Distribusi & Pengiriman Poltek APP (Denies)

Haii Sobat Intippers,,

Perkenalkan nama saya Denies Susanto, yahh biasa kawan-kawan memanggil saya Denies, kadang Bang Den atau Bung Den, yahh bebas sih mau manggil dengan sebutan apa, hehe. Kini saya berstatus sebagai calon alumni mahasiswa Politeknik Negeri APP Jakarta dengan Program Studi D1 Distribusi dan Pengiriman. Kenapa calon alumni? Ya, karena saya  baru aja menyelesaikan sidang akhir nih guys namun belum diwisuda (kalau sudah di wisuda kan lebih “sah” gelar alumninya hehe).

Disini saya akan mengajak sobat untuk mengenal lebih dekat tentang Program D1 Politeknik Negeri APP Jakarta dengan konsentrasi Program Studi Distribusi dan Pengiriman. Sebelum sobat berkenalan dengan program studi saya, mari kita mengenal lebih dekat dengan kampus merah tercinta yaitu Politeknik Negeri APP Jakarta.

Kampus yang berlokasi di selatan Jakarta ini dahulu bernama Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) yang berdiri sejak tahun 1958. Kampus ini berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Sejak tahun 2014 Akademi Pimpinan Perusahan atau biasa disebut APP berubah menjadi Politeknik APP Jakarta yang memiliki kekhasan di bidang logistik industri elektronik dan membuka beberapa program studi baru.

 

Banyak yang mengira Politeknik Negeri APP Jakarta hanya memiliki 3 Program studi nih guys, sekedar meluruskan sobat, sebenarnya Politeknik Negeri APP Jakarta memiliki 4 Program studi diantaranya 1 Program Studi untuk jenjang D1 dan 3 Program Studi untuk jenjang D3. Apa aja sih Program Studinya?

Program Studi Politeknik APP Jakarta yaitu:

follow_intipjurusan_COMPRES
  1. Distribusi dan Pengiriman
  2. Manajemen Logistik Industri Elektronika
  3. Manajemen Pemasaran Industri Elektronika
  4. Perdagangan Internasional Wilayah Asean dan RRT

Nah itu tentang profil singkat kampus saya, setelah berkenalan singkat dengan kampus merah, yuk sobat mengenal lebih dalam tentang Program Studi D1 Distribusi dan Pengiriman yang mana sejak setahun lalu saya masih menyandang status mahasiswa aktif disana.

Mungkin banyak sobat yang masih asing dan bingung tentang program studi ini, kuliahnya ngapain aja sih dan apa aja mata kuliah yang dipelajari? Oke, untuk menghapus rasa yang dulu pernah ada..ehh maksudnya menghapus keasingan dan kebingungan sobat, saya akan jelaskan tentang program D1 Distribusi dan Pengiriman.

Konsentrasi Distribusi dan Pengiriman adalah program studi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi Diploma 1 dengan lama pendidikan selama satu tahun. Politeknik APP Jakarta membuka Akademi Komunitas yang terselenggara atas kerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress, Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO). FYI nih guys, sobat tidak perlu membayar biaya kuliah apabila masuk program studi ini karena sobat akan mendapatkan beasiswa alias gratis..tis..tis hehe (kita berlabel mahasiswa peraih beasiswa lohh bukan mahasiswa gtratisan J). Ada bonusnya lagi nih guys, selain mendapatkan beasiswa, setelah lulus nanti sobat juga berkesempatan untuk disalurkan bekerja pada perusahaan yang bernaung di bawah Asperindo. Eitss Apa yahh Asperindo itu?

Asperindo adalah kumpulan dari perusahaan-perusahaan yang berkecimpung dalam dunia jasa pengiriman ekspress, pos dan logistik yang berada di Indonesia. Asosiasi yang bermarkas di Bintaro Jakarta Selatan ini memiliki keanggotann sebanyak 167 perusahaan yang berda di Pusat Jakarta, dan lebih dari 4000 cabang perusahaan, gerai dan agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Kini Asperindo di Ketua oleh bos besar JNE nih guys yaitu Bapak M. Feriadi dengan masa bhakti tahun 2016-2020. Sekedar info buat sobat, orang-orang yang tergabung di Asperindo itu minimal sekelas manajer lohh guys, tapi kebanyakan dari meraka adalah Para Direktur dan Pemilik Perusahaan. So, kebayangkan selain dibimbing secara akademis oleh dosen-dosen dari Politeknik APP Jakarta kita juga di bimbing langsung secara praktis oleh para bos-bos pemilik perusahaan agar mampu menjadi seorang yang berkompetensi tinggi. Ini cuma khusus buat D1 loh guys, Gimana menarik bukan?

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri APP Program D1 Distribusi dan Pengiriman terdiri dari beberapa tes. Pertama saya mengikuti tes tertulis yang berisikan soal TPA (Tes Potensi Akademik), Matematika, Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, dll. Setelah dinyatakan lulus pada tes tertulis, saya harus mengikuti tes wawancara oleh pihak user, user disini adalah dewan-dewan anggota yang berkecimpung dalam ASPERINDO selaku Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia. Terdapat serangkaian tes dan tahap dalam kaitannya interview dengan user Asperindo.

Mungkin sobat banyak yang berasumsi pada Program Studi D1 ini hanya berhubungan dengan perkuriran, pengantar barang dan penyaluran barang. Upss, tidak sesempit itu loh guys, Program Studi Disribusi dan Pengiriman bisa dibilang adalah Sub dari Prodi D3 Manajemen Logistik. Mata kuliah yang saya pelajari rata-rata adalah mata kuliah tingkat tiga pada Prodi D3 Manajemen Logistik Industri Elektronika seperti: Pergudangan, Pengelolahan Barang Packing dan Bagging, Kapita Selekta, Ilmu Komunikasi, Distribution & Delivery, K3, dll. Selain itu ada materi dasarnya juga sih guys seperti: Bahasa Inggris, Pengantar Manajemen Logistik dan Komputer. Gimana guys meskipun D1, saya dan kawan-kawan udah belajar pelajaran tingkat akhir D3 lohh.

Tenang aja guys, gak perlu terlalu terpikirkan mendalam tentang mata kuliah tadi, sebab di Program D1 ini memiliki metode pembalajaran tersendiri dengan bobot 30% adalah teori yang di dapat dari belajar di kampus dan bobot 70% magang industri yang mana kita akan melakukan praktek magang langsung di perusahaan yang bernaung di bawah Asperindo. Disini kita lebih di ajarkan tentang pemahaman, tidak banyak hafalan dan hitungan namun penekanan lebih kearah pemahaman yang lebih di utamakan, karna kita akan banyak terjun langsung ke lapangan, Enak bukan sobat.

So, dengan persentase magang industri sebesar 70%, wajarlah lah yah kalau kita sebentar doang keliatan di kampus dan kebanyakan berada di perusahaan-perusahaan tempat kita magang. Dalam satu semester, kurang lebih saya dan kawan-kawan D1 berada di kampus selama 2,5 bulan dan 3,5 bulan berada di perusahaan magang industri.

Awal perkuliahan di mulai dengan belajar teori dengan mata kuliah yang tadi sempat saya singgung sebanyak 7 pertemuan. Mata kuliah yang di pelajari tidak hanya di ajarkan oleh dosen dari Politeknik Negeri APP Jakarta aja lohh guys, saya juga di ajar langsung oleh dosen tamu dari Asperindo. Dosen Asperindo ini kece-kece abis guys, rata-rata bos-bos perusahaan, ada Pak Katno selaku Pemilik Perusahaan Solid Logistik, Pak Budi Selaku Pemilik Perusahaan Dina Lintas Buana, Pak Bayu selaku Pemilik Perusahaan PRO Logistik, dsb. Mantap bukan.

Penyampaian Materi Kuliah oleh Dosen Tamu Asperindo

Setelah belajar tentang teori, kita langsung dihadapkan oleh UAS, what UAS, baru 7 pertemuan udah UAS gak ada UTS?? yup, di sisi lain teman-teman D3 melaksanakan UTS, nmun saya dan kawan-kawan D1 sudah dihadapkan dengan Ujian Akhir Semester (UAS), ekspress bener kan belajarnya.

Setelah kita menyelesaikan UAS kita akan melaksanakan praktek magang industri di perusahaan Asperindo lohh guys, diantaranya: RPX/FedEx, JNE, UPS, PANDU, SPL, CITO, DAKOTA, dll. Setiap tempat perushaan magang biasanya terdiri dari 4-6 mahasiswa sobat. Oh ya sebelum melakukan magang industi kita akan di briefing dan di berikan pembekalan pra magang sobat oleh Bapak Farri Gaffar selaku Kepala Asperindo Training Center (ATC). Mungkin ini satu-satunya Program Studi yang langsung di mentoring para pentolan perusahaan lohh hehe.

Briefing dan Pembekalan Pra Magang Industri

Lama magang industri yaitu selama 3,5 bulan. Pada semester 1 saya ditempatkan pada perusahaan RPX/FedEx. Perusahaan dengan label internasional ini terletak di kawasan Jakarta Selatan. Disini saya langsung melakukan praktek magang industri, banyak pake banget ilmu yang di dapat disini lohh guys, mulai dari back office/administrasi sampai operasional semuanya lengkap banget disini. Para karyawan yang membimbing pun sangatlah hangat lohh dan gak pelit bagi ilmunya, so saya dapat memperkaya ilmu praktis lapangan lohh.

Event pada magang industri kali ini pun bertepatan dengan event Harbolnas, tau kan guys Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional Pada 11.11 dan 12.12. Dengan adanya event ini otomatis memperbanyak jumlah kiriman barang oleh perusahaan jasa titipan kilat, seperti RPX pun kebagian banyak order. Saya dan kawan-kawan D1 sebagai mahasiswa magang juga diikut sertakan untuk membantu event ini, so tau guys dalam sebulan kita cuma mendapat jatah libur 3 hari, karena banyaknya jumlah barang membuat saya dan kawan-kawan harus ikut lembur. Saya masuk pada shift 3 atau shift malam, masuk mulai dari  jam 11 malam sampai jam 7 pagi Huahh cukup melelahkan bukan, tapi tenang aja guys semakin banyak kita masuk, semakin banyak permasalahan yang dihadapi semakin kaya juga ilmu yang kita dapat dan kita bisa semakin mahir lohh. Tanpa menunggu instruksi kita udah paham apa yang harus di kerjakan. Hikmahnya dapet banget kan guys J, ini fakta lohh dengan apa yang saya rasakan hehe.

Foto Magang Industri di RPX

Ok, setelah saya menyelesaikan praktek magang industri di RPX pada semester 1, saya di hadapkan oleh sidang laporan magang industri. Saya harus menyusun laporan magang industri yang nantinya akan di sidangkan. Sidang? Iya guys setiap kali kita selesai melakukan magang industri kita akan melakukan presentasi hasil magang yang akan di uji oleh dosen dari Politeknik Negeri APP Jakarta dan Pejabat Asperindo. Isi laporan magang ini berisi mulai dari profil perusahaan, uraian pekerjaan, permasalahan yang dihadapi dan kegiatan lainnya selama magang industri. Wow banyak bukan selain magang ada laporannya juga lagi, makanya guys strateginya pada saat kita praktek kerja magang industri sebisa mungkin kita tetap mencicil untuk menyusun laporan magang.

Ini yang berkesan sobat, pada saat sidang magang industri, kloter saya di uji oleh 2 dosen dari Politeknik Negeri APP Jakarta dan 1 dosen dari Asperindo. Dosen yang menguji diantaranya pertama, Pak Cahyo selaku Pudir 1 Bidang Akademik, FYI guys nihh dosen gaul abis kekinian banget dehh pokoknya, kedua ada Pak Andrianto selaku Pudir 3 Bidang Kemahasiswaan, Pak Andrianto orangnya bersahaja banget guys, santai dan memotivasi lohh dan yang terakhir ada penguji dari Asperindo nih guys namanya Pak Budi, Pak Budi adalah Wakil Ketua Umum Asperindo sobat dan Pemilik Perusahaan Dina Lintas Buana (DLB), kece banget kan tuh bapak hehe. Kebayang kan guys saya dan kawan-kawan di uji oleh jajaran pentolan Poltek APP dan Asperindo (jujur saya rada dag dig dug nih guys hehe)

Saat saya memaparkan presentasi magang industri, saya sebisa mungkin memaparkan hasil kegiatan magang saya secara detail dan terperinci nih guys. Disaat saya menyelesaikan presentasi laporan magang industri dan membuka sesi tanya jawab kepada dosen penguji, saya sedikit terkejut nih guys, para dosen penguji melakukan standing applus terhadap apa yang saya sajikan, terutama Pak Budi dia sangat mengapresiasi laporan magang saya, dia mengungkapkan “ Ini laporan magang yang lengkap memiliki isi dan berbobot baik, pemaparannya pun sangatlah dalam, saya angkat topi atas apa yang kamu kerjakan” ungkap Wakil Ketua Umum Asperindo sekaligus Pemilik Perusahan Logistik DLB itu. Selain Pak Budi, Pak Cahyo pun berkata dengan gaya khasnya “Ini bagus selain lengkap, lo juga berikan rekomendasi, ini yang diinginkan perusahaan menjadi problem solver, kalo kamu mau masuk D3, kamu tinggal bilang saya mas” ujar Pudir 1 yang punya badan ideal tersebut dan yang terakhir Pak Andrinto yang berkomentar “Isi laporannya luas dan lengkap dengan dokumentasinya, kamu yang kita cari, nanti tolong kirim yah isi laporan kamu ke saya” pinta dosen yang lebih suka memotivasi mahasiswa ini. Setelah itu para dosen penguji pun menanyakan lebih lanjut tentang isi dan hasil laporan magang industri saya selama saya di RPX dan saya menjawab pertanyaan tersebut satu persatu. Sebenarnya sedikit tidak percaya nih guys, para jajaran Direktur dan Owner itu mengungkapkan hal tersebut kepada saya, ini membuat saya bangga sekligus beban karena harus menmpilkan hasil yang lebih baik pada laporan semester 2, eitss no.no.no bukan beban yah guys, ini akan saya jadikan tantangan agar laporan magang semester 2 saya lebih baik dari sekarang dan ini adalah sesuatu yang memotivasi saya untuk melakukan sesuatu yng lebih baik.

Next, setalah saya menempuh magang industri semester 1, saya kembali ke kampus untuk melanjutkan perkuliahan semester 2. Fasenya sama guys seperti pada semester 1, saya belajar 2,5 bulan di kampus dengan mata kuliah kapita seleskta, distribusi & delivery, psikologi industri, etika bisnis, ilmu komunikasi, k3, dll. Ada hal yang menarik nih guys pada perkuliahan semester 2 kali ini tepatnya pada mata kuliah etika bisnis, disini kami diminta untuk menganilisis berita tentang pelanggaran etika atau pungli tentang jembtan timbang dan ternyata topik yang kita analisis ini menjadi salah satu soal pada UAS mata kuliah tersebut. Setelah belajar teori di kampus, saya dan kawan-kawan kembali untuk praktek magang industri pada perusahaan, yes kali ini magang industri jilid 2.

Pada magang industri semester 2 saya di tempatkan di JNE, wow tau kan sobat JNE, JNE adalah perusahan ekspress dan logistik terbesar lohh di Indonesia. Disana saya di tempatkan di 3 Departemen Operasional, lokasi masing-masing Departemenpun berbeda-beda lohh guys selama 3,5 bulan magang, so setiap awal bulan saya berpindah-pindah tempat alis no maden haha. Ilmu yang di dapat disini sangantlah kompleks guys, kita belajar semua mulai dari hulu sampai hilir operasional logistik dan ekspress. Ketiga Departemen setiap saya magang pun memiliki cirri khasnya masing-masing ada Departemen CCC yang khusus menanganis costumer berbasis perusahaan, selanjutny Departemen Warehouse yang khusus menangani pergudangan costumer dan Departemen Outbound sebagai Pusat Sortasi kiriman barang. Komplit banget deh pokoknya dan banyak banget ilmu yang di dapat guys selain ilmu operasional, para pembimbing JNE pun banyak menceritakan pengalaman-pengalaman berharganya yang gak bakal kita dapat di bangku kuliah guys. Para karyawan JNE sangat kekeluargan lohh guys, terasa sekali kentalnya rasa kekeluargaan disana, meskipun saya hanya mahasiswa magang para karyawan JNE sangat welcome kepada kita semua dan mengajari kita dengan sepenuh hati. Di JNE ini laporan magang saya menjadi lebih tebal guys karena kompleksnya kegiatan operasional di JNE, yah jangan di tanya ada berapa halaman, pokoknya banyak lah sobat.

Foto Magang Industri di JNE

Tibalah saya dihadapkan oleh sidang magang industri pada semester 2, saya di uji oleh ibu Erika selaku Dosen Penguji dari Politekik Negeri APP Jakarta dan pak Bayu selaku Dosen Penguji dari Asperindo. Saya memparkan hasil magang industri saya selama kurang lebih 1 jam dengan mencakup materi kegiatan operasional di JNE. Saya bersyukur mendapat tanggapan positif dari kedua penguji tersebut, Pak Bayu mengungkapkan “Selama tiga angkatan D1, laporan magang ini yang terbaik bukan cuma tebal namun isinya sangatlah berbobot” ungkap Bayu selaku Deputy Bidang SDM dan Pendidikan Asperindo serta Pemilik perusahaan PRO Logistik. Selain itu bu Erika pun berkata “laporan ini sudah lengkap dengan tugas dan wewenang dari masing-masing bagin, saya sangat tertarik dengan simulasi yang kamu buat” ujar bu Erika dalam sesi tanya jawab. Selain itu banyak pula lohh mereka kepoin apa aja yang saya lakuin di JNE dan apabila kerja mau di bagian apa, tanya mereka. Pada saat sidang magang industri kedua ini laporan teman-teman D1 pun sudah bagus-bagus dan mereka menjadi problem solver loh  pada tempat magang industri mereka masin-masing. Sudah mantaplahh .

Selain saya dan kawan-kawan D1 disibukkan dengan perkuliahan di kampus dan kegiatan magang industri di perusahaan, kita pun tetap mengukir prestasi lohh guys untuk Politeknik Negeri APP Jakarta. Lebih tepatnya ada kawan saya yang bernama Galuh Tunggal P, dia berhasil mengharumkan nama Kampus Merah ini dengan meraih perunggu di Olimpiade Perguruan Tinggi Kedinasan (OPTK) pada cabang olahraga taekwondo, keren kan sob. Ada  juga Alam Rahmat K.B, dia peraih peringkat 1 lohhh guys untuk lomba fotografi Kampus Politeknik APP Jakarta dengan tema Kartini Days dan terakhir ada Khairul, Denies (Saya), Dika dan Yuli sebagai pencetus website edulogistik.com guys, kalian bisa intip di www.edulogistik.com. Meskipun kita hanya kuliah satu tahun dan acap kali dipandang sebelah mata tapi kita juga bisa lohh tetap membanggakan untuk kampus merah tercinta ini.

Mengukir prestasi demi kampus merah wajib sob hukumnya, selain itu saya dan kawan-kawan D1 pun aktif mengikuti UKM dan organisasi yang ada di Politeknik APP Jakarta yah meskipun dengan keterbatasan yang kita miliki sih guys. Organisasi yang diikuiti oleh mahasiswa D1 Politeknik Negeri APP Jakarta diantaranya: HMI Korkom APP, LPM Kontak APP, HIPMI-PT Politeknik APP Jakarta, Project Organizer, Mojo Dance, Teater Kampus Merah, BKSKMK APP, Community Of Taekwondo Atlet APP, dll. Di Organisasi ini lah sebenarnya banyak ilmu yang tidak di dapat dari bangku kuliah, so positif banget kegiatannya. Banyak dehh manfaat yang bakalan di dapat dengan mengikuti organisasi atau UKM disini.

Alumni APP itu sudah banyak bekerja di berbagai sektor loh guys, mulai dari instansi pemerintah, konsultan, swasta ataupun entrepreuner. Sebagai contoh ada Bapak M. Kadrial alumni APP yang kini menjabat sebagai COO PT. Antareja Prima Antaran atau Group RPX/FedEx dia salah satu pimpinan disana sobat, selain itu dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Asperindo lohh dengan masa bhakti 2 periode, keren bukan sobat?

Itulah guys gambaran tentang Program Studi D1 Disribusi dan Pengiriman dan Mahasiswa D1 Politeknik Negeri APP Jakarta, mohon maaf jika ceritanya terlalu panjang. Semoga dapat memberikan sedikit pengetahuan dan inspirasi bagi sobat semua. Bagi sobat yang mau kuliah dengan beasiswa alias gratis, dapat banyak ilmu praktek, cuma setahun dan di salurkan bekerja, ini lah solusi bagi sobat semua. Gimana menarik bukan? Buruan aja pilih Program Studi ini, D1 Distribusi dan Pengirman Politeknik Negeri APP Jakarta

Terimakasih sudah membaca sobat….

Tangerang, 11 September 2017

Salam hangat dan jabat erat.

Denies Susanto


Tentang Penulis: Denies Susanto

Penulis adalah Mahasiswa Politeknik Negeri APP Jakarta Program Studi D1 Distribusi dan Pengiriman Tahun 2016 Angkatan III. Gemar mencari ilmu baru dan berbagi. Penulis pernah berada pada lingkup pemasaran property dan kini akan merambah pada bidang logistik.

Find me:

Instagram: den_edulog16

Kode Konten : X198

7 thoughts on “Distribusi & Pengiriman Poltek APP (Denies)”

  1. Halo mas
    Saya ingin melanjutkan studi saya di d1 distribusi dan pengiriman app jakarta tahun depan.
    Untuk proses seleksi dan pendaftarannya apakah ada perbedaan dengan mahasiswa d3? Terimakasih

  2. Halo monic, untuk tahapan tes sama saja..yang jadi pembeda nanti kita akan di wawancara oleh 5 atau 6 user dr asperindo..so siapkan dirimu sebaik mungkin yah..

    1. @hendi : sorry slow respon henn, semangat berjuang kawan..gali ilmu sebanyak banyaknya yahh.

      @monic : standar kok wawancaranya..rileks dan penuh persiapan aja..karna ini logistik..so km harus tau rute dan peta.

      @ari : secara tertulis sih ada, tp kalo blm pilunya..g masalah di coba aja..bukan syarat mutlak sepertinya..

  3. Hmm sebenarnya saya dari jurusan pariwisata dan ingin/tertarik melanjutkan di Politeknik APP. Menurut mas jurusan apa yah yang cocok untuk saya? .Trims salam kenal

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *