Administrasi Bisnis USB YPKP (Rizka)

Halo, Perkenalkan saya Rizka Desi P., gadis kelahiran Bandung yang sekarang sedang berjuang di semester 7 Universitas Sangga Buana YPKP kelas reguler sore. Saya memilih kuliah sore supaya sebelum kuliah saya bisa bekerja untuk nambah-nambah biaya kuliah juga.

Pengalaman Yayasan Pendidikan Keuangan dan Perbankan  (YPKP) mengelola pendidikan sudah dimulai sejak 1968, mengelola Akademik Bank Nasional (ABN) cabang Bandung, kemudian ABN berubah menjadi AKUBANK YPKP dan berubah lagi menjadi STIE YPKP serta mendirikan STT YPKP. Selanjutnya STIE YPKP dan STT YPKP bergabung ditambah Fakultas Ilmu Komunikasi dan Administrasi (FIKA) sehingga menjadi Universitas Sangga Buana YPKP (USB YPKP).

Ketertarikan saya dengan Administrasi Bisnis, membawa saya ditahun 2014 untuk bergabung ke Fakultas FIKA USB YPKP dan masuk prodi Administrasi Bisnis.

Tak sedikit yang memahami Administrasi Bisnis dalam arti yang sempit. Orang terkadang fokus dengan kata Administrasi yang dikaitan dengan kegiatan mencatat, pembukuan dasar, surat-menyurat dan sebagainya yang berkaitan dengan ketatausahaan. Itu sama sekali tidak benar karena Admininstrasi Bisnis lebih luas dari itu. Lalu muncul juga pertanyaan “Administrasi Bisnis atau Niaga”?

400

Tidak ada yang salah dengan bisnis maupun niaga karena keduanya bagai kembaran yang sulit dibedakan. Menurut KBBI Niaga merupakan kegiatan jual beli dan sebagainya untuk memperoleh untung; dagang. Sedangkan Bisnis menurut KBBI merupakan usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang. Menurut pengamatan saya, kata bisnis lebih digunakan untuk saat ini karena melihat pengertiannya yang lebih luas.

Administrasi Bisnis juga kadang dikatakan mirip dengan Manajemen. Memang keduanya sama-sama memiliki konteks dalam hal pengelolaan tapi sebenarnya ada perbedaan mendasar. Administrasi dalam bisnis bertugas menentukan setting bagi perusahaan untuk mencapai kemajuan organisasi. Sedangkan Manajemen merupakan fungsi organisasi yang bertugas melaksanakan kebijakan sesuai dengan batas yang ditetapkan Administrasi untuk menggerakan sumber daya organisasi kepada tujuan yang diharapkan. Oleh karena kesamaan keduanya dalam pengelolaan organisasi secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan, jadi dalam penerapannya Administrasi Bisnis dan Manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatannya yang dapat dibedakan.

 

follow_intipjurusan_COMPRES

Apa yang dipelajari ?

Pada semester awal biasanya kita akan diberikan mata kuliah dasar seperti Sosiologi, Pengantar Ilmu (Administrasi, Politik, Ekonomi), Pendidikan Agama, Bahasa dan Matematika Bisnis. Mata kuliah dasar diperlukan untuk memperkenalkan inti pembelajaran sebelum mahasiswa bergelut di mata kuliah yang lebih kompleks.

Pada semester berikutnya kita juga akan bertemu dengan yang namanya hitungan seperti Akuntansi, Manajemen keuangan, Analisis Laporan Keuangan, dan Statistika. Bukan maksud bikin takut para anti pelajaran hitungan karena jujur, saya juga kurang suka dengan pelajaran berhitung cuma berusaha menikmati karena yang namanya bisnis pasti harus tau cara mengelola keuangan supaya lebih terkonsep. Jangan stres dulu sobat intipers, karena kita juga akan belajar Manajemen SDM, Administrasi Perkantoran, Manajemen Pemasaran, Sistem Informasi Manajemen, Etika Bisnis, Bisnis Internasional dan sebagainya. Kita juga akan belajar Teori Pengambilan keputusan meskipun katanya teori ternyata ujung-ujungnya hitungan, lalu kita juga belajar Pasar Modal yang bikin kita jadi mengerti apa itu investasi dan bagaimana menganalisis saham dengan metode Teknikal dan Fundamental. Kewirausahaan bakalan kita pelajari karena tentu Administrasi Bisnis juga bertujuan mempersiapkan mahasiswanya supaya mempunyai mental dan semangat berwirausaha.

Yang menarik di semester awal yaitu kita diberikan tugas kelompok Sosiologi untuk menampilkan presentasi yang kreatif dan membuat penonton tidak bosan menyimak. Waktu itu kita kebagian presentasi tema Perubahan Sosial. Dengan atribut seperti topeng, kostum Wanita Muslimah Idaman, dan peralatan pendukung lainnya, kita menampilkan presentasi dengan konsep acara Mamah&Aa Curhat dong. Alhamdulillah meskipun waktu buat latihan sering terkendala rutinitas kerja masing-masing, akhirnya kita bisa menampilkannya dengan hasil cukup memuaskan.

Ada yang menarik juga di mata kuliah Manajemen Pemasaran, ketika itu dosen menjelaskan beberapa jenis bidang usaha dan saya mendapat bagian membuat konsep usaha Hotel.  Logo dan konsep usaha dibuat sendiri, dibuat pula template marketing plan dan Long term activity. Setelah semuanya selesai, masing-masing mahasiswa mempresentasikannya di depan kelas dengan bidang usaha berbeda. Ada yang dibidang fashion, kuliner, manufactur, dan sebagainya. Saya membuat konsep hotel syariah bernama Hotel Samawa. Karena syariah, salah satu syaratnya yaitu untuk couple yang menginap di Hotel Samawa diharuskan menunjukan surat bukti sudah menikah. Tau tidak intipers? Ternyata di Indonesia juga memang sudah ada Hotel dengan konsep syariah, saya baru mengetahui setelah selesai membuat logo dan konsep Hotel Samawa.

Tugas yang biasanya diberikan gak jauh dari yang namanya, presentasi, bikin paper, makalah, ngerjain soal, resume buku, pernah juga bikin proposal usaha. Proposal Usaha merupakan tugas dari mata kuliah kewirausahaan. Saya membuat proposal usaha kuliner bernama Peuyeumball Chococheese jadi itu merupakan makanan tradisional yang saya perbarui dengan isian coklat dan keju mozzarella.

Apa saja kegiatan kampus yang pernah diikuti ?

Propanka

Yang namanya Mahasiswa baru pasti tidak akan lepas dari yang namanya ospek. Kalau di USB YPKP disebut Propanka (Program Pembinaan Akhlak dan Pengenalan Kampus). Untuk kelas karyawan Propanka hanya berlangsung selama satu hari dari pukul 8 pagi sampai sekitar jam 4 sore, berbeda dengan kelas regular pagi yang berlangsung lebih dari satu hari dan sampe nginep di kampus juga.

Propanka merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa baru, dikatakan wajib karena salah satu syarat sidang harus punya sertifikat pernah mengikuti Propanka. Propanka yang saya ikuti di USB YPKP itu mirip seminar jadi kita disatukan dalam Gedung Aula USB YPKP yang letaknya masih di dalam lingkungan kampus. Disitu akan ada narasumber dari pihak kampus maupun luar kampus guna membekali para mahasiswa bagaimana proses perkuliahan dikampus, motivasi buat Maba dan tak lupa juga perkenalan seluk beluk kampus. Cukup seru juga karena selain bisa mengenal kampus, kita juga bisa kenal para maba terutama dengan yang satu prodi dengan kita.

Fun Walk USB YPKP

Terus juga pernah ada kegiatan Fun Walk dalam rangka Dies Natalis yang ke-10 USBYPKP. Kegiatannya diikuti oleh mahasiswa, dosen dan Karyawan kampus. Acaranya berupa gerak jalan, Band dan kesenian dari mahasiswa juga bintang tamu, ada stand makanan, tak lupa juga ada acara bagi-bagi doorprize. Karena mengangkat tema lingkungan maka setiap peserta juga diharuskan memungut sampah di jalan yang terlewati selama gerak jalan dan ada kegiatan santunan juga untuk para veteran Indonesia. Kegiatannya cukup menyenangkan karena selain menyehatkan juga ada nilai positifnya bagi lingkungan dan veteran yang sebenarnya butuh perhatian serius dari pemerintah.

Company Visit

Prodi Administrasi Bisnis juga ada kegiatan company visit setiap tahun. Saya pernah mengikuti company visit ke Garuda Indonesia Training Center dan Museum Bank Indonesia. Saya mendapatkan pengalaman berkesan ketika saya melihat langsung peralatan yang digunakan untuk melakukan penyelamatan penumpang saat kondisi darurat, kita masuk kedalam replika pesawat, dan mendapat ilmu mengenai dunia penerbangan khususnya di Indonesia. Kita juga berkesempatan melihat para pramugari cantik yang sedang training. Seru dan serasa seperti pramugari baru ketika kita berkesempatan menjelajahi Garuda Indonesia Training Center.

Kita juga sempat ke Museum Bank Indonesia. Di dalam museum itu tentu kita akan melihat berbagai mata uang yang pernah ada di Indonesia serta perkembangan bentuk dan nilai mata uang dari waktu ke waktu. Kita juga bisa lihat tumpukan replika emas batangan yang kelihatan beneran, benda-benda antik bernilai sejarah yang dulunya di pakai untuk mendukung kegiatan perbankan, dan sebagainya. Bangunannya klasik, unik dan menarik, cocok banget untuk berfoto. Paling suka kalau udah ikutan company visit karena selain bisa belajar, kita juga dapat pengalaman baru dan sambil refreshing melepas penat.

Biasanya alumni kerja dimana setelah lulus ?

Administrasi bisnis mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi seorang pengelola bisnis yang handal. Untuk kedepannya tergantung pilihan masing-masing. Ada yang ingin menjadi entrepreneur yang mengelola usahanya sendiri tapi lulusan ini juga bisa menempatkan mahasiswanya untuk kemudian bekerja di Perusahaan Swasta, BUMN, Perusahaan Multinasional, dan Perbankan. Jurusan ini memberikan pengetahuan yang cukup luas mengenai bisnis sehingga jurusan ini juga terbuka untuk lulusannya mengamalkan ilmu sebagai dosen pengajar dengan syarat melanjutkan dulu jenjang S2.


Tentang Penulis: 

Rizka Desi P. mempunyai hobi membaca artikel, menonton film dan suka piknik. Mahasiswa semester akhir yang mempelajari Administrasi Bisnis USB YPKP reguler sore. Kuliah sambil kerja memang cape, tapi nikmatilah karena tidak akan rugi jika kita lelah karena belajar. Ilmu merupakan hal yang harus terus digali dan tanpa diasah dengan praktek maka Ilmu cepat untuk kita melupakan.

Instagram : @Rizkadpras

Blog : prasetiariz.blogspot.co.id

Kode Konten: X256

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *