Administrasi Negara UNPAD (Regi)

Halo sahabat intipers! Perkenalkan nama saya Regi Pratama Putra. Saya adalah mahasiswa Administrasi Negara Unpad angkatan 2014. Dalam tulisan ini, saya akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana lingkungan perkuliahan di Prodi Administrasi Negara ini. Mungkin banyak orang yang terheran-heran, sebenarnya apakah Administrasi Negara dan Administrasi Publik itu sama? Jawabannya tetap sama! Namun nomenklaturnya lah yang membedakan. Program studi ini di Unpad didirikan sejak tahun 1958, dengan nama Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Administrasi. Seiring perkembangan zaman, terjadinya perubahan-perubahan dalam nomenklaturnya yang sekarang secara resmi dikenal sebagai “Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik”.

Mahasiswa Administrasi Publik FISIP Unpad 2013

Awal perkembangan Jurusan Ilmu Administrasi Negara tidak bisa lepas dari perkembangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik itu sendiri yang bermula dari adanya dua peristiwa penting. Pertama, di awal permulaan 1958, Ikatan Sarjana Ilmu Politik Indonesia (ISIPI) cabang Bandung memprakarsai berdirinya suatu lembaga tinggi yang membina administrasi negara dan administrasi niaga. Kedua, pada tahun 1958 itu pula, dibentuk Yayasan Padjadjaran (YP Unpad) yang bertujuan membantu perkembangan Unpad dengan cara mendirikan fakultas-fakultas swasta. Pada waktu itu, diharapkan apabila fakultas-fakultas swasta tersebut  telah dapat mandiri akan diambil alih dan menjadi fakultas di bawah Unpad. Program Studi Administrasi Negara merupakan program studi yang mempelajari bagaimana tata cara pelaksanaan pemerintahan dan segala urusan detailnya. Di berbagai tempat Administrasi Negara sendiri mempunyai nama lain, seperti di Universitas Diponegoro  memakai nama Administrasi Publik, sedangkan di UGM sendiri memakai nama Manajemen Kebijakan Publik .Fokus dan Lokus Administrasi Negara sendiri adalah Fokusnya mengenai Organisasi dan Manajemen. Bagimana kita dididik menjadi seorang birokrat yang berintegritas. Sedangkan Lokusnya sudah patsy masyarakat.

Di Program Studi Administrasi Negara FISIP Unpad, kita bisa bergabung ke dalam kelas Internasional UNPAD – Korea Selatan, yang berkerjasama dengan Universitas Sungkyunkwan. Setiap tahunnya juga dikirim mahasiswa UNPAD untuk pertukaran pelajar berkuliah di sana selama kurang lebih 1 bulan.

Awal perkembangan Jurusan Ilmu Administrasi Negara tidak bisa lepas dari perkembangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik itu sendiri yang bermula dari adanya dua peristiwa penting. Pertama, di awal permulaan 1958, Ikatan Sarjana Ilmu Politik Indonesia (ISIPI) cabang Bandung memprakarsai berdirinya suatu lembaga tinggi yang membina administrasi negara dan administrasi niaga. Kedua, pada tahun 1958 itu pula, dibentuk Yayasan Padjadjaran (YP Unpad) yang bertujuan membantu perkembangan Unpad dengan cara mendirikan fakultas-fakultas swasta. Pada waktu itu, diharapkan apabila fakultas-fakultas swasta tersebut  telah dapat mandiri akan diambil alih dan menjadi fakultas di bawah Unpad. Program Studi Administrasi Negara merupakan program studi yang mempelajari bagaimana tata cara pelaksanaan pemerintahan dan segala urusan detailnya. Di berbagai tempat Administrasi Negara sendiri mempunyai nama lain, seperti di Universitas Diponegoro  memakai nama Administrasi Publik, sedangkan di UGM sendiri memakai nama Manajemen Kebijakan Publik .Fokus dan Lokus Administrasi Negara sendiri adalah Fokusnya mengenai Organisasi dan Manajemen. Bagimana kita dididik menjadi seorang birokrat yang berintegritas. Sedangkan Lokusnya sudah patsy masyarakat.

400

Di Program Studi Administrasi Negara FISIP Unpad, kita bisa bergabung ke dalam kelas Internasional UNPAD – Korea Selatan, yang berkerjasama dengan Universitas Sungkyunkwan. Setiap tahunnya juga dikirim mahasiswa UNPAD untuk pertukaran pelajar berkuliah di sana selama kurang lebih 1 bulan.

Kelas Internasional UNPAD – Sungkyunkwan University, Korea Selatan

Selain itu mahasiswa jurusan administrasi negara juga mempelajari keterampilan untuk mengelola berbagai jenis organisasi secara komprehensif dan kemampuan mengambil keputusan strategis. Beberapa jenis pekerjaan para lulusan jurusan Administrasi Negara :

  1. Aktivis LSM / Organisasi Masyarakat

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah lembaga yang secara sukarela memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan memperoleh keuntungan dari kegiatannya. Aktivitasnya biasanya membela masyarakat yang tertindas, membantu masyarakat yang tertinggal, yang pada intinya membantu membangun masyarakat agar dapat hidup ideal sesuai dengan hukum yang berlaku. Begitu juga dengan organisasi masyarakat atau Ormas. Ormas adalah organisasi yang dibentuk dan dijalankan dengan berbasis pada masyarakat, tidak bertujuan politis dan dibentuk atas dasar beberapa kesamaan kepentingan dalam suatu bidang, seperti bidang agama, pendidikan ataupun sosial.

follow_intipjurusan_COMPRES
  1. Peneliti

Menjalankan pemerintahan tentu mengalami berbagai kendala dan masalah yang dihadapi. Begitu juga dengan fenomena – fenomena yang ditemui, khususnya yang ada di masyarakat sebagai sasaran inti dari sistem pemerintahan. Untuk mengatasi hal ini, biasanya para ahli pemerintahan melakukan suatu riset atau penelitian untuk memecahkan suatu masalah yang sekiranya dapat memperbaiki kinerja dan roda pemerintahan yang berjalan.

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparat Pemerintah Pusat atau Daerah

Terlibat aktif dan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan baik di poros pusat ataupun jangkauan daerah, merupakan pekerjaan inti dari lulusan administrasi negara . Menetapkan kebijakan pemerintah, mengatur jalannya pemerintahan dengan sebaik mungkin, serta menyediakan solusi dari pemerintah untuk permasalahan rakyat adalah beberapa contoh kerja dari lulusan administrasi negara . Untuk itu, menjadi anggota ataupun aparat dari suatu sistem pemerintahan baik itu kecamatan, kelurahan, kabupaten bahkan kementrian pusat, adalah salah satu prospek kerja dari lulusan administrasi negara  yang paling tepat serta menjanjikan

  1. Anggota DPR atau Legislatif Pusat maupun Daerah

Berpikir secara strategis untuk menentukan kebijakan pemerintahan, telah ditanamkan sejak awal pertama bagi mahasiswa administrasi negara . Selama perkuliahan, tentu mahasiswa administrasi negara  mempelajari strategi – strategi khusus untuk membentuk pemerintahan yang efektif dan sejahtera dalam membangun rakyatnya. Adapun pihak yang memiliki kewenangan untuk menyusun strategi dan menentukan kebijakan pemerintah secara inti ialah anggota legislatif bersama staf – stafnya.

  1. Anggota Partai Politik

Salah satu penggerak roda pemerintahan, antara lain adalah partai politik. Ya, politik tentu memegang peranan besar dalam pemerintahan yang berjalan. Partai politik dapat menjadi wadah bagi siapapun yang ingin menyalurkan aspirasinya, jika aspirasinya sesuai dengan visi dan misi yang diemban oleh partai politik tersebut.

  1. Konsultan Pemerintahan

Jalannya roda pemerintahan tentu mengalami berbagai jenis hambatan. Agar hambatan tersebut hilang dan kerja pemerintahan dapat berjalan dengan baik, maka hambatan dan masalah – masalah yang mengganggu pun harus segera dipecahkan. Tugas memberikan solusi, masukan, ataupun merumuskan strategi yang dirancang agar pemerintahan dapat berjalan dengan baik, adalah tugas dari konsultan pemerintahan. Ya, seringkali konsultan pemerintahan dibutuhkan untuk menangani masalah – masalah khusus dalam pemerintahan.

  1. Tenaga Pendidik atau Dosen

Mempelajari dengan detail dan menyeluruh mengenai ilmu pemerintahan, tentu menjadikan lulusan administrasi negara sangat menguasai seluk beluk dunia pemerintahan baik dari segi teori maupun praktis. Dengan adanya kedalaman pengetahuan atas keilmuan yang dipelajari ini, menjadi dosen ataupun tenaga pendidik dalam bidang ilmu pemerintahan pun juga menjadi prospek kerja dari lulusan administrasi negara. Melakukan transfer ilmu pada orang lain  mengenai pemerintahan dan bertujuan untuk membangunnya secara bersama – sama, merupakan salah satu tugas mulia dari profesi dosen Ilmu Pemerintahan yang dinilai cukup menjanjikan ini.

  1. Jurnalis Pemerintahan

Lulusan administrasi negara tentu selalu dituntut untuk peka terhadap isu – isu pemerintahan maupun politik. Lulusan administrasi negara juga telah ditempa untuk dapat menganalisa dengan sebaik mungkin untuk melaporkan, mengembangkan hingga memberdayakan hasilnya menjadi sebuah jalan keluar dari masalah – masalah yang dihadapi dalam pemerintahan. Kemampuan untuk peka, mendata serta melaporkan dalam ruang lingkup pemerintahan tersebut, juga berguna bagi prospek kerja lulusan administrasi negara yang lain, yaitu jurnalis.

Mungkin cukup sekian pemaparan tentang jurusan Administrasi Negara ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan bisa menambah pengetahuan dan keinginan untuk bergabung bersama saya menjadi mahasiswa Administrasi Negara atau Publik ini hehehe. Jika ada yang ingin di tanyakan bisa melalui instagram saya @rgprap. Terimakasih sobat intipers!!!

Kode Konten : X174

37 thoughts on “Administrasi Negara UNPAD (Regi)”

  1. kak regi alhamdulilah, aku diterima dijurusan yang sama dan univ yang sama kaya kak regi, nah tips dan trik nya supaya nanti kita dimudahkan pas di lapangan kerja untuk kedepannya gimana kak? makasih

    1. alhamdulilahh, angkatan 2017 ya berarti? karna baru semester1 fokus dulu aja di dunia perkuliahan, aktif organisasi, perlombaan dan kegiatan lainnya dulu aja yap

    1. adm publik/negara tuh fokus lebih ke manajemen & tata kelola pemerintahan, dari kedinasan kementerian BUMN dll dan mencakup aspek ekonomi, politik, hukum, komunikasi, organsisasi kenegaraan

  2. Kak puji Tuhan saya baru lulus di jurusan ini, saya mau nanya prospek kerja di jurusan ini besar gak ya kak?dan apakah lulusan ini bisa kerja di bank atau perpajakan? Dan satu lagi kak apa gelar dari lulusan jurusan ini? Terimakasih kak

  3. selamat ya Alvino! prospek kerjanya cukup besar dan fleksibel kok. kamu bisa kerja di sektor swasta, publik, BUMN, pemerintahan dll nya. bank&perpajakan bisa, soalnya kita juga akan belajar materi perpajakan itu. gelarnya S.Ap yg baru, kalo yg lama S.IP. sama-sama~

  4. Kak di jurusan Adm Negara itu Banyak matkul yang ada hitungan nya ga?
    Matkul apa aja yang ada hitungan di jurusan Adm negara?
    Persaingan nya ketat ga di jurusan ini soalnya saya tertarik juga untuk ambil jurusan ini tahun depan?

    1. itu tergantung skill & kompetitif apa engganya mahasiswa, jadi saran sih selama 4tahun kuliah jgn cuma ngejar IPK tp coba ikut hal lain yg bermanfaat juga cindy hehe

  5. Hallo bro… Sya bru mendaftar di FISIPOL Jrusan ilmu administrasi negara. Lama nganggur 4 tahun, awalnya sy bingung mau kuliah di jurusan apa,, nah akhirnya sy brnikan dri dftr di FISIPOL Jrusan IAN, kira2 enak ngk sistem pembelajaran yg di terapkan..???
    Mksih bro

  6. Hallo kak regi, aku mau tanya nih. Matkul di jurusan administrasi negara ini banyak tentang hitungan atau teori kak ? Terimakasih

  7. Haii kak, mau nanya nih kalau aku baru ada niat an buat ngambil jurusan administrasi negara, tapi aku sekolah di SMK jurusan Akuntansi, itu nyambung ngga sih ka klau mau masuk administrasi negara? Dan untuk pembelajaran nya lebih ke sosial atau gimana ka? Terimakasih

    1. kalo kamu kuliah tuh semuanya belajar dari awal lagi sebenernya, dari smk akuntasi ya ada kaitannya lah sedikit karna Administrasi Negara juga ada mata kuliah akuntasi negara. Iyaa lebih ke campuran aspek sosial, ekonomi, politik, hukum dll.

  8. Kak kalau misalnya mau masuk administrasi negara harus bisa bahasa inggris? Dan jago gitu? Kira kira matkulnya apa aja ya

    1. bahasa inggris itu nilai +, mata kuliahnya banyak ada 50lebih campuran dari ilmu hukum, ekonomi, sosial, politik, manajemen, organisasi dll.

  9. Hallo kak? Saya insyaallah mau ambil jurusan administrasi negara tapi saya anak smk dengan jurusan perbankan. Kirakira nyambung ga sih kak? Jawab dong hehe trimakasih kak:))

    1. kalo kuliah semua belajar dari awal lagi kok, jadi gak apa-apa di coba saja. nyambung atau tidaknya itu gimana nanti kamu bisa ga mengikuti mata pembelajaran disini

  10. kak regi…saya ingin masuk administrasi negara di unpad kira kira testnya materi pelajaran apa aja ya kak …yg di ujikan ?

    1. SNMPTN masuk via nilai rapot + prestasi di SMA.
      SBMPTN masuk via test pelajaran di SMA kamu + soal psikotest dasar, gitu Alan

  11. Kak saya kan udah kelas 3 bntr lagi mau lulus dan tahun depan niat saya mau kuliah Admianistrasi Negara , jadi apa saja yang di pelajari si kuliah tsb kak?

    1. yg di pelajarinya banyak ada 50 mata kuliah lebih. pokoknya lebih ke campuran pelajaran antara ilmu hukum, ekonomi, sosial, politik, komunikasi, manajemen, organisasi dll.

  12. Kak saya pengen administrasi negara tapi bahasa inggris saya kurang,, dan saya juga ga pinter” amat kak,, susah ga ya kk masuknya,,
    trus soal test nya gimana ya kk

  13. Sejauh ini, kamu seneng gak kuliah di jurusan administrasi negara regi? Kira2 lebih bnyak sukanya apa dukanya? Intinya berat dan susah gak sih jurusan administrasi negara?

    1. Sejauh ini, kamu seneng gak kuliah di jurusan administrasi? Lebih bnyak sukanya apa dukanya? Intinya berat dan susah gak sih jurusan administrasi negara? Susah apa mudah menurut regi?

  14. Ka aku pengen masuk administrasi negara unpad kira2 rata2 untuk masuknya berapa ya ? Terus kira2 lulusan AN unpad kerjanya dimana ?

  15. Hai kak, aku adalah siswa yang mau ngelanjutin kuliah. Aku tertarik banget dengan jurusan ini. Kalo masuknya gmna kak? Ada syarat-syarat tertentu gak? Ditmbah aku kan liat passing grade nya tinggi tuh, kalo bisa masuk hrus gmna ya kak?

    1. Hai kak, aku adalah siswa yang mau ngelanjutin kuliah. Aku tertarik banget dengan jurusan ini. Kalo masuknya gmna kak? Ada syarat-syarat tertentu gak? Ditmbah aku kan liat passing grade nya tinggi tuh, kalo bisa masuk hrus gmna ya kak?

    1. Kak kalo untuk anak smk akuntansi, jurusan ini bisa diraih dengan nilai rapot atau harus tes SBMPTN?? Akuntansi ya mungkin sama aja kaya SMA ips kan, cuman lebih difokuskan ke satu mapel.

Ayo tanya kak Regi disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *