Pend. Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Jambi (Mey)

Assalamu’alaikum, wr,wb. Hallo sabahat intipers! Salam literasi dari saya.hehe!

Perkenalkan nama Saya Meiby Yohannalisa, biasa dipanggil Meiby atau nama pena nya Mey juga boleh,kok. Saya adalah Mahasiswi Universitas Jambi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Angkatan tahun 2016. Disini saya menulis artikel sama seperti kakak-kakak lainnya tentang intip jurusan. Saya disini akan berbagi pengalaman dan tentang cerita sekilas jurusan pendidika bahasa dan sastra Indonesia. Yang mana sering orang bertanya mengenai ini. Apasih jurusan bahasa dan sastra Indonesia itu, apa belajar berbahsa Indonesia saja? Alah itumah mudah katanya., sebelum saya jawab pertanyaan orang orang diluar sana. Saya berbagi sedikit cerita pada teman-teman pembaca artikel ini semuanya. Semoga dengan adanya Ini bisa dijadikan referensi, dan semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Terkadang banyak sebagian orang yang menganggap jurusan bahasa dan satra Indonesia ini hal sepele. Dan menganggap Cuma belajar berbahasa Indonesia saja.  Pasti semua orang juga bisa. Saya tegaskan sedikit, Disini bukan Cuma belajar berbahasa Indonesia saja ya teman. Kita juga belajar tentang sastra, sosial, budaya dan tentunya hal yang berkaitan dengan pendidikan semua bisa dikatakan telah mencakup pada banyak bidang.

Nah jika kamu sedang bigung mau ngambil jurusan apa sedikit saya ulaskan tentang apasih pendidikan bahasa dan sastra Indonesia itu?

400

Jurusan ini disebut jurusan serba bisa. Gimana tidak sedemikian ini sudah hampir mencakup semuanya guys.. disini kita bisa menjadi sastrawan, penyair, guru, dosen, wartawan, dan lainnya. Ayo kita simak ulasan tentang cerita saya.

TENTANG PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Sebelum membahas hal keintinya ada baiknya saya perkenalkan kampus nya dahulu. Universitas jambi (UNJA), terletak di provinsi jambi. Kampus ini  Juga sering disebut dengan Kampus Pinang Masak. Sebab itu warna almamater nya berwarna orange, sama seperti buah pinang yang sudah masak. Sedangkan logonya bergambar Angsa Putih. Yang berdiri sejak tahun 1996, surat keputusan presiden republik Indonesia nomor 148 yang menetapkan berdirinya Universitas Jambi. Dengan nama Universitas Jambi.

Membahas tentang fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Disini ada yang namanya jurusan bahasa dan sastra Indonesia. Ada baiknya saja singgung kan kembali tentang pendidikan. Pendidikan pasti semua orang sudah tau. Pendidikan sangatlah penting bagi setiap orang. Pendidikan itu terus akan berkembang sesuai dengan zamannya masing-masing. Pendidikan adalah suatu pembelajaran yang dilakukan dari generasi ke generasi lainnya. Disini membahas jurusan bahasa dan sastra Indonesia merupakan (prodi) yang terdapat di jurusan bahasa dan seni. Ya dijurusan ini ada juga membahas tentang seni sastra yang mencakup puisi, cerpen, novel, drama, teater dan lain sebagianya yang mengenai dengan sastra.

follow_intipjurusan_COMPRES

Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia juga mencakup semua seperti belajar pendidikan sebagai seorang pendidik,sebagai layak nya ingin menjadi seorang guru atau dosen. Namun juga belajar mengenai bidang sastra, dan sosial, budaya, atau sastra daerah. Dan jika ditanya apa saja yang dialami dalam proses belajar apakah mudah dan senang atau sulit. Tentu nya tergantung kepada kita semua. Jika kita anggap sulit maka akan sulit kita jalani saat kita menjabat sebagai seorang mahasiswa. Namun sebaliknya jika diannggap mudah dan senang kembali lagi ke kalian semua ya teman-teman.

BELAJAR APA SAJA DI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Mengkupas tentang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di universitas jambi, pada ada juga yang bertanya belajar mata kuliah tentang apa saja disana ?  iya disini juga belajar mata kuliah sama seperti jurusan bahasa dan satra Indonesia di universitas lainnya. Seperti menulis, menyimak, berbicara, dan mendengar. Tapi tidak Cuma itu ya. Masih banyak lagi seperti linguistik kebahsaan, tentang kebahasaan dan mengenai pendidikan, pengantar pendidikan lain sebagainnya. Disini jurusan bahasa dan sastra Indonesia juga membahas bahasa dan seni. Jika anda mengambil jurusan bahasa dan satra Indonesia nantinya. Pada semester 3 nantinya akan ada lagi pengkhususan atau memperdalam suatu materi yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Ada pengkhususan kepegarangan, keteateran, dan jurnalistik. Membahas tentang pengkhususan nya.

  1. Kepegarangan yaitu kekhususan yang mana memperdalam suatu bidang atau mata kuliah terdiri dari contoh tentang pengarang, atau menulis. Bisa dikatakan sebagai sastrawan/penyair. Seperti menulis puisi dan lainnya mengenai sastra, seperti sastra daerah. Saya sekarang mengambil kekhususan tersebut. Semoga bisa jadi seorang penulis. Aamiin..hehhe. Ini adalah gambar salah satu hasil karya anak kepegarangan dalam pengkhususan nya.
  2. Keteateran yaitu memperdalam suatu bidang atau mata kuliah mengenai seperti drama, teater, penyutradaraan/ sutradara, fotografi, dan lainnya yang mencakup dibidang ini. Disini pengkhususan keteateran kita bisa menjadi seorang artis yang berperan. Atau melakukan aksi. Ini adalah salah satu sampel gambar anak jurusan bahasa dan satra Indonesia menampilkan teater.
  3. Jurnalistik yaitu memperdalam suatu bidang atau mata kuliah mengenai seperti menulis berita, mecari berita, dan terjun langsung ke suatu masa untuk mencari informasi mengenai seputar jurnalistik baik dalam media cetak kantor Koran, televise maupun kantor pusat radio. Dan lain sebagainya. Disini pengkhususan jurnalistik bisa menjadi seorang wartawan, dan pembaca berita.

MATA KULIAH YANG BERKESAN DI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Disamping belajar mata kuliah yang telah saya jelaskan diatas, menurut saja yang paling berkesan adalah saaat pelajaran yang langsung praktek misalkan mata kuliah drama, langsung berperan sebagai artis atau bermain dalam drama maupun teater. Juga saat langsung menjadi penyair tentang sastra puisi juga sangat berkesan. Dan tak kalah lagi dengan sebagai wartawan di media massa cetak maupun di televisi. Gimana tertarik kan masuk jurusan bahasa Indonesia. Seru sudahlah pasti. Karena tugas mata kuliah yang di berikan banyak memberikan manfaat serta unsur budaya, sosial, dan pendidikan dalam karakter tersebut. Di sana banyak belajar tentang bagaimana kita mendalami peran dalam menampilkan teater. Bagaimana jika disuruh menjadi seorang pendidik atau guru. Ini sudah mencakup keseluruhan yang akan menarik dan tidak kalah saingnya dengan jurusan yang lainnya. Jurusan ini bisa dibilang multitalenta bisa semua dalam bidang.

LANGKAH  KEDEPANNYA ?

Iya bagi teman-teman yang sulit dan bertanya masalah langkah kedepannya mau jadi apa dan mengenai pendidikan yang bagaimana. Tidak usah khawatir insyaallah di jurusan bahasa dan sastra indoesia sangat banyak peluang untuk masuk ya. Dan gelar yang dapat dari jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia ini adalah S.Pd. yang mana berpeluang yang sangat besar menjadi seorang pendidik, namun juga bisa menjadi seorang wartawan, sastrawan dan lainnya sesuai jalur dan apa yang kita pilih ya teman-teman. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya cerita mengenai pendidikan bahasa dan satra Indonesia namun bisa dilain waktu ya sahabat semua. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Ini saya mewakili dari teman teman dari himpunan bahasa dan sastra Indonesia di universitas jambi. Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa langsung ke kontak saya. Saya ucapkan terima kasih. Salam.


TENTANG PENULIS :

Meiby yohannalisa, Mahasiswa universitas jambi (UNJA), Prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP). Hobi menulis cerpen dan puisi. Perantau dan Perindu yang setia kasih sayang orang tua. Yang ingin menjadi sastrawan dan pendidik. Jika mau tau tentang saya lebih lanjut bisa hubungi

kontak https://www.instagram.com/yohannalisameiby15/

Kode Konten: X238

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *