Biologi Unsoed (Azhar)

Hai intipers !

Perkenalkan, nama saya Azhar Faturohman Abidin, biasanya dipanggil Azhar. Mahasiswa semester 8 di Jurusan S1 Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Purwokerto, Jawa Tengah. Tahukah kamu ? UNSOED merupakan salah satu dari 2 kampus di jawa tengah yang menjadikan Biologi sebagai Fakultas tersendiri. Biasanya di kampus lain memasukkan jurusan biologi ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Fakultas Biologi merupakan fakultas kedua yang didirikan di UNSOED setelah fakultas pertanian. Fakultas biologi sendiri terdiri dari 2 jurusan yaitu jurusan S1 Biologi (Kelas Reguler dan Kelas Internasional) dan D3 Pengelolaan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan (PSDPK).

Ngomong-ngomong, kalian pasti sudah akrab dengan kata “biologi” di SMA kan? hehe. Pandangan sebagian orang yang awam, jurusan biologi ini mungkin hanya belajar nanem pohon, hafalan nama latin, bedah kodok, ngintip mikroskop, atau reproduksi. Hehe. Itu semua ada benarnya, namun di jurusan biologi tak hanya belajar tentang itu. Cakupannya luas sekali. Kali ini saya mau bahas sedikit gambaran tentang kuliah di fakultas biologi.

Awal masuk kuliah semester 1 – 2 akan diajarkan materi dasar yang sudah dipelajari di SMA. Selanjutnya, semester 3 ke atas kita akan lebih dikenalkan tentang biologi yang sebenarnya. Kita akan mendapatkan mata kuliah wajib (MKW) meliputi Mata Kuliah Biologi Dasar, Fisiologi Tumbuhan, Fisiologi Hewan, Taksonomi Tumbuhan, Taksonomi Hewan, Ekologi, Mikrobiologi, Genetika, Biologi Molekuler dan Biologi Sel. Gimana ? Mantaps jiwa kan ? hehe. Selain itu ada banyak mata kuliah pilihan (MKP) penunjang tugas akhir yang tak kalah serunya.

Mata kuliah yang membuat saya berkesan yaitu MKP Biologi Laut, Mikologi, dan Kultur In Vitro Tumbuhan (KIVT). Biologi Laut membahas tentang aspek biologis yang ada di ekosistem laut, pasang surut, kimia laut, keanekaragaman organisme laut (plankton, lamun/seagrass, invertebrata, ikan, cetacean, reptilia, dan burung laut), faktor lingkungan yang mempengaruhi organisme laut, pembagian wilayah laut, ekosistem spesifik laut tropis dan interaksinya (mangrove, lamun, dan terumbu karang).

Selain itu, karena saya suka dengan jamur maka MKP Mikologi is my favorite choices. Hehe. Mata kuliah ini membahas ilmu tentang karakteristik jamur, struktur somatik, reproduksi jamur, siklus hidup jamur, ekologi jamur, fisiologi dan metabolisme jamur, keragaman dan sistematika jamur, klasifikasi (pengelompokkan) jamur, teknik identifikasi jamur, budidaya jamur, dan peranan jamur dalam kehidupan sehari-hari. Bagi yang ingin bisnis budidaya jamur, ini salah satu MKP yang harus diambil. Hehe.

Menurut kalian, bisa nggak sih menumbuhkan tanaman utuh hanya dari secuplik potongan daun ? Jawabannya ada di MKP Kultur In Vitro Tumbuhan (KIVT). Apa itu KIVT ? Jawabannya adalah menumbuhkan tanaman, biji, embrio, organ, eksplan, jaringan, sel, dan protoplasma pada media tertentu dalam kondisi steril.  Mata kuliah ini membahas tentang sejarah, teori dasar, ciri-ciri dan tipe kultur in vitro tumbuhan, manfaat kultur in vitro tumbuhan, faktor-faktor yang mempengaruhi, teknik dasar, kultur embrrio, kultur organ, teknik perbaikan kualitas tanaman, pembuatan tanaman bebas penyakit, mikropropagasi vegetatif, peranan kultur in vitro dalam rekayasa tumbuhan, aklimatisasi hasil kultur dan trouble shooting. Keren kan ? Atau Pusing ? hehe.

follow_intipjurusan_COMPRES
Gambar 1. Kultur In Vitro pada Padi (Oryza sativa) (Sumber : Dokumen Pribadi).

Setiap mata kuliah biasanya memiliki tugas terstrukur (Tuters) yaitu tugas individu/kelompok yang membahas suatu permasalahan, kemudian mencari solusi berdasarkan refrensi ilmiah (seperti jurnal, buku, dan sebagainya) dengan format yang sudah ditentukan. Hasil dari tugas terstrukutr tersebut biasanya dipresentasikan di depan kelas. Tuters yang paling berkesan menurut saya adalah Tuters MKW Biologi Sel, Mikrobiologi dan Genetika karena hanya mencetak salinan gambar dari materi dan menjelaskannya di hadapan dosen dengan jadwal yang sudah ditentukan. Hehe.

Praktikum adalah jati diri yang tidak dapat dilepaskan dari seorang mahasiswa biologi. Setiap mata kuliah yang berbobot 3 sks memiliki praktikum yang sudah diatur jadwalnya. Praktikum akan memperjelas teori yang di kuliah sudah disampaikan. Setiap selesai praktikum, mahasiswa diwajibkan membuat laporan. Bentuk laporan berbagai macam, ada yang formal dan non formal. Praktikum yang berkesan bagi saya adalah MKP Ekotoksikologi dan Ekologi Mangrove. Praktikum MKP Ekotoksikologi yang berkesan adalah ketika mengukur kualitas udara di suatu tempat selama beberapa menit dengan memegang alat khusus dan juga ketika mewawancarai tukang becak serta mengambil darah tukang parkir. Mantap jiwa kan ? Hehe. Laporan praktikum juga dibuat dalam bentuk poster dan wajib di-upload ke Facebook. Nilai laporan tertinggi adalah poster dengan jumlah like terbanyak. Wkwk. Kocak kan ? Haha. Selain itu, Praktikum MKP Ekologi Mangrove juga tak kalah seru yaitu nyemplung ke lumpur mangrove setinggi paha (kondisi laut sedang pasang) di Segara Anakan, Cilacap untuk melakukan analisis vegetasi mangrove. Setelah itu, badan saya gatel-gatel selama 3 hari. Wkwk.

Gambar 2. Keceriaan Asisten Praktikum Lapangan Ekologi Mangrove (Sumber : Ridwan Alwarisman)

Bagi yang seneng belajar sambil jalan-jalan (seperti saya. Hehe), ada beberapa mata kuliah yang melakukan Praktikum Lapangan seperti Ekologi (ke sungai pelus), Ekologi Tumbuhan (ke Baturraden), Ekologi Mangrove (Segara anakan, Cilacap), Biologi Laut (Karimun Jawa/Nusakambangan), Karsinologi, Limnologi, Taksonomi Hewan/Tumbuhan (LIPI Bogor), Fitokimia (BPTO Tawangmangu), dan masih banyak yang lainnya.

Gambar 3. Praktikum Biologi Laut di Nusakambangan, Cilacap- Mencari Sponge (sumber : Ridwan Alwarisman)

Prospek kerja lulusan Fakultas Biologi UNSOED ini sangat luas. Alumni Fakultas Biologi UNSOED banyak bekerja di perusahaan/lembaga penelitian, ada juga yang sukses menjadi pengusaha. Berikut ini daftar beberapa tempat kerja alumni Fabio Unsoed :

  1. Kementerian Kehutanan
  2. Kementerian Kelautan dan Perikanan
  3. Kementerian Pertanian
  4. Kementerian Pertahanan (Tenaga Medis TNI AD)
  5. Kementerian Kesehatan
  6. BPOM RI
  7. Agricon
  8. Balai besar Penelitian dan Pengembangan Budidaya Laut, KKP
  9. Sanofi Aventis Indonesia
  10. Nutrilab Pratama
  11. Balai Penelitian Perikanan Laut, Jakarta
  12. SD, SMP dan SMA Al-Irsyad, Purwokerto (Guru)
  13. Universitas Terbuka (Dosen)
  14. Sekolah Globe National Plus, Batam (Guru)
  15. SMA PU AI bayan Islamic Boarding School (Guru)
  16. Medion
  17. BBPPTOOT Tawangmangu
  18. Bank
  19. Masih banyak yang lain yang tidak bisa disebutkan.

Oh iya kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

Azhar Faturohman Abidin

Mahasiswa tingkat akhir di Jurusan Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Aktivitas saat ini yaitu asisten mata kuliah, penelitian, nge-draft skripsi. Hobi saya mendaki gunung dan fotografi. Email : azharfaturohman29@gmail.com

Kode Konten : X187

4 thoughts on “Biologi Unsoed (Azhar)”

    1. Bedanya sama biologi inter gak banyak, salah satunya adalah bahasa pengantarnya waktu kuliah. Full English. Biaya kuliah juga lebih mahal dari biologi kelas reguler. Ruangan kuliah VIP dan berkesempatan student exchage di luar negeri. Sisanya sama dengan biologi kelas reguler.

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *