Bimbingan dan Penyuluhan Islam UIN Jakarta (Merli)

Hai Hai intipers 🙂

Kenalkan nama saya Merliana Afiyati. Panggil aja Merli. Saya mahasiswi aktif Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam  angkatan 2014. Oke, sekarang saya akan menjelaskan nih tentang Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI). Pasti banyak yang menduga kalau Bimbingan dan Penyuluhan Islam serupa Bimbingan dan Konseling ya? Padahal, Bimbingan dan Penyuluhan Islam berbeda dengan Bimbingan dan Konseling (BK). Mau tau bedanya? Simak baik-baik penjelasan saya yaa

Bimbingan dan Konseling sendiri masuk kedalam Fakultas Ilmu Pendidikan, sedangkan Bimbingan dan Penyuluhan Islam berada dalam Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Secara otomotis gelar sarjananya juga berbeda intipers. Kalau Bimbingan dan Konseling gelar yang kamu dapatkan Sarjana Pendidikan (S.Pd). Jika di Bimbingan dan Penyuluhan Islam maka kamu memperoleh gelar S.Kom.I (Sarjana Komunikasi Islam). Mendengar Fakultas Dakwah, kamu jangan horor dulu. Ndak menyeramkan seperti yang kamu bayangkan ko. Sama seperti perguruan tinggi islam lainnya, Fakultas ini punya mata kuliah wajib “Pendidikan Agama Islam”.

Meskipun jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam kurang termasyur, masalah prospek kerja tidak usah khawatir. Bimbingan dan Penyuluhan Islam juga punya prospek kerja yang tidak kalah luas loh. Nyatanya, banyak alumni-alumni Bimbingan Penyuluhan Islam yang bekerja di Diknas sebagai guru BP, ada yang bekerja di Depsos/Deptan/BKKBN sebagai penyuluh, ada juga yang bekerja di Pemda dan Perusahaan sebagai pembimbing karir, kemudian bekerja di  Lapas sebagai Konselor Agama dan Bimtal (bimbingan mental), bekerja di Rumah Sakit sebagai Perawat Rohani Islam, di Panti Rehabilitas sebagai terapist, serta bekerja di LSM sebagai Aktivis Sosial Keagamaan, dan di Penerbit sebagai Konsultan. Menarik kan? Jadi jangan mengira kalau lulusannya hanya jadi penceramah atau guru mengaji.

400

Kira-kira apa sih yang dipelajari dari Bimbingan dan Penyuluhan Islam?

Nantinya, kamu akan belajar macam-macam kepribadian orang di mata kuliah Psikologi Umum. Jadi, kamu bisa tau gimana caranya menghadapi kepribadian oranglain yang berbeda-beda. Entah itu orangtua, sahabat, teman dekat, pacar atau gebetan. Di Bimbingan dan Penyuluhan Islam, kamu juga akan belajar tentang gangguan jiwa. Seperti ciri-ciri orang yang mengalami gangguan jiwa, faktor-faktor yang meyebabkan gangguan jiwa dan macam-macam gangguan jiwa di mata kuliah Islam dan kesehatan mental. Nah, dari situ nanti kamu bakal bisa mengidentifikasi nih jangan-jangan ada dari saudara/kerabat kita yang mengalaminya.

Sekarang kamu udah tahu kan,  Bimbingan dan Penyuluhan itu apa?

follow_intipjurusan_COMPRES

Yap, Bimbingan dan Penyuluhan Islam memang erat kaitannya sama individu, kelompok, dan masyarakat. Hal ini juga yang menyebabkan Bimbingan Penyuluhan Islam lebih banyak praktik. Beberapa kali saya ditugaskan untuk membuat program intervensi di lembaga.

 

Suasana penyusunan Program Intervensi di dalam Ruang Kelas

Salah satu program intervensi yang saya dan teman-teman buat yaitu program Pekan tahfidz Qur’an di TK Nurul Hasanah, Pamulang. Senang dan bahagia rasanya, melihat antusias Adik-adik TK Nurul Hasanah semangat mengikuti kegiatan yang kami adakan.

Penutupan Program Tahfidz Qur’an di TK Nurul Hasanah, Pamulang

Dan tugas yang paling berkesan adalaaaah, jeng jeng jeng…saat saya dan kawan-kawan Praktikum Mikro membuat program intervensi Pesantren Ramadhan di Yayasan Sahabat Bumi Jurang Mangu, Bintaro. Excited banget, dari mulai survey lokasi sendiri, observasi sendiri, anjangsana, membuat proposal kegiatan, menyebarkan proposal, menyusun program, membuat jadwal kegiatan, sampai pengisi kegiatan juga dilakukan sendiri.

Setelah, kamu menjadi mahasiswa jangan harap deh kalau dosen kamu akan menjelaskan panjang lebar tentang materi perkuliahan. Mahasiswa dituntut untuk belajar lebih giat karena materi perkuliahan yang disampaikan di kelas tidak lebih dari 50%.  Jadi, siapa bilang mahasiswa itu bisa luput dari tugas.  Tugas yang paling umum membuat makalah. Oiya, sebagai penutup ada tips nih dari saya agar presentasi makalah kamu bisa memikat hati dosen. Perbanyak membaca dan berdiskusi yaaa. Sekian dari saya. Semoga bermanfaat.


Tentang Penulis : Merliana Afiyati

Mahasiswi tingkat akhir Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Fakultas \Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Blog: http://merlianaafiyati.blogspot.co.id/

Instagram: @merlianafiyati

Kode Konten : X192

 

1 thought on “Bimbingan dan Penyuluhan Islam UIN Jakarta (Merli)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *