Pend. Bahasa Inggris UIN Sumatera Utara (Indah)

Hello Sahabat Intipers,

Perkenalkan nama saya Indah Purnama Sari. Saya Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri  Sumatera Utara, angkatan tahun 2014. Saat ini saya berada di semester VII (Mahasiswi Tingkat Akhir)

Saya akan sharing mengenai Prodi yang saya ambil di UIN-SU, tempat dimana saya kuliah saat ini. Dulunya UIN-SU yaitu IAIN-SU “Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara. Yang berdiri pada tahun 1973, dan akhirnya Pimpinan dan segenap Sivitas Akademika telah bertekad untuk mengalih statuskan IAIN SU menjadi UIN-SU, pada tahun 2014 silam.

Nah Sahabat Intipers, Banyak orang bilang: “ Kenapa sih kuliah pilih  jurusan bahasa Inggris? Bahasa Inggris itu kan sulit. Dan ada juga yang bilang, Bahasa Inggris itu-itu ajanya yang dibahas, Tenses dan Grammarnya. Di SMA juga udah pernah dipelajari.

di-web

Well, saya akan mencoba meluruskan dari pendapat orang tentang jurusan yang saya pilih. Sebenarnya belajar Bahasa Inggris itu tidak sulit. Kuncinya itu Cuma satu yaitu: “Kemauan”. Biasa-biasa ajapun Bahasa Inggris seseorang, kalau dia mau berusaha dan berlatih, saya yakin pasti bisa. Saya dulu juga pernah mengalami hal tersebut. Disemester awal, ketika dosennya speak English, yah bisa dibilang kami dikelas Full English. Namanya juga sudah jurusannya. Nah saya faham apa yang disampaikan dosen. Akan tetapi, rasanya sulit untuk mengucapkannya. Dari situ, saya punya kemauan untuk berani menyampaikan pertanyaan, dan tanggapan disetiap meetingnya. Intinya, jangan pernah menyerah! Karena Proses tidak pernah menghianati hasil.

Next, Kenapa sih kuliah memilih jurusan Bahasa Inggris? Toh di SMA dulu juga pernah dipelajari. Dan belajarnya pun juga Tenses, Grammar. Samakan?

Nah Sahabat Intipers kamu harus tahu, dibangku perkuliahan juga membahas Tenses, dan Grammar. Akan Tetapi, pembahasannya lebih luas dan di perdalam. Tenses ini kan dasarnya, bagaimana mungkin kamu belajar Bahasa Inggris tanpa tahu dasarnya. Otomatis, kita pelajari dulu dasarnya itu gimana, nah dibangku perkuliahan semuanya diperdalam. Didalam bahasa Inggris ada 4 basic yang harus kamu kuasai. Yaitu: Reading, Writting, Speaking, dan Listening. Semuanya itu saling berhubungan satu sama lain. Yang pastinya, belajar Bahasa Inggris itu menyenangkan guys.

Nah, masih penasaran ya dengan pengalaman saya kuliah dengan memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris? Kepoin aja yuk sahabat intipers.

Sekarang saya mau sharing manfaat memilih kuliah dijurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Ada banyak manfaat yang kamu dapat, antara lain sebagai berikut:

Yang Pertama, Dengan belajar bahasa Inggris, Membuatmu merasa nyaman ketika liburan.  Untuk kebanyakan orang, liburan merupakan sesuatu yang menyenangkan, apalagi liburannya keluar negri atau ke suatu tempat yang sering dikunjungi tourist. kamu dapat berkomunikasi dengan orang asing. Maka untuk sahabat intipers yang suka travelling, sebaiknya dari sekarang pelajari bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional.

Yang Kedua, Dengan belajar Bahasa Inggris, akan  Mendapatkan skor TOEFL ataupun IELTS yang memuaskan. Nah, ini sangat bermanfaatloo buat kamu yang ingin mendaftar kuliah beasiswa didalam, ataupun diluar Negeri. Juga dapat digunakan  untuk melamar suatu pekerjaan yang layak.

Selain mendapatkan ilmu, dapat banyak teman, kamu juga bakalan mendapatkan uang. Yang pastinya enak dong, hehehe. Contohnya ni ya, Kamu buat iklan dan promosikan di Media Sosial, bahwa kamu bisa menterjemahkan teks dari Bahasa Indonesia-Bahasa Inggris, Begitu juga sebaliknya. Dan saya sendiri sudah membuktikan, dan hasilnya alhamdulillah.

Dan yang Ketiga, Seperti yang kita ketahui bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Dan kembali ke realitas. Zaman sekarang banyak teknologi yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu tentu akan mengetahui bagaimana cara mengoperasikan suatu teknologi seperti: Komputer, smartphone, dan juga teknologi lainnya.

Sudah tahu kan guys, pokoknya banyak deh manfaat dari belajar Bahasa Inggris. Ya walaupun banyak manfaatnya, tapi kamu juga harus cinta dengan bahasa Indonesia ya sahabat intipers..

Tahu nggak guys, kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini ada beraneka jenis Mata Kuliah yang dipelajari. Contohnya: Hafalan. Ya kalau disemester dasar yang berkaitan dengan bahasa Inggris pastinya tentang tenses. Nah jangan salah guys, karena saya kuliah di salah satu Universitas Islam Negeri di Sumatera Utara, Semester akhir seperti saya ini juga banyak hafalannya lo guys. Contohnya Menghafal Al-qur’an dan Hadist. Itulah salah satu syarat agar lulus dan mendapatkan gelar sarjana (S1).

Kalau belajar hitung-menghitung, untuk mahasiswa/i Pendidikan Bahasa Inggris itu sangat sedikit. Materi tentang hitungan ada disemester VII&VIII. Dan saya sedang melaluinya. Hehehe. Di semester VII ada namanya MK Statistik. Hmmm, bukan anak Math ajakan yang belajar Statistik, anak Pendidikan Bahasa Inggris juga. Nah itu tujuannya, agar kamu mudah dalam menyelesaikan laporan akhir kamu (Skripsi). Karena jika kamu Mahasiswa/i semester akhir, dan kamu memilih penelitian dengan menggunakan metode Kuantitatif, maka disitulah terdapat hitungannya. Tetapi, jika kamu tidak menyukai hitungan, kamu juga bisa memilih menggunakan metode Penelitian Kualitatif. Ini cocok banget buat kamu yang lemah dalam belajar Math. Hehehe. Kalau menurut pengalaman pribadi saya, MK yang menarik itu Translation Skill. Karena Pada semester V dan VI saya belajar Translation dengan menggunakan banyak metode. Salah satunya dengan hafalan. Disitu kami diberi waktu selama satu bulan untuk menghafal Al-qur’an untuk 1 Juz. Bukan hanya Bahasa Arabnya, Kami menghafal dengan menggunakan 4 bahasa. Yaitu: Bahasa Arab, Indonesia, Inggris, dan bahasa Isyarat (deaf people). Awalnya saya berfikir, bagaimana mungkin bisa menghafal 4 bahasa dalam waktu sesingkat itu? But Impossible become I’m Possible. Dan akhirnya dengan semangat yang luar biasa saya bisa.

Kuliah di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ada beberapa MK keguruan yang menarik. Contohnya Seperti: Strategi Pembelajaran, Curriculum Material Design, dan Profesi Keguruan. MK tersebut menurut saya sangatlah penting. Karena MK tersebut membahas tentang metode-metode dalam proses belajar mengajar. MK ini ada disemester V&VI. Jadi bagi kamu yang masih Maba, kamu bakalan mengalami betapa asyiknya belajar dengan beraneka metode pembelajaran. Nah, masalah tugas, Tugas yang diberikan dosen itu beraneka ragam loo guys. Ada Makalah, Jurnal, Mini Research, Rekayasa Ide, dan saat ini yang sedang booming yaitu Critical Book Review (CBR) & Critical Journal Review (CJR). Dimana Mahasiswa/i ditugaskan untuk membandingkan beberapa buku, dan Jurnal. Yang kemudian dikritik menurut pendapat Mahasiswa/i. Yang tujuannya, agar Mahasiswa/i lebih kritis dan jeli dalam proses belajar. Baikah, untuk saat ini saya yang akan mengkritik buku-buku dari para Expert Insyaallah beberapa tahun kemudian, ketika saya sudah Master, buku-buku saya yang akan dikritik oleh anak didik penerus bangsa. Amin, hehehe

Next, Setiap Mahasiswa/i pasti memiliki MK Favorite kan? Begitu juga dengan saya. Saya juga memiliki beberapa MK favorite. Yaitu: Translation Skill, dan Public Speaking.

Baiklah, saya akan sharing tentang Translation Skill. Mahasiswa/i Pendidikan Bahasa Inggris pasti sudah tahu kan apa itu Transation Skill? Well, MK Translation dimana, Mahasiswa/i harus mampu menterjemahkan dari Bahasa Sumber ke Bahasa Target. MK ini sangat menarik loo sahabat Intipers. Waktu semester V lalu, dosen saya memberikan tugas akhir yaitu Menterjemahkan Artikel-artikel dari sumber VOA.com yang beliau share via Facebooknya. Jadi, kami harus Up to date agar dapat menterjemahkan artikel tersebut. Kurang lebih ada 50-an artikel yang harus diterjemahkan. Dan saya menghabiskan 3 buku yang isi 100 Lembar untuk mengerjakannya. Karena tugas terjemahan ini harus diselesaikan dengan Hand Writting. Dan akhirnya saya mengorbankan waktu istirahat saya. Dan Alhamdulillah sahabat Intipers, Ternyata iya, Proses tidak Menghianati hasil. Semuanya terselesaikan dengan sangat baik. Saya juga mendapat Reward sama Mom Farida karena saya mampu menyelesaikan artikel-artikel yang ditugaskan nya.

Dan yang kedua, Pada semester VI Beliau juga memberikan kami tugas mencari Client untuk Jasa Terjemahan Nah disini saya memiliki ide untuk membuat brosur, kemudian saya promosikan melalui via Sosmed, dan Alhamdulillah ada beberapa Client dari kampus dan jurusan yang berbeda, mereka membutuhkan jasa Terjemahan tugas-tugas kuliahnya. Dan Allhamdulillah terselesaikan dengan baik. Disamping saya dapat membantunya, saya juga mendapatkan uang. Hehehehe. Serrrruuuu kan Sahabat Intipers.

Selain MK Translation, saya juga Favorite banget dengan Public Speaking. Nah, Ketika saya semester II, Dosen saya memberikan tugas. Nah tugas yang satu ini dikerjakan per-team. Jadi kami mahasiswa/i Pendidikan Bahasa Inggris, kami harus membuat video yang isinya Kami berbincang dengan tourist. Sahabat Intipers, ternyata Kota Medan juga banyak didatangi oleh orang-orang asing, salah satunya yaitu: Istana Maimon & Masjid Raya. So, kami pergi ke Maimoon dan bertemu dengan tourist, ya mulai deh kenalan (Hahaha). Awalnya sih perkenalan, kemudian kami juga memberikan beberapa pertanyaan, pertanyaan yang sampai saat  ini masih saya ingat yaitu: “What is your First Impression come to Indonesia? And She answer: I Love Indonesia. Because Indonesian People are very Friendly”. Ooooooowwwww, Ternyata oh ternyata, Orang Indonesia itu terkenal dengan Ramah Tamahnya. Hehehe J

Nah itula beberapa MK Favorite saya, ketika saya mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jadi buat kamu yang masih bingung kuliah mau memilih jurusan apa, Pendidikan Bahasa Inggris merupakan Pilihan yang tepat guys..

Hmmm, UIN-SU memiliki beberapa Fakultas, dan disetiap fakultas nya terdapat beberapa jurusan, diantara nya sebagai berikut:

Fakultas Dakwah dan Komunikasi, memiliki jurusan: Bimbingan Penyuluhan Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Pengembangan Masyarakat Islam. Dan yang kedua ada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Nah Sahabat intipers, inini Fakultas yang uang semesternya Lebih tinggi, hehehe…. Di Fakultas ini terdapat beberapa jurusan, diantaranya: Asuransi Syariah, Perbankan Syariah, Ekonomi Islam, Akuntansi Syariah. Dan yang ketiga yaitu Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Nah sahabat Intipers, inini Fakultas yang memiliki banyak jurusan. Salah satunya yaitu Pendidikan bahasa Inggris. Mau tahu, apa saja jurusan yang ada di FITK? Baiklah, antara lain sebagai berikut: Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Inggris, Bimbingan Konseling Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Biologi. Dan Kemudian, ada Fakultas Syariah dan Hukum. Yang memiliki beberapa jurusan diantara lain sebagai berikut: Muamalah (Hukum Ekonomi), Perbandingan Mazhab, Hukum Tata Negara, Pidana Islam. Dan selanjutnya yaitu: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, yang memiliki beberapa jurusan antara lain sebagai berikut: Ilmu Al-qur’an dan Tafsir, Pemikiran Politik Islam, Perbandingan Agama, Dan ada juga Fakultas Ilmu Sosial, Nah sahabat intipers ini merupakan Fakultas terbaru di UIN-SU. Yang memiliki jurusan seperti: Ilmu Perpustakaan, Sejarah dan Kebudayaan Islam. Ada juga Fakultas Sains dan Teknologi Yang memiliki beberapa jurusan seperti: Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Matematika, Biologi, Fisika. Dan yang terakhir yaitu, Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat. Dikarenakan ini merupakan Fakultas terbaru di UIN-SU, jadi Fakultas ini baru memiliki satu jurusan. Yaitu: Ilmu Kesehatan Masyarakat.

And the Last, Karena saya baru selesai melewati masa KKN & PPL. Maka saya akan sharing tentang Moment KKN & PPL saya. Baiklah langsung saja, KKN itu: “Kuliah Kerja Nyata” yang pastinya akan dilaksanakan oleh seluruh Mahasiswa/i semester VII. KKN & PPL ini berlangsung selama 2 bulan, jadi ceritanya gini: Seluruh mahasiswa/i semester akhir akan dikirim ke desa-desa, yang pastinya lokasinya jauh dari tempat tinggal Mahasiswa/i. Dimana lokasi KKN & PPL ini sudah ditentukan dari pihak kampus. Disitu, mahasiswa/i akan mengabdi selama 2 bulan. Teman baru, Lingkungan baru, Jadi mulai deh beradaptasi lagi. Hmmm, tapi beneran deh, ini seru banget. Jadi selama 2 bulan itu, kami harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin. 1 bulan kami fokus kemasyarakatnya. Misalnya, Di posko kami buat private Bahasa Inggris, Mengaji, dan belajar bersama anak-anak desa. Kegiatan ini kami buat GRATIS. Dan kami juga mengikuti pengajian Remaja setiap seminggu sekali. Dan membuat beberapa event seperti: Seminar, yang judulnya “Dampak Pernikahan Dini Bagi Remaja Masa Kini”. Nah, seminar ini bertujuan agar anak-anak desa berfikir lebih jeli, bahwa Prestasi adalah segalanya. Agar anak-anak desa lebih bersemangat dalam menggapai mimpi dan cita-cita mereka. Dan di Program KKN, kami juga membuat beberapa perlombaan. Diantaranya yaitu: Lomba Cerdas Cermat, Lomba Adzan, Lomba Hafalan Surah, dan Lomba Busana Muslim. Dan Alhamdulilah acaranya berjalan dengan sangat lancar Masyarakat desa pun berantusias mengikuti lomba yang kami adakan. Hmmm, yang pastinya senang, karena program KKN ini terlaksana dengan baik. Dan 1 bulan telah berakhir, kemudian saya melaksanakan PPL saya disalahsatu sekolah yang berlokasi di desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, yaitu sekolah Y.P KARYA BAKTI.

Program PPL ini berlangsung selama 1 bulan. Dimana saya mengajar dikelas VIII-A Pada pelajaran Bahasa Inggris. Nah disinila saya belajar, sekaligus mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa. Karena disini saya seperti menjadi Real Teacher. Dimana wali kelas, dan Kepsek memberikan saya kepercayaan penuh untuk menghandle kelas. Dan ketika saya mengajar, saya juga menemukan ada banyak perbedaan Karakter yang dimiliki oleh setiap siswa/i. Nah, disitulah tugas saya, bagaimana saya menanganinya. Agar mereka dapat menerima apa yang telah saya sampaikan. Salah satunya yaitu, Dengan menggunakan Metode Pembelajaran yang menarik. Pada saat itu, saya menggunakan metode Multiple Intelegence. Saya memilih metode ini, because I know, everyone have the different ability. Pada saat itu, materinya tentang Descriptive Text. Jadi, sebelum saya mulai saya tanya apa kesukaan mereka. Nah, ada yang drawing, ada yang watching, dan juga ada yang listening. Kemudian, saya kombinasikan. Siswa yang suka drawing, saya beri mereka tugas. Gambar sebagus mungkin, lalu nanti kamu jelaskan apa maksud dari gambar tersebut, tetapi dengan menggunakan bahasa Inggris. Next, Siswa yang suka watching, saya putarkan 1 short story dari notebook saya, setelah itu deskripsikan apa yang kamu lihat di video tersebut. Sedangkan yang suka Listening, saya memberikan contoh story telling kepada mereka. Setelah mereka dengarkan, tugas mereka deskripsikan apa yang telah saya sampaikan kedalam bahasa Inggris, using their own words. Dan kamu tahu sahabat intipers, ketika saya menerapkan Metode Pembelajaran itu, dan Alhamdulillah mereka paham apa yang saya sampaikan. Selain paham, mereka juga enjoy dalam proses belajar.

Nah, buat kamu yang ingin kuliah. Tapi bingung mau ngambil jurusan apa, Pendidikan Bahasa Inggris merupakan pilihan yang tepat. Dan buat kamu, yang tertarik di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, yukkkss Join with us


Biodata Penulis

Indah Purnama Sari, biasa dipanggi Indah. Lahir di Medan, tinggal juga di Medan. Anak 1 dari 4 bersaudara. Sekarang ini saya sedang berada di semester VII. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris-4 UIN-SU. Yang pastinya sedang sibuk-sibuk nya memperjuangin Gelar Sarjana. Hehehe. Selain kuliah, saya juga menghabiskan waktu saya buat Mengajar. Yaaps ngajar Private Bahasa Inggris.  Hobby saya Membaca dan Menulis.

IG                    : @Purnama7819

Fb                    : Indahpurnama9612@yahoo.com

Kode Konten: X301

6 thoughts on “Pend. Bahasa Inggris UIN Sumatera Utara (Indah)”

  1. Semangat kk… Berjuang demi gelar sarjana… Hahhaa…
    Saya masih calon maba kk lulus di uinsu jurusan pendidikan bahasa inggris melalui span ptkin 2018 … Saya sangat suka dengan artikel kkak ?….

  2. kak, saya mau tanya . sewaktu kita kuliah jurusan PBI di UINSU ada gak prpgram untuk mengikuti pertukaran pelajar atau program lainnya yang memudahkan kita untuk bisa ke kuar negeri

  3. Kak mohon maaf banget aku nanyanya gini :'(
    1. Kak, kakak tamatan SMA mana?
    2. Masuk ke UINSU terbilang mudah gk kak buat anak madrasah aliyah?
    3. Temen2 aku banyak yg bilang “kalo gk masuk UNIMED/USU kan ada UINSU, gampanglah buat anak MAN kyk kita” pernyataan itu bener gk kak?
    4. Aku mau ambil jurusan bahasa inggris keguruan kak, tapi kemampuan bhs inggris aku tuh kurang di listening sama speaking, aku cuman pernah les sampe kls elementary 3 :'( jadwal sekolah padat kali

    Kak bantu kita 😥

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *