Teknik Geologi Undip (Dewi)

Assalamualaikum wr wb, perkenalkan nama saya Kurnia Dewi Mulyani, saat ini sedang menempuh kuliah di Jurusan Teknik Geologi UNDIP, angkatan 2013. Banyak masyarakat yang masih awam dengan jurusan Geologi, berikut percakapan ketika ditanya oleh beberapa kerabat :

Teman/ saudara/orang baru kenal : “mbak kuliah jurusan apa?”

Saya : “Geologi mas, mbak”

Teman/ saudara/orang baru kenal : “ooo Biologi”

Saya : ekspresi bingung. “bukan, Geologi….(penjelasan bla bla bla)

Teman/ saudara/orang baru kenal : “oooo yayaya”

Jurusan geologi memang masih sedikit dikenal, padahal jurusan geologi dan biologi tidak memiliki keterkaitan satu sama lain, karena objek kajian study sangat berbeda. Geologi memiliki objek kajiannya berupa komposisi bumi, sangat jauh berbeda dengan Biologi.

follow_intipjurusan_COMPRES

Nama jurusan ini identik dengan perkuliahan jalan-jalan dan lapangan, terdengar asyik bukan, kuliah yang biasanya hanya di ruang kuliah, namun jika di geologi tidak hanya didalam ruang kuliah namun juga diluar ruang kuliah. Jadi belajar sambil liburan, namun tidak seperti yang dibayangkan kuliah jalan-jalan yang santai. Kuliah di geologi dibutuhkan fisik dan mental yang kuat dan tangguh, fisik dan mental ini digunakan ketika harus mengambil data lapangan dengan berjalan kaki melalui kondisi medan yang cukup sulit seperti harus melewati hutan, kebun-kebun, menyusuri sungai, melewati jalan berbatu dan berlumpur, mendaki bukit-bukit dan tracking dengan jarak puluhan kilometer. Tidak hanya berjalan-jalan dilapangan tapi juga dituntut berpikir ketika pengambilan data dilapangan. Namun dibalik dukanya, juga lebih banyak sukanya, di Geologi sejak mahasiswa baru telah ditanamkan jiwa korsa, yang memiliki arti bahwa antar sesama teman memiliki jiwa yang sama dan satu, sehingga sesama teman dianggap saudara, menolong teman tanpa pamrih, tidak membedakan ras, suku, agama dan memiliki jiwa kebersamaan yang terus terukir hingga sekarang.

Mata kuliah yang dipelajari di Geologi kebanyakan merupakan pemahaman dan interpretasi kondisi geologi dan batuan yang ada di Bumi. Kondisi geologi yang telah ada sekarang, dilakukan interpretasi proses pembentukannya dengan mengetahui melihat ciri-ciri kondisi geologinya. Objek kajian yang dipelajari seperti Gunung api, batubara, minyak dan gas bumi, hidrogeologi, panas bumi, mineral, tektonik, sedimentologi, geologi struktur dan lain-lain. Mata kuliah di geologi hampir sebagian besar terdapat praktikum lapangan, biasanya kami akan dibawa ke area sesuai dengan praktikum misal mineralogi, maka praktikumnya terletak di dekat gunung yang terdapat alterasi batuan, sedimentologi dan stratigrafi praktikumnya terletak di delta dekat pantai. Dsb. Selain dilapangan ada juga kegiatan didalam ruangan seperti melakukan analisis batuan menggunakan mikroskop polarisasi. Tidak hanya praktikum juga terdapat tugas yang berasal dari Dosen, biasanya dosen memberikan tugas untuk melakukan resume journal internasional, membuat karya tulis ilmiah, membuat paper dan membuat power-point untuk dipresentasikan.

Kegiatan yang paling berkesan, adalah kuliah lapangan di Kulon Progo, kami tinggal bersama seangkatan di asrama kemudian selama seminggu melakukan kegiatan lapangan seharian secara bersama-sama, dari pagi hingga sore, sedangkan waktu malam harinya digunakan untuk mengolah data hasil lapangan. Kami selalu makan bersama-sama, melakukan piket secara bergantian dan naik truk menuju lapangan bersama-sama, sungguh kebersamaan yang indah. Selain itu kegiantan lainnya melakukan pemetaan geologi mandiri, disana kami harus melakukan pemetaan secara individual dari suatu daerah yang telah ditentukan, namun boleh membawa 1 partner, sehingga dalam pemetaan mandiri dituntut memiliki tanggung jawab untuk mengambil data lapangan, menganalisis data, membuat laporan dan mempertanggungkan hasil dengan presentasi kepada dosen.

Alumni lulusan geologi biasanya bekerja pada perusahaan yang berhubungan dengan bumi, seperti pertamina, tambang batubara, tambang nikel, Dinas pekerjaan umum, dinas ESDM, Badan Geologi, kontraktor dan konsultan.

Tentunya kuliah di geologi sangat mengasyikan, teman-teman yang baik dan seru, teman-teman yang saling menghargai dan teman-teman yang tidak membedakan satu sama lain serta kegiatan lapangan yang menantang dan menyenangkan.  kalau ada pertanyaan langsung aja yaa tanyain di kolom komentar 🙂

Kurnia Dewi Mulyani

Penulis merupakan mahasiswi tingkat 4 di jurusan Teknik Geologi, FT UNDIP. Kesibukannya saat ini menyelesaikan skripsi dan merencanakan suatu bisnis. Hobby saya berbisnis dan membaca. Email : kurniadewimulyani@gmail.com

Kode Konten : X144

 

28 thoughts on “Teknik Geologi Undip (Dewi)”

    1. di Teknik Geologi lebih banyak hafalan , namun ada beberapa matkul awal semester yang masih ada hitungannya seperti kalkulus, fisika dasar, kimia dasar. namun untuk mata kuliah geologi lebih banyak hafalan dan interpretasi data.

    1. waalaikumsalam, untuk laporan tulis selalu ada di setiap semesternya, karena memang tiap semester ada praktikum yang diharuskan menuliskan laporan dari setiap praktikum yang telah dilakukan.

    1. Terimakasih kak, oh ya kak, kalo di UNDIP untuk jurusan teknik geologi banyak tawaran kerja ga kak nantinya?

    1. dari semua jurusan yang disebutkan, objek yang dipelajari sama yaitu bumi. bedanya objek khususnya kalo geologi yang dipelajari komposisi/batuan penyusun bumi baik yang terdapat dipermukaan bumi maupun dibawah permukaan, ex: batubara, emas, panasbumi, minyak bumi, geoteknik, tambang, airtanah. Geofisika yang dipelajari mengetahui komposisi/batuan dibawah permukaan bumi menggunakan metode fisika atau pake alat, ex:seismik, geomagnet, geolistrik dll. Geodesi yang dipelajari permukaan bumi ex:mengukur tinggi rendahnya topografi bumi, lurus atau tidaknya jalan, biasanya survei awal pembangunan jalan raya. geografi yang dipelajari semua proses yang ada dibumi tidak hanya batuan, iklim, cuaca dll. itu menurut aku dek, semoga membantu 🙂

  1. kak, saya masih kelas 12..masalah jurusan kuliah ttg geologi saya baru baca, tapi langsung tertarik karena sesuai dengan hobi saya. Tapi saya masih takut mengambil keputusan itu dan bingung sama peluang kerjanya. Apa bisa langsung ditempatin kerja atau banyak tawaran dari perusahaan?? atau sesuatu paling spesial di geologi itu apa?

    1. semua tergantung diri masing2 dek, kalo imannya kuat bisa2 saja. Tapi kalo ke lapangan susah pake rok dan lebih safety pake celana.

  2. Halo kak. Aku mau nanya, di semester berapa mulai praktek lapangan? trus seberapa sering sih praktek di lapangan? makasih sebelumnya kak. Sukses selalu buat kakak.

    1. praktek lapangan sudah ada sejak semester 1 sampai semester akhir. biasanya di akhir semester ada tugas pemetaan tiap kelompok. untuk kuliah lapangan biasanya beberapa matkul ada lapangannya, biasanya dalam 1 semester ada 3 matkul praktik lapangan dan 1 kali pemetaan kelompok.

  3. Kak aku mau nanya, kalau praktek lapangan biasanya mulai di semester berapa? dan seberapa sering praktek lapangan kak? Makasih sebelumnya kak. Sukses selalu buat kak

  4. Hallo, Kak ..
    sy skrg kls 12 SMA, ngambil jurusan IPA.. Tpi nilai Fisika, Kimia dan Matematika saya kurang bgtu bgs .. apakah sy bsa diterima di FT Geologi UNDIP ??
    Sy pengen bgt msk FT Geologi, tpi msh ragu soal nilai..
    klo pljrn hitungan, sy lambat bgt d kls ~

    Mksh bnyk, kak ^^

    1. untuk di geologi ilmu fisika, kimia dan matematika sedikit di gunakan. kebanyakan melakukan interpretasi pembentukan batuan dari data-data lapangan yang ada, contohnya struktur sedimen, komposisi mineral, jenis lapukan. untuk matematika hanya di pake sedikit itupun sudah ada rumusnya, sehingga tinggal ngikutin rumusnya
      semoga membantu ..

    1. aku kurang tau, tapi biasanya tiap tahun beberapa perusahaan buka recruitment, kaya pama, pln, konsultan . biaya kuliah untuk sekarang sudah menggunakan sistem ukt, jadi tergantung perekonomian keluarga. untuk ukt kisaran 0-7,5 jt

  5. kaa, saya ingin masuk teknik geologi tapi di bahasa inggris kurang saya, terus dengerdenger di geologi buku nya bahasa inggris semua ya ka? menurut kaka gimana?

Ayo komen disini untuk bertanya ke penulis ! Kami akan kirim balasan melalui email

Your email address will not be published. Required fields are marked *