Mohon doanya ya teman-teman semoga skripsi saya lancar dan sesegera mungkin bisa di wisuda. Aaaamiinn…

Kali ini saya akan sharing tentang seluk-beluk kuliah di farmasi, bagaimana sih sistem perkuliahannya, prospek lulusannya seperti apa, dan lain-lain. Yuk yuk langsung aja disimak.

Sebelum membahas tentang farmasi, kalian tau apoteker kan? Apoteker itu salah satu tenaga kesehatan yang ahli mengurusi masalah obat-obatan dan berbagai terapi lainnya. Untuk menjadi seorang apoteker, mahasiswa harus menempuh studi S1 di jurusan farmasi lalu melanjutkan kuliah di program studi profesi apoteker. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu kampus favorit di Indonesia lho. Di Fakultas Farmasi UGM sendiri tersedia program studi sarjana, profesi apoteker, dan pascasarjana untuk S2 dan S3. Biasanya studi S1 ditempuh selama 4 tahun lalu diwisuda dan mendapat gelar S.Farm. Untuk program studi profesi apoteker di UGM sayangnya hanya diperbolehkan untuk lulusan S1 farmasi UGM aja teman-teman. Program studi profesi apoteker (PSPA) ini ditempuh selama 1 tahun dan lulusannya akan mendapatkan gelar apoteker (Apt.). Walaupun masa studinya lumayan lama, tetapi ilmu yang diperoleh nantinya akan sangat bermanfaat di dunia kerja. Jadi, worth it kok!

 

di-web

Sistem program sarjana

 

Program sarjana di Fakultas Farmasi UGM tadinya dibagi menjadi 4 peminatan yaitu Farmasi Klinik dan Komunitas (FKK), Farmasi Bahan Alam (FBA), Farmasi Sains dan Teknologi (FST), dan Farmasi Industri (FI). Pemilihan minat ini dilakukan saat mahasiswa menuju ke semester VI, tapi mulai angkatan 2015 sudah tidak menggunakan sistem ini karena mulai 2018 nanti sudah menerapkan kurikulum baru dimana sudah tidak ada peminatan tetapi digantikan dengan paket-paket mata kuliah. Mungkin saya bisa sharing sedikit tentang peminatan yang ada di farmasi UGM. Minat yang pertama ada FKK yaitu peminatan farmasi yang berfokus pada pelayanan dan lebih banyak bersinggungan dengan pasien, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya. Oleh karena itu mata kuliah yang didalami meliputi farmakologi, farmakoterapi, toksikologi, farmakokinetik klinik, dsb. Lulusan dari FKK biasanya bekerja di apotek, klinik, puskesmas, rumah sakit, dll yang banyak membutuhkan skill komunikasi dengan pasien. Kalau FBA lebih banyak mendiskusikan potensi bahan alam yang dapat dijadikan sebagai kandidat obat baru. Mata kuliah yang diambil tidak jauh-jauh dari bahan alam seperti standardisasi obat alam, kosmetika alam dan aromaterapi, analisis jamu, dsb. Nah lulusan peminatan ini banyak yang menjadi wirausahawan karena mereka diajarkan bagaimana memperoleh, mengolah bahan alam hingga menjadi produk kefarmasian yang bermanfaat. Kemudian ada FI atau farmasi industri yang lebih banyak membahas tentang formulasi obat, bagaimana agar obat mencapai efektivitas yang baik, tidak mudah rusak, tapi juga ekonomis. Yang terakhir, adalah peminatan FST atau farmasi sains dan teknologi yaitu bidang yang berfokus pada penemuan dan pengembangan obat. FST ini bisa dibilang calon-calonnya peneliti atau dosen karena mereka banyak menerima ilmu tentang bagaimana proses mendesain obat, perkembangan terapi yang ada di seluruh dunia, dan analisis obat. FST lebih banyak mendalami teori ilmu kefarmasian dan skill teknik nge-lab.

Dari 4 peminatan tersebut sebenarnya tidak bisa menentukan pekerjaan apa yang nantinya diperoleh karena pada dasarnya minat apapun bisa bekerja di industri, RS, puskesmas, apotek, BPOM, BNN, Dinas Kesehatan, dsb tetapi mungkin ilmunya lebih mendalam jika antara peminatan dan bidang pekerjaan itu matching.

 

Masa-masa kuliah di farmasi

 

Masa-masa kuliah di farmasi? Sub judulnya berasa udah ga kuliah gitu ya, tapi memang di semester VII ini beban kuliah dan praktikumnya udah cukup berkurang dibanding semester-semester sebelumnya. Jadi, selama kuliah di semester I sampai semester VI tentu akan disibukkan dengan kuliah, praktikum, laporan, tugas dan presentasi. Rata-rata persemesternya bisa mencapai 19-21 SKS tergantung ada yang mata kuliah yang mengulang ngga atau mau nambah mata kuliah pilihan ngga. Di awal kuliah yaitu di semester I praktikumnya ada dua yaiu praktikum anatomi dan fisiologi manusia yang nge­-lab-nya di Fakultas Kedokteran dan praktikum kimia farmasi dasar yang mata praktikumnya seputar titrasi, ekstraksi, dsb hampir kayak praktikum di SMA. Lalu semester II sampai VI akan semakin berat dengan beban praktikum yang lebih banyak dan yang paling berat menurut saya ada di semester V. Kenapa di semester V? Karena praktikumnya ada 5 which is terbanyak selama di S1 yaitu praktikum ilmu resep I, biofarmasetika, imunologi farmasi, farmakologi eksperimental II, dan kimia produk alam. Yang bikin greget adalah di praktikum ilmu resep karena di praktikum ini nanti kita dikasih resep dokter dimana permintaan obat yang tertulis di resep itu udah pasti salah terus mahasiswa diminta mengkoreksi dimana kesalahannya dan harusnya seperti apa. Waktu yang diberikan untuk mengkoreksi resep itu cuma 15-20 menit setelah itu kita disuruh untuk meracik obat yang ada di resep. Meracik obat susah-susah gampang, kalau obatnya diminta dalam tablet itu enak tinggal bungkus aja pake plastik dan diberi label aturan pakai tapi kalau pasiennya anak-anak kan berarti tabletnya harus diserbukkan dan dibuat puyer. Membuat puyer mudah sih, tinggal gerus, dibagi sesuai jumlah yang diinginkan lalu dibungkus pakai kertas perkamen, tapi kalau dalam keadaan panik karena diburu-buru waktu selama 20 menit kan ya grogi dan suka ga konsen gitu. Ya pokoknya kalau bisa lulus di praktikum ini udah bersyukur banget.

Suasana praktikum formulasi dan teknologi sediaan padat

Mata kuliah favorit

 

Semua mata kuliah pasti bermanfaat, setuju? Saya setuju, tapi saya juga punya 2 mata kuliah yang saya sukai yaitu kimia medisinal dan bioteknologi. Kimia medisinal membahas tentang pengaruh struktur kimia obat terhadap efek terapi dan efek sampingnya, sedangkan bioteknologi membahas tentang rekayasa genetika untuk menciptakan produk yang lebih baik misalnya buah yang mengandung vaksin, mengobati pasien kanker dengan transplantasi, dsb. Untuk kimia medisinal sendiri ada kelanjutannya yaitu kimia medisinal II di peminatan FST dan kebetulan saya mahasiswa minat tersebut makanya saya mendapat mata kuliah kimia medisinal II dan bioteknologi.

Ngomong-ngomong soal tugas yang paling berkesan, jadi pada suatu hari dosen kimia medisinal II saya bertanya, “Adik-adik ingin UAS nya dengan cara yang konvensional yaitu mengerjakan soal ujian close book di tempat seperti biasanya, atau ujian open book atau take home?” Lalu serentak kami menjawab, “take home, Pak.” Setelah ada kesepakatan kedua belah pihak disimpulkanlah bahwa ujiannya take home dimana tugasnya meminta kami untuk mereview artikel dari jurnal-jurnal ilmiah internasional tentang proses desain obat yang rasional. Tugasnya dikumpulkan dalam bentuk makalah dengan konten dan format penulisan yang ditentukan. Lalu saya membahas tentang desain penemuan obat sildenafil sebagai antihipertensi. Di antara sekian banyak obat, saya memilih topik ini karena for your information sildenadil selama ini digunakan sebagai obat kuat tetapi baru-baru ini BPOM resmi merilis sildenafil sebagai obat hipertensi. Jadi saya penasaran kenapa obat ini bisa punya dua indikasi berbeda yang ternyata dikarenakan kedua indikasi tersebut sama-sama bertujuan untuk memperlebar pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Nah, kalau kita sebagai calon apoteker ga tau informasi ini kan mikirnya malah wah pasien bapak-bapak ini pake obat kuat padahal kan sildenafilnya buat mengatasi keluhan darah tingginya guys. So, harus sering update informasi ya!

Farmasi kuliah lapangan gak, sih?

S1 farmasi ga ada kuliah lapangan, tapi di peminatan FKK ada program magang di rumah sakit akademik (RSA) UGM dan apotek dimana mahasiswanya dijatah satu kali praktek di RSA dan beberapa kali di apotek. Saya dari minat FST makanya belum pernah magang dan berinteraksi langsung dengan pasien :”

Kunjungan ke BPOM RI

Tapi di semester VI kami ada KKL yaitu kuliah kerja lapangan yang lebih cocok disebut study tour karena ini semacam pengenalan singkat dunia kerja untuk apoteker. Minat FST mengunjungi BPOM, BNN, PT.Sidomuncul, LIPI, dan PT.Sanbe. Minat FKK kalau tidak salah ke RS dr.Kariadi, RS.Silhoam dan Kemenkes RI.

Farmasi mencari bakat memperingati HUT Fakultas Farmasi UGM

Buat adik-adik calon mahasiswa kalau memang minat di kuliah farmasi lanjutkan semangatnya ya semoga kita bisa jadi teman sejawat apoteker. Aaamiin..

Apoteker itu ranahnya luas, sangat prospektif dan calon menantu idaman deh pokoknya hehe. Semangat!!! Oh iya kalau ada pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar ya ^^ Thank youuu all <3


Tentang Penulis : Nur Aliyah

Mahasiswa tingkat akhir Prodi Farmasi Universitas Gadjah Mada yang sedang memperjuangkan naskah skripsinya, pengunjung setia perpustakaan pusat, dan penikmat WiFi UGM-Hotspot. Hobinya menulis apapun yang terlintas di kepala yang kadang-kadang tulisannya ga berfaedah tapi yang penting ga jadi beban pikiran.

Instagram : https://www.instagram.com/aliyahnur10/

Blog : catatankuliah762.wordpress.com

LinkedIn : https://www.linkedin.com/in/nur-aliyah-225598126/

Tumblr : https://aliyahnur10.tumblr.com/

Twitter : https://twitter.com/Naliyahlia

Facebook : https://www.facebook.com/lia.ifala

Kode Konten: X221

88 thoughts on “Farmasi UGM (Lia)”

  1. Semangat kak buat merjuangin skripsinya :’V semoga cepet selesai dan jdi lulusan terbaik yah ><
    Kak mau nanya. Saya pengen lanjut ke farmasi ugm tpi saya dr smk farmasi, takut minder nnti klo di univ kebnyakan SMA yg cerdas2 :" gimana dong kak??

  2. Aamiin ya Rabbal Alamiin, makasih doanya dek 🙂
    Gapapa coba aja dulu. Ga perlu minder kan sama2 belajar, klo udah masuk (jd mahasiswa) mah ga ada bedanya lagi mau SMA atau SMK dek..

    1. Jalur masuknya ada 3 lewat snmptn, sbmptn, um ugm. Untuk tips nya sendiri yg pasti belajar sungguh2, banyakin latihan soal, doa sama restu orang tua hehe

  3. Assalamualaikum kak lia. Maaf sebelumnya mengganggu. Saya dari smk farmasi muhammadiyah 1 cirebon. Caya punya cita ingin melanjutkan farmasi ke UGM, insya allah. Aamiin. Maaf sekali kak saya ingin melihat daftar biaya yang seharusnya dibayar. Sesuai UKT atau gimana ya kak. Karena dari beberapa blog yang saya buka, tidak ada yang mencantumkan S1 Farmasi. Terima kasih sebelumnya. Semangat terus kak. Wassalamualaikum

    1. Waalaikumsalam Regina, Aaamiiin..
      Range UKT disesuaikan dengan penghasilan orangtua. Kalo di farmasi sendiri ukt nya mulai dari Rp 0 (bidikmisi) – Rp 12,5jt (UKT 6). Jadi nanti pas udh diterima di UGM, bakal disuruh isi2 form penghasilan dan biaya2 rumah tangga dsb untuk penentuan kmu dpt ukt berapa dek. Apa cukup menjawab? Hehe. Btw kita dari satu daerah yg sama lhoo, semangat terus yaa semoga sukses 🙂

    1. Ga ada tips dan trik khusus dek, yg penting belajar yg rajin, usaha maksimal, doa dan restu orangtua 🙂

  4. Kak aku sebenernya kuliah di farmasi itu harus suka kimia atau gimana? Trs pas kuliah belajar fisika mtk biologi juga gak?

    1. Iyaa harus suka kimia hmm paling ngga, ga benci deh sama kimia soalnya di farmasi bakal banyak ketemu kimia… fisika, mtk ga banyak dipelajari. Klo biologi ya disambung2in sama penyakit atau kimia (bab metabolisme) gitu sih jd udah terapan modelnya

    1. Susah pernah cari info di website resminya farmasi ugm? Atau di website resmi snmptn/sbmptn biasanya tercantum persyaratan calon mahasiswa sesuai prodi masing-masing dek

  5. Di web UGM/SNMPTN/SBMPTN gak ada Kak, aku udah cari berkali-kali?. Adanya paling cuma persyaratan dari SMA/SMK. Atau mungkin temen kakak ada yang buta warna atau tidak. Soalnya aku pengen masuk Farmasi, tapi takutnya hal itu jadi hambatan nanti.

    1. Dulu kakak pernah baca pas apply snmptn online di sekolah cuma lupa websitenya apa karena udah lama banget? salah satunya menyebutkan tidak boleh buta warna total/parsial. Tapi monggo dicari lagi infonya dek, takutnya kakak yg salah. Tetap semangat ya adeekk ?

    2. Kak saya mau kuliah di UGM jurusan farmasi, tp saya punya kekurangan di mata saya punya minus 3. Kira² ada bates minus di jurusan farmasi ga kak? Apa bisa masuk di jurusan farmasi?

    1. Sama2…
      Ya ampun terharu ada yg perhatian sama aku nanyain skripsinya dek wkwk ? lg penelitian nih hehe, doakan ya dek

  6. assalamu’alaikum ka
    mau nanya kalau masuk lewat jalur sbmptn atau snmptn itu nilai un minimalnya berapa ka?menurut kakak lebih seruan Fst atau FI?

    1. Waalaikumsalam Wr. Wb.
      Untuk nilai minimal UN lewat SNMPTN tergantung ranking nasional dan akreditasi sekolah di universitas tujuannya dan itu ga diumumin secara gamblang karena bisa jadi tiap tahun berbeda nilai minimalnya. Kalau untuk SBMPTN, kayaknya dulu kakak ga nyantumin nilai UN di formulir pendaftaran deh. Lolos/ga nya SBMPTN langsung tergantung dari nilai ujian SBMPTN yg diranking nasional apa masuk ke kuota jurusan tujuan/ga. Menurut kakak lebih seru FST hehe (karena emang udah FST). Gimana? Kalau masih kurang jelas boleh ditanyain lagi dek…

    1. Tips belajarnya ikut bimbel sih dulu. Soalnya dibimbel kita bisa dpt penjelasan yg benar dari guru/teman yg udah paham sama materinya, kalau belajar sendiri agak lebih susah menurutku. Tapi di rumahnya jg sambil baca2 materi sama latihan ngerjain soal. Oh iya, kakak dulu lewat jalur SBMPTN dan cara belajarnya seperti itu. Kalau SNMPTN mungkin harus diterapkan pola belajar kayak gitu dari semester 1 kalik ya hehe. Dulu ngerjain soal SBMPTN mungkin cuma 80an soal, padahal selama tryout bisa ngerjain 100-120an soal. Ngerjain soal SBMPTN butuh strategi juga dek, persiapkan dengan matang ya!

  7. Kak maaf mau tanya, kalau dari smk kesehatan. Apakah boleh mendaftar farmasi ugm lewat sbmptn kak ? Soalnya pernah dengar farmasi ugm lewat sbm syarat slta harus dari sma (ipa) /smk (farmasi).

    Mohon penjelasannya ya kak 🙂

    1. Oiyakah? Maaf kakak kurang tau kalo dari SMK kesehatan boleh ngga, soalnya selama ini biasanya dari SMA atau SMF dek. Coba cari2 info lagi di web resminya UGM atau farmasinya ya

  8. Assalamualaikum kak, mau nanya, kan kakak lewat SBMPTN masuknya, nah aku baru belajar intensif ini dari pertengahan Februari kak, kira-kira bisa kekejar gak ya? Soalnya tiap TO aku kayak cuma bisa 70-an soal itupun banyak di TPA.
    Terus kalau kakak ngerjain SBMPTN 80 soal itu lebih banyak isi TPA/SAINTEK nya kak? Apa ada yang ga diisi di satu mapel contohnya fisika ga diisi? hehehe, atau diisi semua?
    Ohiya, untuk yang mau profesi apoteker, semua lulusan farmasi diharuskan atau hanya FKK aja?

    Anyway semangat skripsinya ya kak! Semoga dilancarkan urusannya. Semoga tahun ini kakak lulus, aku masuk. Aamiin.

    1. Waalaikumsalam dek. Aamiiin makasih doanya ?
      Insya Allah bisa kok, dulu kakak malah baru bimbel intensif setelah UN hehe, asal belajarnya sungguh2 ya. Lebih bangak TPA nya karena SAINTEKnya susah ? tapi semua mapel diisi, minimal 1 yg diisi. Apoteker untuk semua peminatan dek, bedanya FKK mulai dari S1 udah mendalami klinis, tapi nanti dari minat apapun bisa jd apoteker semua kok.
      Gitu mungkin dek.
      Semangat ya UN, SNMPTN dan SBMPTN nya. Ditunggu di Farmasi UGM. Annisa masuk S1, kakak masuk program profesi aaamiiin…

  9. Assalamualaikum kak..aku lulusan tahun ini dan pengen banget masuk farmasi UGM. Mau tanya nih kak kalau di farmasi praktiknya susah enggak ya. Lalu kemampuan berbahasa inggris berpengaruh tidak ya kak dengan kelancaran belajarnya.
    Semangat skripsinya ya kak! Semoga selalu diberi kelancara. Aamin.

    1. Waalaikumsalam…
      Aaaminn terima kasih doanya…
      Kalo menurut kakak, ada praktikum yg susah ada yg mudah, tergantung kitanya. Misalnya kakak menganggap praktikum ilmu resep itu susah karena orangnya panikan sedangkan menurut yg lain biasa aja wkwk. Namanya jg belajar ya kan, dari yg ga bisa nanti jd bisa :))
      Bahasa inggris penting, kadang dapat tugas analisis paper berbahasa inggris, ppt dosen jg rata2 pake bahasa inggris, tp untuk pembelajarannya masih bahasa indonesia dek.
      Selamat berjuang dek, ditunggu di farmasi UGM ya!

  10. Assalamualaikum ka, mau nanya nii, kalo misalnya punya sertifikat olimpiade kirakira bisa kebantu ngga ya? Tp olimpiade nya tu mapel biologii ? kirakira kebantu ngga ? Makasii sebelumnyaa.

    1. Waalaikumsalam…
      Sepertiya membantu dek, apalagi kalo tingkat nasional/internasional hehe. Ngga apa2, matematika atau fisika juga boleh kok, ga jadi masalah 🙂

  11. haii kak, semangat skripsinyaaa..
    btw aku lulusan tahun 2017, aku pejuang gapyear. aku milih untuk gapyear karna aku kepingin banget di farmasi sedangkan tahun kemaren aku keterima nya di jurusan lain. aku sekarang lagi persiapkan diri buat jadi bagian dari farmasi 2018, tapi terkadang aku sampai di titik lelah buat belajar, bisa kasi tips & trik atau motivasi di kala lelah dan bosen belajar kak? hehe

    semoga skripsi kakak cepat kelar ya kak, cepat wisuda S1 dan lanjut ke apoteker. dan aku bisa menjemput impian ku untuk jadi bagian dari Farmsai 2018 hehehe

    1. Hai jugaa…
      Wah aamiin terima kasih doanya ya 🙂
      Lelah dan bosan itu wajar kok dek, kakak yo sering jg ngalamin itu. Kalau udah capek, istirahat dulu, refreshing dulu trs klo udah inget lagi tujuan kita berjuang ini untuk apa. Bikin target belajar yg realistis yg penting konsisten. Misal hari ini target nyelesaiin baca buku biologi, maka dikerjain. Fokus, yakin, jgn lupa berdoa.
      Ohiya klo kmu tipe orang yg klo belajar harus sendiri, biar ga bosen coba ganti suasana belajar misalnya belajar di perpus kota/taman kota, sekali2 jg bisa ajak teman belajar bareng, biar ga jenuh aja sih hehe.
      Semoga membantu ya. Sukses sbmptn/um ugmnya. Semoga dapat hasil yg terbaik! Aaamiiinn

    1. Waalaikumsalam :))
      Deg-degan atuh dek kan masih bernapas hehe. Pas masuk farmasi pasti sangat bersyukur ya, ada sedikit lerasaan khawatir jg tp lebih banyak antusiasnya kayak kuliah tuh gimana sih, praktikumnya kayak apa, ujiannya susah ngga. Tapi pas dijalanin fine2 aja kok.
      Semangat juga dek!

  12. Kak kalau fakultas farmasi ada berapa kelas? Apa hanya ada reguler dan pararel? Kelas kki ada tidak? Oh satu kelas Fakultas farmasi ada berapa orang? Efektif belajar nya dari jam berapa sampe jam berapa? Dan masuknya 6 hari dalam satuminggu kah? ohya biaya nya gimana ka? Uang pendaftaran fakultas farmasi ugm dengan persemester nya berapa? Terimakasih

    1. Ini aku list aja ya jawabannya..
      – Setiap angkatan ada 3 kelas
      – Kelasnya reguler
      – Kelas kki blm ada di farmasi ugm
      – Satu kelas biasanya 80 orang
      – Semester awal biasanya masuk jam 7 pagi, semakin tinggi tingkatannya semakin siang/jarang kuliah wkwk
      – Masuk 5 hari, senin-jumat. Sabtu kadang masuk buat kuliah pengganti
      – Biayanya udh sistem UKT (bayar sekali persemester), besarannya terganggu penghasilan orangtua
      – Tidak ada biaya pendaftaran, semua sudah terangkum dalam sistem UKT
      Begitu dek. Semoga menjawab 🙂

  13. Kak saya mau kuliah di UGM jurusan farmasi, tp saya punya kekurangan di mata saya punya minus 3. Kira² ada bates minus di jurusan farmasi ga kak? Apa bisa masuk di jurusan farmasi?

    1. Waalaikumsalam Wr.Wb.
      SMK jurusan akuntansi berarti IPS ya dek? Mungkin kamu bisa coba SBMPTN yang lintas jurusan, apa tuh namanya duh lupa ._.
      Jadi yg perlu dipersiapkan adalah materi-materi ke-IPA-an seperti biologi, kimia, dan fisikanya ya. Sukses ya buat Roza 🙂 Aaamiiin…

    1. Waduh berapa yaa… Kurang tau jg soalnya gaji disesuaikan dimana tempat kerjanya, apa jabatannya jg kan

  14. Asalamualaikum kak, aku mau nanya ni
    Kan aku skrng di terima di stikes dr.Soebandi jurusan farmasi. Nah aku bimbang kak mau masuk gak ya?
    Ngebayangin kalo nanti takut susah di kuliahnya dan gak lulus lulus sampai ber tahun2?
    Gimana ya kak, gampang gak sih kuliah di farmasi?

    1. Waalaikumsalam…
      Yg pertama harus jadi pertimbangan itu apakah farmasi passion mu, kalo iya ambil aja. Trs minta pendapat dan dukungan orangtua jg penting dek. Klo masalah susah ngga itu kan relatif ya. Selama ada kemauan pasti ada jalan :))) Jangan berkecil hati gitu dong, Insya Allah pasti bisa lulus kok 🙂

    2. Waalaikumsalam…
      Selama ada passion di sana, Insya Allah bisa ngikutin kok. Klo emang minat di farmasi, maju ajaa.. Semangat ya!

    3. Waalaikumsalam…
      Selama ada passion di sana, Insya Allah dikasih kemudahaan kok. Klo passion nya di farmasi, maju terus pantang mundur hehe. Semangat yaa

  15. Waah semoga aku bisa menyusul ya menjadikan indo lebih baik lewat farmasi herbal wkwk btw minat nya emg herbal kalo minat herbal bisa kemana si selain peneliti dan industri pengobatan alternatif?

    1. Untuk saat ini program studi profesi apoteker (PSPA) masih terbatas untuk lulusan S1 farmasi UGM saja kak

  16. Assalamualaikum kak,
    kak aku mau tanya kalau prodi ilmu farmasi sama farmasi itu sama apa beda ? soalnya aku cari di internet beberapa universitas ada yang menulis prodi nya Ilmu Farmasi sedangkan di univ lain itu prodinya nulisnya cuma Farmasi gitu, nah itu sebenernya sama atau beda kak. Makasihh kak

    1. Waalaikumsalam dek,
      Ilmu farmasi sama farmasi itu sama kok. Emang tiap univ kadang beda-beda namanya. Yang perlu diperhatikan jenjang pendidikannya apakah D3 atau S1.

  17. Assalamualaikum
    Ka aku mau cerita sedikit nih 🙂
    Jadi aku sekarang baru mau masuk ke kelas 3 sma,asalnya aku ga mau ambil fakultas/jurusan kesehatan karena mamaku juga di kesehatan,ya aku mau hal yg baru gitu,tapi jurusan yg aku pilih itu ga mudah buat cari kerja, terus mama nyaranin ke farmasi aku pikir2 boleh juga, dan disini mulai lah penyesalan bener ternyata ka tentang pepatah penyesalan, jadi aku di jurusan ipa dan aku dulu leha2 dalam belajar apalagi tentang kimia dan kawan2, dan yg pilih jurusan ini mamaku,aku orangnya ga suka hitung2an ka,setelah aku baca2 blog kaka aku makin down mau pilih jurusan apa karna aku blm ada yg di suka fatalnya itu, maaf ya ka jadi panjang bukan sedikit
    Jadi pertanyaan aku,aku bingung ka harus perbaiki dari mana, kalo aku perbaiki dari sekarang Kira2 bisa ga ya,aku bener2 down banget ka,karna aku pemalu banget orangnya,aku aja ragu buat cerita ini, dan menurut kaka bagusan bimbel di go dan kawan2nya atau kaya di ruang guru bimbel online?

    1. Waalaikumsalam…
      Sebenarnya orangtua menginginkan yg terbaik untuk anaknya, jangan nyalahin mereka ya dek. Tapi kayaknya kmu perlu memperbaiki hubungan dan komunikasimu dengan mamah. Ajak bicara dan sampaikan apa yang menjadi passion mu, rayu mamah biar mendukung cita-cita dan bakatmu yg mungkin berbeda dengan karir beliau sekarang. Kalau mama setuju Insya Allah, langkah mu kedepannya akan lebih mudah dek hehe..
      Kalau kakak tipe orang yang senang diskusi langsung sih, jd lebih paham dan leluasa bertanya.
      Semoga diberikan yang terbaik yaa

  18. Assalamualaikum, kak Lia.
    Kak mau nanya nih. Berhubung aku masih baru naik kls 3 SMA, aku mau tanya2 ttg farmasi, khususnya farmasi UGM.
    Aku pengen banget jd apoteker, makanya rencana ingin kuliah di fakultas farmasi UGM, aamiin doain ya kaak.
    Aku dr kelas 1 SMA udh suka banget sama kimia, bahkan sempet jd tim osk kimia di sekolah (walaupun gk juara siih, hehe)
    Tapi jujur ya ka, setiap praktikum aku tuh gak begitu suka, aku lebih sukanya ngitung. Tapi krn farmasi ini memang harus suka praktikum, dll maka aku usahain untuk suka. Menurut kakak gimana ya?
    Terus kok kayaknya farmasi itu susah, tp sebenarnya kalo udh dipelajari bakalan mudah kan ya kak?
    Jawab pertanyaan aku ya ka. Makasiihh.
    Semangat skripsi nya, semoga lancar:)))

    1. Waalaikumsalam, Dek Lavida. Wah keren dek dari SMA udah suka kimia. Dulu kakak malah ga bisa pelajaran kimia. Tapi setelah di farmasi, Alhamdulillah bisa mengikuti dan akhirnya suka. Mungkin kamu juga butuh proses dek. Praktikum itu menyenangkan kok, kerjanya berkelompok, yg ga enak tuh nulis laporannya wkwk.
      Menurut kakak, kalau punya cita-cita jd apoteker, ayo semangat mewujudkannya. Semoga sukses dan lulus seleksi farmasi UGM ya. Aaamiinn…
      Terima kasih untuk doanya.

  19. assalamu’alaikum kak.
    kak aku mau tanya kalau masuk jurusan farmasi ada tes apa aja ya kak?
    trus kalo mau masuk jurusan farmasi ada tes bahasa inggris juga ga kak?

    1. Waalaikumsalam..
      Tes masuk farmasi sama kayak tes-tes jurusan lain kok. Seingat kakak dulu di tes kesehatan lengkap (buta warna, jarak pandang, bb, tinggi badan, riwayat penyakit, dll) sama ujian tertulis (bisa lewat SBMPTN atau UM UGM).
      Tes bahasa inggrisnya nanti setelah dinyatakan diterima sbg mahasiswa farmasi dek.

  20. Kak Lia, tahun ini alhamdulillah aku keterima di Farmasi UGM. Deg-deg an banget kak sama proses perkuliahannya, makanya cari-cari artikel ttg kuliah Farmasi UGM dan nemu artikel ini. Makasih ya kak udah nulis artikel ini, membantu memenuhi rasa penasaranku walaupun tetep deg-deg an hehehe. Oiya kak, kalau boleh tau, fisika bakal banyak muncul engga ya di perkuliahan? Kalau ada, ttg apa aja? Terimakasih sebelumnya kak?

    1. Wah Alhamdulillah selamat ya dek ^^
      Iya sih dulu jg kakak deg-deg an pas mau masuk kuliah, tapi antusias dan semangatnya ngalahin rasa takut yg ada wkwk. Klo di farmasi fisikanya udah yg terapan gitu dek misalnya mata kuliah radiofarmasi itu belajar ttg pemanfaatan energi radioaktif untuk terapi dan diagnosis penyakit. Pokoknya asyik deh belajar di farmasi hehe. Oiya selamat datang dan selamat bergabung di farmasi UGM yaaa

    1. Waduh aku mah siapa atuh, ga bisa memastikan dek. Yang nilainya sempurna aja bisa jd ga keterima atau yg nilainya biasa aja malah keterima. Kakak kurang tau sistem penilaian SNMPTN seperti apa. Kalau blm keterima di SNMPTN, bisa jg berjuang di SBMPTN atau UM UGM jadi nilai rapotmu ga perlu terlalu dipusingin yaa. Rezeki mah ga kemana dek hehe. Semangat ya adikkuuu ^^

  21. Halo kak, aku mau tanya sedikit nih kira2 kalo semasa sma ngga begitu ngerti dan ga suka pelajaran kimia ntar bisa survive di jurusan farmasi ngga ya kak?:(

    1. Hallo juga..
      Insya Allah bisa kok, dulu jg kakak ga suka kimia, ga bisa lebih tepatnya hehe tp kan di kuliah diajarin lagi. Malah sekarang jd suka dan bisa kimia 🙂

  22. Assalamualaikum ka Lia, aku skrg udah klas 3SMK jurusan Farmasi, tapi di Ambon jauh banget kan ?, karna di ambon belum ada fakultas farmasi,jadi niatnya mau kuliah di luar Ambon aja, jadi skrg aku masih pertimbangkan mau kuliah dimana nih, awalnya mau masuk Unhas, cuma karna di mksr cuma Unhas aja yg negeri trus bagus aku takut gak lolos, mknya pngen ke jawa kan banyak tuh termasuk di UGM, trus di Bandung UNPAD juga, mnurut kaka aku harus gmna nih, tes masuk kuliah pake metode apa ni kak? berhubungan jaraknya jauh banget, kasih sarannya dong, please 🙁

    1. Wa’alaikumsalam Afni. Wah luar biasa semangat dan cita-citanya. Yang tau kondisi kamu kan cuma kamu ya, ini kakak kasih saran sesuai yang Afni ceritakan aja, jadi monggo keputusan dikembalikan lagi ke Afni dan jangan lupa berdiskusi sama orang tua.

      Kalau menurut kakak, manfaatin SNMPTN sebaik mungkin. Misal pengin bgt farmasi jadi milihnya farmasi UNHAS, pilihan kedua dan ketiganya tetap diisi yg kira2 grade-nya di bawah itu. Kalau saran kakak sih, SNMPTN ambil di PTN yg sepulau aja dek. Kalau mau coba ke Jawa, pas SBMPTN atau UMPTN aja. Tapi harus bener-bener dipersiapkan, soalnya kan modal yang keluar jg ga sedikit ya.. Benar dek di Jawa banyak PTN yang buka farmasi, tp peminatnya juga Masya Allah banyaknya. Soo, banyakin latihan soal dari sekarang. Jangan lupa berdo’a meminta petunjuk Allah. Semoga sukses ya 🙂

  23. Assalamualaikum. Kak saya tahun ini diterima di univ negri jurusan farmasi jalur snm. Tapi saya dengar dengar farmasi lebih sulit dari kedokteran ya kak ? Teru katanya juga farmasi harus kuat hafalannya ?:( misal hafalan ngga terlalu kiat gimana kak ? Apakah saya salah jurusan apa engga kak ?:( nah saya juga dihimbau untuk bisa lulus dalam wktu 3.5tahun. Tips n trip biar bisa lulus wktu segitu gimna juga kak ?:( maaf ya kak pertanyaanku bnyak. Aku takit soalnya
    Btw semoga cepat selesai skripsinya kak dan semoga cepat lulus tepat waktu

    1. Waalaikumsalam…
      Alhamdulillah, selamat udah diterima ^^
      Terima kasih untuk do’anya.
      Kata orang sih gitu, tapi kakak jg ndak tau, blm pernah ngerasain kuliah kedokteran hehe. Kompetensi dokter dan apoteker itu beda dek, jd tingkat kesulitannya jg pasti beda. Farmasi lumayan banyak hafalannya, tp kita belajar bukan untuk menghapal, kita memahami nanti dg sendirinya jg bakal hapal. Wah bagus punya planning lulus 3,5 tahun… Farmasi lumayan gampang klo mau lulus 3,5 th asal niat dan usaha. Buat timeline dari sekarang biar goalnya tercapai, konsisten, dan butuh kerja keras untuk mewujudkannya. Pokoknya semangat buat Naurah.. Yakin bisa bisa bisa!

    1. Les bimbel intensif di GO dek. Tipsnya cari teman belajar biar bisa sharing dan ga bosen juga. Setiap hari les bimbel trs di rumah ngulang pelajaran lagi.

  24. Kak mau tanya kalo soal nanti prospek kerja S1 farmasi itu paling minim dimana ya ?
    Ngaruh gk sih kak soal akreditasi soal kerja ? Aku baru mau masuk S1 Farmasi tp dia akreditasi B dan disitu jg menjurus ke Farmasi Industri gtu dgr” . Disatu sisi saya keterima juga di S1 Akuntansi dgn akreditasi A ( farmasi dan akuntansi ini beda kampus kak ). Soal pasion sih saya dr anak IPA bisa dibilang saya kl masuk ke dua ini sudah sdikit punya modal untuk menjalaninya . Cuman saya bingung dgr” s1 Farmasi ini jg dia minim” gajinya 1,5 jt jd AA . Kira” mnurut kakak gimana ya kak heheh

    1. Maaf baru sempat membalas… Hehe..
      Kurang lebih gaji S1 farmasi sbg AA sekitar segitu dek, makanya lebih baik melanjutkan studi profesinya biar bisa jadi Apoteker Pengelola Apotek (APA)/supervisor. Akreditasi B di PTN atau PTS ya? Menurutku, kalau di PTN akreditasi B udah bagus sih dek, belum lagi PTN itu biasanya lebih gencar meningkatkan kualitasnya. Bisa jadi pas kmu lulus, akreditasnya udh A. Kalau PTS yaa perlu dilihat-lihat lagi gimana track record kampusnya, alumninya, dsb. Kalau pilih mana antara farmasi atau akuntansi, itu balik lagi ke minatmu ada dimana dek. Semoga memberi pencerahan ya…

  25. Assalamualaikum kak Lia kenalin nama aku ayu dari SMA negeri 1 Lubuklinggau sumatra selatan,kau mau tanya kata kakak kan ada testimoni bahasa Inggris setelah menjadi mahasiswa,kalau boleh tau test nya gimana ya kak?
    Soalnya pengen banget jadi apoteker,doain ya kak semoga bisa dapet farmasi tahun depan,terima kasih. (:

    1. Waalaikumsalam..
      Iya benar ada tes bahasa inggris IELTS setelah diterima UGM buat ngukur kemampuan bahasa inggris kita aja sih, ndak ada sistem lolos/tidaknya kok hehe. Aaamiin semoga tercapai ya, semangat Ayu 🙂

  26. Assalamualaikum ka lia. Ka aku mau tanya dong dulu kaka termasuk 10 besar ya waktu sma? Aku sempet ga pd mau pilih farmasi karena denger denger emang farmasi itu susah sedangkan aku ya ga pinter pinter amat gitu ka hehe, trs waktu jadi mahasiswa gt tes toefl ya? Dulu kaka suka atau jago bgt di mapel b inggris?
    Btw semoga lancar skripsinyaa dan semoga di permudah segala urusannya ya ka amiinnn:))

    1. Waalaikumsalam…
      Alhamdulillah 10 besar di kelas, 11 besar NEM di SMA (mepet) wkwk. Percaya diri aja dek, kan kita blm tau kalau ga nyoba. Iya ada tes toeflnya. Bahasa inggrisku pas-pasan wkwk, tp Alhamdulillah bisa mengikuti.
      Aamiin. Semoga dipermudah juga masuk farmasi UGM nya ya dek 🙂

  27. Assalamualaikum, kak.
    Minta bantu aamiin buat aku ya kak, supaya 2019 aku berhasil lolos tes SBMPTN/Test Center dan diterima kuliah jurusan farmasi di UGM 🙂 Aamiin.

    *pokoknya harus lolol demi jogja dan UGM 😀 semangatttt

  28. Lowongan Kerja!
    Dicari lulusan Profesi Apoteker atau S1 Farmasi untuk bekerja sebagai Penanggung Jawab Teknis di perusahaan Penyalur Alat Kesehatan di Kota Tangerang, Provinsi Banten

    1. Soalnya kyk soal SBMPTN pada umumnya, misalnya hormon apa yg digunakan untuk proses melahirkan? Itu wktu thn 2014 coba diupdate lg info dan materinya ya

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *