Biokimia IPB (Nadya)

Apa yang kalian pikirkan saat pertama kali mendengar kata Biokimia? Kebanyakan orang mengira Biokimia gabungan dari Biologi dan Kimia. Memang bener sih, Biokimia gabungan dari Biologi dan Kimia, tapi masih kurang spesifik hehee. Kalo secara bahasa Biokimia dari kata Bio artinya makhluk hidup/kehidupan, dan Kimia artinya ikatan. Jadi, Biokimia itu adalah CINTA (ikatan kehidupan) wkwkwkwk :D. You`ll find too much love in Biochemistry!!! Seriusnya, Biokimia itu fokus mempelajari reaksi-reaksi kimia yang ada dalam tubuh makhluk hidup (red: metabolisme). Untuk menguasai metabolisme, hal yang wajib dipelajari terlebih dahulu adalah biomolekulnya yang berperan sebagai aktor penting dalam metabolisme yaitu karbohidrat, lipid, protein, dan asam nukleat. Semua hal tentang mereka akan dipelajari secara mendalam, mulai dari strukturnya, sifatnya, peran di dalam tubuh, dll. Oleh karena itu, di Biokimia terdapat tiga fokus studi yaitu metabolisme, biomolekuler, dan bioanalisis. Kalo kamu menguasai banget ilmu biokimia ini, aku yakin kamu bakal bisa menjelaskan hal apapun tentang makhluk hidup. Beneran deh!!! Temen-temen dari kedokteran, farmasi, peternakan, perikanan, pertanian juga belajar Biokimia loh sebagai faktor pendukung terpenting dalam memahami bidang keilmuwan mereka.

Saat ini program studi Biokimia di Institut Pertanian Bogor masih satu-satunya di Indonesia. Semoga kedepannya Biokimia di IPB punya saudara, heheee aamiin. Biokimia di IPB mulanya masuk dalam prodi Kimia, tapi tahun 2005 Biokimia berdikari sebagai prodi tersendiri. Alhamdulillah Biokimia di IPB menyandang akreditasi A dari BAN-PT. So, jangan ragu lagi masuk Biokimia ?. Beberapa mata kuliah yang dipelajari di prodi ini adalah Toksikologi, Enzimologi, Kimia Organik, Metabolisme, Integrasi dan Regulasi Metabolisme, Bioinformatika, Biokimia Nutrisi, Biokimia Tumbuhan, Biologi Molekuler, Genetika, Biokimia Analisis, Biokimia Klinis, Biokimia Pertanian dan Lingkungan, Mikrobiologi Dasar, Metode Statistika, Kimia Organik, Biosinyal, Bioenergetika, dll. Dari beberapa mata kuliah tersebut semoga kamu punya gambaran sedikit tentang prodi Biokimia.

Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah, praktikum, dan responsi. Tidak terlalu berbeda dengan jurusan sainstek yang lainnya. Untuk kuliah, dosen sering mengadakan kuis atau tugas kelompok seperti makalah dan dipresentasikan. Praktikum biasanya dipandu oleh dosen penanggung jawab dan asisten praktikum. Responsi mirip dengan praktikum yang dipandu oleh asisten dosen tetapi mata kuliahnya bukan yang mengharuskan kerja di laboratorium seperti Bioinformatika yang dilakukan di dalam kelas menggunakan laptop bukan bahan-bahan kimia. Foto di bawah ini merupakan salah satu praktikum dari mata kuliah Biokimia Klinis, yang pake tikus sebagai hewan percobaan, siapa yang geliiii/takuuuut? Wkwkwk, tenang aja, kamu ga sendirian, praktikum ini dikerjakan per kelompok dan kalo kamu phobia sama tikus bisa bagi tugas sama temen lain yang kebal 😀

Source: Google

Aduh, kayaknya susah deh kuliahnya, sains banget!

Hahahaa, tenang teman-teman! Semua jurusan/program studi punya tantangannya masing-masing. Rumput tetangga selalu lebih hijau ga berlaku untuk hal ini. Balik lagi, disesuaikan dengan minat dan kemampuan masing-masing. Semuanya butuh perjuangan. Salah satu guru SMA aku pernah bilang gini,” Kalo kamu ngerasa masuk ke sebuah sistem yang mudah, kamu merasa biasa aja dan tidak ada tantangan, kamu harus keluar dari situ, karena kamu sedang tidak berproses dan tidak akan mendapatkan apa-apa”. Ini bener banget teman-teman, ketika kamu ngerasa masuk di jurusan IPA (misalnya) dan kamu merasa semua serba mudah untuk kamu, berarti kamu ga sedang belajar teman-teman, lebih baik cari hal lain yang lebih menantang lagi di luar sana.

Selama kurang lebih 4 setengah tahun aku belajar di Biokimia, hal yang paling berkesan dan akan sangat dirindukan bahkan ketika kamu belum lulus adalah ngerjain laporan praktikum bareng-bareng sama temen-temen. Saat itulah bonding kita seangkatan terbentuk. Kalo saat kuliah, kita hanya datang, duduk, dan mendengarkan dosen, istirahat bentar pindah kelas. Gitu aja. Interaksi yang terjadi biasanya lebih sedikit dibandingkan kita ngerjain laporan bareng-bareng. Quality time-nya anak Biokimia begitu, meaningful ! 😀

Kak, jiwa dan raga gue ga bisa sepenuhnya ngurusin akademik kak, gue butuh hiburan!

Okeeee.. Jangan salaaah. Mahasiswa Biokimia walaupun dipenuhi dengan tugas dan laporan, banyak banget yang aktif di organisasi dalam dan luar kampus. Ikut kepanitiaan, gabung ke UKM yang sesuai passion mereka, dll. Biasanya di jurusan juga ada kegiatan seru dari pengurus himpunan jurusan seperti lomba olahraga dan lomba seni. Kamu bisa melibatkan diri di kegiatan tersebut, bisa sebagai panitia atau pun peserta. Jangan salah juga, mahasiswa Biokimia sering loh memenangi perlombaan seni ataupun olahraga di tingkat universitas. Foto di bawah ini merupakan salah satu penampilan drama musikal Biokimia pada perlombaan seni tingkat fakultas. Kece kan?!

Source: http://crebs.lk.ipb.ac.id/gallery/

Kalo prospek kerja dan sebaran alumninya gimana kak?

Alhamdulillah lulusan Biokimia bisa kerja di sangat banyak tempat, di perusahaan farmasi, pangan, pertanian, perikanan, peternakan, start up juga bisa, dll. Biasanya bidang yang menerima lulusan Biokimia adalah RnD (Research and Development), QA (Quality Analysist), QC (Quality Control) dan masih banyak lagi. Di era dengan teknologi canggih, pekerjaan yang bisa kamu lakukan semakin banyak. Jangan takut buat ga dapet kerja, kalo perlu kamu sendiri yang buka lapangan kerja, ya kan?! Manfaatkan teknologi ya untuk menambah wawasan kamu. Kamu bisa masuk ke website universitas yang kamu inginkan dan coba cari tahu jurusan-jurusan yang kamu penasaran! Semoga tulisan yang receh ini bisa sedikit menambah ilmu kalian ya terkait jurusan Biokimia. Kalo ada yang ingin ditanyakan bisa kontak aku di media sosial yang aku cantumin di bawah, ga usah malu atau sungkan ^^. Bye!!!


Tentang penulis: Nadya Meitary

Mahasiswi semester IX, angkatan 2013 program S1 studi Biokimia – Institut Pertanian Bogor (IPB). Hobi travelling biar ga sakit :D, suka baca artikel, blog, review kosmetik atau skincare, baca bukuinspiratif/motivasi/pengembangan diri, dan ngikutin perkembangan dunia digital. Saat ini sedang menunggu jadwal sidang komprehensif :D.

Twitter: @ayiiyaa

Instagram:@nmeitary

Facebook/Email: nmeitary@gmail.com

Kode Konten: X225

25 thoughts on “Biokimia IPB (Nadya)”

  1. kak kalo misalnya mau masuk snmptn ke IPB susah gak ya kira kira ..
    apakah benar kalo mau masuk snmptn ke suatu ptn harus ada alumni dari sma nya baru bisa masuk ?

    1. Hallo Fatimah, maaf ya aku baru baca hehehehe
      Susah atau engga itu relatif dek, yang penting
      1. Kamu lolos persyaratan umum SNMPTN 2018

      2. Kalo akreditasi sekolah kamu baik, nilai kamu bagus (Mat, Fis, Kim, Bio, Bind) dan stabil tiap semester akan semakin besar peluang kamu untuk lolos SNMPTN, apalagi ditambah dengan prestasi akademik dan non akademik lainnya, karena SNMPTN melihat track record di SMA terutama rapor, sebaiknya kamu tidak punya “saingan” di jurusan dan univ yang ingin kamu pilih. Maksud “saingan” disini adalah teman yang nilai rapor dan prestasinya lebih baik dari kamu.

      3. Tidak harus ada alumni dari SMA kamu untuk bisa lolos di SNMPTN. Alumni hanya nilai plus dalam pertimbangan memilih maba, karena teman-teman aku banyak yang mereka adalah angkatan pertama dari SMA mereka yang masuk IPB.

      4. Setelah semua persyaratan telah dipenuhi, sekolah kamu tinggal menentukan strategi saja, karena tiap sekolah kuotanya beda-beda kan, tergantung akreditasi. Semakin bagus akreditasi, semakin banyak kuotanya, begitu sebaliknya.

      5. Hal yang terpenting adalah berdoa. Berdoa untuk bisa diterima dan jika tidak diterima semoga kamu ditempatkan di univ/jurusan yang lebih baik. Semangat ya! Maksimalkan semua peluang yang ada 🙂
      Semoga jawaban aku bisa membantu ^^

  2. Kak, kalau untuk sbmptn biokimia persentase yang dibutuhin supaya bisa lolos berapa ya kak? Dan kalo snm nya apakah rata2 nilai rapotnya harus di atas 8 kak?

    1. Persentase atau passing grade yg kamu mksd secara resmi universitas ga ada yg mengeluarkan itu dek, biasanya bimbel2 yg buat passing grade itu berdasarkan survei mereka masing2, kalo kamu browsing biasanya ada byk tuh web ttg passing grade tiap jurusan, passing grade itu tidak 100% benar, kalo passing gradenya tinggi, jadikan itu motivasi tapi kalo rendah mending ga usah jadikan patokan karena takutnya nanti terlena wkwk, optimis dan jangan menyerah, semoga membantu 🙂

      Untuk jawaban nilai ttg nilai rapor scroll ke bawah dikit ya dek, ada yg pertanyaan sama juga hehe

      Makasih ya udah mau baca artikel ini 🙂

    1. Untuk patokan nilainya aku pribadi ga tau dek, dan ga ada yang tau selain tim yang memeriksanya hehe, intinya kalo jalur snmptn menggunakan nilai rapor kamu, semakin tinggi nilainya peluangnya juga semakin besar, yang dilihat bukan nilainya aja, tapi bagaimana progress belajar kamu di tiap semesternya juga, semoga membantu 🙂

  3. Kak mau nanya, untuk biokimia ipb dengan ilmu gizi ipb daya tampung dan keketatan peminatnya lbh kompetitif mana ya di sbmptn? Soalnya saya bingung kak mau naro pil ipb itu di 1 atau 2.. ;( katanya kan kalo di pil 1 itu maks yg tinggi lah pg dll nya (re:impian) hehe

    Makasih yaa kak sebelumnya..

  4. Kak mau nanya, untuk biokimia ipb dengan ilmu gizi ipb daya tampung dan keketatan peminatnya lbh kompetitif mana ya di sbmptn? Soalnya saya bingung kak mau naro pil ipb itu di 1 atau 2.. ;( katanya kan kalo di pil 1 itu maks yg tinggi lah pg dll nya (re:impian) hehe

    Makasih yaa kak sebelumnya..

    1. Biasanya ilmu gizi duluan baru biokimia dek, patokannya bisa diambil dari passing gradenya, biokimia blm terlalu byk org yg tau karena masih tergolong baru juga (thn 2005), jadi blm bisa menyangi tetuanya hehe 🙂

  5. Ohh gitu ya kak, berarti kalo mau pilih ilmu gizi taro di pil 1 dong ya dari prodi yg lain..?
    Ohya ka di biokimia itu harus bisa banget kimia sama biologinya ya? Fisika nya jg ga ka? Hhehe

  6. Halo kak…
    Aku mau tanya nih, sebenarnya biokimia tuh dpt mapel kimianya susah ga sih?? Lalu bagaimana dngn praktikumnya sulit kah? Jadi aku tuh suka sama biologi, lalu mau coba biokimia.. cuma aku takut biokimia susah dikimianya.. Krna juga bnyk yg blng dr mahasiswa ipb sndiri kalo biokimia tuh sulit bngt…

    1. Halo Doaningtyas,
      Tahun pertama kuliah kamu akan dapat mata kuliah Kimia Dasar, kurang lebih sama dengan sewaktu di SMA, sulit atau tidaknya kamu bisa jadikan gambaran ketika kamu di SMA, kalau kamu merasa kesulitan, kamu bisa belajar dengan teman seperjuangan kamu, intinya jangan menyerah 🙂
      Tingkat 2 kamu akan dapat kimia analitik, kimia organik, kimia anorganik, dan kimia fisik. Beberapa ada yang butuh waktu lama untuk memahaminya, beberapa ada yg mudah juga, tingkat 3 dan seterusnya barulah benar-benar matakuliah biokimianya. Disamping Kimia, akan banyak juga matakuliah ttg Biologi, seperti Biologi Dasar, Genetika Dasar, Struktur an Fungsi Biomolekul, Mikrobiologi, dll. Biologi dan Kimia benar-benar dasar dari jurusan Biokimia, kalau kamu kuasai dua duanya tentu akan mempermudah proses kamu nantinya 🙂

  7. Halo kak.
    saya mau nanya nih kak
    kalo untuk prospek pekerjaan gimana nih kak?
    untuk lulusanya paling banyak dapat pekerjaan dimana?
    banyak desas-desus lulusan biokimia kalah saing untuk mendapat kerjaan, menurut kakak gmn?bnr gak kabar angin yang demikian.
    maaf ya kak sebelumnya dan terimakasih

  8. kak mau tanya, pas kakak masuk biokimia IPB lewat SNMPTN atau SBMPTN? kalau lewat SNMPTN berapa rata-rata nilai raport nya?

  9. Kak, kalau lulusan biokimia terus pengen kerja di bidang yg berhubungan dgn forensik bisa nggak? Aku pengen banget daftar biokimia tahun ini?

  10. Kak mau tanya. Biokimia sama teknik bioproses itu sama gak sih kak?. Apa biokimia ipb cuma belajar tentang metabolisme makhluk hidup? Enggak belajar tentang pembuatan produk?

    Makasihh kak

  11. Jadi makin mantebb kak di biokimia.
    Semoga SNMPTN 2018 ini ketrima?
    Nice artikel kak. Sangat membantu. Terimakasih

  12. makasih kak…artikelnya sangat membantu??..oh iya kak saya mau tanya. kuliah biokimia itu cocok ga kak untuk orang yang bener-bener suka kimia? Trs kak, untuk bisa kuliah di jurusan ini apa benar – benar harus ditunjang dengan kemampuan biologi yang mumpuni? trs kak, untuk meletakkan pilihan jurusan di sbm antara teknologi pangan ipb dan biokimia ipb, yang harus diletakkan di pilihan pertama yang mana kak? Terima kasih☺

  13. kak, saya mau bertanya. saya suka sama pelajaran kimia. Kalau untuk biologi, saya ada di kategori biasa2 saja. saya mau mencoba ambil jurusan biokimia kak. Dengan kemampuan biologi saya yang masih dalam kategori biasa2 saja ini, apa nanti akan menjadi penghambat kak? Lalu, apa kakak memiliki tips2 belajar di jurusan biokimia ini? Terima kasih kak dan sukses untuk sidangnya ya kak??

  14. Hay nadya (lupa nama panggilannya apa). Review ttg jurusan biokimnya oke banget :D.

    Btw, mau membantu jawab bbrp topik pertanyaan:
    1. Kalah saing kerjaan–> menurut saya, malah dng menjadi alumni biokimia, banyak kesempatan kerjanya sih, kamu bisa milih untuk masuk di jalur biologi/kimia. Desas desus kalah saing santer mungkin karena jarang ada job requirement jurusan biokim ya~ padahal kalau jeli, setiap ada kebutuhan biologi/kimia mah hajar aja~
    2. Prospek kerja–> udah ditulis ya sama nadya di badan reviewnya.. balai, laboratorium, industri pangan, farmasi, bahkan forensik sangat nyambung sama biokimia. Bahkan untuk kerja seperti di bidang komunikasi, analisis data pun bisa, mengapa? Karena jurusan ini ga cuma mempelajari ttg biokim, tapi juga hal2 sosial penunjang kehidupan bermasyarakat.
    3. Biokim ga cuma belajar metabolisme makhluk hidup. Di sini, kalian bakal belajar tentang molekul2 terkait kehidupan, jalur metabolismenya, bagaimana cara menganalisisnya, dan pengembangan molekul2 tsb untuk berguna di dalam kehidupan. Mungkin kalau bioproses lebih ke arah teknisnya kali ya.. bisa dibilang beda sama biokim. Biokim ilmu dasar, bioproses ilmu terapannya.
    4. Saya dulu juga sukanya biologi, ga suka kimia. Tapi toh bisa2 aja lulus dng lancar. Namanya kuliah, pasti buat belajar kan.. di situ ada proses buat memahami pelajaran baru. Perlahan tapi pasti, walau ada kekurangan, paati bisa lulus juga kok haha.
    5. Tips belajar di biokim–> cinta dan ikhlas. Cintai biokim, kalau cinta pasti pelajaran sesulit apapun bisa nempel. Ikhlas kalau kamu udh masuk biokim, kalau kamj ikhlas, pasti ada kemudahan untuk.melewatinya~ jangan lupa, pelajaran yg bisa diambil dr kuliah bukan hanya tentang mata kuliah, tetapi juga pelajaran bermasyarakat, so jangan jadi ansos~ itu tips nya hahaha #maaf ye nad.. aku sotoy

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *