Ekonomi Syariah IAIN Salatiga (Aji)

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Hallo, perkenalkan nama saya Aji Santosa, Umur 18 Tahun saat ini sedang duduk di bangku perkuliahan dan akan  memasuki semester ke-4 di salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yaitu Institut Agama Islam Negeri Salatiga (IAIN SALATIGA), dan sekarang saya mengambil jurusan S1 Ekonomi Syariah/ Islam, angkatan ke 2 Soalnya jurusan ini di kampusku masih baru, dan belum ada alumni.

Biasanya orang lain selalu mengasumsikan pernyataan yang kadang itu salah seperti kalau kamu ambil jurusan ekonomi syariah mau jadi apa? Mau jadi guru? Menteri keuangan?tukang sensus penduduk? Tukang yang mengatasi pengangguran/ atau kamu yang nantinya akan pengangguran?, menurut saya mau jadi apa setelah lulus kuliah nanti itu tidak usah difikirkan karena nanti pasti ada jalan setelah lulus dan percayalah rencana Allah itu pasti baik. Jujur sedikit bercerita, awalnya saya tidak berminat untuk masuk ke jurusan ini,tapi karena saya penasaran dan mau menambah pengalaman baru ahirnya saya memilih jurusan ini,  karena basic saya dulu SMK Teknik jadi, secara umum saya tidak tau tentang apa itu ekonomi dan sebagainya. Jujur, awalnya saya juga bingung setelah lulus kuliah nanti mau jadi apa? Kerja dimana? Jadi PNS apa enggak? Tapi pemikiran itu saya buang sejauh-jauhnya yang penting saat ini fokus belajar, fokus kuliah.

Dulu saya sempet mau pindah jurusan karena pada awal semester 1 saya benar benar bingung tentang mata kuliah seperti pengantar akuntansi, pengantar mikro ekonomi dan lain-lain, yah mungkin karena basic saya bukan anak IPS dulu jadi sempet menyerah. Nah, pada saat memasuki semester 2 saya benar benar harus bisa mau tidak mau saya harus bisa sedikit apa itu tentang ekonomi, dan alhamdulillah pelan-pelan saya menyukai hal-hal yang berbau dengan ekonomi. Entah kenapa saya suka banget sampai sekarang hal-hal atau masalah masalah yang berbau ekonomi seperti pengangguran, inflasi tentng upah pekeerja dan lain-lain. Dan saya juga sering baca artikel di google tentang ekonomi juga hehehe, yah mungkin ini merupakan jalan yang terindah dari allah agar sya lebih giat dan rajin lagi dalam belajar.

Oh ya, mengenai mata kuliah di jurusan ku itu bermacam-macam jenisnya, ada mata kuliah yag perlu dihafal/ hafalan ada juga mata kuliah yang notabennya hitungan, kalau mata kuliah yang sering hafalan itu seperti Al-Qur’an dan itu dikampusku wajib hafal beberapa surah, biasanya mata kuliah al-qur’an ini ada pada semester 1, ada juga Bahasa Arab biasanya juga hafalan, maju satu persatu. Biasanya juga ada tugas buat menghafal materi & biasanya disuruh maju kedepan untuk membacakannya. Kalau mata kuliah yang notabennya hitungan itu seperti Pengantar Akuntansi, Statistik, Matematika Ekonomi, jujur saya kalau masalah hitung-hitungan agak sedikit down ya mungkin emang saya tidak terlalu pandai dalam berhitung, apalagi nanti di semester selanjutnya ada mata kuliah Statistik Ekonomi, Ekonometrika yang dimana kata kaka tingkat saya itu sulit hehee tapi ya sudahlah tetap yakin dan pasti bisa.

Selanjutnya, mengenai tugas yang sering diberikan dosen saya itu membuat makalah karena yang saya alami sampai sekarang ini seperti itu, dan tugas makalah yang paling berkesan menurut saya yaitu makalah Pengantar Manajemen karena di mata kuliah ini saya dan kelompok saya turun ke lapangan melakukan observasi dan wawancara kepada salah satu UMKM yang ada di Kabupaten Boyolali dan itu menurut saya paling mengesankan karena tempatnya jauh banget dan penuh perjuangan, sudah kehujanan, kepanasan  jas almamater basah, kotor dan lain-lain. Tapi, setelah menyelesaikan tugas tersebut rasanya sudah plong yah meskipun harus menanggung resiko hehee, dan alhamdulillah saya dan kelompok saya mendapatkan nilai yang cukup memuaskan dan tidak sia-sia, pokoknya kejadian dan peristiwa tentang tugas Pengantar Manajemen itu yang selalu memenuhi memori otaku dan tidak pernah terlupakan.

Selanjutnya, tentang mata kuliah yang paling berkesan selama ini yaitu mata kuliah Teori Ekonomi Makro dan Islam Keindonesiaan sebenarnya masih banyak mata kuliah yang paling berkesan tapi disuruh buat nyebutin 2 saja hehe, di makul Teori Ekonomi Makro ini menurut saya asyik  untuk di bahas atau dipelajari, karena di makro ini membahas perekeonomian agregat seperti Pengangguran, inflasi, perdagangan internasional/dunia, pertama dimulai dari dosennya dulu ya, dosen di makul ini itu sangat baik, gokil, enjoy yang pastinya dosen makul ini suka yang namanya nonton film,  menurut beliau kalau dalam hidup ini jarang nonton ifilm dunia fana ini terasa hampa hehhe, kedua beliau kalau menjelaskan makul sangat detail dan rinci dimana mahasiswa pasti langsung nangkep penjelasan dari beliau, oh iya tapi kalau ada, UAS, UTS,  KUIS beliau galak banget dan ketat  pokoknya tidak bisa mencontek hehe yah mungkin ketatnya karena mahasiswanya harus bisa mandiri untuk mengerjakannya, tidak masalah sih menurutku. Tapi yang sekarang masih terkesan dalam memori hidup yaitu beliau pernah berkata “ Kalau kamu nanti waktu sidang skripsi ditanya dosen penguji dan tidak bisa menjawab pertanyaannya, jawablah ngawur saja  jangan sampai kamu menjawab “Saya tidak tau” kalau jawaban ngawur itu masih bisa mendapatkan nilai atau poin tapi jika kamu tidak menjawab sama sekali maka nilai kamu nol”, Ya allah pak masih semester 3 bicaranya tentang sidang skripsi hehe tapi tidak apa apa lah untuk menambah semangat perjuangan ini. Selanjutnya mata kuliah Islam Keindonesiaan sedikit saja saya ceritakan, mata kuliah ini adalah mata kuliah yang paling gampang, tidak terlalu sulit dan dosenya pun baik banget, sabar & perhatian, kalau dikelas rame dosen ini sama sekali tidak marah paling cuma di tegur dan itu suaranya pelan, mahasiswanya terlambat dan melebihi batas pun diperbolehkan masuk, ada teman saya bolos lebih dari 3 kali dan bahkan sampai 5 kali tapi nilainya A, menurut saya dosen ini terlalu baik bagi saya dan malaikat dunia bagi teman-teman saya. Kalau mata kuliahnya ini  biasanya menerangkan tentang islam dan aqidah, akhlak dan sebagainya. Hubungan demokrasi dengan islam, hubungan islam dan radikalisme dan jujur menurut saya bapak dosen di makul ini ilmunya tinggi penglaman luas dilihat dari beliau menjelaskan bab-bab materi makulnya.

Konsentrasi di jurusan ini kalau di kampus saya ada 2 yaitu,  pertama, pemberdayaan ekonomi islam dan didalamnya berisi tentang ekonomi sdm & ketenagakerjaan islam, ekonomi sda &lingkungan islam, kemiskinan & kesenjangan islam , kebijakan fiskal islam. Yang kedua pengembangan bisnis islam  didalamnya berisi tentang rancang bangun & rekayasa bisnis islam, komunikasi bisnis islam, keuangan mikro islam, strategi pemasaran bisnis islam.

Tugas lapangan dari jurusan ini yaitu seperti magang atau KKL di Bank yang berlebel syariah, lembaga keuangan syariah, BMT, OJK , Bank indonesia dan lain-lain, kalau menurut saya pengalaman yang paling berkesan itu belum ya karena saya belum memasuki tahap ini, tapi kebanyaakan di jurusan ini tugas lapangan nya seperti itu.

Untuk alumni dari kampus saya yang di jurusan ekonomi ysriah belum ada karena saya merupakan angkatan ke 2 dan belu mempunyai lulusan dan belumada yang diwisuda, akan tetapi di jurusan ini biasanya kalau sudah lulus bisa bekerja di Bank syariah menjadi Staff Akuntan/Finance Perusahaan, lembaga lembaga islam, pengusaha dan bisa menjadi PNS.

Sekian dan terima kasih, saya mohon maaf jika dalam penulisan artikel ini masih banyak kekurangan, kekeliruan, bahasa yang kurang sopan karena saya belum mahir dalam emnulis artikel,

Wassalamu’alaikum wr.wb

 


Bio Tentang Penulis : Aji Santosa

“ Mahasiswa semester 3 yang akan memasuki semester 4 Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Salatiga, Hobi berenang suka banget membaca puisi, gambar doodle art pokoknya yang berbau seni itu suka banget dan aktif berorganisasi dan suka yang namanya diskusi bareng temen-teman dan ingin sekali membuat orang tua bangga dan meninggikan derajatnya amiin”

Link Instagram @Adji.Zi

Web/blog Adji.study.blogspot.go.id

Facebook “Adji Zi”

Link Bisnis Instagram @Suit_Salatiga (Photo,Siluet & Polaroid)

Kode Konten: X306

1 thought on “Ekonomi Syariah IAIN Salatiga (Aji)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *