Administrasi Bisnis Telkom University (Hariri)

Hola Intipers! Sebelum kenalan sama jurusannya,boleh lah kenalan sama yang lagi menimba ilmu disana 😀 Perkenalkan nama saya Hariri Shafa, Mahasiswa semester 7 jurusan Administrasi Bisnis , Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Masuk Telkom University lewat jalur apa?

Terkait hal ini Telkom University menyediakan beberapa alternatif, ada jalur tes tertulis serta ada pula yang melalui seleksi nilai Raport SMA. Alhamdulillah penulis masuk Kampus berbasis ICT ini melalui Jalur Prestasi Unggulan (JPU) berupa tes tertulis (seperti SBMPTN) yang dilaksanakan di berbagai titik di Indonesia (penulis memilih lokasi tes di Purwokerto). Jika kalian lolos di jalur ini maka kalian akan dibebaskan dari BPP (uang pangkal) dan UP3 (uang sumbangan). Sedangkan untuk biaya semester (BP3) dibebaskan selama mereka sebagai penerima beasiswa mampu memenuhi capaian akademis yang ditentukan kampus.

Jalur tes lain yang disediakan kampus ini diantaranya Jalur Prestasi Akademik (menggunakan Nilai Raport) Ujian Tertulis Gelombang (UTG),serta Computer Based Test (CBT). Untuk informasi lengkap mengenai berbagai jalur tes tersebut kalian bisa menghubungi bagian Admisi Nasional Telkom University atau browsing dengan keyword SMB Telkom University

Program Studi Administrasi Bisnis Telkom University?

Prodi S1 Administrasi Bisnis sudah ada sejak 2008 yang pada saat itu berada dibawah naungan Institut Manajemen Telkom yang selanjutnya bertransformasi menjadi Telkom University pada 2013 karena adanya penggabungan 4 Institusi Pendidikan yang ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom yaitu Institut Manajemen Telkom,Institut Teknologi Telkom,Politeknik Telkom dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia. Sekarang Prodi ini berada didalam Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University.

Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom

Apa sih perbedaan antara Administrasi Bisnis dengan Manajemen ?

Meski terlihat serupa,secara teori kedua hal ini memiliki perbedaan signifikan. Jika diteliti lebih lanjut Ilmu Administrasi Bisnis berperan menentukan tujuan dan kebijakan, sedangkan Manajemen berorientasi terhadap cara penyelesaian pekerjaan. Sehingga secara tanggung jawab peran Administrator adalah sebagai pengambilan keputusan sedangkan Manajer sebagai pelaksananya. Namun jika dilihat mata kuliah yang dipelajari akan terdapat beberapa kesamaan karena pada dasarnya Ilmu Administrasi juga perlu mengetahui apa yang dikerjakan bagian Manajemen.

Belajar apa aja sih?

Pada dasarnya jurusan ini terdiri dari 70% teori dan 30% hitungan. Di Jurusan Adbis Tel-U kalian akan banyak menemui berbagai mata kuliah yang bikin kamu excited terhadap dunia bisnis ,di semester 1-2 kamu bakal mendapatkan berbagai ilmu pengantar seperti Agama, Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Matematika Bisnis, Ekonomi Mikro hingga Pengantar Ilmu Hukum. Sedangkan di semester 3-4 kamu bakal ngerasain mata kuliah yang jadi bidang studi kamu,walaupun pada dasarnya akan didominasi oleh berbagai ilmu Manajemen seperti Pemasaran,Keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), Operasi serta ilmu penunjang dalam bisnis seperti Perpajakan,Akuntansi,Statistik dan Bahasa Mandarin. Pada semester 5-6  kamu akan berhadapan dengan mata kuliah yang menjadi tools dalam menjalankan bisnis serta ilmu penunjangnya diantaranya : Etika Bisnis,Komunikasi Bisnis, Sistem Informasi Bisnis, Kewirausahaan, Perencanaan dan Pengembangan Bisnis,Negosiasi Bisnis, Analasis Bisnis, Manajemen Bisnis Ekspor-Impor, E-Business. Di samping itu,kalian juga mulai dibagi kedalam 3 konsentrasi peminatan diantaranya: Sumber Daya Manusia,Pemasaran serta Kewirausahaan. Diluar peminatan tersebut juga terdapat mata kuliah peminatan pilihan seperti Strategi Bisnis Pariwisata, Kuliner, Retail serta Bisnis Keluarga.Saya sendiri memilih peminatan Kewirausahaan dan karena tertarik dengan isu Kewirausahaan Sosial / Social Entrepreneurship. Dalam beberapa kesempatan kalian juga bisa mengikuti kuliah umum yang diselenggarakan Jurusan, Fakultas, maupun kampus untuk menambah wawasan maupun memperluas networking. Sejauh ini mata kuliah yang berkesan bagi penulis adalah Strategi Bisnis Retail, karena beberapa saat yang lalu penulis berkesempatan untuk mengamati proses bisnis retail di bidang Furniture tersebut secara langsung dengan mengunjungi IKEA Alam Sutera.

Kemudian seperti apa sih tugas-tugas di Jurusan Administrasi Bisnis? Jenis tugas yang diberikan diantaranya seputar pembuatan makalah, resume buku, presentasi, hingga survey lapangan untuk studi kasus ke jenis usaha tertentu. Kalau kalian bisa menikmati tugas-tugas kalian akan benar-benar memahami bahwa sebenarnya membuat suatu usaha tidaklah sulit, asalkan kalian konsisten dengan tujuan bisnisnya, menjalankan model bisnis yang tepat, serta jeli melihat setiap peluang yang ada.

Kuliah Umum & Studi Lapangan Mata Kuliah Strategi Bisnis Retail di IKEA Alam Sutera

Kegiatan Pendukung

            Selain dunia perkuliahan,Telkom University juga menyediakan berbagai kegiatan informal bagi Mahasiswanya melalui UKM maupun Ormawa. Beberapa kegiatan yang pernah penulis ikuti diantaranya SEARCH Telkom University (berfokus pada aktivitas riset berbasis Club Study serta Kompetisi seperti Business Plan, Business Simulation, Debate, Paper dsb) dan Senior Residents Telkom University (Fasilitator bagi Mahasiswa Baru selama menjalankan program 1 tahun tinggal di Asrama). Di Student Activities for Reseach and Competition Handling (SEARCH) kalian mampu mengasah softskill yang dibutuhkan seperti Public Speaking,Writing, Hingga Business Case. Sedangkan di Senior Residents (SR) kalian dituntut untuk menempa diri, meningkatkan kapasitas diri serta kompetensi diri dengan menjalin berkomunikasi dengan 376 orang di masing-masing gedung yang berbeda karakter,watak,agama, dan kebiasaan yang akan sangat berguna dalam upaya melihat dan memahami perbedaan diantara masyarakat dalam upaya Menjaga nilai Persatuan. Menjadi SR mengharuskan kalian menjadi Kakak, Sahabat, hingga teman curhat atau teman belajar pada saat yang bersamaan bagi Mahasiswa baru di Asrama. Karena dalam proses belajar selama di kampus, Asrama menjadi representasi kehidupan akademis yang baik sekaligus mengasah Pengembangan Softskill melalui Framework ASAS (Adaptif,Spiritual,Akademis dan Sosial). Bertemu dan berinteraksi dengan sahabat-sahabat SR lain membuat kita merasakan lingkungan kekeluargaan karena Asrama sudah menjadi rumah bagi mereka  yang hidup di perantauan.

Di luar itu tersedia berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)/ Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang sesuai  dengan passion kamu mulai dari bidang Olahraga (Futsal,Baseball,Bulutangkis,dll), Seni (UKM Band,Choir) Jurnalistik (Aksara), Kerohanian (Al-Fath), Bahasa Inggris (SES), Organisasi (BEM,Himpunan,DPM), Kewirausahaan (HIPMI), Protokoler (KPM) dan masih banyak kegiatan lainnya. Informasi mengenai berbagai kegiatan tersebut dapat kalian telusuri lebih lanjut melalui kegiatan UKM Fair yang biasanya diadakan sebelum masa Perkuliahan dimulai. Kalo kamu jenuh dengan perkuliahan, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di kampus seperti Perpustakaan yang nyaman seperti Co-Working Space,Kolam Renang, Lapangan Bulutangkis, hingga Student Center untuk berbagai kegiatan Olahraga maupun basecamp beberapa UKM/Ormawa.

Prospek Masa Depan?

Prodi ini diproyeksikan untuk menyiapkan tenaga-tenaga ahli dibidang pengelolaan bisnis yang konvergen. Selain itu Adbis juga dibekali pemahaman Information and Communication Technology (ICT) dalam pengelolaan bisnis kontemporer untuk menjawab tantangan bisnis era global. Selain itu tidak sedikit dari mahasiswa Adbis yang menjalankan usaha selama kuliah maupun setelah lulus. Bagi kalian yang ingin memasuki dunia kerja, kampus juga menyediakan Career Development Center (CDC) untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja sekaligus sebagai Fasilitator terkait lowongan kerja yang tersedia.


Tentang Penulis 

Hariri Shafa. Studentpreneur, Social Entrepreneur Enthusiasm. Baginya kini Merantau bukan hanya bagian dari menuntut Ilmu, tapi bertualang di kota Kembang dan menemukan berbagai hal baru. Instagram : haririshafa , Linked In : www.linkedin.com/in/haririshafa

Kode Konten: X280

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *