Perikanan Unpad (Ichfar)

Suka Duka Mahasiswa Program Studi Perikanan Universitas Padjadjaran

Lulus UN SMA dengan nilai yang cukup memuaskan , alhamdulillah segitu juga bisa secepatnya menentukan pilihan untuk kuliah . Sebelumnya saya tidak diizinkan mengikuti SNMPTN oleh guru BK karena rangkingnya menurun padahal jika dilihat dari nilai tidak menurun secara drastis  . Pada akhirnya pengumuman SNMPTN telah tiba akhirnya :

(Sumber : www.unpad.ac.id)

Keterima menjadi mahasiswa perikanan Universitas Padjadjaran waooowww, lumayan lah masuk negeri juga udah bersyukur yang lain pun harus bersusah payah untuk masuk PTN 😀

Unpad merupakan kampus favorit dengan pendaftar terbanyak pada tahun 2013 – 2015 Alhamdulillah , unpad dengan lingkungan yang sejuk dekat dengan bandung meskipun sebenernya bukan dibandung kampusnya alias di Jatinangor, Sumedang hehe..

400

Inilah suka dan duka dari FPIK Unpad.

1. Rela Menginap di Kampus ataupun di Lab demi memperhatikan Sesuatu (Ikan)

 

Pengamatan Osmoregulasi Ikan Nila serta Pemberian Pakan

 

follow_intipjurusan_COMPRES

Anak fpik harus rela bangun subuh-subuh bahkan menginap untuk memperhatikan osmoregulasi dan memberi pakan ikan nila, supaya praktikumnya berhasil. “Ikan aja diperhatiin apalagi Kamu” eh…

Ini dia gambar pengamatan telur ikan , harus rela-rela praktikum dari sore , sehari sebelumnya harus disuntik hormon lagi-lagi malam hari harus merelakan waktunya ke lab. pada hari praktikumnya harus rela-rela bergantian dengan teman, bahkan merelakan temanmu untuk menginap di lab , bangun setiap 15 menit – 30 menit sekali untuk mengamati perkembangan telur ikan dengan menggunakan rekayasa genetika selama hampir 3 hari 2 malam  setelah itu dihitung telur ikan satu persatu.


2. Termasuk Fakultas yang sering Fieldtrip  or Funtrip (Jalan-jalan)
Fieldtrip Pertama Ke Pantai Karapyak, Pangandaran , Jawa Barat

Di semester pertama adalah fieldtrip jalan-jalan disinilah yang menentukan , membedakan jati diri anak FPIK dangan fakultas- fakultas lain, Geologi fieldtrip ke gunung untuk mengamati batu-batuan , Peternakan ke pabrik susu, sedangkan FPIK ke pantai ,laut , balai penangkapan ikan dll.

Selanjutnya adalah masih di Pangandaran , tetapi inilah yang namanya Fieldtrip , kuliah lapangan langsung ke tempat budidaya udang vanamei di pangandaran , terlihat disana saya mewawancarai petambak udang vanamei di hatchery.

Fieldtrip kedua 21-24 Desember 2014, Semarang – Yogyakarta

 

Awalnya menyesal masuk perikanan tetapi menyenangkan setelah dijalani, “Aku enggak nyesel masuk perikanan ujar adhar salah seorang temanku ” Sambil melihat keadaan laut tetapi miris masih terdapat banyak sampah di laut. Serunya bisa merasakan arus tenang air laut serta melihat rambu-rambu di laut yang selama ini sudah dipelajari di kuliah.

(Sumber: https://www.facebook.com/gungun.cahyadi)

Sambil menyelam minum air inilah setelah ke Semarang sekalian ke Jogja , ngapain lagi kalo bukan belanja disini.

Fieldtrip Kesekian (Kuliah Lapangan) Metode Penangkapan Ikan

Disinilah fieldtrip yang paling menyenangkan selama kuliah disini, dimana kita dapat mengaplikasikan salah satu ilmu metode penangkapan ikan, oleh para ahlinya yaitu nelayan, disini nelayan sedang mengangkat jaring insang dengan komoditas rajungan semacam seperti kepiting hanya saja ukurannya lebih besar, jaring tersebut sudah dipasang sehari sebelumnya, keberangkatan sekitar jam 4 subuh, pulang ke darat jam 1 siang. Jangan ngaku anak perikanan kalo belum coba yang kaya gini hehe, rasakan sensasinya berjam-jam terombang-ambing di kapal nelayan, tidak sedikit yang mengalami mabok laut hehe..

Foto disebelah kanan merupakan kehidupan nelayan di Desa Gebang,Cirebon, Jawa Barat disana sudah tidak asing dengan bau amis ikan yang khas, kehidupan nelayan yang tentram damai serta ramah, kami tidak hanya ikut menangkap ikan tetapi kami ikut memahami sosial perekonomian nelayan disana, dengan mencoba berbaur di salah satu rumah nelayan.

3. Kegiatan Funtrip tidak ada hubungannya dengan Akademik.

Konservasi Penyu di Pantai Pangumbahan, Ujung Genteng Sukabumi.

Sumber : Media Indonesia

 

Inilah kegiatan di FPIK , semua kalangan mahasiswa boleh ikut, acara konservasi penyu untuk menjaga populasi penyu agar tetap ada, karena penyu merupakan hewan yang keberadannya hampir punah.

Inilah sSunset di Pantai Pangumbahan, Sukabumi, Jawa Barat, funtrip yang sangat menyenangkan , pengetahuannya dapet, senang-senangnya dapet kurang apalagi coba hehe…

Think Green

Kegiatan , mahasiswa FPIK tidak hanya kegiatan yang jalan-jalan , hura-hura tapi engga ada manfaatnya tapi kegiatan kami adalah kegiatan yang bersifat edukasi, berwawasan sosial dan lingkungan yang bisa bermanfaat tidak hanya bisa menunjang akademik saja tetapi untuk menjaga ekosistem mangrove dan sekitarnya , karena yakinlah kalau bukan kita siapa lagi yang mau melestarikan lingkungan, dengan menanam mangrove bisa menyelamatkan anak cucu kita, dari abrasi air laut , karena fungsi mangrove adalah untuk menahan air pasang ke darat, dan merupakan sebagai tempat ekosistem biota air payau.

 

Dan masih banyak lagi kegiatan yang bermanfaat hehe…

.Di Prodi Perikanan Unpad ada apa aja, dan kita belajar apa saja ?

Karena prodi Perikanan Unpad masih umum, belajarnya juga masih umum, tidak seperti di kampus lain, sebagian sudah dijadikan beberapa jurusan seperti MSP, BDP, THP, PSP . Jika di Unpad jurusan tersebut akan menjadi konsentrasi ataupun minat di semester 7.

MSP (Manajemen Sumberdaya Perairan)

Minat ini merupakan salah satu bidang yang luas, karena mencakup pengelolaannya dari perairan umum (darat), payau dan laut, kajian ini mempelajari berbagai hal mulai dari objek maupun subjek, objek pengelolaan mulai dari plankton, ikan , logam berat, mangrove hingga ke terumbu karang. Subjeknya mulai dari pengkajian stok hingga ke pengelolaan perairan dari waduk, lamun, terumbu karang.

Aplikasi penerapannya adalah mengukur kualitas air, mengukur kadar logam berat dari perairan, ikan , makrozobenthos maupun plankton, mengkaji stok ikan di perairan, kultur pakan alami.

Penangkapan / Teknologi & Manajemen Perikanan Tangkap

Hampir seluruhnya mahasiswa perikanan sudah pernah melakukan aktivitas penangkapan ikan oleh nelayan, di konsentrasi ini adalah penerapan yang sesungguhnya  hal yang dipelajari adalah tidak hanya proses penangkapan ikan, maupun teknologi penangkapan akan tetapi mengkaji kebijakan penangkapan, pengelolaan hasil tangkapan yang baik, bahkan dituntut untuk bisa membuat peta daerah tangkapan ikan.

Pengolahan / Teknologi Industri Hasil Perikanan

Tidak selamanya anak perikanan adalah anak lapangan, jika kamu hobi masak, meskipun kamu bukan kuliah di jurusan perhotelan, tata boga maupun pangan, di perikanan juga bisa bahkan masak-masaknya bisa dijadikan penelitian. Ikan bisa diolah dengan berbagai produk, agar masyarakat bisa lebih tertarik dengan olahan ikan. Hampir seluruhnya mahasiswa perikanan belajar cara memfilet ikan, membuat bakso, bekasam maupun olahan lainnya. Tidak hanya pengolahan tetapi kamu diajarkan caranya mengemas ikan dengan baik dan benar.

Budidaya / Teknologi & Manajemen Budidaya Perairan

Anak budidaya identik dengan lapangan. Budidaya kita bisa belajar caranya budidaya ikan yang baik dan benar, meracik nutrisi pakan ikan, mengenal parasit pada ikan serta pengobatan yang tepat seperti apa, rekayasa genetik agar menghasilkan kualitas terbaik, manajemen pembenihan ikan mulai dari penyuntikan agar ikan terangsang untuk memijah, hingga menyiapkan pakan alami. Cakupan budidaya tidak hanya di air tawar saja , tetapi bisa budidaya ikan air payau dan laut , objeknya ikan dan non ikan berupa udang, lobster dll.

 

Sosial Ekonomi (SOSEK) Perikanan

Mungkin keempat minat tadi hampir semua objeknya adalah ikan, di sosial ekonomi (sosek), memahami objek berupa manusia ataupun pelaku. Kajian Sosek bisa berupa ekonomi , dengan menghitung rumah tangga nelayan, keuntungan yang dihasilkan nelayan, sampai dengan pemasaran hasil perikanan. Bagi yang ingin masuk Jurusan Ekonomi, Manajemen jangan khawatir kalian bisa menerapkan ilmunya disini, selain belajar tentang perikanan kalian juga belajar tentang ekonomi, untuk Sosial bisa menganalisis kesejahteraan nelayan, seperti sensus kok, yang butuh beberapa responden, di minat ini tidak se berat yang dilakukan 4 minat diatas hanya saja, butuh pikiran ekstra dalam mengolah datanya.

 

Prospek Kerja dan Alumni

Alumni dari Perikanan maupun kelautan yaitu sebagian kerja perusahaan perikanan seperti, pakan ikan, tambak udang,Sekitar 30% alumni yang bekerja dibidangnya. Adapun yang bekerja di instansi pemerintahan seperi Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), instansi yang lumayan banyak yaitu bank, perusahaan swasta non perikanan. Adapula yang bekerja di instansi NGO (organisasi non pemerintahan) seperti WWF , Walhi yang merupakan aktivis lingkungan. Terakhir sebagian kecil ada yang menjadi seorang wirausahs tak sedikit mahasiswa perikanan yang sukses dalam bidang ini ketika masih duduk di bangku kuliah maupun setelah lulus, hikmah berkuliah di bidang ini adalah menjadikan kita menjadi orang fleksibel, cermat dan cekatan, terkadang karena banyaknya tuntutan, mulai dari tuntutan tugas, banyaknya laporan, praktikum nginap, malam-malam mesti ke kampus, harus bisa masak, berjiwa sosial, menghitung ala akuntan dll, membuat kami menjadi mahasiswa yang lebih kreatif, bagi kami kuliah di jurusan ini adalah segalanya, yap segalanya harus bisa.

guys itulah cerita gimana suka dan dukanya menjadi mahasiswa fpik ,semuanya punya kelebihan dan kekurangannya, semua fakultas dan jurusan pasti memiliki cerita dan passionnya masing-masing semua tergantung kitanya bisa menyesuaikan atau tidaknya , nyaman atau tidaknya . Percayalah yang membuat diri kita nyaman , termotivasi adalah diri kita sendiri. Yang dapat membanggakan almamater kita sendiri adalah diri kita sendiri. Semoga dengan adanya postingan ini bisa memberikan gambaran secara umum bagaimana kehidupan mahasiswa yang sebenarnya , dan kehidupan mahasiswa perikanan dan kelautan itu sendiri ,

Wassalam ..:D


Tentang Penulis : Ichfar Jaffar Sodiq

Mahasiswa tingkat akhir Prodi Perikanan – FPIK UNPAD, Hobi menulis, desain grafis. Saat ini sedang menulis skripsi dan melakukan kegiatan asik yaitu penelitian

Link blog : http://ichfarjaffar16.blogspot.co.id

Instagram : @ichfarjaffar

Twitter : @ichfarjaffar

Kode Konten : X181

4 thoughts on “Perikanan Unpad (Ichfar)”

    1. Kalo di tahun saya kuliah sampai angkatan 2015 untuk matkul biasanya masih umum seperti B.Indonesia, Agama, Fisika dasar, kimia dasar, avetebrata air, biologi perairan semuanya mata kuliah dasar dipelajari di perikanan dan kelautan tapi semua tergantung kebijakan fakultas tp utk tahun 2016 mulai ini ada sedikit perubahan kurikulum

    1. @zaqi Rachman : Menjadi mahasiswa merupakan pilihan, terkadang di jurusan manapun kita bisa memaksimalkan potensi dan minat yang dimiliki setiap orang, meskipun kita sibuk dengan tugas yang menumpuk, membuat mahasiswa menjadi seseorang yang harus pandai memanajemen dirinya. Di kampus banyak wadah untuk mengembangkan potensi dan minat yang kita miliki, jujur saya orgnya ga suka menulis de sbnrnya, tapi selalu mecoba hal baru hehe

      Tipsnya sih dari saya coba ikutan kegiatan yang kamu sukai, atau jika ada ketertarikan dengan hal yg baru, maka coba selagi itu positif siapa tau itu bisa jadi minat kamu dan kamu bisa mengembangkannya disana.
      tapi kalo udah punya minat dari SMA seperti suka menulis, maka cobalah asah terus, di Kampus tempat terbaik untuk menulis, jika suka menulis artikel carilah media yang menerima tulisan, atau lomba-lomba insya allah pasti banyak 🙂

Ayo tanya kak Ichfar disini ! Kami akan kirim balasan melalui email kamu. :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *