Akuntansi UGM (Andini)

Heyho Intipers! Heyho Accounting!

Perkenalkan saya Andini Nursetiani, seorang mahasiswi angkatan 2014 yang biasa dipanggil Andini atau Umi. Hingga saat ini masih terdaftar sebagai mahasiswa aktif Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada. Setidaknya aku mau berbagi cerita sedikit pengalamanku tentang Jurusan Akuntansi J. Semoga dapat menambah informasi bagi kalian dan juga bisa menjadikan kalian para pembaca tetap semangat mengejar impian kalian.

Persepsi Sebelum Masuk Akuntansi UGM

Akuntansi itu gampang kan, katanya. Aku masuk kelas IPS dengan harapan aku bisa melanjutkan studiku ke jurusan akuntansi dimanapun tempatnya. Tapi, Universitas Gadjah Mada tidak menjadi pilihan pertamaku saat SNMPTN maupun SBMPTN. Takut dan malu melihat cerminan diri yang sepertinya hanya butiran debu saat SMA dulu. Apalagi melihat UGM yang saat itu menjadi primadona universitas yang diimpikan banyak sekali siswa SMA pada saat itu. Setelah lulus SMA, Β alhamdulillah aku diterima di salah satu universitas negeri di Jawa timur ketika SBMPTN, namun ternyata Tuhan memberiku jalan lain hingga kemudian aku berpindah haluan ke Universitas Gadjah Mada dengan diterimanya aku di jalur Ujian Tulis (Mandiri). Persepsiku saat itu, akuntansi itu mudah dan sama seperti saat aku SMA di IPS dulu. Meski pada akhirnya, persepsi itu tidak sepenuhnya benar. Hehe.

Jurusan Akuntansi Universitas Gadjah Mada

Jurusan akuntansi (yang sekarang disebut Departemen Akuntansi) punya begitu banyak cerita dan prestasi. Sudah tidak diragukan lagi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM telah mendapat akreditasi AACSB (Association to Advance Collegiate Schools of Business), merupakan akreditasi Internasional untuk sekolah bisnis. FEB UGM juga menjadi yang pertama di Indonesia meraih akreditasi ini. Keren ya. Beberapa memang mengeluhkan lebih sulit dan masa studi jadi lebih lama dari universitas lain. Seperti contohnya, syarat mengambil 24 SKS per semester adalah IP semester sebelumnya >= 3,75 dan tidak ada semester pendek. Tapi itu bisa disiasati dengan belajar yang rajin dan membiasakan diri belajar sebelum kelas (jangan kebut semalam). Tapi aku yakin semua orang bisa kok, asal berusaha !

Akuntansi itu seni. Di jurusan ini, aku belajar bahwa Akuntansi itu bukan hanya sekedar Debet atau Kredit. Jurusan ini mengajarkanku diawali dari transaksi yang terjadi, menjadi sebuah laporan keuangan hingga mempertanggungjelaskan laporan tersebut sebagai dasar membuat keputusan. Masalah tugas banyak pake banget? Tentu saja. Jangan pernah marah ataupun sedih dengan tugas yang banyak di jurusan ini, ketika kerja nanti kalian pasti akan mengerti dan terbiasa (berdasarkan pengalaman magang di Kantor Akuntan Publik).

follow_intipjurusan_COMPRES

Semester 1, mata kuliah dipaketkan dengan komposisi #saatitu : Akuntansi Pengantar, Bahasa Inggris I, Matematika Ekonomi I, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam I, Ekonomika Pengantar I, Bisnis Pengantar dan Pendidikan Pancasila (20 SKS). Masih dasar kok jadi masih bisa ada waktu membiasakan diri dengan jogja dan dunia perkuliahan. Sejak semester awal, perkuliahan sudah disuguhkan dengan tugas, makalah dan juga presentasi. Hingga semester ini, akupun masih menikmati itu semua. Oiya, buku pegangannya lebih banyak dari luar negeri jadi tentu berbahasa inggris, karena aku reguler jadi pengajarannya tetep bahasa indonesia (kadang soal ujian bahasa inggris sih hehe).

Mata kuliah wajib yang akan dipelajari di jurusan ini seperti Akuntansi Pengantar, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Akuntansi Sektor Publik, Pengauditan, Sistem Teknologi Informasi, Sistem Informasi Akuntansi, Perencanaan Analisis Sistem, Akuntansi Perpajakan, dan masih banyak lagi yang berbau akuntansi. Keliatannya memang menakutkan, tapi sebenarnya seru kok belajar akuntansi. Sangat menantang.

Hampir disetiap kelas, kita dituntut aktif baik bertanya maupun memberikan pendapat. Ini juga sebagai wadah membiasakan diri menjadi orang yang berani berpendapat kedepannya. Melihat orang yang ambisius disini itu sangat lazim, menjadikan kita semakin semangat dan tekun belajar.

Oiya, untuk konsentrasi akuntansi di UGM itu ada 6. Penjurusan dipilih sesuai dengan mata kuliah pilihan yang diambil. Gak menutup kemungkinan kok kalo mau konsentrasi >1. Nah, penjurusan dan saran mata kuliah pilihan bisa diliat di tabel ini ya :

Sumber: http://accounting.feb.ugm.ac.id/study-programs/undergraduate-program/curriculum/suggested-elective-courses

Mata Kuliah Paling Berkesan

Kebanyakan mata kuliah itu semi hitungan ya, gak kayak matematika full ngitung. Tapi juga gak full teori. Jadi gak perlu takut stress, kan kita boleh pake kalkulator. Hehe. Mahasiswa akuntansi UGM sudah terbiasa dengan kuis diawal kelas dan tugas rangkuman mingguan. Jadi memang sedikit terbiasa belajar dulu sebelum kelas dimulai. Sudah terbiasa juga untuk terlalu fokus kuliah dan mengurangi main karena begitu adanya hahaha.

Hmm Yang paling berkesan itu menurutku mata kuliah Akuntansi Pengantar (buku pegangan: Accounting Principle). Karena mata kuliah ini menjadi pintu pembuka inspirasi akuntansi (dan paling mudah hehe). Dosenku pada saat itu sudah menerapkan tugas presentasi satu bab per kelompok jadi aku juga saat itu belajar berani berbicara di depan umum.

Selain itu, Pengauditan II juga menjadi matakuliah yang paling berkesan menurutku. Meski nilaiku bukan yang teratas dikelas, aku tetap mengagumi mata kuliah ini. Dosenku memberikan kesempatan untuk melakukan semacam simulasi audit untuk salah satu siklus di Kopma UGM. Tugas presentasi dan makalah tentu ada, dikerjakan secara berkelompok. Setelah mengambil mata kuliah itu, aku langsung tergerak untuk mempraktekan apa yang aku pelajari di dunia magang.

Kuliah tanpa organisasi bagai taman tak berbunga hahaha. Organisasi kemahasiswaan sebagai wadah untuk mahasiswa akuntansi UGM adalah Ikatan Mahasiswa Akuntansi Gadjah Mada (IMAGAMA). Siapapun kalian yang masuk jurusan akuntansi UGM, kalian sudah menjadi bagian dari IMAGAMA. Kalian bisa buka di web nya ya: http://imagama.feb.ugm.ac.id/ disana aku pernah menjadi pengurus dan menjabat sebagai Staff of Finance, Administration and System Bureau dan juga Manager of Finance and Administration Bureau. Karena organisasi jurusan, IMAGAMA menjadi tempat bernaung yang asik dengan kekeluargaan dan profesionalitas yang dijunjung tinggi.

Sebagai tambahan informasi, jurusan akuntansi ini punya acara terbesar loh.. namanya Gadjah Mada Accounting Days. Kepanitian pertamaku di perkuliahan adalah di acara tersebut. Acara ini berskala internasional, jadi panitianya saja berjumlah > 100 orang. Wow. Rasanya? Menantang.

Tinggal di Yogyakarta

Aku orang asli Bekasi #bangga. Kemudian harus kost di Sleman, Yogyakarta. Kaget banget. Orang-orang pada ngomong bahasa jawa, aku gak bisa.. Yogyakarta tuh enak, banyak tempat rekreasi alam dan juga banyak makanan murah. Kota pelajar ini cocok banget buat kalian yang memang suka kenyamanan. Kalo masalah tinggal di jogja, gaada masalah deh. Nikmat. Kalian bakal betah tinggal disini. Oiya, UGM nyediain asrama mahasiswa juga loh. Dengan fasilitas kamar mandi dalam dengan harga yang terjangkau. (berdasarkan pengalaman aku tinggal di asrama)

Karena UGM ada di jogja, jangan kaget kalo banyak dosen dan mahasiswa yang fasih berbahasa jawa. Saat mengajarpun beberapa dosen sesekali menggunakan 3 bahasa, Indonesia, Inggis, dan Jawa. Itu menjadi keunikan tersendiri menurutku J

Prospek Kedepan

Menjadi bagian dari jurusan akuntansi tentu tidak akan jauh-jauh prospek kedepannya adalah menjadi Akuntan, auditor, dan lain lain. Lulus dari Jurusan akuntansi kamu bisa kerja di Kantor Akuntan Publik, bisa kerja jadi akuntan / auditor internal / pajak / keuangan di segala perusahaan, kerja di pemerintahan seperti Direktorat Jendral Pajak, BPK, Kementrian dll. Semua butuh akuntan kok. Lulusan Akuntansi UGM sudah banyak yang sukses dan berkiprah di berbagai posisi baik di perusahaan maupun pemerintah. Tapi jangan salah, banyak lulusan akuntansi UGM tidak hanya menjadi akuntan. So, Prospeknya tentu saja menjanjikan. Karena hasil tidak pernah menghianati usaha, dan amanah tidak akan salah pundak.

Terima kasih sudah membaca!

Salam,

Andini


Tentang Penulis : Andini Nursetiani

Seorang mahasiswa Akuntansi – UGM angkatan 2014 yang sangat suka bercerita. Sedang sibuk mengejar cita-cita. Kalo mau menghubungiku via email ya J

Blog : http://andi-tian.blogspot.co.id

Email : nursetiani.andini@gmail.com

IG : @andini1234

LinkedIn : https://www.linkedin.com/in/andini3/

Kode Konten: X210

46 thoughts on “Akuntansi UGM (Andini)”

  1. Belajar di jurusan Akuntansi itu penuh tantangan.
    Dibutuhkan ketelitian, ketekunan da kesabaran.
    Setiap pokok bahasan selalu saja ada tantangan yg membuat kita semangat untuk menaklukannya.
    Sukses untuk andini.
    Tak pernah putus doa yang selalu mengiringi langkah perjuanganmu.

  2. Semoga andini dapat menggunakan ilmu akuntansinya agar mampu mengelola keuangan dengan penuh tanggungjawab dan mengedepankan kejujuran.

    Hingga dapat diperoleh keberhasilan di dunia dan kemuliaan di akhirat. Amin

  3. Sukses selalu untuk Andini dengan Akutansi nya…πŸ‘
    Lancar kuliah sampai lulus…
    Sukses mengamalkan ilmu Akutansi nya

  4. Akuntansi itu seru dan menyenangkan, bangga kalo ada siswa kuliah dijurusan akuntansi, karena ada regenerasi

    1. Wah sepertinya saya korban nya juga.. saya pilih akuntansi karena dulu diajar oleh guru akuntansi di SMP dan SMA yang super enak… 😍

  5. semanggat…where there is a will there is a way…sama ma AnakKu juga diAkuntansi…Hanya diAkuntansi UI sepertinya sama Angkatan nya dgn Andini…sekarang Dia Semester 5…Semanggat yaaaa

    1. Wah saya semester 7… Tapi kemarin cuti magang jadi nya di kampus dianggap semester 6 πŸ™‚ insya Allah selalu semangat….

  6. Super sekali Andini. Tidak mengeluh dengan tugas, malah menikmatinya. Sukses buat Andini. Semoga kelak bisa tersalur ilmunya ke bistek ya meskipun dr jauh…

    1. Kebetulan ngeluh nya selalu kepada Allah dalam solat biar dipermudah #asek. Insya allah amin, terima kasih

  7. K E R E N, waktu sma dulu pernah mampir ke fakultas ekonomika dan bisnis dan itu luar biasa banget standarnya sudah internasional, rasanya jadi mau kuliah di UGM hehe.. sukses buat andini, semoga bisa jadi lulusan terbaik πŸ˜‰

    1. Terima kasih… alhamdulillah FEB UGM sudah mendapat akreditasi AACSB, dan menjadi yang pertama di Indonesia. Memang rasanya juga mantap hehe ._. insya allah amin, meski jadi lulusan terbaik itu susah :'(

  8. Semangat mba Andini… kereeen… nanti setelah lulus kita bertemu di grup alumni Kagama bersama Jokowi, Gubernur DKI & pastinya Raja keraton Ngayogyakarta
    #hehee gak nyambung ya comentnya 😊

    1. Wah itu pastiii… nanti kalo lulus langsung jadi bagian dari KAGAMA sama sama dengan orang-orang hebat πŸ™‚ terima kasihh

  9. Weleh weleh… Semoga tetap semangat dan Istiqomah … Sebab emang tantangan harus di nikmati agar tidak jadi beban… Mudah mudahan dini lulus jadi mahasiswa terbaik dan bermanfaat ilmunya… Kali aja ane jadi milyarder… Dini bisa bantu audit kewajiban pajak perusahan ane… Kaleee aje

    1. Halo luthfi terima kasih pertanyaannya..
      Berbandingan nya itu bisa dilihat dari subjek mata kuliahnya.. kalo Akuntansi Pengantar, Ak Keuangan Menengah, Ak Keuangan Lanjutan, Akuntansi Biaya dan Ak Manajerial misalnya.. itu 69% hitungan tapi bukan yang rumus rumus cantik dan mencekam kayak di math atau semacamnya. Kayak akuntansi keuangan menengah misalnya, hitung-hitungannya kayak… bikin laporan keuangan(?), time value of money (present/future value), depresiasi dll

      Nah kalo sistem informasi, pengauditan sistem informasi, internal audit, dan semacamnya itu 15% hitungan, 85% teori. Kalau akuntansi perpajakan itu 50:50. Banyak juga mata kuliah yang full teori juga… Jadi bisa dilihat subjek matkul nya dulz~

      Oiya untuk akuntansi di SMA kan tentang perusahaan jasa dan dagang. Karena yang masuk akuntansi bukan cuma anak IPS dan SMK Akuntansi, Itu dipelajarin lagi dari awal kok di semester 1 Akuntansi pengantar dari pertama masuk sampe UTS doang tapi hehe. Selanjutnya seiring berjalan, mulai terbuka wawasan akuntansi nya dan menyadarkan bahwa akuntansi itu seluas samudra. Untuk itu jangan takut buat siapapun yang dari jurusan selain ips/smk akuntansi. :))

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *