Administrasi Perkantoran UNY (Nisa)

Hallo Intipers !

Namaku Siti Khoirunnisa, temen-temen biasa panggil aku nisa, tapi ada juga yang manggil tembem atau ndut (ya aku ga pernah sebel sih, karena aku mencoba percaya aja bahwa tembem atau ndut itu adalah panggilan sayang yang disamarkan haha) jadi kamu gausah minder kalo dipanggil tembem atau ndut, karena semakin banyak yang panggil kamu begitu artinya semakin banyak pula orang yang menyanyangi kamu (wkwk apassiihh, oke lupakan saja).

Aku merupakan salah satu mahasiswi tingkat akhir Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran (ADP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang sekarang sedang memperjuangkan gelar sarjana melalui tugas akhir skripsi, doakan semoga lancar dan segera diwisuda yes. Selain disibukkan dengan tugas akhir skripsi, aku juga sedang aktif di organisasi kampus tingkat universitas. Nah, sama kayak artikel-artikel lain, disini aku mau mencoba bercerita tentang jurusanku tercinta. Yap! Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Baca terus yaa.

Apa itu Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran ?

Banyak yang bilang “Ngapain kuliah susah-susah cuma jadi admin” atau “Oh kuliah jurusan Administrasi Perkantoran ya Mbak? Jadi sekretaris dong” “Kuliah kok jurusan sekretaris, cuma jadi simpanan bos doang”. Pernah denger komentar begituan gak?  Pernah lah ya pasti, dan sebenernya rada gatel aja sih nih kuping kalo dibilang sekretaris cuma jadi simpanannya boslah atau hal-hal negatif lainnya. Setiap pekerjaan pasti memiliki risikonya masing-masing dan gak semua sekretaris seperti itu. Sekretaris juga punya kode etik kok, tapi perihal sikap kembali ke pribadi masing-masing gaes.

Sebenernya didalam Administrasi Perkantoran gak hanya mencakup kegiatan kesekretarisan aja sih. Banyak sekali yang kita dapatkan di jurusan ini, dari mulai komunikasi, organisasi, kehumasan, protokoler, kepegawaian, keuangan, bahkan manajemen event pun menjadi salah satu mata kuliah di jurusan ini. Jadi, Administrasi perkantoran itu gak melulu soal sekretaris yaaaa.

Pendidikan Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Yogyakarta ini merupakan salah satu program pendidikan jenjang S1 yang menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi. Sebelum menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi, prodi ini dahulu berada dibawah Fakultas Ilmu Sosial dan mulai bergabung dengan Fakultas Ekonomi pada tahun 2012. Sesuai dengan namanya, Pendidikan Administrasi Perkantoran, artinya dalam jurusan ini gak hanya belajar ilmu Administrasi saja, tapi juga belajar ilmu Pendidikan. Kece kan? Jadi kamu bisa mendapatkan 2 fokus ilmu sekaligus.

Buat yang bertanya-tanya akreditasinya bagaimana, don’t be worry gaes, jurusan ADP ini sudah mendapatkan akreditasi A dan merupakan salah satu jurusan yang langka karena gak setiap kampus punya jurusan ini. Selain itu, jurusanku ini juga sudah banyak mencetak mahasiswa yang aktif dalam berkarya. Pada bulan September yang lalu, mahasiswa ADP telah membawa pulang beberapa piala (Juara 1 dan 2 Lomba Microsoft Excel, Juara 1-2-3 Lomba Presentasi Powerpoint, Juara 1-2-3 Pembuatan Curriculum Vitae) dari event GIPSI  yang diadakan oleh Sekolah Vokasi Sekretaris Universitas Indonesia. Pada tahun 2015, Erma Diah Putri Nugrahanti juga turut mengharumkan nama jurusan dengan menjadi salah satu Finalis Pustri Muslimah Indonesia, Sarah Idha Fatmala menjadi Finalis Miss Bantul, serta untuk menjaga eksistensinya di kancah internasional, setiap tahunnya jurusan ini mendelegasikan mahasiswanya untuk mengikuti program Praktik Pengalaman Lapangan Internasional yang bekerjasama dengan Fakultas Pendidikan Universitas Teknologi Malaysia.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran ?

Kamu selalu memperhatikan penampilan? Nah, jurusan ini sangat cocok buat kamu. Setiap awal perkuliahan dosen selalu menekankan kepada mahasiswa agar tampil menarik layaknya orang-orang professional yang kerja di kantor guna memberikan pelayanan prima. Jadi penampilan merupakan salah satu aspek yang paling penting di jurusan ini, maka gak heran banyak mahasiswa Adp yang akhirnya terjun ke dunia modeling. Di jurusan ini juga kamu gak terlalu banyak menemui angka-angka dan hitung-hitungan. Dari semester 1 – 6, kegiatan kuliah diisi dengan perkuliahan teori dan praktik. Sedangkan pada semester 7 mahasiswa wajib menempuh kegiatan  Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Lapangan Pengalaman Lapangan  (PPL).

Observasi merupakan tugas yang akrab sekali dengan mahasiswa ADP. Aku melakukan observasi pertama kali pada semester 1 dalam mata kuliah Organisasi. Sempet syok juga sih karena ketika itu baru minggu kedua menjadi mahasiswa udah disuruh observasi aja tentang manajemen dan struktur organisasi di instansi pemerintahan/swasta. Tapi tenang aja, biasanya tugas observasi ini dilakukan per kelompok, jadi kamu gak akan sendirian. Di semester 1 ini, biasanya mata kuliah yang ditawarkan adalah mata kuliah yang bersifat basic, contohnya Dasar-Dasar Administrasi, Dasar-Dasar Akuntansi, Dasar-Dasar Ekonomi Mikro, llmu Pendidikan, dll. Di semester 1 ini juga ada mata kuliah praktik yang menarik banget buat aku yaitu matakuliah Mengetik. Tau mengetiknya pake apa? Pake mesin ketiiik gaeeeeees 😀 asik asik gimana gituu belajar hal baru nan jadul wkwk. Jadi, kecepatan kita dalam mengetik itu beneran dihitung dan yang paling penting, harus pake 10 jari!

Masuk ke semester 2-6 kamu akan mendapatkan beberapa matakuliah yang menarik juga, contohnya manajemen event, kepemimpinan, korespondensi, humas dan protokoler, manajemen pemasaran, K3, komunikasi, pelayanan prima, dan satu lagi matakuliah yang bikin semua mahasiswa stress bukan main, yaitu Stenografi. Stenografi ini seni menulis cepat dengan simbol-simbol gitu.

Selama kuliah di Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran ini aku sangat terkesan dengan mata kuliah Simulasi Perkantoran di semester 5. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah praktik. Mula-mula dosen membuat 4 perusahaan yang nantinya akan saling berinteraksi, kemudian kami semua ditugaskan untuk membuat curriculum vitae dan surat lamaran pekerjaan sesuai dengan job vacancy yang sudah disediakan. Jadi ceritanya kami mau ngelamar kerja gitu gaaess, ada beberapa posisi yang ditawarkan antara lain direktur, sekretaris, kepala biadang administrasi, staff keuangan, staff kearsipan, staff marketing. Daaaan yang paling asik adalah ketika kita wawancara kerja sama dosen. Bayangin gimana deg-degannyaaaa wkwk. Alhasil 1 minggu kemudian, dosen mengumumkan jabatan kerja sesuai dengan hasil wawancara dan analisis CV. Kepo gak aku dapet posisi apa? Haha alhamdulilah aku dapet posisi sebagai Direktur saat itu. Sempet syok juga sih mengingat aku gak melamar jadi direktur kok malah ditempatkan jadi direktur, tapi apa boleh buat kuliah kudu tetep jalan. Aku boleh bilang ini adalah klimaksnya perkuliahan di jurusanku.  Karena semua teori-teori yang dari awal hingga semester 4 diajarkan, itu semua bakalan kepake di mata kuliah simulasi perkantoran ini. Bener-bener berasa nyesel aja gitu kalo dulu gak giat belajar, soalnya posisiku saat itu mewajibkan aku harus paham segala hal. Alhasil ngulang belajar buku-buku lama lagi wkwk.

Selama satu semester ini pokoknya anak-anak ruempong nan heboh banget deh kalo udah mulai masuk lab. Dari mulai make up yang harus on, file-file yang kudu siap (karena tiap minggunya pasti banyak transaksi antar perusahaan ini jadi ya harus sering komunikasi antar perusahaan gitu). Tapi asik banget sumpahh, pengen mengulang masa-masa itu 😀

Di semester 7, mahasiswa ADP melakukan kegiatan KKN PPL. Seperti yang kita ketahui lah yaaa kalo KKN itu kegiatan pengabdian masyarakat di desa-desa yang masih terbelakang dan biasanya dilakukan dalam jangka waktu satu bulan. Sedangkan PPL merupakan kegiatan praktik mengajar di SMK jurusan Administrasi Perkantoran di wilayah DIY Jateng. Selama 2 tahun terakhir ini, jurusan ADP mendelegasikan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan PPL Internasional di Malaysia juga gaes.

Prospek kerjanya bagaimana ?

Nah, yang terakhir! Yang selalu menjadi pertimbangan ketika kita mau masuk sebuah jurusan adalah prospek kerja. Tenang saja gaes, sudah banyak alumni yang sukses menjadi seorang Guru Jurusan Administrasi Perkantoran, Sekretaris, Kepala Sekolah, Kepala Jurusan di sebuah SMK, Dosen, Pengusaha, Humas, HRD, Public Speaker, Event Organizer / Wedding Organizer, Karyawan Bank, Karyawan Perusahaan Swasta, Karyawan Lembaga Pemerintahan, dan seperti yang saya jelaskan diatas, karena setiap perkuliahan mahasiswa Adp ini selalu dituntut untuk tampil fresh maka gak jarang dari mereka yang terjun ke dunia entertainment seperti modeling, seni peran dan juga seni tari. So, tunggu apa lagi? Ayo jadi anak administrasiii


Bio :

Siti Khoirunnisa. Mahasiswa semester akhir Pend. Administrasi Perkantoran FE UNY. Kepala Departemen Luar Negeri BEM KM UNY. Saat ini sedang menyusun tugas akhir skripsi. Keep be yourself, be confident, be whatever you wanna be!

Instagram :@skhoirunnisaaa

Kode Konten: X274

8 thoughts on “Administrasi Perkantoran UNY (Nisa)”

  1. Kalau Admin.perkantoran buat pkl nya itu dimana aja si kak? Ksh tau referensinya dong, soalnya saya smk jurusan admin.perkantoran dan saya binggung kalo pkl itu dibagian apa? Dan biasanya dmna?

  2. Kak mau tanya. Kalo pendidikan administrasi perkantoran bisa jadi pegawai di pemerintahan tidak? Dan apa bedanya sama prodi administrasi perkantoran/sekretaris?

    1. UKT nya menyesuaikan pendapatan ortu kok.. jangan khawatir.. ada yg ukt 2jt per semester, ada yg 3jt, atau 4jt..

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *