Administrasi Negara UNY (Donna)

Mahasiswi semester 7 Administrasi Negara UNY, sedang berusaha menyelesaikan skripsweet. Doain ya semoga dimudahkan dan cepet lulus, dapat kerjaan yang okee juga hehe. Hobi : baca buku, nonton drakor. Kesibukan lainnya organisasi luar kampus.

WHO AM I?

Hai intipers, kenalin aku Donna Afreda mahasiswi semester 7 jurusan Ilmu Administrasi Negara di Universitas Negeri Yogyakarta. Angkatan 2014. Lagi otewe nye-skripsweet nih guys. Doain dimudahkan dan segera lulus yaa, hehe aamiin.

What did you think about Public Administration major?

Apa yang terbesit di fikiran kalian saat mendengar jurusan Administrasi Negara (AN) ? kerjaan administrasi yang ngetik – ngetik? Orang – orang di kantoran? Hahaha kalo ada diantara kalian yang berfikiran demikian, sebenerenya nggak sepenuhnya seperti itu guys. Dulu awal aku milih jurusan ini sebenernya juga nggaktau, di fikiranku sebagai anak SMA yang polos dan anti itung-itungan (pelajaran berhitung) pokoknya kuliah yang penting nggak ada hitung- hitungannya, wkwk. Meskipun pas kuliah ini juga ada sedikit hitungan sih, d mata kuliah statistika dan dasar ilmu ekonomi.

Jadiiiiiii di tulisan ini aku bakal share seputar mata kuliah/ hal – hal yang aku pelajari di jurusan AN. Actually, AN di UNY sendiri masih tergolong jurusan baru karena baru ada tahun 2008. Tapi don’t worry guys soal akreditasi kita udah lumayan bagus yaitu B. Otewe A, soalnya beberapa dosen AN UNY lagi menjalani study nih biar jadi profesor, so biar akreditasinya naik juga. Soal prestasi, Administrasi Negara UNY ini juga cukup diperhitungkan lhoh, dan nggak kalah dengan jurusan AN di kampus lainnya. Karena AN UNY ini memiliki banyak prestasi. Salah satunya prestasi  yang paling bergengsi untuk jurusan Administrasi Negara yang baru aja AN UNY raih adalah juara 1 IAPA tahun 2016. IAPA merupakan kompetisi karya tulis untuk jurusan AN se Indonesia yang cuma di adakan setiap 5 tahun sekali. Dan tahun kemarin juara 1 diraih oleh AN UNY. Keren yaa hehe. Dan masih banyak lagi pretasi lainnya. Selain itu persaingan untuk bisa di terima di jurusan ini juga cukup ketat guys, jadi semangat yaaa (bagi yang berminat)!!. Soal dosen nggak di ragukan juga pastinya karena hampir semua dosen AN UNY lulusan UGM dan S2 luar negeri.

How about public administration major ? Langsung aja, check this out guys

follow_intipjurusan_COMPRES

Semester 1 menurutku sama kayak jurusan lainnya, matkul nya masih  dasar dan lebih ke pengenalan dasar – dasar ilmu terkait jurusan AN. Di jurusan ini kamu dididik untuk bisa menjadi seorang policy maker. Jadi harus menguasai berbagai bidang ilmu. Karena nantinya orang Administrasi Negara lah yang idealnya menjadi pemimpin untuk membuat suatu kebijakan dalam pemerintah. Sesuai namanya yaa…jurusan yang mikirin negara hehe. Anak AN juga belajar hukum lho, dasar – dasar tata hukum indonesia. Dasar hukum Negara Indonesia secara luas tepatnya atau hanya dasarnya. Belajar tentang hukum pidana, perdata, agraria, pengadilan hukum internasional dll. Namun nanti di semester 3 akan dipelajari juga Hukum Administrasi Negara sebagai mata kuliah tersendiri. Selain hukum, AN juga belajar dasar ilmu ekonomi, dasar ilmu sosial, pengantar politik, ilmu organisasi dll. Sebagai calon policy maker, mahasiswa AN memang difokuskan untuk  dapat memahami berbagai bidang ilmu guys, terutama politik. Karena kekuasaan tidak lepas dari politik. Sedangkan orang yang bisa membuat keputusan cenderung merupakan orang yang memiliki kewenangan/ kekuasaan. Pokonya di AN kalian akan banyak banyak belajar tentang kebijakan politik, sosial, ekonomi, kebijakan internasional, sitem administrasi negara indonesia, perbandingan administrasi negara, sistem politik Indonesia, adminitrasi pemerintahan daerah, manajemen konflik sektor publik, analisis kebijakan publik, pengambilan keputusan, reformasi administrasi publik dll.

Public Administration 2014 B UNY

Oiya guys, dari semseter 1 – 6 rata-rata mata kuliah ini akan menuntut kalian banyak melakukan observasi ke lapangan. Dan menurutku inilah hal – hal yang paling berkesan. Apalagi sebagai mahasiswa di Jogja, hampir banyak tempat menjadi kenangan observasi mata kuliah hehe. Semua kabupaten dan Kota Yogya sudah pasti menjadi tempat obeservasi dan saksi perjuangan kuliah kalian. Contohnya nih, di mata kuliah ilmu organisasi  aku dulu observasi di rumah singgah (tempat singgah dan belajar untuk anak jalanan). Bahkan temen ku ada yang meneliti organisasi waria guys. Pokonya banyak seru nya deh selama kuliah. Matkul pengantar ilmu politik observasi di parpol, LOD, LOS, LSM, DPR, DPD dll. Matkul Perpajakan kita diwajibkan obeservasi di Kantor DPPKAD. Waktu itu aku dan kelompok ku dapatnya di DPPKAD Kulon Progo, jadi kita observasi nih pajak di Kulon Progo itu berasal dari mana saja, penyumbang terbesar di sektor apa, mencapai target apa tidak, kemudian hambatan pencapaiannya apa, termasuk isu pembangunan bandara itu juga kita tanyakan karena hal itu tentu akan menambah pendapatan pajak dan masih banyak lainnya. Saat observasi itu tahun 2015 guys.  Matkul Kebijakan Publik kita diminta untuk memilih salah satu kebijakan pemerintah kemudian kita evaluasi apakah sudah efektif penerapannya, kebermanfaatannya sudah maksimal atau belum dan memberikan rekomendasi.

The most memorable lecture

Mata kuliah manajemen sumber daya manusia (MSDM) ini kita diwajibkan magang di BKD/BKN DIY selama 2 minggu. Kebetulan aku dan kelompokku dapatnya di BKD Gunung Kidul. Kebanyang kan gimana seru nya magang jauh dari kota haha. Menurutku itu salah satu mata kuliah yang berkesan. Di BKD saya di tempatkan di bidang umum lalu seminggu nya lagi di bidang bina dan kesejahteraan pegawai. Yang paling berkesan adalah saya diminta membuat BAP (Berita Acara Pemeriksaan) dan diajak rapat TPP (Tambahan Penghasilan Pegawai) di Kantor Bupati Gunung Kidul.

Tim Magang di BKD Gunung Kidul

Selain itu, mata kuliah Administrasi Keuangan Negara kita juga diwajibkan observasi, kebetulan saya dapatnya di Bantul nah di situ saya meneliti terkait alokasi penggunaan APBDes, PAD dll.  Mata kuliah Manajemen Bencana ini merupakan mata kuliah pilihan nah aku milihnya matkul ini, namun beberapa teman ada juga yang memilih mata kuliah kebijakan pendidikan. Matkul Manajemen Bencana sendiri kita diajarkan untuk melihat bencana dari perspektik manajemen publik. Artinya sebisa mungkin melihat pola bencana yang sering terjadi, dengan mengkategorikan wilayah, peluang terjadinya bencana, track record bencana dll sehingga dengan begitu bencana itu dapat di manage supaya dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan. Baik itu kerugian fisik maupun materi. Matkul Perbandingan Administrasi Negara, pada matkul ini ini kita banyak belajar dari data sekunder yaitu dengan membandingkan sistem/ kebijakan bidang tertentu dengan kebijakan yang ada di negara lainnya. seperti kebijakan pendidikan di Finlandia dan Singapura, sintem pemerintahan di Cina dan Amerika, kebijakan ekonomi jepang dan cina, dll. Perbandingan tersebut bertujuan agar kelak sebagai policy maker kita dapa belajar dari hal positif yang ada di negara lainnya. Dengan mempertimbangkan aspek sosial dan budaya Indonesia juga tentunya.

Contoh matkul lainnya adalah reformasi birokrasi menutuku ini materi yang penting karena memang sesungguhnya mahasiswa AN idealnya menjadi seorang birokrat yang berintegritas. Di matkul ini kita banyak belajar terkait patologi birokrasi, cara mengatasinya dll. Mata kuliah Analisis Kebijakan Publik ini merupakan matkul pokok. Sekali lagi Administrasi Negara merupakan calon pelayan publik harus mampu membuat kebijakan yang mengatasi permasalahan rakyat. Mulai dari perumusan kebijakan, pengimplementasian, evaluasi maupun forecasting. Jadi rata – rata tugas di jurusan AN adalah observasi lapangan/ instansi, meresume/review jurnal nasional/ internasional, membuat makalah kemudian mempresentasikan. Persentasi bisa berupa video, mind mapping, power point, banner, drama dan lain – lain. Tergantung permintaan dosen dan kesepakatan kelas.

2nd Internship, a month at Kantor Otortas Jasa Keuangan DIY

Selain itu aku juga di semester 7 ini melakukan kegiatan magang di Kantor Otoritas Jasa Keuangan. Ini bukan magang kewajiban kampus, tapi kalo kalian ingin saat sudah bebas teori kalian bisa saja melamar magang di tempat yang kalian inginkan. Bagiku, ini merupakan pengalaman yang sangat berharga dan banyak bermanfaat bagiku. Especially, aku anak sosial yang buta ekonomi, ini banyak membukakan mata aku tentang lembaga jasa keuangan OJK. Mulai dari mengatur dan mengawasi industri jasa keuangan, serta melakukan perlindungan pada konsumen. Karena gak cukup space, kalo kalian tertarik terkait magangku di OJK kalian bisa menanyakan secara personal ya.

Magang di KOJK DIY bersama Bidang EPK

Terkait peluang kerja lulusan AN biasanya menjadi peneliti, analis kebijakan, bisa kerja di LO (Lembaga Ombudsman), LSM, Dosen, Birokrat/PNS, Parpol, DPR/DPD, Kemensetneg, Kemenpanrb, maupun di BUMN. Ada banyak peluang guys, so don’t worry.

Bagi yang berminat untuk bertanya lebih bisa hubungi email aku ya adoncu@yahoo.com / ig: @donnafrd. Btw ini tulisa pertamaku, aku gak pandai merangkai kata. Kurang lebih nya mohon maaf guuuys. Byeeeee

Kode Konten: X206

 

 

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *