IPSE UPI (Arini)

Hallo intipers! Perkenalkan nama saya Arini Siti Ramdani biasa dipanggil Arin. Saat ini saya seorang mahasiswi aktif di Universitas Pendidikan Indonesia alias cagur atau “Calon Guru “ hehe. Nah sayamau sedikit berbagi nih buat adik-adik calon maru emesh seputar jurusan saya. Well sedikit asing buat yang memang belum pernah tau nama jurusan saya, Tadaaaa saya berkuliah di jurusan IPSE (ai-pi-es-i) apaan tuh? Banyak yang menduga-duga jurusan saya kepanjangan dari Ilmu Pengetahuan Sosial Ekonomi, but guys so sorry it’s totally wrong!  Jadi gini loh, IPSE UPI atau International Program on Science Education UPI adalah salah satu jurusan yang didirikan sekitar 8 tahun lalu yang fokus di bidang pendidikan IPA dan berada di Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam . Nah untuk lebih singkatnya gini…IPSE itu adalah Pendidikan IPA yang fokus mengajar di SMP. Tapi tapi tapi….kita berbeda nih, kita adalah Pendidikan IPA yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehari-hari selama kuliah. Kebayang gaktuh kuliah di jurusan IPA terus pakai bahasa Inggris? Hihihihi susah gak sih? Pada awalnya karena memang belum terbiasa dengan bahasa Inggris saya yang pas-pasan ternyata masuk jurusan ini bisa memberikan kesempatan besar kepada saya untuk memperbaiki bahasa Inggris saya terurtama dalam berkomunikasi. IPSE juga limited edition loh…kita satu angkatan cuman satu kelas dan ahnaya menerima 25 orang setiap tahunnya? Kenapa? Karena….dosen-dosen kami sedang berjuang mengembangkan prodi ini menjadi lebih baik dan fokus pada mahasiswa yang sedikit namun berkualitas. Jadi everyday kuliah like les dibimbel karena sedikitan hihihi gampang fokus dan mudah dihafal namanya oleh dosen-dosen.

Nah di IPSE ini kita mempelajari semua materi IPA, yaitu Biologi, Fisika, Kimia, Matematika juga tapi INGAT fokus kita untuk SMP ya. Nah satu lagi yang lupa dikasih tau kalau kita itu dipersiapkan untuk menjadi guru di SMP International School, itu sebabnya kita setiap hari belajar menggunakan bahasa Inggris. Nah jadi kalau mau pilih jurusan saat kuliah nanti jangn lupa buat cari tahu apa saja yang bakal pelajari, prospek kerja, dan lulusannya juga..Alhamdulilah walau IPSE termasuk jurusan yang baru tetapi banyak kakak senior saya yang sudah diterima kerja sebelum lulus.

Selanjutnya saya akan menceritakan tentang matakuliah di jurusan IPSE. Jeng jeng apa aja coba? Namanya keren-keren loh….salah satu pelajaran yang paling saya suka pada semester 4 yaitu namanya BTE ( Basic Technology Education ) di mata kuliah ini kami dibimbing oleh dosen yang super gaul dan inovatif.  Disini saya belajar pemanfaatan teknologi untuk pendidikan, kami belajar membuat proyek sederhana menggunakan Arduino dan main-main bersama koding-kodingan seperti anak Komputer hehe. Disini kita belajar membuat bell, thermometer digital, hingga membuat alat yang dapat membantu kegiatan sehari-hari. Lalu mata kuliah selanjutnya yang saya rasa sangat berkesan adalah Teaching Media atau memmbuat media pembelajaran yang mampu menarik minat siswa dalam belajar, karena seperti yang kita ketahui bahwa fokus siswa itu tidak lama buat belajar nah untuk itu kami dituntut kreatif membuat media atau games yang dapat mengemas pelajara IPA semakin menarik dan tidak textbook. Dosen saya sangat kreatif namanya Ms Lilit, beliau sangat pandai membuat mahasiswa nya semangat untuk belajar dan membuat waktu kuliah terasa sebentar.  Selebihnya kami mempelajari hal yang jurusan di FPMIPA ya tidak jauh dari rumus, hitungan, kalkulator science. Saya juga belajar Mathematics for Science, Physical Chemistry, Wave Sound and Optics, Heat Matter, Analytical Chemistry, Human Physiology dan masih banyak lagi.

Lalu ada satu pengalaman yang begitu berhargasaat saya mengontrak mata kuliah Integrated and Combine Science, nah disisni kami dituntut untuk mengembangkan buku IPA terpadu untuk siswa SMP. Ini cukup sulit dan paling banyak memkana waktu tidur kami. Selain harus mengerjakan revisi tiap minggunya kami pun diakhir perkuliahan harus membuat LKS dan mendemonstrasikan percobaan/penemuan yang kami kerjakan. Contohnya saya mendapat tugas mengembagkan buku ajar dengan menggunakan sequence model. Sequence model ini ibarat prasyarat untuk belajar satu materi dengan materi lainnya. Seperti pada materi perpindahan panas yakni ada konveksi, konduksi, dan radiasi nah sebelum memahami tentang materi fisika tersebut kita harus paham terlebih dahulu tentang materi partikel zat padat, cair dan gas pada kimia. Pokoknya saya harus mencari keterkaitan antara dua disiplin ilmu tersebut dan itu sulit gais percayalah.

Nah tadi meenceritakan tentang hal-hal yang menantang di jurusan IPSE ini, selnjutnya ada mata kuliah yang amat menyenangkan yaitu Ecology yeahahhhh. Disini kita kan melakukan trip ke pantai dan mengambil data dan mempelajari ekologi yang ada di daerah pantai tersebut. Mata kuliah ini terbagi menjadi dua kegiatan kuliah lapangan. Pertama hiking menuju daerah hutan-hutan kedua menuju daerah pantai. Menarik bukaaaan?

Terakhir tentang jurusan IPSE, yang membuat saya merasa sangat beruntung adalah dosen-dosen di program studi saya yang sangat baik, open minded, gaul, masih muda, bertanggung jawab, gapernah bolos, inspiring, dan selalu membuat kami merasa nyaman saat berada di jam perkuliahan pokoknya dosen-dosen, laboran,dan administrator IPSE TERBAIK SELALU. Ohiya tambahan jangan khawatir ya walau IPSE jurusan baru tapi kita sangat dibutuhkan bahkan kami sangat dicari hahahaha. Sedikit bocoran IPSE kalau PPL mengajar juga di sekolah bertaraf International loh. Dan kami mempelajari macam-macam kurikulum luar negeri dan Kurikulum di negeri kita Indonesia. Kurtilas ( Kuriulum 2013).

follow_intipjurusan_COMPRES

ARINI SITI RAMDANI

Saya seorang mahasiswi tingkat 3 di IPSE FPMIPA UPI. Kesibukan saya saat ini adalah kuliah, organisasi ,dan menjadi guru privat IPA untuk SD-SMP. Hobby yang saya sukai adalah menyanyi dan alhamdulilah melalui menyanyi pun menjadi hobby yang menghasilkan uang. Selain itu saya suka menjadi MC di beberapa acara.

Kode Konten : X115

3 thoughts on “IPSE UPI (Arini)”

  1. Assalamualaikum kak. nama aku bilqis, salam kenal ya kak. kak, aku mau crita sedikit nih. kemarin waktu aku daftar SBMPTN itu pilihan 2 dan 3 ambil pendidikan IPA. cuma aku ngga tau kalau ternyata pend. IPA di UPI itu pengantar bahasa sehari2 pakai bhs inggris, sedangkan bhs inggris aku berantakan kak 🙁 kira2 kalau aku lulus SBMPTN di IPSE ini saran kakak aku ambil aja atau cari alternatif lain? Terimakasih kak. 🙂

  2. Assalamualaikum kak, aku mau nanya jadi kakak seangkatan totalnya 25 ya? Waktu itu kakak keterima lewat jalur apa? Persyaratannya kira2 apa saja? Sama persaingannya gimana kak? Mohon dijawab ya kak aku tertarik sama jurusan ini soalnya belum pernah denger dan ternyata sesuai sama yang aku minati, terima kasih.

  3. assalamualaikum kak. saya baru mengetahui adanya jurusan ini, dan saya merasa “wah ini aku banget!” cita citaku memang mau jadi guru yg menggunakan bahasa asing sebagai pengantar belajarnya. tadi saya mau masuk sastra inggris kemudian ambil prodi kuliah lagi. tapi karena sudah menemukan jurusan ini, saya langsung masuk sini saja ya? nah saya mau tanya kak, saya ini belum begitu fasih bahasa inggris, apa tetap ada kesempatan untuk diterima? lalu, biaya kuliah jurusan ini mahal ga ya? terima kasih kak ^^

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *