Pend. Akuntansi Universitas Negeri Malang (Selfi)

Hai Gaes jadi namaku Selfiana Hanafi, biasa dipanggilnya Selfi. Sekarang ini aku masih berstatus aktif sebagai mahasiswa semester delapan S1 pendidikan akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, Angkatan 2014. Sebagai mahasiswa pernah gak sih kamu dapet pertanyaan yang aneh-aneh, contohnya kek gini: Lho sel? Kenapa ambil jurusan pendidikan, gak ambil jurusan akuntansi murni aja? Kenapa di Malang? Kalo di UM tugasnya kaya apa? Kok UM liburnya cepet sih??

Yaa, biasanya itu yang sering  ditanyain orang tentang kuliahku. Kalo kamu gimana? (comment yaa) Anak pendidikan sebagian besar emang prefer jadi guru kalo udah lulus. Ya termasuk aku, singkatnya itu alasanku ambil pendidikan. Tapi juga ngga menutup kemungkinan ya buat lulusan S1 Pendidikan Akuntansi kerja di perusahaan. Buktinya, aku sendiri sekarang bisa kerja sambil nempuh skripsi. Sekarang ini aku kerja sebagai staff administrasi keuangan di salah satu cafe&resto Malang. Pada dasarnya akuntansi pendidikan dan akuntansi murni itu mirip, cuman dari segi materi perkuliahannya ada perbedaan sedikit. Sama-sama ada poin +/-, jadi jangan bingung, takut, ato kuatir kalo mau pilih program studi S1 pendidikan atau S1 murni, pokonya sesuaikan aja sama cita-citamu. Oke? Jangan sampe kalian kuliah hanya demi dapet kesan WOW dengan masuk Universitas bergengsi di jurusan yang sepi peminat. BIG NO yaa! Rugi banget 4 tahun kuliah kalo cuman ngejar WOW. Lebih baik kuliah sesuai dengan bidang yang kamu minati.

Kalo soal peluang kerja, menurutku lulusan akuntansi masih banyak dibutuhkan ya. Ga hanya untuk perusahaan besar, di Indonesia sendiri belakangan ini lagi gencar banget pendirian UMKM dan So pasti buat UMKM yang mau usahanya suistanable/going concern pasti butuh orang akuntasi tuh buat ngelola administrasi keuangannya. Nah Intinya peluang kerjanya masih luas kok. Tips! mau gampang cari kerjaan? yaa sebagian faktor yang nentuin bergantung pada kemampuan yang kamu miliki. IPK itu penting tapi penunjangnya lebih penting. Apa aja penunjangnya? Kalian wajib punya berbagai kemampuan yang bisa membedakan dirimu dengan orang lain. Misalnya kalian anak akuntansi, tapi punya skill lain dalam bidang IT dan itu dibuktiin dengan kamu punyak sertifikat seminar/workshop/talkshow tentang IT. Jadi, waktu kalian masih aktif sebagai mahasiswa jangan hanya belajar untuk mempertinggi IPK aja tapi juga siapkan amunisi lainnya. Kalo aku pribadi, punya hobby nulis yaudah aku kembangin buat ikut berbagai lomba karya tulis ilmiah, nulis blog, ikut lomba cipta puisi/ cerpen dan berbagai hal lain yang bisa ngebuat aku punya nilai tambah. Selain itu, yang ngebuat aku lolos interview jadi staff administrasi keuangan, karena pas ditanyain kesibukannya apa, aku jawab bisnis online (aku jualan produk my bottle kekinian hehe @mybottlemalang) jadi General Managernya langsung interest dan punya pemikiran kalo aku orangnya kreatif, dan peka sama peluang. Gitu gaes ^^

Kenapa di Malang? Oke gaes, Ga bisa dipungkiri lagi! Selain itu, Malang punya banyak banget wisata yang bisa jadi destinasi dikala gabut nugas, dikala ga punya inspirasi buat nulis, dan dikala pengen main aja hihihi. Jadi gampang kalo mau hengkang sama temen-temen wkwwkw. Alasan logis kenapa milih di Malang, karena akreditasi Jurusan untuk Prodi Pendidikan Akuntansi di kampusku udah A. So, kalo kalian milih jurusan, liat juga Akreditasinya apa trus bandingkan dengan Universitas lain. Pilih mana yang terbaik. Beberapa perusahaan juga mempertimbangkan akreditasi Jurusanmu ketika kamu melamar pekerjaan.  Soal tugas, berat/ringannya tergantung persepsi kalian. Kalo aku, selama kuliah aku mah enjoy aja jadi yaaaa ga ada yang namanya berat >.< tapi emang bener kok kalo kalian ngerasa tugasnya enteng yaudah enteng aja bawaannya. Jangan jadikan tugas sebagai beban, tapi jadikan tugas sebagai aset yang bisa bikin kamu lebih pinter. Soal libur, kampusku lebih cepet soalnya emang kebijakan kalender akademik kan dibuat oleh masing-masing Universitas. UM masuknya lebih awal dari Universitas lainnya, jadi yaa liburnya juga lebih dulu hehe. Ngomongin soal kuliah, berarti ga bakal bisa lepas dari sesuatu yang namanya mata kuliah beserta tugas-tugasnya. Di jurusan Akuntansi khususnya pendidikan akuntansi banyak mata kuliah yang seru. Ada banyak mata kuliah yang punya kesan mendalam haaasshh 😀 wkwkw:

Berkesan karena Dosennya

Pengantar Akuntansi (Semester 1)

Ngerasa seneng karna dosen yang ngajar matkul ini kece dan badai banget latar belakang pendidikannya. Beliau adalah Dr. Puji Handayati, S.E, M.M, Ak . CA, C.MA. Beliau adalah dosen yang bener-bener berhasil ngebuat aku kagum. Orangnya cantik, baik, dan ramah banget. Pertama kali beliau masuk ke kelas, banyak wejangan yang diberikan salah satunya tips dan trik buat bisa berhasil di semua mata kuliah akuntansi. Gut lah. Tugas yang diberikan kebanyakan soal teori dan soal hitungan semacam studi kasus dari buku Kieso.

Mata Kuliah Akuntansi Manajemen (Semester 5)

Mata kuliah ini dikenal sebagai mata kuliah yang cukup berat ya, tapi sekali lagi dosen yang ngajar aku di mata kuliah ini beneran TOP BGT. Beliau adalah Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si. , Ak. Dulunya Pak Tu ini adalah dekan II FE UM. Dengan pawakan yang santai beliau dosen yang nge-buat aku makin suka sama akuntansi. Beliau ini yang suka bilang “hanafi, belajar itu harus life long education” sampe akhirnya pesan beliau selalu tertanam dipikiranku. Nice! Saking senengnya aku selalu ikut kelasnya pak Tu di dua matkul lain.

Berkesan karena tugasnya

Mata Kuliah Makroekonomi (Semester 2 )

Agak sebel, emang sih belajar bukan melulu soal nilai. Tapi karna nilai menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan belajar mahasiswa yang bakal berpengaruh kedepannya, maka dari itu nilai juga bisa jadi penting buat aku. Ketika aku udah berusaha belajar dengan maksimal eh tiba-tiba nilai yang muncul jelek, padahal teman lainnya yang ga belajar maksimal bisa dapet nilai jauh diatasmu. Ketika nilaiku anjlok, aku langsung evaluasi diri, pikiranku gini “aku loh bisa, kalo emang aku gak bisa, kalo emang aku gagal, berarti aku harus coba lagi”. Berawal dari emosi karna hasil menghianati proses, akhirnya aku memutuskan untuk mengulang mata kuliah ini dengan dosen dan kelas yang berbeda (ikut kelasnya MABA wkwkwkw). Tepatnya aku ngulang matkul ini disemester lima. Aku mengusahakan dan belajar semaksimal mungkin. Sekiranya aku ga tau topik A, yaudah aku banyakin baca sumber informasai yang berhubungan tentang topik A itu, mulai dari baca jurnal, buku dan sumber belajar lainnya. Sampai pada titik dimana proses telah  berjalan beriringan dengan hasil yeeaay. Lakukan yang terbaik, ga peduli apa omongan orang “eh mbak itu lo udah semester lima, kok ngulang sih? Dulu ga lulus matkul kali ya?” sambil lirikannya kaya ngeremehin gitu wkwkkw. Aku mah lulus, tapi agak kecewa sama hasilnya (dapet B-). Nah, kalo bisa diusahakan dapat maksimal kenapa nggak? Kebanyakan mahasiswa yang ngulang suatu matkul emang karna dia gak lulus, tapi gak selalu gitu gaess ^^ ubah stigma negatifnya yaaa.

Mata Kuliah Kajian Praktik Lapangan/ KPL (Semester 6 )

Bulan September 2017 aku mulai melaksanakan yang namanya KPL, dulunya istilah ini adalah PPL. Yup! Ngajar di sekolah selama 6 minggu. Aku ngajar di SMK Negeri 1 Turen. Sekolah yang cukup elit di Kabupaten Malang. Bagian yang paling berkesan dan ngebuat aku mewek bukan karena tugas/ tagihan untuk menyusun perangkat pembelajaran. Yang bikin mewek adalah ketika KPL udah selesai, aku udah balik ke Kampus, udah ga pernah ketemu sama murid tapi tiba-tiba dikirimin ucapan “Happy Teacher Day”. Itu kaya yang shock “wahh mereka ternyata inget dan ngerasa seneng bisa ketemu akuh” itulah penghargaan termanis di sepanjang tahun 2017.

Kuliah emang ga seindah FTV, dan ga semanis Drama Korea. Tapi tetep aja, kalian adalah pemeran utama di kehidupan masing-masing. Jadi, tetap usahakan yang terbaik yaa ^^. Akuntansi itu mudah “ala bisa karena biasa” kalo kamu masih SMK/SMA dan kedepannya minat jadi anak jurusan akuntansi, So, perbanyak latihan ngerjain siklus perusahaan, kerjain soal-soal mulai dari yang gampang sampe yang susah. SEMANGAT YAA, See you di Jurusan Akuntansi!


Tentang Penulis: Selfiana Purnamasari Hanafi

Selfiana Purnamasari Hanafi, akrab disapa Selfi Lahir di Sidoarjo, 2 Juli 1996. Anak ke empat dari sembilan bersaudara. Seorang perempuan yang dikenal hangat, ceria, murah senyum, memiliki selera humor yang tinggi, pandai bermusik, dan perfeksionis ini merupakan alumni SMKN 2 Buduran Sidoarjo Jurusan Akuntansi. Kini ia juga sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Negeri Malang Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Meskipun kuliahnya jurusan akuntansi, dia disibukkan dengan berbagai aktifitas yang menunjang kemampuan non-akademiknya seperti belajar menulis cerpen berdasarkan fakta dan pengalaman pribadi. Ia gemar menulis dengan mengelola blog: https://selfianahanafi.blogspot.com, aktif di kegiatan kepramukaan, anggota rumah insipratif, dan anggota regional Indonesian Youth Dream Jawa Timur. Ia mengatakan bahwa sekarang dirinya telah sukses, karena ukuran sukses menurutya adalah ketika ia mampu memberikan manfaat bagi orang lain.

Instagram: @selfianahanafi.27| blog: https://selfianahanafi.blogspot.com | line: @selfianahanafi27

Kode Konten: X299

3 thoughts on “Pend. Akuntansi Universitas Negeri Malang (Selfi)”

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *