Biologi UPI (Eka)

Hai Intipers! Perkenalkan saya Eka Indah Cahyaning Thyas, biasa dipanggil eka atau buek atau mbae atau Indah (hehe) bebas deh. Saya merupakan mahasiswa semester enam di Universitas Pendidikan Indonesia. Kali ini saya akan coba membantu adik-adik untuk mengintip lebih jauh gimana serunya bangku kuliah yang katanya amat sangat berbeda dengan bangku SMA. Oke, sekarang ini saya sedang belajar disebuah Universitas Pendidikan yang terkenal akan mencetak banyak Calon Guru yang bergelar S.Pd, but saya akan lulus dari UPI dengan gelar S.Si. Lah kok bisa? wkwk. Jadi gini  sekarang saya kuliah di departemen Pendidikan Biologi UPI tapi ambil prodi (program studi) Biologi alias prodi Non pendidikan atau murni, bahasa gaulnya sih program Biology science gitu. Jadi sekarang di UPI banyak departemen-departemen pendidikan yang melakukan perkembangan dengan membuat program studi non Pendidikan salah satunya di Departmene Biologi ini, jadi Departemennya punya dua program studi untuk S1 yaitu Program Pendidikan Biologi dan Program Biologi.

Tanpa dipungkiri bagi beberapa orang dulu Program Biologi UPI merupakan pilihan kedua atau ketiga yang dipilih bahkan pernah dianggap sebagai batu loncatan untuk nungguin SBMPTN tahun depan. Tapi sekarang Program Biologi menjadi program yang layak diperhitungkan dengan majunya berbagai riset biologi murni, kiprah alumninya juga kualitas program studinya. Mau tau gimana? Eitss sabar dulu ya, sebelum Lebih jauh, saya akan sedikit spoiler tentang gimana serunya menjalani kuliah di Biologi UPI, mungkin bukan hal yang aneh dan baru ya denger kata biologi karena dari SD juga sudah dipelajari dan pasti langsung ngelink kalau dijurusan ini kita bakal banyak belajar tentang Alam semesta dan makhluk-makhluknya. Yups, That’s right. Tapi jangan salah, kalau kamu menghindari belajar fisika, menghindari belajar kimia bahkan matematika terus masuk ke jurusan Biologi? itu kesalahan besar hehe. Jangan bayangkan Biologi hanya berisi hafalan, daya analisis yang tajam dan penguasaan konsep jadi salah satu modal besar buat bisa lulus mata kuliah-mata kuliahnya dan didalamnya akan banyak perhitungan fisika dan kimia. Jadi jangan oleng kalau nanti pas matakuliah Biologi kelautan tapi harus menghitung kecepatan angin ala fisika, mata kuliah Biokimia harus nulis dan menghitung reaksi mol kimia hehe.

Jurusan Biologi UPI termasuk jurusan yang banyak kuliah lapangannya, dalam satu semester bisa turun ke lapangan 2-3 kali. Seru kan? Bisa main ilmiah ke alam sering-sering sambil hunting foto yang pasti intagram-able karena backgroundnya alam. Mata kuliah yang bakal dipelajari itu banyak banget, tinggal kita nanti tentuin mau ambil ketertarikan dan konsentrasi di bidang apa. Setidaknya di Biologi UPI sendiri sekarang ada beberapa konsentrasi yang bisa difokuskan yaitu ke bidang Ekologi (masuk kedalamnya Lingkungan), Biologi Molekuler (Genetika, Biologi Molekuler, Synthetic Biologi dan Teknik In Vitro Tumbuhan), atau bisa juga Fisiologi (Hewan atau tumbuhan). Nah, tenang nanti kita akan dipandu oleh dosen pembimbing akademik yang akan menuntun dengan penuh cinta kemana kita harus menuju dan yang pasti sesuai dengan keinginan dan passion kita ya adik-adik intipers!

Well, mata kuliah yang paling berkesan itu banyak banget tapi cuma boleh sebutin 2 ya? hehe. Oke, 2 mata kuliah paling berkesan adalah Biologi kelautan dan Ekologi umum. Dua matakuliah ini tidak menugaskan mahasiswanya untuk menggambar hehe jadi saya suka. FYI, di semester 2,3 dan 4 kita akan berasa menjadi anak seni yang hari-harinya dihabiskan dengan menggambar preparat mikroskop maupun morfologi dan anatomi makhluk hidup. Nah, Mata kuliah ini mengharuskan mahasiswanya untuk Kuliah Lapangan ke Pantai, karena saya termasuk Ocean addict jadi suka banget kalau harus pengamatan ke pantai dan ketemu sama makhluk-makhluk unik kaya gini jalan-jalan ditangan.

1. Ophiutrix sp. di Pantai Cijeruk Sancang, Garut; 2. Harus bisa nembus akar mangrove yang njelimet kayak gini dan berhasil itu prestasi banget rasanya di Mangrove Trail Baluran;3. Pengamatan dan foto di Savana Africa-nya Jawa di Baluran National Park

Seru kan? selalu punya cerita baru deh kalau ke lapangan. Tapi gak cuma itu, pengamatan dan kerja lab juga cukup dominan. Apalagi mata kuliah molekuler yang bermain dnegan isolasi DNA, RNA, Kromosom dan Sel. Dibutuhkan kepekaan yang tinggi dan skill laboratorium banget untuk pakai alat-alatnya. Terus terus… di Biologi UPI kita gak cuma digembleng dengan hard skill di bidang akademik, tapi kita juga diarahkan untuk mengembangkan soft skill dibanyak kegiatan. Ada Himpunan Mahasiswa Biologi Formica (HMBF) buat yang mau jadi aktivis (kayak OSIS kalau di SMA). HMBF termasuk yang cukup aktif mengadakan kegiatan kemahasiswaan di berbagai bidang. Saya pernah didapuk menjadi seorang story teller di kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat. Latihan banget buat terjun ke masyarakat, karena fungsi Mahasiswa kan memang harus bisa bermanfaat untuk masyarakat. Aseek

follow_intipjurusan_COMPRES

P2M di Desa Dampit, Cicalengka

Selain itu ada juga kelompok kegiatan seperti BioCita (Biologi pencinta Alam, KFF (Komunitas Fotografi Formica) dan KSI (Kelompok Studi Ilmiah) yang ketiganya punya kegiatan keren yang bisa mengembangkan berbagai softskill kita. Dimana ketika aktif disalah satu organisasninya akan ada bonus-bonus tidak terduga. Kebetulan saya merupakan anggota HMBF dan KSI yang sedang berusaha aktif menulis karya ilmiah dengan bimbingan dosen-dosen Biologi yang handal dan terus memotivasi mahasiswanya untuk berkiprah di berbagai ajang non-akademis.

Jadi Perwakilan Indonesia di Ajang ITEX dan dapet bonus Jalan-jalan

Nah, itu secuil cerita dan gambaran gimana serunya kuliah di Jurusan Biologi UPI. Buat yang masih ngintip-ngintip Prodi ini bisa jadi salah satu referensi yang perlu dipertimbangkan. So, Sampai berjumpa di Prodi Biologi UPI ya!

Oh iya hampir lupa, Alumni Prodi Biologi ini udah ada sejak 1998 dan sudah banyak yang bekerja diberbagai tempat. Ada yang jadi entreupreneur di bidang biologi, menjadi peneliti, staff Human safety engineering, jadi konsultan lingkungan, ahli serangga, ahli herpetologi dan banyak lagi. Tidak sedikit juga alumni yang melanjutkan kuliah di universitas bergengsi didalam maupun luar negeri dengan bantuan LPDP. So tunggu apalagi? Prodi Biologi juga selalu mengupgrade dan mengupdate berbagai penelitian dan mata kuliah yang kekinian. Penelitian-penelitian molekulernya juga sangat banyak dan dilengkapi dengan perlatan laboratorium yang up to date. Kuy Kuy. Sampai ketemu di Gedung JICA UPI dan Laboratorium-laboratorium Biologi! See you, Jangan sampai keduluan sama ribuan orang pesaingmu yang sudah memilih Prodi Biologi UPI jadi pilihan nomer satuu!


Tentang Penulis : Eka Indah Cahyaning Thyas

Penulis merupakan Mahasiswa semester 6 Biologi FPMIPA UPI. Kegiatan yang digemari adalah traveling, menulis, dan berenang. Motto Hidup: Dunia dan surga tidak punya waktu melihat orang biasa, So jadilah Luar biasa!

Instagram : @ekaindahc

Blog : ekaindahc.tumblr.com

Kode Konten : X183

1 thought on “Biologi UPI (Eka)”

Ayo tanya kak Eka disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *