Elektronika PENS (Popy)

Hi, Saya Iffandya Popy Wulandari, biasa dipanggil Popy. Saya asli dan tinggal di Blitar, yang lebih dikenal sebagai Bumi BungKarno, heheh. Saat ini dan baru saja lulus dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya pada bulan Oktober 2016 kemarin. Saya jurusan D4 Teknik Elektronika,angkatan 2012. Saat ini saya sedang preparing untuk melanjutkan study S2 saya dijurusan yang sama, mohon doanya yaa, hehhee.

Cerita soal awal lulus SMA, saya bingung gitu ya mau masuk jurusan apa dan tentunya kuliah di mana. Saya juga tinggal di kota kecil jadi waktu itu masih cupu dan kudet gitu soal kuliah, karena waktu itu saya hanya tau kuliah itu di universitas itu itu saja atau paling mentok kuliah di Blitar aja. Terus aku pengen challenge ke diri sendiri, masak sih tetep mau stay di Blitar dang a pengen berkembang dengan merantau ke kota lain. Akhirnya, saya nyoba daftar SBMPTN di ITS tapi gagal, terus sebenernya saya kepengen banget daftar jurusan Hubungan Interntaional tapi orang tua tidak mengizinkan waktu itu karena beberapa alasan. Yasudahlah, dan saya berfikir orang tua ku pasti ingin yang terbaik dan restu dari orang tua emang sangat penting menurutku. Akhirnya sampai suatu ketika, saat mama mengajakku berkunjung ke salah satu rumah teman beliau yang mana anak perempuannya baru saja lulus dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya waktu itu. Saat itu PENS, lebih dikenal sebagai politekniknya ITS sebelum akhirnya berdiri sendiri pada tahun 2012, ditambah lagi karena letak kampusnya memang berada di wilayah kampus ITS, jadi itu untuk pertama kalinya saya tau PENS. Ternyata menurut cerita dari anak teman mama, banyak alumni PENS yang bekerja di perusahaan dan BUMN di Indonesia dan memiliki karir yang bagus. Saat sampai di rumah orang tua ku berfikir untuk mendaftarkan ku ke sana, disamping saya berasal dari SMA IPA dan kalau saya mendaftar di teknik peluang kerja nya lebih besar, Karena dulu orientasinya lulus kuliah terus langsung kerja. Akhirnya saya mendaftar di PENS melalui jalur ujian masuk PENS, atau yang lebih dikenal sebagai UMPENS. Setelah saya ikut tes dan memilih jurusan, saya masih ingat saya memilih opsi pertama D4 Teknik Elektronika, D4 Elektronika Industri dan d3 Teknik Elektronika, karena program studi yang ada di PENS terdiri dari D4 dan D3 jadi saya lebih tertarik di kedua jurusan tersebut. Sampai akhirnya setelah itu pengumuman dan saya diterima di pilihan pertama D4 Teknik Elektronika.

Semester pertama kuliah, sedikit berat menurutku. Pertama untuk masalah kuliahnya sendiri, karena jurusannya teknik, lebih banyak condong ke fisika, kemampuan analisa dan matematik karena berbau elektronika dan listrik. Terus ditambah lagi ada mata kuliah praktek dan teori jadi sebenernya hampir sama aja kayak di SMK. Untuk yang dari SMA mungkin sedikit kaget karena ada mata kuliah praktek tersebut dan kemungkinan besar temen-teman sekelas yang dari SMK lebih jago dan menguasai untuk prakteknya. Seiiring berjalannya waktu mulai menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan yang mayoritas cowok dan untuk cewek sedikit menjadi kamu minoritas secara waktu itu sekelas saya ceweknya hanya 3 orang, tapi ga perlu khawatir sih dengan keadaan yang kayak gitu. Soalnya saya merasakan sendiri bagaimana teman cowok ngebantu kita kalau emang kita ga bisa dalam hal perkuliahan atau yang lain. Pengalaman yang didapet selama kuliah di PENS, banyak banget sih, mulai dari pengalaman leadership, organisasi, memanage waktu kita buat tetep bias jalan organisasi meskipun rapat sampai malam dengan kondisi kuliah harus tetep jalan terus dan bias lulus tepat waktu. Intinya harus tau prioritas sih. Selain itu juga dapet ilmu mulai dari yang kita dapet dikuliah, lewat projek dari dosen, terus sharing dari teman ataupun kakak kelas. Nantinya juga di Semester 5 atau 6 kita juga berkesempatan untuk mengikuti kerja praktek atau internship di perusahaan, kalau pengalaman aku kemarin internship di ABB, Surabaya yang merupakan perusahaan multinasional dibidang listrik dan elektronik. Aku dan tim magang ku ditempatkan di worksop Motor dan Generator sebagai Quality Control. Salah satu mata kuliah favoritku saat di kampus ada Piranti Elektronika karena di mata kuliah itu kita dijelasin komponen dasar apa saja yang dipelajari dan digunakan dibidang elektronik umumnya. Selain itu, beberapa mata kuliah dibidang control dan elektromedika juga menjadi salah satu praktikum yang menarik bagi saya.

Saat Presentasi Magang di ABB

Lalu, sedikit cerita tentang hal yang paling kusyukuri bisa kuliah di PENS itu, salah satu mimpi ku bisa terwujud berkat berkuliah di PENS, yaitu mimpi ke luar negeri yang masuk ke salah satu list impian 100 mimpi terbesar dalam hidupku hehe. Apalagi kita abroad ga hanya sekedar travelling, tetapi kita bisa melakukan hal yang bermanfaat dan mengharumkan bangsa kita. PENS membuatku bisa mengenal arti dari international friendship, perbedaan culture, bahasa, cara fikir dan perkembangan teknologi, bisa punya teman dari beberapa negara melalui kegiatan engineering service, Creativity Station yang bekerjasama dengan beberapa universitas yang berasal dari Indonesia, Malaysia dan Korea Selatan. PENS juga mengamanahkan saya dan tema-teman tim Elternator untuk mengikuti international competition dan exhibition, E2Festa atau Engineering Education Festa 2015 di Exco, Daegu, Korea Selatan yang mengantarkan kita meraih Gold Prize Award untuk International Capstone Design Fair. Sangat bersyukur dan Alhamdulillah sekali, banyak hal-hal yang unbelievable sekali.

Engineering Service Program Creativity Station 2015 di Punggai, Malaysia
Alhamdulillah Gold Prize Award di International Competition E2Festa di Daegu, South Korea

Kalau hal yang memberatkan sih, hemm sebenernya ga ada yang berat asalkan kita tetep mau berdoa dan berusaha ya. Kalau puncaknya sih ya hal yang menjadi kewajiban kita yaitu harus nyelesain tugas akhir. Karena saya berkuliah di politeknik jadi setiap mahasiswa nya harus bisa membuat produk berupa alat yang konkret sesuai dengan bidang study nya, bisa dibilang research gitu ya selain kita harus membuat buku tugas akhir ataupun jurnal untuk bisa lulus. Meskipun saya cewek, tapi bukan menjadi suatu halangan gitu ya buat create something dan juga masih ada orang yang juga mau ngebantu dan ngebimbing serta support kita supaya bisa lulus dan meraih cita-cita. Dan Alhamdulillah saya bisa lulus tepat waktu. Planning saya kedepannya dan sekarang lagi on the way untuk meraihnya yaitu melanjutkan study S2 karena saya ingin menjadi dosen dan membuat sesuatu yang bermanfaat nantinya untuk sekitar saya. Karena saya sangat enthusiast dengan kegiatan social jadi nantinya saya ingin memadukan ilmu yang saya miliki dengan ketertarikan saya dalam hal social masyarakat jadi bisa memberi manfaat bagi orang lain. Saya tidak merasa menyesal dengan apa yang saya dapet sekarang, entah pendidikan, jurusan ataupun hal yang lain. Karena saya percaya bahwa itu rejeki yang diberikan oleh Allah ke saya dan yang memang saya butuhkan untuk karir saya kedepannya. Kalau ngomongin prospek kerja, untuk teknik cakupannya luas ya, banyak dari teman-teman saya mulai dari kerja di BUMN, perusahaan asing, atau bahkan bisa juga menjadi entrepreneur. Menurut saya, semua kembali ke diri kita sendiri sih, asal kita enjoy dan sesuai sama apa yang kita sukai dan passion ya insyaallah lancar. Intinya sih, selagi kita muda lakukan banyak hal yang bermanfaat dan positive karena kesempatan dan pengalaman tuh lebih mahal dari apapun. Kejar mimpi dan cita cita meskipun harus jatuh bangun. Semangat J.


Tentang Penulis:

Alumni Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Teknik Elektronika 2012. Hobi Traveling, social activity, baca buku dan nonton drama Korea. Penulis juga sesekali menuliskan pengalam pribadi dan beberapa kegiatan di wordpress pribadi.

follow_intipjurusan_COMPRES

Twitter : @iffandyapopy | instagram : @iffandyapopy | Fb : Iffandya Popy Wulandari | Linkedin : iffandya popy | wordpress : popytheexplorer.wordpress.com

Kode Konten: X219

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *