Akuntansi PKN STAN (Rahma)

Assalamu’alaikum Warahamatullahi Wabarakatuh

Hai intipers! Perkenalkan, namaku Rahma Aziza Fitriana, seseorang yang baru aja lulus dari Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) jurusan DIII Akuntansi angkatan 2014 dan saat ini, atas izin  Allah, ditempatkan di Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Kesempatan kali ini, aku mau berbagi tentang pengalaman kuliah di jurusan Akuntansi PKN STAN dari tahun 2014 sampai tahun 2017 ya. Semoga bermanfaat!

Sebelumnya, bagi kamu yang ga tau apa itu PKN STAN, sini aku kasih tau, hehe. PKN STAN adalah nama baru dari salah satu sekolah tinggi kedinasan yang dulunya bernama Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Akhir-akhir ini banyak ya lulusan SMA dan sederajat yang pingin masuk PKN STAN? Wah kenapa ya? Mungkin salah satu alasannya adalah karena kuliah di PKN STAN itu gratis biaya pendidikan, kamu cuma perlu memikirkan biaya hidup kamu seperti sewa kamar kos dan biaya makan selama kuliah di sini. Alasan lainnya mungkin karena lulus dari PKN STAN bisa langsung dapet pekerjaan. Wah enak banget ya? Iya, kelihatannya enak banget. Tapi tentunya ga ada yang instan, untuk sampai di titik bernama kelulusan, perlu sesuatu yang bernama kerja keras!

salah satu suasana setelah perkuliahan

PKN STAN itu sendiri memiliki empat jurusan, salah satunya adalah jurusan Akuntansi.  Jurusan Akuntansi ini dibagi atas dua program studi unggulan, yaitu:

  1. Program studi Diploma Tiga (III) Akuntansi
  2. Program studi Diploma Empat (IV) Akuntansi

Nah bagi kamu yang akan lulus SMA, sejak tahun ajaran 2017 ini, kamu bisa memilih, apakah ingin masuk prodi D-III Akuntansi atau langsung ke D-IV Akuntansi. Bedanya apa sih kak? Trus positif-negatif keduanya apa?

Jadi gini, dilihat dari lama masa belajar, D-IV Akuntansi pasti akan lebih lama dari D-III Akuntansi. D-III Akuntansi ini perlu waktu 3 tahun, sedangakan D-IV Akuntansi untuk lulusan SMA adalah prodi baru, jadi aku kurang tau berapa lama masa belajarnya. Tapi, DIV Akuntansi ini unggul dari segi golongan ketika jadi PNS. Lulusan DIII-Akuntansi akan menempati golongan IIc ketika pengangkatan menjadi PNS. D-IV Akuntansi menempati golongan yang lebih tinggi, yaitu IIIa. Trus ngaruhnya golongan ini apa? Ngaruhnya adalah ke jenjang karir dan tunjangan. Golongan yang lebih tinggi, otomatis tunjangannya juga lebih tinggi dong. Begitu juga di jenjang karir, golongan yang lebih tinggi tentunya jenjang karirnya akan lebih cepat. Tapi bagi kamu yang emang ingin cepet kerja dan ga ingin kuliah lama-lama, hehe, D-III Akuntansi akan lebih cocok buat kamu.

Nah, kenapa aku milih D-III Akuntansi? Sederhana, karena dulu pas tahun aku daftar STAN, belum ada prodi D-IV Aluntansi untuk lulusan SMA, hehe J

follow_intipjurusan_COMPRES

Kita mulai ceritanya dari semester satu. Semester satu ini cukup ringan, mata kuliahnya rata-rata mata kuliah umum, seperti bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Semester ini adalah semester penyesuaian bagi mereka yang sebenernya anak IPA (seperti saya hehe) yang kuliah di jurusan Akuntansi. Mungkin yang menurut kamu agak berat adalah Pengantar Akuntansi I dan Pengantar Ilmu Ekonomi. Tugasnya pun juga ringan seperti menjurnal dan membuat laporan keuangan sederhana.

Semester dua, ada mata kuliah lanjutan dari semester pertama, yaitu Pengantar Akuntansi II dan Mikroekonomi. Semester ini juga bisa dibilang masih ringan. Lanjut ke semester tiga. Nah semester ini udah harus lebih serius. Banyak mata kuliah utama prodi Akuntansi seperti Akuntansi Keuangan Menegah (AKM) I yang levelnya pasti diatas Pengantar Akuntansi. Ada juga Akuntansi Biaya yang memang membutuhkan kecermatan berhitung, kesabaran, dan kehati-hatian. Di semester ini ga melulu soal hitungan kok, ada Makroekonomi dan Pengantar Pengelolaan Keuangan Negara yang perlu hafalan.

Semester empat juga ga kalah jauh dari semester tiga. Tetep ada mata kuliah utama seperti AKM II, Akuntansi Pemerintah dan Manajemen Keuangan. Semester empat ini butuh keseriusan lebih dari semester tiga. Buat yang suka hafalan, tenang, di semester ini masih ada hafalannya kok, contohnya Hukum Keuangan Negara dan Keuangan Publik. Kalau sudah sampai semester lima, gimana ya, antara santai tapi juga serius, hehe. Di semester ini ada mata kuliah yang menyenangkan seperti Budaya Nusantara. Tapi, tetep ada juga mata kuliah yang mengharuskan buat belajar giat, contohnya Akuntansi Keuangan Lanjutan (AKL) I dan Audit Keuangan Sektor Komersil. Nah buat kamu yang suka mengaudit, pasti semester lima ini akan sangat menyenangkan. Daaan, kalau sudah sampai semester enam, selamat! Perjuangan kamu tinggal selangkah lagi! Tetep berjuang di mata kuliah utama seperti AKL II dan Audit Sektor Pemerintahan. Di semester ini pula, ada Karya Tulis Tugas Akhir yang harus dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan.

foto kebahagiaan atas selesainya Karya Tulis Tugas Akhir

Jadi, apakah nama-nama mata kuliah itu terdengar sulit? Engga kok sebernernya. Kuncinya satu, kalau sudah masuk PKN STAN, janji ke diri sendiri buat bisa lulus, janji mau belajar giat!

Terakhir nih, tentang peluang kerja. Bisa dibilang prodi Akuntansi ini enak banget buat masalah kerja. Kenapa? Setahu aku, lulusan prodi Akuntansi itu fleksibel, bisa ditempatkan dimana aja. Contohnya, bisa ditempatkan di Inspektorat Jenderal buat yang mau jadi auditor internal Kementerian Keuangan, bisa juga di Sekretariat Jenderal buat yang suka tugas-tugas administrasi, bisa ke Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (seperti sayaa, hehe) buat yang suka kehidupan pendidikan dan diklat, bisa ke instansi Kementerian Keuangan lainnya yang bisa kamu cek sendiri di web, dan bisa ke kementerian lain, seperti Kementerian Perubungan. Nah, kurang enak apa coba jurusan Akuntansi? Kerja keras kuliah di sini dibayar dengan kesempatan kerja yang luaas. Masih ragu buat pilih jurusan Akuntansi? Feel free to contact me!

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Tentang Penulis : Rahma Aziza Fitriana

Alumni Politeknik Keuangan Negara STAN prodi D-III Akuntansi. Seorang muslim yang sedang berusaha untuk menjadi muslim yang kaffah. Bermimimpi untuk menjadi pengajar dan penulis untuk terus menebar kebermanfaatan.

Ig: instagram.com/razizaf

Blog : razizaf96.blogspot.co.id

Kode Konten: X224

14 thoughts on “Akuntansi PKN STAN (Rahma)”

  1. Assalamualaikum kak:))
    wah sangat terinspirasi sekali dari artikel tsb sudah punya gambaran tentang pkn stan. izin bertanya kiat kiat kakak bisa masuk pkn stan itu apa? mungkin bisa berbagi:))
    Terimakasih. Wassalam.

    1. Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh
      halo! maaf baru balas. hmm…ttg kiat2, yg pasti ingin sekali liat org tua bangga dan bahagia, trus buat belajarnya, dulu aku belajar soal2 TPA SBMPTN, cukup membantu, juga sedikit2 belajar soal2 USM STAN, semangaat ya! semoga selalu dalam lindungan Allah, Aamiin

  2. 1.ka katnya klo STAN itu banyaknya anak ipa, dan anak ips dikit bgt, emg bnr
    2.perbandingan hitung2an dan teori brp bnyk
    3.matkul akuntansi tuh materinya ngulang dr awal, dan kira2 buat anak ips bisa ngebntu kgk pelajaran akuntansi pas d SMA
    4.tips n trik msk STAN
    5.d STAN ada grup mentoring keislamaan kgk

    1. Halo! maaf ya baru balas, hehe
      1. iya mayoritas memang anak IPA, entah mengapa hehe
      2.perbandingan hitungan dan teori menurutku tergantung mata kuliahnya, kalau mata kuliah utama seperti Akuntansi Biaya, tentunya hitungan lebih banyak
      3. iya, kami disini bener2 belajar dr awal, kk sendiri juga anak IPA yg belajar akuntansi dr nol. Pelajaran IPS di SMA menurut kk membantu sekali, krn temen2 kk yg anak IPS, di awal2 perkuliahan, mereka lebih paham duluan ttg akuntansi
      4. Tips and Trik masuk STAN, sama kyk jawaban buat Rani diatas ya, ditambah berdo’a kepada Allah mohon ditiunjukkan yg terbaik
      5. Ada grup mentoring

  3. Ka sy tahun sekarang sy gagal di usm tahap 3 (TKD) nah bantu sy dong ka mengahadapi TKD, jujur sy sedih banget ngeliat ortu sy nangis

    1. halo adnan, maaf sekali baru balas
      terkait TKD, mungkin yg susah itu TWK nya ya? coba dr sekarang hafalkan pasal2 di UUD dan belajar sejarah, kakak pun dulu belajar TWK nya kira2 sebulan, dan itu juga cemas sebenarnya, tp tetep yakin, usaha, hafalkan, banyakin latihan, Insyaa Allah kalau memang jalannya pasti akan dimudahkan

    2. ada 3 tahap, pertama tes tulis, terus tes kesehatan, terakhir tes TKD, itu update aku terakhir, hehe

    3. Tahun sekarang gaada pasal2 yg keluar sama sekali ka dan yg keluar malah teori bhs indo padahal sy juga udh ngapalin uud, sedih banget tau ka

    1. halo Al, maaf baru balas
      kalau jurusan, awalnya tetap kita yg milih, misal kamu pilihan satu akuntansi, lalu dua manajemen aset
      nah tapi ditempatkannya jurusan itu memang oleh STAN
      atas dasar apanya, kakak juga kurang tahu hehe
      bisa aja kamu dpt pilihan satu, bisa juga dapet pilihan ketiga,
      nah kalau saran kakak, bener2 cari tahu passion kamu dan pilih sesuai passion itu. Misal, kamu lebih suka menghitung dan ga suka hafalan, kakak sarankan pilih akuntansi dan penilai di pilihan awal-awal

      semoga menjawab ya

  4. kak di stan organisasi islam apa aja? organisasi ikatan mahasiswa muhammadiyah ada nga? hehehe dan organ sosial apa aja y kak

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *