Pendidikan Tata Boga UPI – Della

Halloo sahabat intip jurusan :). Perkenalkan saya Della Agnia Khoerunnisa, panggil saja Della. Saya mahasiswi program studi Pendidikan Tata Boga Universitas Pendidikan Indonesia. Sekarang saya sedang menempuh semester 8 //yeeee// doakan cepat lulus yaa hehe.

Hmm jadi gini, pasti sebagian dari sahabat intip jurusan ada yang asing dengan nama jurusan ‘Tata Boga’ disebuah  universitas? Atau ada yang pernah mendengar tapi mempunyai mindset bahwa “ah itu sih kuliah nya paling masak doang, enak yah mudah”. EITSS don’t judge a book by cover yaa. Menurut saya setiap hal itu tidak ada yang mudah, semua punya kesulitan dan tantangan nya masing-masing. Begitupun dengan kekurangan dan kelebihannya. Jadi disini saya ingin berbagi dengan sahabat intip jurusan bahwa kami mahasiswa Pendidikan Tata Boga pun sama seperti mahasiwa lainnya yang berjuang menyelesaikan tumpukan tugas dan kewajiban lainnya, bukan hanya memasak. Dan bahwa kami (pendidikan tata boga) ada hehe.

Jadi program studi Pendidikan Tata Boga Universitas Pendidikan Indonesia ini adalah salah satu program studi yang berada di bawah departement Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang merupakan salah satu departement di Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UPI. Kenapa berada di bawah naungan departemen PKK? Dan kenapa pula tata boga termasuk ke dalam salah satu prodi di fakultas teknik? Hayo kenapa hayo.. hehe. Jadi dulu nya itu PKK adalah sebuah nama prodi yang didalam nya terbagi lagi menjadi konsentrasi Tata Busana dan Tata Boga. Tapi sekarang PKK menjadi sebuah departemen yang menaungi prodi Pendidikan Tata Boga, Pendidikan Tata Busana dan PKK murni. Got it? Maka dari itu gak heran dosen-dosen kami sekarang adalah alumni-alumni dari prodi PKK itu sendiri. Nah, selanjutnya kok bisa Pendidikan Tata Boga ada di fakultas teknik? Hmm jadi fakultas teknik di UPI nama nya Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, bisa dilihat dari penamaannya bahwa prodi Pendidikan Tata Boga itu masuk ke dalam bidang Kejuruan nya. Kenapa? Yaa karna kita prodi Pendidikan, artinya bahwa kita disiapkan untuk menjadi pengajar profesional di sekolah kejuruan/SMK dalam bidang boga. Sama hal nya dengan prodi-prodi ‘Pendidikan’ yang lain. Tapi prodi kita spesial loh, karna kita bisa memilih setelah lulus nanti akan melajutkan karir sebagai pengajar kah, atau memilih karir profesional sebagai seorang juru masak, melanjutkan ke jenjang S2 di bidang pendidikan, kuliner dan gizi ataupun memilih untuk membuka usaha di bidang boga yang tentunya dapat membantu memajukan perekonomian bangsa. Asik kaan? Asik dong.

Biasanya prodi Pendidikan Tata Boga UPI itu hanya ada 1 kelas di setiap angkatan nya. Itu karna untuk masuk ke prodi ini juga gak mudah loh. Oleh karena itu dalam 1 kelas itu besar bisa sampai 40-60 mahasiswa haha. Kebayang kan saat praktikum nya gimana. Tapi disitu lah seru nya, kami dapat mempelajari berbagai karakter berbeda dalam satu kelas itu. Nah saat semester 3, mahasiswa diberi pilihan untuk mengambil konsentrasi keahliannya. Ada 3 konsentrasi keahlian yaitu Pastry, Dietetika, dan Jasa boga. Mahasiswa bebas memilih konsentrasi sesuai dengan minat nya. Kalau saya mengambil konsentrasi pastry. Setelah mengambil konsentrasi, dalam beberapa mata kuliah konsentrasi kita berada di kelas yang berbeda karna mempelajari ilmu konsentrasi yang berbeda. Konsentrasi pastry mempelajari berbagai teori tentang produk patisserie seperti mata kuliah cake and pastry, cookies and candy, cake decoration, bisnis patiseri, bakery, dll. Biasanya saat mahasiswa pastry melakukan praktek, seketika itu pula di fakultas kami selalu tercium aroma-aroma kue yang lezat hmmm. Selanjutnya konsentrasi dietetika mempelajari ilmu-ilmu gizi dan bagaimana membuat makanan khusus untuk beberapa kasus penyakit. Setiap melaksanakan praktek, mahasiswa dietetika harus menghitung segala macam kalori dan gizi dalam sebuah makanan. Dan mahasiswa jasa boga fokus mempelajari mengenai managemen katering dan makanan-makanan oriental, kontinenltal ataupun nusantara.

Hmm berbicara mengenai praktikum, kembali lagi ke permasalan awal bahwa kami kuliah tidak hanya memasak loh. Bobot mata kuliah yang harus diselesaikan oleh mahasiswa prodi Pendidikan Tata Boga itu sama banyak nya dengan prodi-prodi lain. Bahkan selain skripsi, kami pun harus melaksanakan mata kuliah tugas akhir layak nya mahasiswa D3. Jadi double kan tuh haduhh. Kami pun belajar kimia, fisika, matematika, statistika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan mata kuliah umum lainnya. Adapun mata kuliah kependidikan yang harus dikontrak seperti penelitian pendidikan, kurikulum dan pembelajaran, belajar dan pembelajaran, evaluasi pembelajaarn, pengelolaan pendidikan, psikologi pendidikan, bimbingan konseling, dan landasan pendidikan. Dan juga mata kuliah bidang boga sendiri seperti makanan kontinental, makanan oriental, makanan nusantara, dasar patiseri, ilmu gizi, teknologi peralatan boga, tata hidang, dan masih banyak lagi. Jadi sudah tau kan bahwa kami tidak hanya kuliah di dapur saja? Hehe. Semua nya itu tentang teori, karna mempelajari ilmu itu tidak boleh sembarangan, begitupun dengan ilmu di bidang boga. Hafalan dan hitungan kami pelajari secara berimbang. Hafalan nya pun banyak sekali. Salah satu contoh nya adalah dalam mata kuliah makanan kontinental. Ada satu bahan ajar yang mengharuskan kami menghafal nama dan komposisi keluarga sauce dari mulai ibu nya sampai cucu-cucu nya hehe. Dan itu semua menggunakan istilah kuliner internasional. Adapun dalam hitungan  kami mempelajari mata kuliah dietetika, yang dimana kami harus menghitung setiap gram bahan makanan yang harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan kalori seseorang. Tapi semua hal itu sangat berkesan karena kami jadi tau bahwa makanan dan makan tidak hanya sekedar makanan dan makan, tapi ada banyak hal yang harus dipahami mengenai hal itu.

follow_intipjurusan_COMPRES

Di Pendidikan Tata Boga semua dipelajari secara bertahap. Semester 1 dan 2 itu mahasiswa masih diberi teori penuh, semester 3-4 mulai ada mata kuliah praktek, semester 5-6 semua nya berimbang, semester 7-8 semua nya full praktek dan praktek diluar wilayah kampus seperti KKN (Kuliah Kerja Nyata), PPL (Program Pengalaman Lapangan) dan PI (Praktek Industri). Bahkan pada angkatan kami diberlakukan penyelenggaraan mata kuliah dengan bobot yang berat secara bersamaan yaitu event organaizer, cipta boga, dan tugas akhir. Tapi disitulah kemampuan kami belajar dari awal semester di uji, ketika harus membuat sebuah event kuliner besar untuk mendapatkan nilai mata kuliah event organizer bersamaan dengan menciptakan sebuah hidangan baru yang harus diterbitkan dalam sebuah buku resep dalam mata kuliah cipta boga dan harus menyelesaikan tugas akhir yang berupa produk-produk inovasi fusion yang harus di seminarkan secara individu. Semua itu tentang bagaimana kami dapat mengatur waktu, fikiran dan tenaga untuk menyelesaikan semua mata kuliah tersebut. Dan disitulah kami kuliah tidak hanya tidak hanya sekedar memasak, tapi kami memasak berdasarkan ilmu dan hal-hal yang perlu diperhatikan lainnya. Setiap orang bisa memasak, tapi tidak semua orang memahami ilmu yang ada didalam nya.

Della Agnia Khoerunnisa

Kesibukan penulis saat ini adalah kuliah, bisnis kuliner dan menyusun masa depan. Hobby saya saat ini adalah membuat kue dan produk-produk patiserrie ¬lainnya. Karna itu merupakan hobby yang menyenangkan dan dapat mengasilkan. Selain itu saya juga sering telibat dalam beberapa acara kepemerintahan daerah sebagai duta wisata

Kode Konten : X150

52 thoughts on “Pendidikan Tata Boga UPI – Della”

  1. Hallo, kak Della. Artikelnya sangat membatu sebagai gambaran, nah yg mau aku tanyakan itu kalo lulus bisa ga sih kita kerja di kapal pesiar? Atau kita harus ngelanjutin dulu pendidikan kita ya kak kalo mau kerja di kapal? BTW, itu kak Della di UPI Bandung atau dimana? Thank you

    1. Hallo juga Lika 🙂 syukurlah jika tulisan saya membantu. Jadi untuk bekerja di kapal pesiar bisa akan tetapi harus ikut pelatihan dulu, dan minimal harus sudah mempunyai pengalaman 6 bulan di hotel. Gitu dek 🙂
      Iya saya pendidikan tata boga di UPI Bandung

    2. ka, hari senin besok (17 April) ka Della mau live di instagram,nonton ya.. kaka bisa ngobrol dan tanya-tanya seputar jurusan tata boga lewat instagram live nya.. 🙂

  2. Terimakasih, artikelnya sangat membantu Kak 😊
    Sedikit mau nanya Kak, jurusan ini masuknya soshum atau saintek ya? Sama kalo ada pengen tau dong passing gradenya, terimakasih 😊😊

    1. Alhamdulillah jika membantu 🙂 jika melalui tes itu kita masuk nya IPC kak, yaitu ilmu pengetahuan campuran. TapiJadi anak IPA ataupun IPS bisa masuk ke jurusan kita. Tapi jika dilihat dari pengelompokan jurusannya kita masuk nya ke IPS. Untuk passing grade nya itu terakhir 28,2

  3. Arrikelnya sangat membantu sekali kak karna selama ini org berfikir ngapain kuliah tataboga cuma masak masak begitu,kakak masuk tataboga lewat jalur apa ya?itu termasuk soshum atau saintek? Terimakasih 😊😊

    1. Haha iya alhamdulillah saya buat artikel ini memang tujuannya untuk meluruskan kesalah fahaman itu ^^
      Saya masuk lewat jalur SBMPTN waktu itu dan jika melalui tes itu masuk nya IPC kak, yaitu ilmu pengetahuan campuran

    2. ka, hari senin besok (17 April) ka Della mau live di instagram,nonton ya.. kaka bisa ngobrol dan tanya-tanya seputar jurusan tata boga lewat instagram live nya.. 🙂

    1. ka, hari senin besok (17 April) ka Della mau live di instagram,nonton ya.. kaka bisa ngobrol dan tanya-tanya seputar jurusan tata boga lewat instagram live nya.. 🙂

  4. Makasih infonya kaaak, aku juga pengen banget masuk jurusan tata boga. Dan alhamdulillah bisa masuk pendidikan tata boga upi 😊😊

  5. Ka tata boga belajar fisika, kimia dan sejenisnya?? Dalam ga?
    Trus belajar ilmu gizi sampe biologi bgt ga ka?
    Harus jago masak atau minimal tau resep makanan?

    1. Alhamdulillah yeay selamat datang di pendidikan tata boga upi 🙂 sampai jumpa di kampus yaa

    2. Iyah ilmu eksak kita belajar juga hehe tp jgn khawatir, kita hny belajar yg berhubungan dgn tata boga nya saya. Seperti kimia makanan, fisika lebih ke peralatan boga nya dan matematika nya masih yg umum, hampir mengulang pelajaran disekolah sebelumnya. Kalo ilmu gizi yg dipelajari pada semester awal itu dasarnya saja, tapi kalo km nanti ambil konsentrasi dietetika yg dipelajari akan lebih luas. Dan terkait hrs hafal resep segala macam itu bisa berjalan sambil belajar kok. Semua mahasiswa pada awalnya pny kemampuan yg sama, pengetahuan yg sama. Jd jgn takut akan tuntutan keahlian di bidang boga. Jago masak atau enggak, semuanya tergantung pada proses kamu belajar hehe. Yang jelas semuanya pasti akan jago masak kok ^^

  6. Kak ,mau tanya donk untuk juursan boga sendiri itu ikut sochum atau saintek.katanya ada yg saintek. Kalau yg saintek ptn mana aja kak.mohon infonya
    Terima kasih

  7. Kak kalo gapunya skill masak, tapi kuliahnya tertarik masuk ke jurusan tata boga. Gimana? Itu alat praktek dan bahannya harus dari kita sendiri?

    1. Alat praktek biasanya udah ada di lab dapurnya. Yg perlu km siapin mungkin utensil-nya kaya macem2 pisau (ga harus punya semua, yg selalu dipake kaya chef knife sm carving knife biasanya), trus kalo pastry kaya macem2 spuit (untuk dekorasi krim), kaya gitu. Untuk bahan2 ada biaya praktek dr jurusan, tp mmg ga semua jg, kadang ada yg memang bahan2 dr kita, apalagi untuk praktek tugas akhir atau uji coba untuk cipta boga, biasanya dr kita pribadi.

      Buat skill, itu bisa diasah. Namanya belajar. Coba aja dan jalani, asalkan suka semuanya pasti lancar 🙂

  8. kak aku pngen banget kuliah tata boga, cmn aku ga pandai masak . gmana yah? itu kalau kuliah di ajari dari awal kah?

    1. Seneng ada adek kelas yg bikin tulisan bagus kaya gini :).
      Hi dek febby, mau bantu jawab. Kalo kamu punya passion dan keinginan yg kuat dibagian tata boga, ga usah ragu say. Untuk bisa atau enggaknya masak, nanti lama kelamaan kuliah jg bisa. Ada kok yg ga bs apa2 didapur tp pas kuliah jd bisa. Nanti jg diajarin, namanya belajar ya dr yg ga bisa jd bisa, dr yg bisa jd mahir, begitu.
      Diajarin kok, dr dosen, dr temen2 sekelas km, atau bs dr kakak tingkat kamu.
      Semangat. Sering bertanya dan minta bantuan ke siapa aja pokonya 🙂

    1. Dear rifqi, iyah boleh sekali karnauntuk masuk jurusan ini tidak dilihat latar belakang kamu dari mana kok ^^ teman sayapun ada yang dari lulusan MA. Nah yang penting nilai tes seleksi kamu memenuhi kualifikasi. good luck!

  9. Kk aku pingin tnya mmngnya tesnya it ditanya apasih yg umum atau yg khusus dlm bdng msk sj?? trus harus mndptkan nilai brpa spya bsa lulus dan klw kita udh lulus dri tataboga bgmna cara kita dpt pkerjaannya?? Aku ingin krjaannya dihotel bintang gtu kk bgmna cranya kk??

    1. Kalo tes nya umum sih kan lewat sbmptn sama jalur mandiri, kalo tes khusus ttg tata boga itu gak ada.kalau untuk urusan nilai persyaratan masuk itu berubah2 ya tiap tahun nya, jadi kamu bisa cek terus aja di website resmi seleksi smbptn. Dan untuk pekerjaan dr pendidikan tata boga itu kamu bisa jd pengajar di bidang boga, wirausaha atau karir profesional sebagai juru masak. Tapi untuk menjadi juru masak di hotel itu kamu harus memperbanyak pengalaman kamu dulu di hotel. Begitu~

    1. Saya pilihan pertama itu hubungan internasional UNPAD, pilihan kedua bahasa inggris UPI, pilihan ketiga baru deh pendidikan tata boga UPI hehe.
      Saya urutkan dr nilai persyaratan keterima nya dr terbesar ke terkecil

    1. Hallo lisaaa, enggak kok pendidikan tata boga juga setau saya ada di UNJ, UNY, USU. Mungkin bisa di googling yah hehe

    1. Iya selamat siang, kalo di pendidikan tata boga upi rata-rata maksimal 50-60 mahasiswa per angkatan. dan per angkatan hanya ada 1 kelas dek

    1. Kalau bisa sih harus karena ada istilah-istilah asing makanannya juga ya, tapi bahasa inggris tidak menjadi syarat utama untuk masuk kok. Jadi bagaimana pun kemampuan bahasa inggris kamu, tidak akan mempengaruhi akademik kamu 🙂 tapi bisa jadi nilai plus untuk kamu

  10. Hai ka, aku mau nanya nih. Aku kan sekarang kelas 3 SMA dan tahun depan rencanya ada planing ke tata boga upi. Itu untuk snmptn upi tahun kemarin kira-kira nilai rata-rata nya berapa ya kak? Terimakasih

  11. kak dulu waktu daftar dan tes untuk tata boga lewat sbm itu gimana kak? apa ada praktik masak ato yg lain, apa hanya tes paper/cbt doang?

  12. Halo kak. Artikelnya sangat membantuu. Aku mau tanya kak, kalo misalkan aku dari jurusan bahasa (MA) tapi aku pengen masuk tata boga UPI itu bisa ngga sih kak? Soalnya kan di jurusan bahasa aku ngga belajar ipa maupun ips. Trus test nya pelajaran apa aja ya kak? Makasihh kak sebelumnya.

  13. Hallo kak Dela! 🙂
    Kalau perbedaan Pendidikan Tataboga dengan Manajemen Industri Katering itu apa? selain dari gelarnya

  14. hai kak aku dhea aku siswi SMA kls 12 jurusan ipa… emm mau nanya aku bisa ga sih masuk tataboga upi.. maksud aku.. apa aku harus nyembang ke ips. ini jurusan untuk ips kah? kalo misalnya aku nyebrang apa ga sedikit terlambat heheh

  15. hai kakk, aku masih kelas 9 smp hehe. Tapi dari sekarang udah diarahin ke tataboga. Seneng banget baca artikel kaka. Jadi pengen cepet masuk SMK. Hm, mau tanya kak, kalau masuk dietetika itu nyambung jadi ahli gizi juga gak ya? Terimakasih sebelumnya^^

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *